Rabu, 21 Desember 2011

Arti Warna (3) : Urine dan Kesehatan Tubuh

Ternyata warna urine (air kencing) bisa dijadikan alat memprediksi kondisi kesehatan pada saat itu, ini juga bisa dijadikan acuan bagaimana tindakan yang harus kita ambil setelahnya. 
Urine, air kemih, air kencing atau air kemih adalah merupakan zat buangan yang terhimpun dalam kandung kemih dan dikeluarkan dari dalam tubuh melalui saluran kemih (uretra).
Menurut konsultan ahli urologi Tim Terry maka perlu mengenali warna urine untuk memprediksi kesehatan, yaitu :

Kuning
Urine sehat itu berwarna kuning pucat atau kuning gelap.  Hal ini tergantung pada tingkat hidrasi, sehingga jika urine tetap berada di koridor warna kuning, berarti normal sehingga bisa bernapas lega.

Hijau
Beberapa obat antiseptik dan anestesi memberikan warna semburat hijau pada urine, hal ini karena biru metilen, pewarna yang kadang-kadang perlu diperjuangkan ginjal kita. Namun bila urine berwarna hijau tidak usah terlalu khawatir.

Orange
Jika urine berwarna orange biasanya dibarengi dengan tinja yang berwarna putih, bisa jadi ini karena ikterus obstruktif, ini adalah tanda disfungsi hati. Jadi segera ambil tindakan bila urine berwarna seperti ini.

Cokelat
Urine cokelat menampakkan ada masalah ginjal. Ini bisa menjadi tanda penyakit ginjal yang serius bahkan fistula. Keadaan ini biasanya karena ada kebocoran usus ke kandung kemih. Segera periksakan ke dokter untuk kasus ini.

Merah
Ini benar-benar buruk, karena warna merah ini berarti ada darah dalam urine, ada mengartikan pendarahan atau kanker, yang pada orang berusia lebih dari 40 tahun hipotesis pertama adalah kanker kandung kemih. Segera hubungi dokter dan lakukan deteksi dengan segera.

Serupa susu (tambahan dari sumber lain)
Merupakan zat warna normal dalam jumlah besar (fosfat, urat), zat abnormal (pus, getah prostat, chylus, zat lemak, bakteri, protein membeku), sedangkan indikasi penyakit adalah infeksi saluran kencing atau kebocoran limpa.


Namun apabila urine Anda berwarna merah atau warna tidak normal maka jangan terlalu panik dahulu takut terkena penyakit yang parah, karena menurut sumber lain adanya kandungan darah dalam urine tersebut bisa disebabkan adanya infeksi pada saluran kencing atau adanya infeksi pada alat pengeluaran urine (ginjal atau kandung kemih) yang disebabkan karena pergeseran batu seperti pada kasus batu ginjal yang penanganannya bisa dari mulai ringan (berobat jalan) sampai melalui operasi sedang, atau warna lain ini disebabkan dari warna makanan yang telah dimakan.

Namun apabila ada kelainan apalagi ditambah sakit maka perlu konsultasi ke dokter, selain itu bisa juga melalui pengobatan alami seperti dengan mengkonsumsi makanan yang kandungannya bersifat menyehatkan tubuh, seperti halnya pada Bagian 4 dari tulisan ini (masih tentang Warna).
Lihat juga Arti Warna (2), dan Arti Warna (4).

Sumber al : id.berita.yahoo.com  dari Tribune News 27/6/2011

Bacaan terkait : Terapi Warna Bagi Kesehatan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar