Minggu, 25 Desember 2011

Kaleidoskop : Bulan Pebruari Tahun 2011

Awal bulan Pebruari Tahun 2011 diawali dengan Harga minyak dunia menembus US$100/barel dan perombakan kabinet oleh Raja Abdullah II Yordania akibat demonstrasi missal serta diakhiri dengan The King’s Speech meraih 4 penghargaan Oscar termasuk Film terbaik pada ajang Academy Awards ke-83.

1 Februari 2011
(1).  Untuk pertama kalinya sejak krisis ekonomi 2008, Harga minyak dunia menembus US$100/barel. (Media Indonesia).  Selengkapnya dapat dilihat di sini
(2).  Marouf al-Bakhit ditunjuk menjadi Perdana Menteri Yordania dalam sebuah perombakan kabinet oleh Raja Abdullah II, akibat demonstrasi massal. (BBC) (Media Indonesia) (Metro TV) (Tempo) (Vivanews)

2 Februari 2011
Siklon Yasi, siklon tropis kategori 5, mendarat di bagian utara Queensland, Australia. (BBC) (Kompas) (Metro TV) (International Business Times) (WartaNews)

3 Februari 2011
(3).  Ribuan orang berdemonstrasi di Yaman, sehari setelah Presiden Ali Abdullah Saleh mengumumkan bahwa dia akan mengundurkan diri pada tahun 2013. (BBC) (VOA) (Kompas) (Metro TV) (Vivanews).  
(4).  Perdana Menteri Myanmar Thein Sein diangkat menjadi Presiden, setelah pemilihan umum tahun 2010. (BBC) (Media Indonesia) (Metro TV) (VOA) (Kompas)

5 Februari 2011
Delapan wayang koleksi Museum Radya Pustaka di Surakarta, Jawa Tengah, dipalsukan.  Selengkapnya dapat dilihat di sini

6 Februari 2011
(1).  Sekelompok warga menyerang jemaah Ahmadiyyah di Cikeusik, Pandeglang, Banten.  Selengkapnya dapat dilihat di sini
(2). Satelit STEREO milik NASA berhasil mengambil foto simultan pertama dari seluruh permukaan Matahari (foto ilustrasi). (Media Indonesia) (Vivanews) (Tempo) (Wartanews) (Harian Global)

7 Februari 2011
Kecelakaan bus terjadi di Temanggung yang menyebabkan 11 orang tewas dan 37 orang luka-luka. (Republika) (Detik)

8 Februari 2011
Kebakaran kapal terjadi di 2 mil dari Pulau Damar, Kepulauan Seribu. (Media Indonesia) (Suara Pembaruan) (Tribunnews)
Sekelompok warga menyerang gereja di Temanggung, Jawa Tengah. (Kompas)

9 Februari 2011
Setelah lebih dari 2 minggu terjadi demonstrasi di Mesir, kerumunan terbesar berkumpul di Alun-Alun Tahrir untuk menyerukan pengunduran diri Presiden Hosni Mubarak. (BBC) (Metro TV)

11 Februari 2011
(1).  Presiden Mesir, Hosni Mubarak  (Presiden Mesir ke-4, berkuasa sejak 14 Oktober 1981) mengundurkan diri dan menyerahkan kekuasaan kepada Dewan Agung Angkatan Bersenjata setelah demonstrasi selama 18 hari.  Selengkapnya dapat dilihat di sini.
(2).  PT Garuda Indonesia resmi menjadi perusahaan penerbangan nasional pertama yang sahamnya tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI).
(3).  Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap basah jaksa Dwi Seno Widjanarko dari Kejaksaan Negeri Tangerang dengan tuduhan pemerasan.  Selengkapnya dapat dilihat di sini.

12 Februari 2011
Pesawat jatuh di Tanjung Berakit, Kabupaten Bintan saat tes penerbangan. (Kompas) (Detiknews) Demonstrasi antipemerintah (foto) terjadi di Aljazair. (Metro TV) (Tempo) (Liputan 6)

14 Februari 2011
(1).  Lady Antebellum memenangi 5 Penghargaan Grammy, termasuk Rekaman Terbaik, dan Arcade Fire memenangi Album Terbaik dalam Penghargaan Grammy ke-53. (BBC) (VOA) (Liputan 6) (Media Indonesia) (Tempo).  Selengkapnya dapat dilihat di sini
(2).  Ronaldo atau Luis Nazario de Lima atau pemain yang dijuluki the Phenomenon, 34 tahun, akhirnya menyerah karena cedera yang terus mendera dan masalah kebugaran memaksa itu memutuskan mundur dari lapangan hijau.  Selengkapnya dapat dilihat di sini.

15 Februari 2011
(1). Perdana Menteri Italia Silvio Berlusconi didakwa atas tuduhan menyewa pekerja seks komersial di bawah umur -gambar ilustrasi. (VOA) (BBC) 
(2). Sekelompok warga menyerang Pondok Pesantren Yayasan Pendidikan Islam (Yapi) di Pasuruan, Jawa Timur (Metro TV)  .
Satelit Stardust milik NASA mendekati komet Tempel 1 dan mengambil foto kawah yang terbentuk oleh misi Deep Impact. (BBC) (NASA) (Media Indonesia) (Kompas) (VOA)

19 Februari 2011
(1). Distributor film Hollywood, Motion Picture Association memberhentikan distribusi film Hollywood ke bioskop di Indonesia. (Detikhot) (TempoInteraktif) (Kompas Entertainment). 
(2). Pihak berwenang menembak demonstran di Libya dan Bahrain di tengah demonstrasi yang sedang berlangsung di dunia Arab. (Tempo) (Kompas) (BBC) (Metro TV) (Republika)

21 Februari 2011
(1).  Stasiun televisi swasta, Indosiar serta SCTV akan melakukan penggabungan perusahaan. (vivanews) (okezone)
(2). Sekretaris Kabinet Dipo Alam dalam rapat tertutup dengan humas dan sekretaris jenderal kementerian mengeluarkan instruksi agar tidak melayani wawancara saat prime time serta tidak memasang iklan di media yang dianggap menjelek-jelekkan pemerintah. Selengkapnya dapat dilihat di sini

22 Februari 2011
(1).  Gempa bumi berkekuatan 6,3 skala Richter terjadi di Christchurch dan sekitarnya di Selandia Baru, menyebabkan kerusakan besar dan menewaskan sedikitnya 65 orang. (Kompas) (Media Indonesia) (VOA).  
(2). Behgjet Pacolli dilantik menjadi Presiden Kosovo. (NY Times) (Moscow Times) (VOA) (Reuters) (BBC)

24 Februari 2011
STS-133, penerbangan terakhir Wahana Antariksa Discovery, diluncurkan dari Kennedy Space Center. (NASA Spaceflight) (Vivanews) (Kompas) (BBC) (VOA)

27 Februari 2011
Pendirian grup musik Cherrybelle. (Situs resmi Cherrybelle)
28 Februari 2011 The King’s Speech meraih 4 penghargaan Oscar termasuk Film terbaik pada ajang Academy Awards ke-83.

Meninggal Dunia dalam Bulan Pebruari 2011 :
4 Februari 2011 : Adjie Massaid (43), politisi dan actor, meninggal dunia pada usia 43 tahun di Jakarta (Detik) (Kompas)
26: Dean Richards (36), pemain sepak bola Inggris. (Detik)
27: Necmettin Erbakan (85), mantan Perdana Menteri Turki. (Detik)

Keterangan gambar : sebagai ilustrasi yang diambil dari internet.
Sumber :mediaanakindonesia.wordpress.com/2011/12/11 dan Media Indonesia, 20/12/ 2011

Kaleidoskop pada Tahun 2011: Januari, Pebruari, Maret, April, Mei, Juni, Juli, Agustus , September, Oktober, Nopember, Desember.
Peristiwa-peristiwa pada Tahun 2011: Januari, Pebruari, Maret, April, Mei, Juni, Juli, Agustus , September, Oktober, Nopember, Desember.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar