Minggu, 06 Maret 2011

Flora Fauna 4 : Kuda Laut, Anjing Laut dan Singa Laut


Ketiga jenis binatang ini yaitu Kuda Laut, Anjing Laut dan Singa Laut adalah merupakan binatang mamalia yang melahirkan anak (kecuali kuda laut yang merupakan jenis ikan dan bertelur). 

(1).  Kuda Laut (Seahorse)


Kuda laut adalah merupakan salah satu jenis ikan yang hidup di laut dari genus Hippocampus dan family Sygnathidae, dengan ukuran tubuh bervariasi antara 16 mm (jenis Hippocampus denise) sampai 35 cm yang dapat ditemukan di perairan tropis dan menengah di seluruh dunia.  

Apa bedanya dengan ini?
 
Klasifikasi ilmiah yaitu kerajaan Animalia, Filum Chordata, Kelas Actinoptervgii, Ordo Syngnathidae, Genus Hippocampus.
MMMerupakan spesies kerabat dekat ikan pipa (pipefish), atau diduga berevolusi dari nenek moyang ikan pipa
Populasi kuda laut terancam karena penangkapan yang berlebihan, dimanfaatkan herbologi tradisional Tiongkok dan sebanyak 20 juta kuda laut telah ditangkap setiap tahunnya untuk keperluan.  Impor ekspor kuda laut diatur dalam CITIES sejak 15 Mei 2004

Ciri dan binatang ini yaitu :

   Merupakan satu-satunya spesies yang jantannya hamil.

   Sirip dorsal terletak di bagian bawah, sirip pectoral di bagian kepala dekat insang, beberapa spesies berwana transparan sehingga tidak mudah dilihat.
·         ●  Kebanyakan menghuni perairan tropika dan sedang, terdapat sembilan jenis yang ditemukan di laut Indonesiahttp://www6.effectivemeasure.net/img.gif
  Tubuh merupakan hasil proses evolusi, tubuhnya melengkung seperti huruf S, mampu memburu mangsanya secara lebih efektif, bisa menyerang mangsa mereka dari jarak yang relatif jauh yaitu melalui lekukan leher kuda laut memungkinkannya untuk menangkap mangsa dengan cara menghisap mangsa melalui moncongnya.
  Cenderung diam dan menunggu hingga mangsanya seperti crustasea (hewan air kecil berkulit keras), lewat di depannya dengan cara saat mangsa lewat di depannya, kuda laut akan memutar kepalanya ke arah atas dan membuka mulutnya dan menghisapnya. 
  Tidak seperti kebanyakan ikan, kuda laut adalah binatang yang monogamis, mereka memilih pasangan sekali untuk seumur hidup.
  Kuda laut jantan merupakan satu-satunya spesies jantan yang hamil, artinya kuda laut tetap membuahi telur betina, namun, kuda laut jantanlah yang mengandung anak-anaknya.
  Hewan ini sangat sensitif terhadap polusi dan kerusakan habitat.

Kuda laut mini

Telah ditemukan spesies baru kuda laut mini berukuran hanya beberapa millimeter dinamai Hippocampus paradoxus.. Hewan ini tidak memiliki struktur sirip di bagian dorsal atau punggung.
Keberadaannya baru disadari setelah spesimen kuncinya disimpan lebih dari satu dasawarsa di South Australian Museum di Adelaide. Spesies ini diketahui dari sebuah spesimen yang telah berada di museum sejak 1995 dan ditemukan di rak pada 2006 dan menyadari ada yang tidak biasa.
Kedalaman tempat spesimen ini ditemukan termasuk zona Mesophotic atau zonayang  biasanya di luar jangkauan scuba diver .

(2).  Anjing Laut (Seadog)


Anjing laut adalah mamalia besar dari ordo karnivora yang hidup di daerah sejuk, termasuk dalam subordo Caniformia bersama famili Odobenidae (beruang laut / walrus), Otariidae (singa laut), dan Phocidae. Analisis molekular terkini telah membuktikan bahwa anjing laut merupakan kerabat terdekat beruang. Hipotesis lainnya mengatakan bahwa anjing laut merupakan pobfiletik dengan anjing laut sejati berasal dan nenek moyang berupa hewan seperti berang-berang sedangkan jems anjing laut lainnya berasal dan nenek moyang berupa hewan seperti beruang, namun studi molekular terkini yang telah disebutkan sebelumnya meyakinkan bahwa semua jenis anjing laut adalah monofiletik, yaitu berasal dari satu nenek moyang yang sama.


klasifikasi ilmiah : Kerajaan Animalia, Filum Chordata, Kelas Mammalia, Ordo Carnivora, upaordo Caniformia, Superfamili Pinnipedia.  Masuk dalam subordo Caniformia bersama family Odobenidae (beruang laut/walrus),  Otariidae (singa laut), dan Phocidae.

Juga dengan yang ini?
 
Merupakan mamalia besar dari ordo karnivora yang hidup di daerah sejuk, merupakan kerabat terdekat beruang, satu nenek moyang sama dan antara lain dengan berang-berang.
Pinnipedia nama superfamilia dari anjing laut berasa dari bahasa latin yang beararti kaki seperti sirip dengan 3 famili yang telah diidentifikasi yaitu Odobenidae (beruang laut) dengan 1 spesies dalam genus, Otariidae (singa laut) dengan 12 spesies dalam 6 genus dan Phocidae (anjing laut tanpa telinga) dengan 10 spesies dalam 13 genus.

Ciri-ciri :
·        ●  Umumnya bertubuh licin dan cukup besar, beradaptasi dengan baik untuk habitat akuatiknya, di mana mereka menghabiskan sebagian besar masa hidupnya.
·        ●  Sebagai tangan, kaki deparmya berukuran besar dan berbentuk seperti sirip, dan tubuhnya menyempit ke belakang.
·        ●  Anjing laut terkecil, yaitu Arctocephalus galapagoensis memiliki berat sekitar 30 kg untuk ukuran dewasa dan panjang 1.2 meter. Anjing laut terbesar, yaitu anjing laut gajah selatan (Mirounga leonina) memiliki panjang maksimal hingga 4 meter dan berat 2200 kg.
·        ●   Semua jenis anjing laut merupakan hewan karnivora yang memakan ikan,cumi dan hewan laut lainnya,
sedangkan anjing laut besar memekan penguin dan anjing laut lainnya.

(3).  Singa laut (Sea Lion)


Habitat meliputi perairan subartik hingga tropis baikpada belahan bumi utara maupun burnt selatan dengan pengecualian di samudra Pasifik, terdapat di Lautan Pasifik Utara
Bertulang belakang (vertabrta), kelas mammalian berdarah panas, melahirkan dan menjaga anak
Merupakan hewan panangsa dengan makanan utama ikon, kerang-keranga dan satong




Peduli Yatim Piatu

Kalau dengan yang ini? ada kesamaan!
 
Berdasarkan hasil penelitian, bahwa singa laut ternyata juga bisa peduli pada sesamanya yang yatim piatu, penelitian membuktikan bahwa hewan tersebut mengadopsi bayi-bayi singa laut lain. Perilaku adopsi ini adalah perilaku yang jarang ditemukan pada hewan, serta perilaku ini sangat membantu kelangsungan hidup dan populasi singa laut dalam jangka panjang.

Sumber bacaan a.l :
teknologi.vivanews.com 2/2/2011
http://sains.kompas.com/read/2011/02/19
id.wikipedia.org
rivanputra.wordpress.com/2010/12/27
kompas.com 16/11/2010  bersumber dari LiveScience

Bacaan sebelumnya Flora Fauna 3

2 komentar:

  1. jangan sampai binatang ini punah gara-gara global worming..

    BalasHapus
    Balasan
    1. tks banget atas komentarnya. memang saya pun sependapat agar binatang ini tidak punah, untuk warisan bagi generasi kini dan yad. 1x tks

      Hapus