Rabu, 04 Januari 2012

Pembajak pun Incar Film Daring


Ini sebuah fakta. Dalam sebuah situs file sharing, Torrent Freak, film The fast and the furious Five yang dibintangi Vin Diesel dan Paul Walker menjadi film yang paling banyak dibajak pada 2011. File film tersebut telah diunduh 9,2 juta kali lewat internet.

Di urutan kedua ada film The Hangover II dengan 8,8 juta unduhan, menyusul film thriller Thor, Source Code. dan I Am Number Four di urutan. ketiga, keempat, dan kelima.
Pada 2009, seperti yang dikutip BBC, film garapan James Cameron, Avatar, menjadi film yang paling banyak dibajak dengan jumlah unduhan 16,6 juta kali. Untuk mengurangi jumlah pembajakan itu, Cameron pernah mengusulkan untuk memproduksi film dengan fitur 3D sehingga penggemar film akan memilih untuk menonton di bioskop jika dibandingkan dengan mengunduhnya secara ilegal di internet.
Jika disandingkan dengan daftar film box office pada 2011, taktik itu tampaknya berhasil. Lima film teratas yang paling banyak diba­jak tidak termasuk lima film teratas box office yang umumnya menggunakan fitur 3D.
Film teratas di box office ialah Harry Potter and the Deathly Hallows: Part 2, Transformers: Dark of the Moon, Pirates of the Caribbe­an: On Stranger Tides, Kung Fu Panda 2, dan The Twilight Saga: Breaking Dawn - Part 1.
Semua film itu, seperti yang dikutip Guardian, memiliki versi tiga dimensi yang ditampilkan pada bi­oskop. Secara keseluruhan, angka pembajakan tahun ini cenderung menurun jika dibandingkan dengan tahun lalu.
Torrent Freak mengatakan penurunan angka pemba­jakan itu mungkin dapat dijelaskan dengan munculnya berbagai situs file sharing yang tak memiliki hitungan angka unduhan. Atau bisa jadi pengguna daring sudah beralih ke situs film legal se­perti Lovefilm, Youtube, dan Netflix.
Berikut daftar film yang paling banyak dibajak pada 2011. Data itu dikumpulkan dari beberapa sumber, termasuk laporan dari ribuan pelacak Bittorrent.

Daftar Film yang Paling Banyak Dibajak Daring
1. Fast Five 9,2 juta unduhan
2. The Hangover II 8,8 juta unduhan
3. Thor 8,3 juta unduhan
4. Source Code 7,9 juta unduhan
5. I Am Number Four 7,6 juta unduhan
6. Sucker Punch 7,2 juta unduhan
7. 127 Hours 6,9 juta unduhan
8. Rango 6,4 juta unduhan
9. The King Speech 6,2 juta unduhan
10. Harry Potter and the Deathly Hallows Part 2 6 juta unduhan

Keterangan gambar : sebagai ilustrasi (tambahan) yang diambil dari internet
Sumber : Media Indonesia tanggal  2 Januari  2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar