Senin, 21 Februari 2011

Film Kartun dan Perkembangannya (Bagian 2)



Film-film kartun yang dibuat tentunya mempunyai tema, pembawaan dan pesan yang mempunyai sifat dominan yang terkadang oleh produsernya sendiri (sifat tersebut) tanpa direncanakan.  Adapun sifat yang dominan dari film-film tersebut yaitu Dunia Binatang, Heroik/Keperkasaan, Profesional, dan Memerlukan Bimbingan

Dunia Binatang

1. Tom and Jerry


Merupakan film paling legendaries.  Cerita tentang persahabatan antara kucing dan tikus bernama Tom dan Jerry, walaupun ini film sempet mengundang kontroversi karena banyak mengandung kekerasan tapi menarik.  film kartun ini dibintangi sepasang kucing dan tikus, si kucing Thomas/Tom dan si tikus Jerry. Yang menjadikan film kartun ini terkenal selain dari tokoh karakternya antara lain dari cerita film itu sendiri yang mengisahkan Tom (kucing) dan Jerry (tikus) yang selalu usil satu sama lain dan selalu bertengkar, namun kadang kala pada episode tertentu mereka berdua akur dan saling tolong menolong. Selain karakter Tom dan Jerry ada juga Spike si anjing galak yang selalu mengejar Tom.
Serial film animasi Amerika Serikat hasil produksi MGM dan pemenang Academy Award (Piala Oscar) dan membentuk dasar dari seri sukses studio Metro-Goldwyn-Mayer (MGM). Cerita pendek mereka ini diciptakan, ditulis dan disutradarai oleh dua orang animator bernama William Hanna dan Joseph Barbera (mereka kemudain terkenal sebagai Hanna-Barbera).Seri animasi ini diproduksi oleh MGM Cartoon Studio di Hollywood pada tahun 1940 hingga 1957 saat unit animasi studio tersebut ditutup. Pada tahun 1960, MGM mempekerjakan Rembrandt Films (pimpinan Gene Deitch) di Eropa Timur untuk memproduksi seri Tom and Jerry ini.Produksi Tom and Jerry kembali ke Hollywood pada tahun 1963, dikerjakan oleh Sib-Tower 12 Productions pimpinan Chuck Jones. Seri produksi ini berlangsung hingga tahun 1967.Tom and Jerry muncul kembali di acara kartun televisi hasil produksi Hanna-Barbera (1975-1977; 1990-1993) dan Filmation Studios (1980-1982). Film animasi pendek produksi MGM karya Hanna dan Barbera dikenal karena telah memenangkan tujuh Academy Award, sama dengan prestasi Silly Symphonies karya Walt Disney. Dua karya ini adalah karya animasi seri yang paling banyak menerima penghargaan

2.  Finding Nemo
Kisah tentang cinta antara bapak dan anaknya dimana itu menghilangkan rasa takut, mengokohkan nyali hingga mempersatukan dua makhluk yang terpisah amat jauh.


SpongeBob SquarePants.  Merupakan sebuah serial film animasi yang paling populer di Nickelodeon. Pada awalnya serial kartun ini ditayangkan pada tahun 1999 di Amerika Serikat dan dicipta oleh Stephen Hillenburg, seorang animator dan ahli biologi laut, dan diterbitkan oleh perusahaan beliau, United Plankton Pictures Inc. Seri kartun ini ditayangkan di Malaysia menerusi saluran Nickelodeon dan TV3, dan juga melalui saluran TV9 yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa Melayu.Di Indonesia serial ini dipopulerkan oleh LaTiVi (sekarang TvOne), kemudian hak tayang acara-acara yang diproduksi oleh Nickelodeon dibeli oleh Global TV. Kartun ini diciptakan oleh seorang ahli biologi laut dan animator Stephen Hillenburg dan lalu dirilis melalui perusahaannya United Plankton Pictures Inc. Serial ini settingnya berada di Samudra Pasifik di kota Bikini Bottom.

3.  Madagaskar.
Kisah persahabatan beberapa ekor binatang yang berbeda ordo, family dan spesies.


4.  Alvin and The Chipmunks. 
Film ini diangkat dari serial kartun tahun 1980an tentang kelompok musik binatang tupai dibawah pimpinan Alvin yang nakal: Simon yang tinggi dan pendiam: Theodore yang gemuk dan plin plan. Seorang penulis lagu Dave Seville (Jason Lee) mengubah bentuk musik Alvin, Simon dan Theodore menjadi penyanyi pop yang sensasional. Disaat trio tersebut menghancurkan rumah dan karir Dave, dan membuat hidup Dave kacau balau. Film ini diproduksi oleh rumah produksi 20th Century Fox.

5.  Sponge Bob Square Pants
Merupakan film serial kartun yang populer dan dipopulerkan oleh Nickelodeon. Di Indonesia, film kartun ini sekarang disiarkan di channel Globaltv setelah sebelumnya disiarkan di Lativi (Tvone). Patrick Star yang menggemaskan, selain karena bentuknya yang menggemaskan, tingkah polahnya yang sangat polos pun sangat menggemaskan dan menimbulkan tawa bagi yang menonton. Setiap tokoh kartun yang ada di film kartun ini memiliki karakter yang unik dan cerita yang simple namun menarik, hal tersebut yang menjadikan film kartun ini sangat diminati oleh semua kalangan. Yel-yel dalam film ini yang dikenal : Are you ready kids?, I can't hear you?.

5. Looney Toons.  (1981).


Film seru yang menceritakan berbagai tokoh dengan berbagai karakter dan cerita yang berbeda-beda. tapi tokoh yang disentralkan itu si Bugs Bunny seekor kelinci yang lucu, lincah dan jahil.

6.  The Mupet


Merupakan film seri Tv dengan tokoh Katak hijau yang penampilan khasnya dalam berbicara yang lucu dan cerewet. Bermain bersama kawan-kawannya 

Heroik/Keperkasaan

1.       Ksatria Baja Hitam. 
Film dari Jepang yang menceritakan tentang seorang pahlawan yang bernama Ksatria Baja Hitam yang menumpas para monster di bumi.

2.     Power Ranger. 
Cerita tentang 5 orang pahlawan dari bumi yang mempunyai kekuatan super dan berusaha membantas para monster.

3.     Tarzan


Disney's Tarzan tidak menyimpang jauh dari cerita akrab bayi terdampar yang dibesarkan oleh kera di Afrika.  Hidup di tenagh hutan rimba sehingga tidak asing lagi terlihat berlari di dahan pohon raksasa dan ayunan melalui pepohonan, berkawan dengan berbagai binatang hutan (a.l kera, gajah, singa) dan ketemu perempuan bernama Jane.

4.     Dragon Ball
Tokoh Son Goku (Songoku), yang sangat terkenal di Indonesia. Dulu film ini selalu tayang di Indosiar pada hari minggu sekitar jam 8an pagi. Ceritanya yang sangat panjang dimulai dari son goku kecil sampai berkeluarga (punya anak yang gak kalah hebatnya), dan tambahan tokoh karakternya juga yang banyak dan menarik yang membuat daya tarik buat di tonton. Kalau sekarang mungkin bisa dibandingkan sama film naruto dan one piece, dari segi genre sama - sama action dan antusiasme juga sama - sama luar biasa pada jamannya masing - masing.

5.    Lion king


Cerita singa kecil yang bernama Simba yang hidup menyendiri dengan petualangannya sehingga dia bisa menjadi Raja Hutan.  Walaupun merupakan cerita dunia binatang tetapi sifat kepahlawanannya cukup menonjol.

6.    Kungfu Panda,
Penuh antusias, gemuk dan ceroboh, Po (Jack Balck) adalah penggemar berat bela diri Kung Fu...meskipun ia bukanlah mahkluk yang cekatan. Mimpi Po menjadi kenyataan saat ia bergabung di dunia Kung Fu dan berlatih diantara idolanya, Si Monyet (Jackie Chan) – dibawah kepemimpinan guru mereka, Master Shifu (Dustin Hoffman). Namun si macan tutul Tai Lung (Ian McShane) yang pendendam dan licik memiliki niat jahat terhadap mereka – dan semua tergantung pada Po untuk melindungi semua dari ancaman yang akan mereka hadapi.  Dapatkah Po mewujudkan mimpinya menjadi seorang ahli Kung Fu? Po memberikan seluruh hatinya – dan pengait celananya - , bertindak layaknya pahlawan untuk menemukan kelemahan utamanya dan menjadi yang terkuat. 

7.   Naruto (1999)
Merupakan manga dan anime karya Masashi Kishimoto. Bercerita seputar kehidupan tokoh utamanya,Naruto Uzumaki Naruto Uzumaki adalah tokoh utama cerita ini, seorang ninja dari desa Konoha -salah satu desa militer terkuat di dunia ninja-, dikarakteristikkan sebagai seorang ninja yang penuh kejutan, bersemangat, ceria, hiperaktif, kikuk, lugu, dan sangat ambisius dalam meraih cita-citanya untuk menjadi seorang Hokage, ninja terkuat di Konoha.  Sakura Haruno adalah salah satu rekan satu tim sekaligus wanita idaman Naruto, namun ia lebih menyukai Sasuke daripada Naruto.  Sasuke Uchiha adalah teman satu tim Naruto bersama dengan Sakura. Ia adalah seorang ninja berbakat yang selalu menyendiri dan jarang bergaul.  Jiraiya adalah salah satu Legendary Sannin(3 ninja legenda) yang terkenal di Konoha, disamping Orochimaru dan Tsunade. Jiraiya berperan melindungi Naruto dari organisasi rahasia akatsuki dan mengajari jurus dari hokage keempat setelah Naruto beranjak dewasa.
Anime yang baru beberapa tahun ditayangkan di TV namun mendapatkan reaksi yang luar biasa. Walaupun sering diulang berkali-kali, namun Naruto masih menjadi anime favorit diseluruh Indonesia saat ini, dan kedua secara keseluruhan film kartun (setelah SpongeBob Squarepants). Kisah Naruto dan teman-temannya ini diceritakan sangat unik, itu sebabnya menjadi sangat populer dikalangan masyarakat Indonesia.

8.    Sailor Moon. 


Film yang bercerita tentang kehidupan para anak cewek2 SMA yang memiliki kekuatan super dan bisa berubah wujud menjadi cewek super. “Dengan kekuatan bulan, akan menghukummu…”

Profesional

1.       Detektif Conan
Dalam bahasa Jepang: 名探偵コナン (Meitantei Konan) adalah sebuah manga dan anime detektif karangan Gosho Aoyama. Detektif Conan diterbitkan dalam majalah Weekly Shōnen Sunday. Selain dalam format manga dan anime, Detektif Conan juga telah dibuat dalam bentuk film dan drama TV.Detektif Conan menceritakan tentang Shinichi Kudo, seorang detektif SMA, yang tubuhnya mengecil akibat obat yang diberikan oleh sebuah organisasi misterius tanpa diketahui organisasi tersebut. Supaya identitas aslinya tidak diketahui organisasi tersebut, Shinichi menyamar sebagai Conan Edogawa, dan tinggal di kantor Detektif  Kogoro Mouri. Conan Edogawa telah banyak membantu Kogoro memecahkan kasus, sehingga Kogoro menjadi detektif swasta yang terkenal.  Antara lain disiarkan di Indosiar.

2.    Kapten Tsubasa


Kapten Tsubasa (キャプテン翼 ,Kyaputen Tsubasa?) adalah manga dan anime tentang sepak bola. Kapten Tsubasa merupakan salah satu manga dan anime favorit Indonesia. Tsubasa sempat dibuat-ulang dan ditingkatkan kualitas gambarnya. Teknik-teknik yang nyaris mustahil di dunia Tsubasa membuatnya menarik dan memiliki penggemar tersendiri.
Yu-Gi-Oh! (遊☆戯☆王 ,Yūgiō?, lit. “Raja Permainan”) adalah sebuah manga karya Kazuki Takahashi sejak tahun 1996. Menceritakan sebuah petualangan seorang anak lelaki yang jago dalam game. Yugi Mutou yang tidak mempunyai teman. Suatu hari ia diberi hadiah oleh kakeknya sebuah kotak yang berisi kepingan kepingan Puzzle antik kuno, konon disebut sebagai Millenium Puzzle. Setelah bertahun tahun kemudian Yugi berhasil menyusunnya dan roh yang berada di dalamnya berhasil keluar dan merasuki tubuh Yugi dan menjadi semacam kerpibadian yang lain yaitu Yugi Kegelapan (Yami Yugi).



Perlu Bimbingan (terutama sikap negatifnya)

1.       Donald Duck. 


Sebagai tokoh adalah seekor bebek bernama Donald yang penampilannya memakai baju pelaut biru/kelasi tanpa celana, suara khas, sifat mudah marah, sering dipecat dan ganti-ganti pekerjaan, tetapi mempunyai keterampilan di berbagai bidang.  Film pertama tahun 1934

2.       Shinchan,
Merupakan salah satu film kartun dari Jepang yang populer di Indonesia setelah Doraemon. Crayon Shin-chan (クレヨンしんちゃん Kureyon Shinchan) adalah sebuah seri manga dan anime karya Yoshito Usui. Tokoh utamanya adalah seorang bocah berusia lima tahun, ia murid taman kanak-kanak yang sering membuat ulah, dan membuat repot semua orang di sekitarnya.
 

Crayon Shin-chan pertama muncul pada tahun 1990 secara mingguan di majalah Weekly Manga Action, yang diterbitkan oleh Futabasha. Crayon Shin-chan mulai ditayangkan oleh TV Asahi pada 13 April 1992. Di Indonesia, komik Shin-chan diterbitkan oleh Indorestu PacificRajawali Grafiti dengan judul Crayon). Anime Crayon Shin-chan di Indonesia ditayangkan oleh stasiun televisi RCTI setiap hari Minggu pagi sesudah serial Doraemon. (sebelumnya pernah pula diterbitkan.  Humor dalam seri ini berasal dari tingkah laku Shin-chan yang janggal. Misalnya ia sering meledek ibunya bila disuruh merapikan mainannya. Seperti ayahnya, Shin-chan juga suka melihat wanita cantik dan sering merayu mereka.
Pada awalnya, kemunculan film ini di Indonesia banyak ditentang terutama oleh para pemerhati anak dan orang tua karena tingkah usil dan nakal tokoh kartun Shinchan yang dikhawatirkan akan mempengaruhi anak - anak yang menonton. Memang salah satu daya tarik film ini yaitu terletak pada humor dari tingkah laku Shinchan yang janggal antara lain sering meledek Ibunya, dan senang merayu wanita cantik, namun seriring perkembangannya film kartun Crayon Shinchan justru semakin diterima hal tersebut mungkin karena penonton sekarang sudah mulai lebih bijak dan peran serta orang tua dalam meng-kontrol dan menemani anak dalam menonton film kartun yang berjenis seperti ini.

3.       Doraemon
Doraemon (ドラえもん) adalah judul sebuah manga populer yang dikarang Fujiko F. Fujio (藤子・F・不二雄) sejak tahun 1970 dan berkisah tentang kehidupan seorang anak pemalas kelas 5 SD yang bernama Nobi Nobita (野比のび太) yang didatangi oleh sebuah robot kucing bernama Doraemon yang datang dari abad ke-22. Dia dikirim untuk menolong Nobita agar keturunan Nobita dapat menikmati kesuksesannya daripada harus menderita dari utang finansial — yang akan terjadi di masa depan — yang disebabkan karena kebodohan Nobita.Nobita, setelah gagal dalam ulangan sekolahnya atau setelah diganggu oleh Giant dan Suneo, akan selalu mendatangi Doraemon untuk bantuannya. Doraemon kemudian biasanya akan membantu Nobita dengan menggunakan peralatan-peralatan canggih dari kantong ajaibnya; peralatan yang sering digunakan misalnya “baling-baling bambu” dan “Pintu ke Mana Saja”. Sering kali, Nobita berbuat terlalu jauh dalam menggunakan peralatannya dan malah terjerumus ke dalam masalah yang lebih besar.
Film kartun berasal dari Jepang (sudah hampir 30 tahun ada di Indonesia) ini, menceritakan tentang robot yang datang dari abad 21 ke abad 19, membantu seorang anak yang bernama Nobita, buat mengatasi masalah.  Merupakan film/program kartun yang paling lama beredar di Indonesia dan paling populer, film ini sudah beredar di Indonesia sejak tahun 1974 saat itu masih disiarkan oleh TVRI Jogjakarta. Barulah pada tahun 1991 hingga saat ini hak siarnya menjadi milik RCTI.

4.       One Piece.


Diciptakan oleh Eichiro Oda (orang Jepang punya-red). Tokoh kartun adalah kapten bajak laut topi jerami, ya dia adalah Monkey D Luffy. Bercerita tentang sekelompok bajak laut, Mokey D Luffy (Kapten), Zoro (Ahli Pedang/Pemburu Perompak), Sanji (Koki), Nami (Navigator), Usopp (Penembak Jitu), Chopper (Dokter), Robin (Arkeolog), Franky (Ahli Kapal), dan Brook (Musisi), mereka berlayar dengan satu tujuan yaitu mencari harta karun yang legendaris bernama One Piece. One Piece sukses berkat ceritanya yang kuat, penuh fantasi, nuansa humor yang khas, tokoh-tokohnya yang beraneka ragam, pertarungan yang ketat antara tokoh-tokoh yang aneh, serta tokoh-tokoh yang diceritakan secara mendalam, selain itu jarang sekali film kartun/anime yang mengisahkan tentang bajak laut.

Bacaan sebelumnya Bagian 1 >> Bersambung ke Bagian 3 (Tammat)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar