Minggu, 27 Februari 2011

Penghargaan Film dan Musik


Saat ini terjadi pemberian penghargaan untuk film atau music entah itu academy awards, golden globe, atau grammy awards yang tentunya untuk orang awam cukup membingungkan, sehingga untuk hal ini perlu adanya informasi yang jelas untuk membedakannya. 
Maka untuk menambah pengetahuan tentang penghargaan-penghargaan tersebut yaitu sebagai berikut :

1.  Academy Award  (Piala Oscar)


Academy Award atau disebut juga piala Oscar adalah penghargaan film paling  utama di Amerika Serikat yang diberikan oleh Academy of Motion Picture Arts and Sciences, sebuah organisasi penghormatan profesional yang di tahun 2007 mempunyai keanggotaan sebanyak 6000 orang pemilih. Aktor-aktor (dengan keanggotaan sebanyak 1.311) merupakan kelompok pemilih terbesar.
Piala Academy Award dijuluki Oscar ketika seorang pustakawan Academy Margaret Herrick melihatnya di sebuah meja dan mengatakan, "kelihatan persis seperti pamanku Oscar!". Nama tersebut tetap melekat dan kini digunakan seumum nama Academy Award sendiri, bahkan oleh pihak Academy sendiri. Bahkan situs web Academy berada pada oscars.org dan situs web Penghargaan Academy Award berada pada oscars.com.
Penghargaan tersebut pertama kali diberikan pada 16 Mei 1929 namun hasilnya sebenarnya telah diumumkan pada 18 Februari, tiga bulan sebelumnya.  Ajang penghargaan ini antara lain menominasikan film terbaik, artis terbaik, sutradara terbaik, dan film asing terbaik.
Pemenang Piala Oscar terbanyak adalah Ben-Hur, Titanic, dan The Lord of the Rings: The Return of the King, yang masing-masing memenangkan 11 piala.
Didominasi Laki-laki
Namun, sejarah sepanjang perfilman Hollywood didominasi maskulin. Dominasi film-film maskulin dengan sederetan sutradara mayoritas laki-laki merupakan hal yang umum. Sepanjang ini baru empat sutradara perempuan yang masuk nominasi, yakni Sophia Coppola, Lina Wertmuller, jane Campion, dan Kathryn Bigelow.

2.  Golden Globe Award

Golden Globe Award adalah penghargaan film dan program televise Amerika Serikat yang diberikan setiap tahun dalam sebuah acara makan malam resmi.  Menominasikan penghargaan film terbaik (drama), film terbaik (musical atau komedi), sutradara terbaik, aktor terbaik (drama), actor terbaik (musical atau komedi), aktris terbaik (drama), aktris terbaik (musical atau komedi), aktor pendukung terbaik, aktris pendukung terbaik dan skenario terbaik

3.  Grammy Awards

 Penghargaan Grammy award (Grammy Awards, nama asli Gramophone Award) yang diberikan National Academy of Recording Arts and Sciences adalah merupakan salah satu dari penghargaan music terbesar di AS (bersama Billboard Music awards, American Music Awards dan Rock and Roll Hall of Fame Induction Ceremony).  Grammy Award dianggap setaraf dengan Academy Awards dalam bidang music.

Keterangan Gambar : diambil dari internet
Sumber a.l :  metrolisa.info, bataviase.co.id dari Media Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar