Sabtu, 24 Desember 2011

Tahun 2011 : Beberapa Peristiwa di Bulan Pebruari 2011

Peristiwa pada bulan Pebruari 2011 antara lain : (1).  Harga Minyak Tembus US$100 (1 Februari 2011), (2).  Wayang Dipalsukan (5 Februari 2001), (3).  Cikeusik Berdarah (6 Februari 2011), (4).  Garuda Masuk BEI (11Februari 2011), (5).  Grammy Award ke-53 Tahun 2011, (6).  KPK Tangkap Jaksa (11 Februari 2011),  (7).  The Phenomenon Mundur (14 Februari 2011), dan (8).  Dipo Alam Memboikot (21 Februari 2011).

(1).  Harga Minyak Tembus US$100 (1 Februari 2011)
Untuk pertama kalinya sejak krisis ekonomi 2008, Harga minyak dunia menembus US$100/barel, pada Selasa (1/2). Pada Kamis (24/2), harga minyak jenis brent bahkan mendekati US$120 per bare. Harga terpicu kekhawatiran terhadap meningkalnya gejolak di Mesir yang bisa mengganggu distribusi pasokan minyak melalui Terusan Suez. Terusan Suez sangat penting dalam distribusi minyak yaitu sekitar 2,4 juta barel minyak melewati terusan tersebut setiap hari.
Minyak Brent - Harga per barel, penutupan mingguan :
29 Okt 2007 : Harga minyak mendekali US$90, kenaikan tiba-tiba yang didorong oleh ketegangan di perbatasan Turki dan Irak dan penurunan mata uang US dolar.
11 Juli2008 : Harga minyak tertinggi pada US$147,5 per barel.
24 Des 2008 : Harga minyak mencapai titik terendah setelah krisis ekonomi, ditutup pada US$35,61.
24 Feb 2011: Lonjakan harga minyak membawa minyak mencapai US$120 per barel sebelum menyentuh US$113.65*.
Catatan : 75% dari produksi harian Libia, atau 1,2 juta barel terpotong akibat kerusuhan.

(2).  Wayang Dipalsukan (5 Februari 2011)
Kasus wayang kulit palsu itu terungkap setelah dalang Ki Jlitheng Suparman melihat sejumlah kole­ksi di ruang pamer depan.
Suparman sedang mencari bahan kajian untuk pementasan wayang. Dia kaget melihat koleksi wayang purwa, wayang gedog, dan wayang klithik, bukan aslinya.  Delapan wayang koleksi Museum Radya Pustaka di Surakarta, Jawa Tengah, dipalsukan.
Temuan di awal Februari itu mengagetkan masyarakat Solo. Polisi dan para peneliti benda-benda kuno
dari Direktorat Permuseuman dan kurator seni ke museum untuk meneliti wayang peninggalan Raja Paku Buwono itu.
Kepala Seksi Pelestarian dan Pemanfaatan Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Jawa Tengah Gutomo mengaku prihatin dan malu atas kejadian yang kerap berulang di museum.
Kasus pencurian dan hilangnya koleksi Radya Pustaka adalah kejadian ketiga kalinya. Sebelumnya, lima area kuno raib dan diganti area palsu. Tidak lama kemudian, 72 naskah kuno di museum yang dibangun Raja Paku Buwono X itu juga dikabarkan raib.

(3).  Cikeusik Berdarah (6 Februari 2011)

Nama Cikeusik mendadak tersohor dikarenakan tiga anggota Jemaat Ahmadiyah Indonesia tewas dalam bentrokan dengan warga di Desa Umbulan, Kecamatan Cikeusik, Kabupaten Pandeglang 6 Februari.
Lukman, tokoh masyarakat Cikeusik, menyebutkan seluruh korban merupakan warga pendatang. Peristiwa berdarah itu bermula dari datangnya puluhan anggota Jemaat Ahmadiyah Indonesia dari Kota Bogor datang ke Cikeusik dan menginap di rumah Parman pada Sabtu (5/2) malam. Entah siapa yang memprovokasi, besok paginya, sekitar seribu warga Kecamatan Cibaliung dan Kecamatan Malingping, Kabupaten Lebak, mendatangi rumah Parman.  Bentrok tak terhindarkan.
Selang dua hari kemudian, kerusuhan bernuansa SARA juga meledak di Temanggung, Jawa Tengah. Antonius Richmond Bawengan yang didakwa menista agama divonis lima tahun penjara. Massa marah dan merusak serta membakar tiga gereja. Polisi berhasil meredam aksi kerusuhan, namun dua kendaraan milik mereka juga hangus dibakar massa.

(4).  Garuda Masuk BEI (11Februari 2011)
PT Garuda Indonesia resmi menjadi perusahaan penerbangan nasional pertama yang sahamnya tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI).
Pencatatan saham dengan kode perdagangan GIAA itu disaksikan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Mustafa Abubakar, Deputi Menteri BUMN Sumaryanto Widayatin, direksi Garuda, serta penjamin emisi, pada 11 Pebruari.
Garuda melepas 6,3 miliar lembar saham setara dengan 26,67% dari total saham yang dimiliki.  Dengan harga perdana Rp750 per lembar saham, dana yang diperoleh dari penawaran umum perdana itu sebesar Rp4,751 triliun.
Dari jumlah tersebut, Garuda mendapat Rp3,3 triliun.
Adapun sisanya menjadi milik Bank Mandiri yang punya piutang dengan Garuda. Piutang itu kemudian dikonversi menjadi kepemilikan saham.
Direktur Utama Garuda Indonesia Emirsyah Satar mengatakan dana yang diterima digunakan untuk ekspansi usaha, termasuk meningkatkan usaha pada anak perusahaan. Untuk ekspansi usaha, perseroan menambah 67 pesawat. Suntikan dana segar itu membuat total armada menjadi 153 pesawat dari sebeiumnya 86 pesawat.

(5).  KPK Tangkap Jaksa (11 Februari 2011)
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap basah jaksa Dwi Seno Widjanarko dari Kejaksaan Negeri Tangerang dengan tuduhan pemerasan.
Jaksa Dwi Seno ditangkap di Jalan Raya Serpong, Tangerang Selatan, Jumat (11/2) pukul 21.15 WIB ketika menerima amplop cokelat berisi uang dari seorang pegawai bank BUMN.
Saat penangkapan, penyidik KPK menyita uang Rp50 juta dalam am­plop cokelat yang terbungkus plastik. Uang itu diduga sebagai imbalan dari se­orang pegawai bank BUMN   yang khawatir menjadi tersangka atas kasus menimpa temannya. Pihak Dwi Seno membantah memeras korban.
Seno berkilah uang itu sebagai donasi buat yatim piatu dan merupakan inisiatif dari pemberi. Tapi Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta melihatnya terbukti bersalah dengan mengganjar hukuman 1,5 tahun penjara serta membayar denda sebesar Rp20 juta pada 19 September.
Vonis yang dijatuhkan majelis ha­kim terhadap Seno lebih ringan daripada tuntutan jaksa yangmeminta dihukum 3 tahun penjara serta denda sebesar Rp30 juta.

(5).  Grammy Award ke-53 Tahun 2011
Trio country asal Nashville, Amerika Serikat, Lady An­tebellum menguasai malam anugerah Grammy Award ke-53 di Los Angeles, AS, Minggu (13/2/2011).  Grup yang terdiri dari Charles Kelley, Hillary Scott, dan Dave Haywood itu menenggelamkan musisi lain dengan merebut lima piala untuk kategori record of the year, song of the year, best coun­try performance by a duo or group with vocals, best country song, best country album.  Dua diantara gelar itu adalah penghargaan utama Grammy, yakni record  of the year, dan song of the year.  Selengkapnya dapat dilihat di sini.

(7).  The Phenomenon Mundur (14 Februari 2011)

Luis Nazario de Lima atau akrab dipanggil Ronaldo atau pemain yang dijuluki the Phenomenon akhirnya menyerah. Cedera yang terus mendera plus masalah kebugaran memaksa pemain berusia 34 tahun itu memutuskan mundur dari lapangan hijau,
Saking terharunya, itu tak kuasa menahan tangis saat jumpa pers pengunduran dirinya di Sao Paolo, Brasil, pada 14 Februari.
Selama 18 tahun berkarier, Ronaldo mengoleksi 326 gol dari 466 laga di level klub. Saat bersama timnas Brasil, ia mengemas 62 gol dari 97 penampilan. Deretan prestasi pernah digenggamnya termasuk merasakan menjadi juara dunia bersama Tim 'Samba' pada 1994 dan 2002.
Yang sangat luar biasa adalah Ronaldo memiliki lebih dari 80 penghargaan individu, termasuk menjadi pemain terbaik dunia pada 1996,1997, 2002, dan Ballon d'Or pada 1997 dan 2002.
Sayang, selama petualangannya di level Eropa, ayah dari Alex dan Ronald itu belum pernah mengangkat trofi kasta tertinggi yang sekarang disebut Liga Champion.

(8).  Dipo Alam Memboikot (21 Februari 2011)
Sekretaris Kabinet Dipo Alam dalam rapat tertutup dengan humas dan sekretaris jenderal kementerian mengeluarkan instruksi agar tidak melayani wawancara saat prime time serta tidak memasang iklan di media yang dianggap menjelek-jelekkan pemerintah.
Untuk mengecek kebenaran kabar itu, Media Indonesia mewawancarai Dipo Alam di Istana Bogor, Jawa Barat, pada 21 Februari. Dipo Alam mengaku mengeluarkan instruksi boikot itu.
"Kalau media ini terus mengkritik, tidak ada menit tidak ada jam, saya instruksikan memang. Buat apa pasang di sana? Kalau kita memang mau kerja sama, mari yang objektif," ujarnya.
Dalam wawancara itu, Dipo Alam bahkan mengatakan, "Makanya saya bilang, sudah boikot sajalah! Saya memberikan itu kepada sekjen-sekjen sama humas."
Media Group kemudian menggugat Dipo Alam ke Pengadilan Negeri Ja­karta Pusat (PN Jakpus). Pada 11 Oktober, PN Jakpus menyatakan Seskab Dipo Alam terbukti melakukan pemboikotan berupa larangan pemasangan iklan dan wawancara terhadap media massa kritis. Akan tetapi, PN Jakpus tidak melihat kerugian materiil dari Media Group selaku penggugat.

Keterangan gambar : sebagai ilustrasi yang diambil dari internet.
Sumber a.l : Kaleidoskop - Media Indonesia, 20/12/ 2011.

Peristiwa-peristiwa pada Tahun 2011: Januari, Pebruari, Maret, April, Mei, Juni, Juli, Agustus, September, Oktober, Nopember, Desember.
Kaleidoskop Tahun 2011: Januari, Pebruari, Maret, April, Mei, Juni, Juli, Agustus, September, Oktober, Nopember, Desember.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar