Minggu, 02 Februari 2014

Serba-Serbi Sekitar ASI dan Donor



Dikemas oleh Isamas54
Pemberian ASI eksklusif untuk bayi pada enam bulan pertama sangat penting. Untuk hal ini Pemerintah telah meregulasikannya.  Bagaimana pula permasalahan dan serba-serbinya.

Di Indonesia, peraturan pemerintah mengenai pemberian air susu ibu (ASI) eksklusif telah disahkan per 1 Maret 2012 lalu, dimana ASI eksklusif diberikan kepada bayi pada enam bulan pertama masa tumbuh kembang bayi. Pada masa tersebut bayi hanya diperbolehkan minum ASI saja. Ibu tak perlu khawatir bayi akan kekurangan nutrisi karena semua jenis nutrisi yang dibutuhkan bayi sudah ada dalam ASI.  Setelah usia bayi lebih dari 6 bulan, bayi boleh diberikan makanan rumahan pendamping tanpa menghilangkan ASI. ASI sebaiknya tetap diberikan hingga bayi berusia dua tahun atau lebih.
Dengan menyusui, ibu beserta bayi diharapkan akan lebih sehat. Ibu akan terhindar dari kanker, diabetes, rematik, alzheimer, stres, obesitas, dan berbagai penyakit lain. Sedangkan bayi juga terlindung dari berbegai penyakit seperti diare, pneumonia, leukimia, kencing manis, kanker payudara ketika dewasa, gangguan jantung dan pembuluh darah, penyakit menahun, serta berbagai alergi.

Batasan dan pengertian (minimal dalam tulisan ini)
Air susu ibu (ASI) eksklusif, adalah air susu dari seorang ibu kandung diberikan kepada bayinya pada enam bulan pertama dimana pada masa tumbuh kembang bayi ini bayi hanya diperbolehkan minum ASI saja, setelah masa itu (lebih 6 bulan) bayi boleh diberikan makanan rumahan
Donor ASI adalah ibu yang menyumbangkan ASI kepada bayi yang bukan anaknya. (Pasal 11 (1), PP RI No 33/2012)
ASI perah, dihasilkan dari seorang ibu yang memerah ASI-nya lalu menyimpannya dalam mesin pendingin dengan maksud nanti diberikan kepada bayinya ketika ada kesempatan.  Hal ini bisa dilakukan  pada bayi ketika ibu sedang sibuk bekerja atau bayi dititipkan.
Saudara sepersusuan, adalah seseorang yang telah dianggap saudara kandung karena ada kaitan atau kesanaan dari ibu donor ASI.  Ada yang menyatakan bayi jadi saudara (sepersusuan) kalau lima kali menyusu pada ibu donor hingga kenyang (Satgas ASI IDAI, 2012.
Serba-serbi (istilah), diartikan sebagai bermacam kejadian yang mengarah kepada hal dianggap kurang normal, lucu, atau menimbulkan tanda tanya (penasaran).

Kondisi dan permasalahan
ASI  adalah makanan terbaik bagi bayi, namun, tidak semua ibu beruntung dapat menyusui langsung bayinya karena bisa beragam kendala bisa penghambat, seperti sedang menjalani kemoterapi, terapi radiasi, atau karena melahirkan secara premature sehingga ASI-nya sulit keluar.  Dalam kondisi ini maka salah satu jalan yang bisa ditempuh demi memberikan ASI eksklusif pada bayi adalah memberikan ASI dari donor.
ASI mengandung antibodi dan sel-sel kekebalan tubuh. Sehingga, kandungan itu sangat membantu bayi-bayi yang baru lahir dengan kekebalan tubuh lebih rendah ketimbang orang dewasa.
Selain itu, ASI kaya vitamin dan enzim yang ramah untuk pencernaan. Segelas ASI memiliki lebih banyak lemak dan karbohidrat dibanding segelas susu sapi. Tapi kalsiumnya lebih sedikit. (metrotvnews.com 2013/07/11)
Pemberian ASI donor sudah kerap dilakukan buat para ibu yang aktif di beberapa komunitas per-ASI-an, na­mun bagi sebagian besar masyarakat  belumlah menganggap lumrah.  ASI donor memang masih menjadi kontroversi. Secara agama (Is­lam), dinyatakan bahwa ASI donor bertalian dengan hukum saudara sepersusuan karena hukum tersebut, bayi-bayi yang menyusu pada ibu yang sama akan menjadi saudara sehingga kelak mereka tidak boleh menikah karena bersaudara, seperti kakak dan adik. Selain itu, ada pula persoalan tentang keraguan akan higienitas ASI donor.

Peraturan pemerintah (PP RI)
Panduan nasional mengenai donor ASI, diperlukan untuk memperjelas hukum saudara sepersusuan serta membakukan tahapan pemberian ASI donor.
Ketua Sentra Laktasi Indonesia Utami Roesli menyatakan pemerintah bertugas untuk memberikan panduan yang tepat.  "Karena itu, sebaiknya pemerintah menuntaskan (peraturan itu) dengan melibatkan para ulama. Sehingga soal saudara sepersusuan jadi jelas," ujar Utami pada seminar tentang ASI yang diselenggarakan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), di Jakarta (2012).
Setali tiga uang, Ketua IDAI Badriul Hegar menekankan pentingnya pan­duan nasional. "ASI adalah impian yang harus diwujudkan. Panduan na­sional mengenai tahapan pemberian ASI donor, mulai dari skrining hingga pasteurisasi diperlukan sehingga ma­syarakat tidak ragu dalam memutuskan pemberian ASI donor."
Panduan nasional itu amat penting mengingat saat ini masih banyak kesimpangsiuran. "Misalnya pemahaman tentang saudara sepersusuan. Ada yang bilang bayi jadi saudara kalau lima kali menyusu pada ibu donor hingga kenyang," ujar Satgas ASI IDAI Rosalina D Roeslani pada kesempatan sama.
Donor dan skrining
Selain untuk memperjelas hukum saudara sepersusuan, panduan nasional ASI donor juga diperlukan untuk memperjelas tahapan pemberian ASI donor, termasuk tentang langkah skrining. Pasalnya, ASI juga menularkan beberapa penyakit. Beberapa virus yang terdeteksi dalam ASI yaitu HIV-1, hepatitis B, cytomegalovirus (1:100), west nile virus, dan human T-cell fymphotropic (HTLV) 1 dan 2.
Untuk mendapatkan ASI donor yang ideal, ibu yang hendak mendonorkan ASI-nya harus melalui proses skrining lisan dan tulisan, lalu skrining laboratorium. Bila telah dinyatakan sehat, ASI akan dipasteurisasi dan dikultur terlebih dahulu untuk diperiksa apakah ada bakterinya atau tidak. Sesudah dipastikan sehat, barulah ASI donor bisa digunakan.  "Oleh karena itu, ASI donor tidak boleh diberikan sembarang, harus melalui beberapa proses hingga menjadi ASI donor yang ideal," ujar Rosalina.
Pada skrining tahap 1, donor akan menjawab pertanyaan tentang riwayat kesehatan secara mendetail. Tahap 2 yakni pemeriksaan serologi (tes darah) untuk tes HIV-1, HIV-2, HTLV, hepatitis B, hepatitis C, dan sifilis. Biayanya memang tidak murah dan belum seluruh daerah memiliki fasilitas untuk melakukan skrining lengkap, tapi itu perlu dilakukan.
Selain itu, ASI donor harus disimpan di pendingin dengan suhu kurang dari 20 derajat Celsius sehingga mematikan dan menonaktifkan CMV dan HTLV, kemudian dipasteurisasi guna mematikan CMV dan HIV.
Terkait usulan-usulan tersebut, Direktur Bina Gizi Kementerian Kesehatan RI Minarto menyatakan dukungannya terhadap ASI donor. "Kementerian Kesehatan pun tengah gencar memproses segala prosedurnya bersama para ahli agama," paparnya.

Berapa lama bisa bertahan?
Agar lebih awet, ASI perahan dalam alat pendingin sehingga tidak mudah rusak dan tetap segar ketika diminum bayi.
Menurut dr Utami Roesli, SpA, 70, pakar laktasi dan pejuang ASI, seperti tertulis dalam health.detik.com (2014/02/01) : 
(a). ASI di udara Jakarta atau di udara luar, menurut orang bisa bertahan 4 s/d jam, tetapi dia mengusulkan 4 jam saja, kalau dimasukkan ke dalam termos es, bisa bertahan sampai 24 jam, sedangkan kalau disimpan di tempat buah (kulkas) atau chiller, bisa bertahan sampai 2 hari. Ini semua disebut ASI perah segar!’
(b).  Disarankan agar para ibu memberikan ASI segar alias ASI yang diperah lalu dimasukkan ke dalam mesin pendingin tanpa dibekukan. ASI segar itu dikonsumsi paling lama dua hari setelah diperah.  Sedangkan ASI yang dimasukkan ke dalam mesin pembeku (ASI beku) disebut sebagai tabungan ASI dan bisa bertahan lebih lama.  Kalau kita simpan di freezer pintu satu, itu dua minggu. Freezer pintu dua, itu tiga bulan.
(c).  Untuk penyimpanan ASI di mesin pendingin, disarankan agar tidak meletakkan ASI di bagian pintu. Sebab pintu sering dibuka dan mudah terpapar udara luar. Sebaiknya ASI di simpan pada bagian kulkas paling belakang yang terlindung.
(d).  Bagi para ibu yang sering memerah ASI untuk bayinya (bukan untuk Bapaknya), supaya ibu menggunakan tangan dan tidak menggunakan breast pump. 
"Gunakan tangan untuk memerah, tidak pompa. Tangan itu sangat, sangat, sangat, efisien dan sebenarnya mirip sekali cara bayi mengeluarkan ASI," pesannya.

Kasus dan kejadian

(1).  Tidak membuat kendur
Masih banyak yang berpendapat bahwa menyusui adalah merupakan penyebab kendurnya payudara, padahal hal tersebut tidak benar.
Penelitian terhadap hampir 120 ibu dengan implan payudara menemukan bahwa menyusui bukan faktor risiko signifikan penyebab payudara wanita kendur.
Menurut Dr Norma Cruz, seorang profesor bedah plastik di University of Puerto Rico School of Medicine di San Juan seperti dikutip dari WebMd (23/12/2013), mengatakan bahwa menyusui adalah merupakan hal yang sangat penting bagi bayi, maka perlu disampaikan kepada ibu-ibu baru di seluruh dunia bahwa menyusui tidak akan membuat payudara perempuan yang melakukan implantasi atau tidak menjadi kendur.  "Banyak wanita khawatir bahwa menyusui bisa mengubah penampilan payudara mereka. Terutama setelah mereka berinvestasi dalam pembesaran payudara melalui implan payudara," ujarnya
"Tidak ada gangguan kelenjar payudara atau saluran susu ke puting. Penyebab paling umum dari payudara kendur yaitu terkait perubahan atau berkurangnya produksi hormon yang memperbesar payudara selama kehamilan. Selama kehamilan, jaringan payudara membesar dan diperluas. Setelah melahirkan, kadar hormon ini jauh berkurang dan payudara mengempis, sehingga kendur," jelas Dr Jeffrey Salomon, asisten profesor klinis bedah plastik di Yale University School of Medicine.
Catatan : mungkin masih banyak hasil penelitian yang menyatakan menyususi tidak membuat payudara kendur.

(2).  Bakteri Baik di Usus
ASI mendorong terbentuknya koloni bakteri bermanfaat dalam saluran pencernaan yang membantu penyerapan zat gizi dan sistem kekebalan tubuh, sedangkan susu formula dari kedelai atau susu sapi tidak memberikan manfaat itu. Demikian hasil studi Pusat Kesehatan Universitas Duke-AS yang dipublikasikan dalam jurnal Current Nutrition & Food Science dan dikutip HealthDay (31/8/2012).
Para peneliti menumbuhkan dua strain bakteri Escherichia coli di dalam contoh ASI serta susu terbuat dari kedelai dan susu sapi. E coli yang digunakan dalam penelitian merupakan strain yang dibutuhkan lambung bayi. Dalam ASI, bakteri berkumpul dan membentuk lapisan (biofilm) yang menjadi tameng dalam menghadapi mikroorganisme berbahaya, hal tersebut tidak terjadi dalam contoh susu kedelai dan susu sapi.

(3).  Dijual melalui daring dan bakteri
Sebuah studi yang dilakukan sebuah rumah sakit anak di Ohio menemukan fakta bahwa ASI yang dijual daring mengandung bakteri, sehingga Food and Drug Adminis­tration (PDA) menyarankan agar bayi tidak diberi susu yang dibeli secara daring tersebut.
Dalam penelitian, setidaknya ditemukan 74% dari 101 sampel dari laman penjual ASI daring terkontaminasi oleh bakteri dalam kadar yang berlebihan, seperti Streptococcus dan Salmonella. Padahal, Salmonella biasanya ditemukan pada ayam mentah dan dalam kotoran hewan yang menyebabkan diare, demam, kram perut, dan pada kasus yang ekstrem bisa menye­babkan kematian yang disebabkan dehidrasi.
Bayi termasuk paling rentan lantaran sistem kekebalan tubuhnya belum berkembang dengan baik. Administrator dari sebuah laman yang memfasilitasi penjualan susu, Onlythebfeast.com (2013), me­ngatakan mereka mengetahui masalah tersebut dan mencoba untuk mengatasinya.

(4).  Harga yang cukup mahal
Bank Susu Ibu di San Jose-AS, mengumpulkan sumbangan ASI untuk bayi yang membutuhkannya seperti bayi lahir prematur. Namun diam-diam, lembaga itu memberikan ASI untuk pasien kanker dan orang lain dengan penyakit serius. (metrotvnews.com 2013/07/11)
Bahkan di Cina, ASI menjadi minuman kesehatan bagi orang dewasa. Ada warga setempat yang rela membayar hingga USD4.000 atau setara dengan Rp40 juta (kurs Rp10 ribu per Dolar AS) selama sebulan.
Namun kontroversi muncul lantaran ASI menjadi minuman bagi kalangan orang dewasa borjuis di China. Banyak yang memprotesnya. Mereka menganggap hal tersebut sebagai aksi pornografi.
Pasalnya, banyak bayi yang kekurangan asupan ASI. Tapi sebaliknya, orang-orang dewasa malah membayar banyak uang untuk mendapatkan asupan tersebut.
Sebuah penelitian menyebutkan ASI dapat membunuh sel kanker, namun petunjuk dan rincian sifat antikankernya belum tuntas.  Sedangkan ahli nutrisi pun meragukan manfaat ASI bagi orang dewasa, karena orang dewasa membutuhkan lebih banyak nutrisi dari makanan sehari-hari ketimbang ASI.

SELINGAN
Demam susu formula asing

Di China banyak ibu yang menganggap susu formula punya peran penting dalam melengkapi gizi makanan untuk bayi atau balita mereka, hal tersebut terlepas dari pro dan kontra sehingga membuat konsumsi terhadap produk makanan bayi relatif tinggi.  Bahkan, kontribusi China diestimasi mencapai US$30 miliar terhadap industri makanan bayi global.

Mulai meresahkan …

Susu formula buatan asing populer di China sejak merebaknya kasus susu formula lokal yang terkontaminasi bahan melamin. Dalam kasus yang terjadi di 2008, enam anak tewas dan 300 ribu bayi jatuh sakit.

Di Inggris, sejumlah pasar swalayan terpaksa membatasi pembelian susu formula bayi, karena terjadi aksi pembelian susu formula dalam jumlah cukup besar oleh turis asal China dan warga setempat keturunan China. Susu-susu tersebut biasanya untuk mereka kirimkan ke China daratan, bahkan tidak jarang ada konsumen individu yang sengaja membeli untuk kemudian dijual secara daring.

Danone, produsen susu merek Aptamil dan Cow & Gate, mengatakan mayoritas pasar swalayan menerapkan pembelian maksimal dua pak atau kaleng untuk tiap pembeli per hari, yaitu untuk mencegah pembelanja melakukan 'ekspor' ilegal. Para pengecer juga membatasi pembelian susu SMA dari Nestle, meski produsen itu raengklaim tidak ada persoalan stok.

British Retail Consortium (BRC), yang 80% anggotanya berkontribusi terhadap sektor susu bayi, menyatakan banyak toko telah memberlakukan batas dua kotak bagi setiap pelanggan untuk mencegah 'ekspor tidak resmi' ke China.

Di Australia, fenomena pemborongan susu formula oleh turis atau warga asal China pun ternyata juga sama, sehingga di awal tahun toko-toko telah menerapkan pembatasan pembelian.

Di Hong Kong, hal serupa juga dialami, akibatnya terjadi kelangkaan stok dan lonjakan harga. Otoritas Hong Kong akhirnya mengeluarkan restriksi yang melarang setiap traveller keluar dari perbatasan Hong Kong membawa lebih dari 4 pon susu formula.

Menurut seorang buyer asal China yang menetap di Inggris, kepada Sky News, menyebutkan bahwa ada tiga macam kelompok pembeli :  (a). pelajar atau turis yang diminta mengirim satu-dua kaleng susu ke kerabat atau kawan di China. (b). perusahaan kecil dan menengah seperti saya.  (c).  seller terbesar, mereka umumnya membeli langsung dari distributor, atau para pemasok supermarket.

"Kami mengerti adanya peningkatan permintaan susu bayi yang dipicu ekspor tidak resmi ke China demi memuaskan orangtua yang menginginkan merek Barat untuk bayi mereka," demikian penjelasan Danone (2013).

(5).  Apa Kata Mereka?
Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan sangat penting bagi bayi karena pada masa 6 bulan pertama ini merupakan masa yang paling penting untuk bayi.  Menyusui dapat meningkatkan hubungan antara ibu dengan bayi, selain itu bayi juga akan lebih sehat karena imun mereka semakin baik berkat ASI.
Apa Kata tentang mereka tentang pemberian ASI eksklusif?

(5.1).  Miss Universe 2013
Program tersebut didukung pula antara lain oleh Miss Universe 2013, Maria Gabriela Isler, 1988, panggilan akrabnya Molly, asal Venezuela pemenang Miss Universe 2013,  seperti dalam acara peluncuran program Jemput ASI Seketika (JESIKA) JNE di Sheraton Mustika Yogyakarta Resort and Spa yang ditulis pada Sabtu (1/2/2014).
"Memberikan air susu sendiri (ASI) kepada bayi adalah salah satu hal yang paling menakjubkan," ungkap
"Anda akan menjalin kontak dengan bayi dan sekaligus meningkatkan keeratan hubungan dengan putra dan putri Anda. Itu juga membantu Anda meningkatkan sistem imun berkat semua kealamian susu, susu ASI." Ungkap dalam bahasa Inggris yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.
"Saya rasa enam bulan pertama adalah masa yang paling penting untuk bayi. Hanya dengan melakukannya (menyusui), bayi Anda akan memiliki imun yang lebih baik. Dan hubungan serta kontak dengan mereka akan lebih baik," ujarnya.
Oleh karena itu, sebaiknya para ibu tidak mengganti ASI dengan susu formula. Jika ibu kesulitan menyusui karena harus bekerja, masih banyak cara yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah dengan memerah susu dan disimpan dalam almari pendingin untuk diberikan pada bayi saat ibu sedang bekerja.
Menurutnya menyusui adalah hal yang terindah yang dialami oleh seorang wanita. Begitu pula dengan menjadi ibu muda yang merupaan keindahan tiada tara. "Ini adalah bagian terindah dari seorang perempuan dan juga sebagai ibu muda," pungkasnya.

(5.2).  Putri Indonesia 2002
Melanie Putri, 31, Putri Indonesia 2002, istri Angga vokalis Maliq & D'essentials, yang memprioritaskan pemberian ASI untuk putranya (1,5), dalam menjaga asupan gizi.
Menurut dia saat ctitemui Medi& Indonesia di Surabaya (7/11/2013),  awalnya agak ragu karena produksi ASI saya sedikit, namun berkat konsultasi serta asupan gizi, akhirnya berlebih, bahkan dia bersedia membagi ASI-nya kepada mereka yang membutuhkan.  Hal tersebut ia umumkan di media social sehingga banyak yang peduli ASI datang membawa botol ke rumahnya untuk mendapatkan ASI.
"Ada bapak-bapak membawa botol ke rumah karena membaca bahwa saya kelebihan ASI. Ya, tidak apa-apa untuk kebaikan  semua orang, dan ASI memang masih yang terbaik untuk anak-anak," ujarnya.
Catatan : Oooh begitu …, tapi pesan yakh! Itu untuk bayi!.

Untuk lebih jelasnya tentang per-ASI-an konsultasi dengan ahlinya. 


Sampai bertemu di topic lain yang lebih menarik

Keterangan gambar : diambil dari internet
Sumber editing bacaan a.l : Kompas 4/9/2012,  Media Indonesia (13/4, 8/11, 8/8/2012 & 24/10//2013), health.detik.com 2013/12/23 &2014/02/01;  metrotvnews.com 2013/07/11.

Bacaan terkait
ASI, kaitannya dengan peran dan perlakukannya. (atau lihat di Topik/Label 'ASI')
ASI, mengapa seorang ibu harus menyusui  (atau lihat di Topik/Label 'ASI')

Tidak ada komentar:

Posting Komentar