Selasa, 03 Januari 2012

Indonesia Menyambut Tahun Baru 2012


Kemeriahan berbagai kota di wilayah Indonesia dalam menyambut tahun baru 2012, tetapi tidak lupa pula dengan masalah keamanan dan kebersihan.

Seperti yang semua orang bahwa untuk tahun 2012 diharapkan dapat lebih baik dari tahun sebelumnya.  Begitu pula Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengucapkan selamat tahun baru kepada seluruh rakyat Indonesia, dia berharap agar tahun 2012 membawa berkah dan kebaikan bagi seluruh rakyat Indonesia (31/12/2011).

Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta


Keramaian dan kemacetan dalam rangka menyambut tahun baru 2012 (Gambar).

Monumen nasional (Monas), Jakarta

Tahun lalu kawasan Monas memang tidak ada pesta kembang api namun dalam menyambut perayaan tahun baru 2012 Pemprov DKI Jakarta di kawasan ini menggelar pesta kembang api yang menyala selama 9 menit (Gambar).  Kembang api berdiameter 1,2 inci menyala selama sembilan menit dengan 900 ledakan.
Diharapkan dengan adanya pesta kembang api ini, warga Jakarta dapat terhibur, (Wakil Wali Kota Jakarta Pusat, 31/12/2011).

Ancol, Jakarta
Pengelola Taman Impian Jaya Ancol memeriahkan perayaan malam pergantian tahun baru dengan 10 ribu kembang api dengan dana sekitar Rp 400 juta dihabiskan untuk atraksi tersebut.
Pengelola Ancol sendiri menyediakan paling tidak empat titik yang tersebar didalam kawasan wisata tersebut untuk menyalakan kembang api. Empat titik tersebut yakni Pantai Indah, Dermaga Putri Duyung, Dermaga Beach Pool dan Pantai Carnival.

Kuta, Bali
Tepat pukul 00.00 WITA, ratusan ledakan kembang api mewarnai langit sepanjang Pantai Kuta, Bali. Ledakan kembang api disambut suka cita para wisatawan maupun warga Denpasar yang sejak petang memadati kawasan pantai.  Hampir 15 menit kembang api terus melukis langit Pantai Kuta dengan berbagai model cahaya ledakan dan warga. Para wisatawan dan warga pun mengaku puas dengan sajian ini.

Bandung
Mereka tersebar di tujuh titik pusat perayaan malam Tahun Baru, di antaranya alun-alun Bandung dan Jalan Asia-Afrika, sekitar Lapangan Tegalega, depan Gedung Sate juga Lapang Gasibu, alun-alun Ujung Berung, Jalan Dago dan Merdeka, serta Jembatan Pasupati dan Jalan Surapati

Surabaya
Berbagai hiburan tersebar di Kota Surabaya untuk menyambut detik-detik pergantian tahun, masyarakat Kota Pahlawan dihibur dengan acara musik dengan artis lokal dan ibukota hingga hiburan tradisional (seperti ludruk), serta pesta kembang api (di Armatim) yang tepat disulut pukul 00.00 WIB.
Selain itu, di pusat kota terdapat dua kegiatan yang tidak kalah meriah yakni, peniupan terompet yang akan dilakukan oleh Gebernur Jatim bersama muspida setempat dan memberikan ratusan bingkisan akhir tahun kepada pasukan kuning dan anak yatim.

Medan
Pesta rakyat malam pergantian tahun baru 2012 di Kota Medan dipusatkan di Taman Sri Deli berlangsung meriah meskipun hujan mengguyur kota Medan sejak pukul 20.00 Wib tak menyurutkan ribuan warga untuk menyaksikandetik-detik pergantian tahun dan pesta kembang api.  Saat dipencet tombol serine sebagai tanda waktu pergantian tahun, warga Medan menyambut dengan gegap gempita. Kembang api yang meluncur dari sisi kiri panggung utama di Taman Sri Deli menyalakan cahaya yang indah dengan dentuman suara yang keras menggelegar.

Makassar
Pantai sepanjang 3 kilometer tersebut menjadi tempat favorit warga Makassar untuk meryakan tahun baru dimana tidak kurang dari 10 ribu warga Makassar memadati tempat tersebut. Apalagi, pantai sengaja ditutup untuk pengguna kendaraan dan dikhususkan untuk pengguna jalan kaki.
Tepat pukul 00:00 Wita, langit Makassar terlihat semarak oleh kembang api serta suara petasan. Selain itu, suara gegap gempit juga terdengar dari terompet yang ditiup oleh hampir seluruh pengunjung Pantai Losari. Mereka larut dalam kebahagiaan melepas tahun 2011 dan menyambut tahun 2012.

Jayapura
Hujan deras yang turun sejak sore hari mengguyur seluruh wilayah Kota Jayapura dan sekitarnya, namun tidak menyurutkan niat warga untuk merayakan malam tahun baru dengan membakar petasan dan kembang api.  Ruas jalan menuju pantai juga mulai dipadati kendaraan. Selain itu, ada pula warga yang memilih berjalan kaki menuju anjungan pantai Yos Sudarso.
Beberapa ruas jalan seperti Jalan Soa-Siu ditutup sementara. Jalan utama yang berada tepat di bibir pantai, dijadikan menjadi satu jalur untuk menghindari kemacetan.  Suasana perayaan malam pergantian tahun mulai terasa sejak sore menjelang malam oleh suara terompet dan ledakan kembang api mulai bersahut-sahutan di beberapa sudut kota.
Warga juga terlihat memanfaatkan sisi Jalan Danau Sentani, jalan utama menuju kabupaten Jayapura, untuk menikmati malam pergantian tahun.

Balikpapan
Tempat yang banyak dituju warga untuk merayakan tahun baru dan menjadi titik keramaian kemacetan adalah dari Stalkuda (Jalan Iswahyudi), Jalan Jenderal Sudirman, Klandasan, Lapangan Merdeka, hingga Melawai. Di daerah utara Balikpapan, kemacetan antara lain di simpang Muara Rapak, dan Jalan Soekarno Hatta. Jalan Ahmad Yani dan Jalan MT Haryono juga rawan macet karena menjadi jalur utama menuju ke titik-titik keramaian tersebut. Pesta perayaan tahun baru tersebut telah dikerahkan sebanyak 600 personel ditambah 100 personel dari Brimob.

Keterangan gambar  : diambil dari internet
Sumber a.l :www.mediaindonesia.com/read/2011/12/1, Liputan6.com, 31/12/2011

Bacaan terkait :
Kebiasaan dalam menyambut Tahun baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar