Rabu, 05 Februari 2014

Panda, Si Hitam Putih yang Sangat Lucu



Dikemas oleh : Isamas54
Binatang Panda tentu sudah tidak asing lagi bagi kita, minimal dari bonekanya.  Kenapa banyak yang merayakannya ketika pemberian namanya?  atau bahkan persoalannya bisa menghebohkan sebuah Negara?

Panda raksasa (Ailuropoda melanoleuca), adalah seekor mamalia yang biasanya diklasifikasikan ke dalam keluarga beruang, Ursidae. Merupakan hewan asli Tiongkok tengah yang hidup di daerah pegunungan di Cina, seperti Sichuan dan Tibet.
Hewan ini dikenal sangat unik dan lucu dengan rambutnya yang hitam-putih dan hanya makan pohon bamboo muda (rebung), padahal kebanyakan anggota lain dari keluarga beruang adalah pemakan daging (karnivora) atau pemakan segala (omnivora).
Nama China-nya berarti “kucing-beruang,” dan juga bisa dibaca dibalik tanpa mengubah arti.  Dinamai panda di Barat karena mirip dengan Panda Merah, dan dulunya dikenal sebagai Beruang Belang (Ailuropus melanoleucus).
Panda menjadi semacam lambang negara Tiongkok sejak setengah abad ke-20 terakhir, dan sekarang ditampilkan pada uang emas negara tersebut. 
Panda raksasa merupakan salah satu spesies paling terancam punah di dunia, sehingga tidak heran bila seekor panda betina yang kelahirannya relative langka di penangkaran dijadikan alasan untuk merayakannya.
Saat ini diperkirakan hanya sekitar 1.600 panda raksasa hidup di alam liar dan sekitar 300 di penangkaran dimana sebagian besar dari mereka berada di wilayah China.

Fakta unik
http://cdn.klimg.com/vemale.com/headline/650x325/2014/01/lucunya-inilah-4-fakta-unik-tentang-panda.jpg
Panda, hewan yang satu ini sangat lucu!. Tubuh mereka besar dan gendut mirip beruang, selain itu warna tubuhnya yang hitam dan putih.  Berikut keunikannya sesuai dalam vemale.com/ragam (2014/01/09).
Sulit berkembang biak
Panda merupakan hewan yang dilindungi karena hampir punah, salah satu penyebabnya adalah sulitnya untuk kawin dan berkembang biak. Bahkan, untuk mendorong mereka mau kawin, beberapa pihak pengelola kebun binatang memberi film 'sensual' yang mempertontonkan bagaimana cara panda berkembang biak, cara ini cukup efektif bagi sebagian panda!. (Dalam urusan ini lain sekali dengan manusia!)
Tumbuh sangat cepat
Lahir dengan ukuran sangat kecil, tubuh berwarna pink, tanpa rambut, namun panda akan tumbuh sangat cepat. Dalam waktu satu tahun saja, berat panda bisa naik ratusan kali dibandingkan saat lahir. Di usia setahun, berat panda rata-rata sudah 45 kg (Manusia? … setahun 20 kilo saja sudah hebat!). Sedangkan panda dewasa mencapai 160 kg. Waouuu! 
Punya 6 jari
Tidak seperti keluarga panda pada umumnya yang punya sedikit jari, panda punya enam jari. Hal ini memudahkan panda untuk makan bambu dan memetik daun-daunnya. (Mungkin bulatan hitungannya bukan 10 lagi tetapi 12!)
Karnivora yang suka bambu
Secara teknis, sebenarnya panda adalah hewan karnivora atau memakan daging, namun ternyata mereka menjaga diri dengan makan bambu. Mereka makan bambu sangat banyak untuk menjaga energi dan tetap memiliki tubuh yang hangat. Dalam sehari, panda bisa menghabiskan sekitar 40 kg bambu. Mereka bisa makan bambu dengan sangat cepat tanpa takut melukai tenggorokan mereka. Rahasianya?, karena tenggorokan mereka memiliki lapisan khusus yang tahan ketajaman serpihan bambu. (Manusia? paling banter bamboo muda! Itupun dimasak dulu!)

Asal Spanyol?
Panda selama ini dikenal dunia sebagai hewan asli Cina, padahal hasil penemuan fosilnya baru-baru ini mengungkapkan bahwa nenek moyang tertua dari garis keturunannya berdiam di Spanyol, sebuah Negara yang letaknya ribuan kilometer dari Cina.
Bukti genetik terbaru menunjukkan nenek moyang panda raksasa berpisah dari beruang lain pada 18-22 juta tahun lalu. Namun hal ini masih banyak misteri, misalnya bagaimana bentuk panda awal serta bagaimana perubahan garis silsilah beruang dari waktu ke waktu.
Menurut, Juan Abella, paleontolog di Museum Sejarah Alam Spanyol, pimpinan tim paleontolog (15/11/2012) :  (a).  Fosil yang ditemukan di sepanjang situs purbakala di timur laut Spanyol itu berupa dua set rahang dan gigi.   Fosil-fosil ini milik anggota awal dari garis keturunan panda raksasa yang belum terungkap. (b).  Panda purba diperkirakan hidup pada Kala Miosen Tengah (berumur 11,6 juta tahun), dimana saat itu daerah Spanyol lembab, cukup hangat, dan dipenuhi hutan.   Spesies panda ini bukan hanya yang pertama tercatat di Semenanjung Iberia, tetapi juga yang pertama dari keturunan panda raksasa di seluruh dunia. (c).  Panda purba tersebut diberi nama Kretzoiarctos beatrix. Nama genus "Kretzoiarctos" mengacu kepada Miklos Kretzoi, pakar paleontologi yang bergelut dengan penemuan beragam fosil spesies panda. Adapun nama spesies "beatrix" terinspirasi dari ahli paleontologi Spanyol, Beatriz Azanza, yang menjadi rekan Kretzoi.
(d).  Hasil rekonstruksi fosil rahang menunjukkan panda purba di Spanyol itu berbobot tidak lebih dari 60 kilogram, kira-kira seukuran beruang matahari (Helarctos malayanus), spesies terkecil keluarga beruang yang masih hidup saat ini.
(e).  Dilihat dari giginya, panda purba bersifat omnivora alias melahap daging, buah, batang tanaman hingga daun. Namun, hewan ini memiliki fitur gigi yang bervariasi yang lebih banyak disesuaikan untuk memakan tanaman keras, seperti bambu.
"Kami menduga tidak ada bambu di Spanyol pada kala itu. Tetapi ada banyak tanaman serupa lainnya yang dapat tumbuh di daerah beriklim lembap yang tersedia untuk panda Kretzoiarctos," ujar Abella.
"Sebelum temuan ini, fosil panda raksasa diketahui hanya berasal dari Cina, dan berumur paling tua sekitar 8,2 juta tahun," tambahnya.

(1).  Pemberian nama
Seperti disebutkan sebelumnya bahwa kelahiran seekor panda di penangkaran relative langka sehingga hal ini dijadikan alasan untuk merayakannya, termasuk dalam menamainya.  Untuk hal ini maka tidak heran perayaan tersebut dilakukan juga di luar wilayah China.  Sesuai tradisi pemberian nama di China, maka kebun-kebun binatang di tempat lain pun biasanya tidak memberi nama kepada panda-panda yang lahir di sana hingga mencapai umur 100 hari.

(1.1).   Kebun Binatang di Washing­ton DC

Kebun Binatang Nasional Smithsonian-Washing­ton DC, mengumumkan nama bayi panda bernama Bao Bao -- induknya Mei Xiang dan panda jantan Tian Tian --  bertepat dengan 100 hari kelahirannya (1/12/2013),  Bao Bao dalam bahasa China berarti 'harta berharga'.  Bao Bao akan diperlihatkan kepada publik untuk pertama kali pada bulan 11 Januari 2014.
Bagaimana tidak akan menarik perhatian …
Kelahirannya pada 23 Agustus 2013 telah disiarkan langsung melalui kamera pemantau panda di kebun binatang tersebut.
Proses pemberian namanya cukup menarik, dimana untuk memilih satu dari lima nama bayi panda itu dilakukan melalui daring telah lebih dari 123.000 suara masuk secara online pada 5-22 November.  Akhirnya terpilih nama Bao Bao yang dalam bahasa Cina artinya "berharga" atau "harta karun."
Saat pengumuman nama Bao Bao, Pemimpin Smithsonian Wayne Clough, Duta Besar China di AS Cui Tiankai, dan pejabat Kementerian Luar Negeri AS turut hadir!.

(1.2).  Kebun Binatang San Diego
Kebun Binatang San Diego, mengumumkan nama seekor bayi panda bernama Xiao Liwu bertepatan dengan 100 hari kelahirannya melalui sebuah upacara (13/11/2012), dimana hal tersebut sesuai dengan tradisi China.  Xiao Liwu dalam bahasa China berarti Little Gift atau Hadiah Kecil.   Anak panda itu lahir pada 29 Juli dari ibu yang bernama Bai Yun atau White Cloud dan ayah Gao Gao.
Para pengunjung Kebun Binatang San Diego memilih nama itu dari enam pilihan yang ada, dimana nama pilihan lainnya adalah Miracle, Raindrops, Big Ocean, Brave Son, dan Water Dragon.

(1.3).  Merayakan 40 Tahunnya
Lain lagi perayaan di National Zoo, bekan merayakan kelahirannya namun merayakan 40 tahun (16/4/2012) keberadaan/kedatangan sepasang panda Hsing-Hsing dan Ling-Ling di Bandara Angkatan Udara An­drews, Maryland-AS
Kedua panda itu merupakan kado China untuk AS setelah Presiden Richard Nixon melakukan kunjungan bersejarah ke 'Negeri Tirai Bambu' tersebut.  Secara resmi kedua panda tersebut diserahkan kepada kebun binatang itu pada 20 April 1972, dimana keduanya merupakan panda pertama yang ada di kebun binatang AS. 
Saat ini terdapat 11 ekor panda berada di empat kebun binatang AS, diantaranya di National Zoo dihuni dua panda, yaitu Tian Tian dan Mei Xiang, yang tiba pada Desember 2000. 
Ling-Ling hingga kematiannya tahun 1992 dan dan Hsing-Hsing yang mati pada 1999 pernah tinggal di National Zoo. 

(2).  Mencari cinta.
Linping (artinya Hutan Es), 4, adalah panda betina yang lahir tahun 2009,  telah menarik 2,5 juta orang ke kebun binatang Chiang Mai- Thailand utara dan telah menjadi bintang "Panda Channel" di Thailand karena saluran televisi mengikuti tingkah lakunya selama 24 jam.
Telah diterbangkan (28/10/2013) dari Chiang Mai-Thailand utara, ke kota Chengdu-China, untuk memilih pasangannya dengan dipertemukan enam panda jantan seusianya selama setahun.
Ratusan warga Thai mengantar kepergiannya ... Waduuuuh!

(3).  Kelahiran

Kebun Binatang Taipei memperkenalkan seekor panda imut bernama Yuan Zai kepada public (9/1/2014).  Panda yang baru berusia 6 bulan itu langsung mencuri perhatian masyarakat Taiwan karena tingkah lakunya yang lucu.
Yuan Zai lahir melalui inseminasi buatan yang dilakukan pada 7 Juli tahun lalu, merupakan anak pertama pasangan panda raksasa dari ibu Yuan Yuan dan pasangannya Tuan Tuan yang diberikan China kepada Taiwan pada tahun 2008 silam.
Betapa menariknya hewan ini!
Ratusan orang datang untuk menyaksikan penampilan pertama Yuan Zai, saat memamerkan keterampilan memanjatnya dan kemudian tidur di pelukan ibunya.
Pengelola kebun binatang mengatakan bahwa ada sekitar 10.000 orang yang berbaris untuk melihat Yuan Zai, bahkan beberapa dari mereka sudah tiba sebelum acara pembukaan dimulai. 
Jumlah pengunjung yang datang akan dibatasi di bawah 20.000 orang per hari.
Kelahiran Yuan Zai juga berhasil memicu demam panda di Taiwan yang juga sudah memiliki channel YouTube  tersendiri untuk mendokumentasikan momen-momen lucunya.
"Yuan Zai diharapkan bisa menghasilkan USD 16.600.000 (sekitar Rp 203 miliar) dalam enam bulan ke depan," kata pemerintah Taipei kepada CNN (9/1/2014).

(4).  Keguguran

Pengelola kebun binatang di Inggris mengatakan bahwa satu-satunya panda betina di negara itu tidak lagi mengandung karena mengalami keguguran.
Pengelola Kebun Binatang Edinburgh, Skotlandia, mengatakan pada Selasa (15/10/2013) panda yang diberi nama Tian Tian tidak lagi hamil meskipun baru minggu lalu panda betina ini menunjukkan tanda-tanda akan menjadi induk.
Perkembangan ini merupakan pukulan besar bagi KB Edinburgh setelah awal tahun ini menjadi pusat perhatian dengan mengumumkan bahwa Tian Tian tampak hamil.
Pengelola yakin Tian Tian berhasil diinseminasi buatan April lalu tetapi kehilangan janin di tahap akhir kehamilannya. Untuk sementara ini kondisi kesehatan panda tersebut diamati dengan seksama oleh tim ahli.
"Kami semua sangat sedih atas peristiwa ini setelah menunggu selama berminggu-minggu," kata Chris West, eksekutif Royal Zoological Society of Scotland, pengelola kebun binatang.
Tian Tian tiba di Inggris pada awal Desember 2012 dan sempat mengalami sakit perut setelah tinggal di Kebun Binatang Edinburgh.
Komentar lain dari beberapa ahli, mereka berpendapat dana yang dikeluarkan untuk program penangkaran panda lebih baik digunakan untuk melestarikan habitat panda di alam bebas.

SELINGAN (boleh baca boleh tidak)
Kita lanjutkan …

Kelelawar Panda





Sejenis kelelawar yang disebut sebagai kelawar panda (panda bat) adalah merupakan spesies kelelawar pertama yang berhasil ditemukan di negara Afrika. Karena memiliki anatomi unik yang berbeda dengan spesies kelelawar lainnya, peneliti ingin menempatkan kelelawar tersebut ke dalam genus baru.
Dalam sebuah ekspedisi ke Sudan Selatan-Afrika tahun 2012, salah seorang ahli biologi di Pennysylvania Bucknell University, DeeAnn Reeder, Ph.D menemukan spesies yang tidak biasa. Ia menemukan kelelawar unik yang terlihat mirip dengan seekor panda.
seperti dilansir
TheHuffingtonPost (11/4/2013), Reeder menceritakan ia berhasil menangkap hewan nokturnal itu saat sedang melempar jala di sungai di Bangangai Game Reserve untuk meneliti keanekaragaman hayati disana.
Tim peneliti meyakini bahwa spesies ini termasuk dalam genus Glauconycentris, sama seperti spesies kelelawar yang pertama kali ditemukan di Kongo pada 1939. Merasa tidak yakin, akhirnya Reeder pun mengirimkan sampel ini ke Smithsonian Institution di Washington DC, Amerika Serikat (AS) untuk dianalisis lebih lanjut.
Hasilnya menunjukkan bahwa kelelawar yang ditemukan di Sudan tersebut tidak cocok masuk dalam genus Glauconyteris. Sebab dilihat dari bentuk dan ukuran tengkorak dengan garis-garis yang unik membuatnya berbeda.

Peneliti sampai dengan saat ini baru berhasil menemukan empat kelelawar lain yang berasal dari spesies yang sama.
“Ketika saya dan tim melihat apa yang berhasil ditangkap, saya sungguh terkejut. Bagaimana tidak, kami berhasil menangkap spesies langka seperti ini,” katanya.
“Ini jelas masuk ke dalam genus baru. Kami pun sepakat menamainya dengan Niumbaha, yang berarti ‘langka’ atau ‘tidak biasa’ dalam bahasa orang-orang daerah,” lanjutnya.


(5).  Penghuni baru
Sepasang panda bernama Kai Kai dan Jia Jia, didatangkan dari negeri China, telah menjadi penghuni baru Giant Panda Forest  yang berada di Kebun Binatang Singapura untuk wahana River Safari sejak akhir November 2012.
Tiket masuk ke Giant Panda Forest ini dikenakan biaya tambahan sebesar 5 dolar Singapura, atau sekira Rp40 ribu. Harga tersebut belum termasuk tiket masuk kebun binatang seharga 20 dolar Singapura atau Rp160 ribu.
Gerbang menuju kandang panda ini dibuka setiap hari pada pukul 8.30 hingga 17.00,  sebaiknya membeli tiket segera karena tiket yang dijual terbatas. Hal ini memperlihatkan betapa besarnya minat pengunjung terhadap dua hewan asli China ini dengan billboar yang dipajang di seluruh Singapura.
Untuk melihat panda ini pengunjung hanya diberikan waktu selama 15 menit, karena antrian yang cukup panjang dan ketika gerbang dibuka, berbondong-bondong pengunjung masuk ke kandang panda tersebut.
Kandang panda dibuat persis seperti habitat alaminya di China, dengan hutan bambu sebagai persediaan makanan utamanya, meski begitu Kai Kai dan Jia Jia yang sepasang ini tidak diperbolehkan berada di kandang yang sama.
Sayangnya, terkadang pengunjung terkadang hanya bisa menyaksikan kedua panda ini tengah tertidur,  tidak bisa melihat aksinya yang lucu dan menggemaskan, walaupun begitu posisi tidur Kai Kai dan Jia Jia ini lucu yang tetap mengundang antusias pengunjung antri memotretnya.
Sebagai perhatian, di dalam kandang panda ini wisatawan tidak diperbolehkan memotret dengan menggunakan kamera flash!.
Silau men!.

(6).  Bisa memicu perpecahan
Niat baik Pemerintah China meminjamkan dua panda raksasa untuk ditampilkan di salah satu kebun binatang di Belgia (sebagai simbol persahabatan kedua Negara), ternyata menjadi pangkal perselisihan di dalam negeri Belgia, yang penduduknya terpecah karena bahasa.
Masalah muncul saat Perdana Menteri Elio Di Rupo -- yang berasal dari daerah berbahasa Perancis -- memutuskan mengirimkan dua panda itu ke taman margasatwa swasta Pain Dazia di daerah Wallonia-Belgia selatan, yang penduduknya berbahasa Perancis.  Namun ternyata keputusan itu memicu kemarahan pengelola Kebun Binatang Antwerp -- kebun bina­tang tertua dan paling terkenal di Belgia – yang terletak di bagian utara negara itu yang penduduknya ber­bahasa Belanda.
Urusan ini pun jadi masalah nasional setelah seorang politisi menuduh Di Rupo pilih kasih.  "Panda-panda perpecahan", tulis harian Le Soir di halaman depannya (11/9/2013).
Sementara surat kabar La Libre Belgique menyebut panda-panda itu telah menjadi persoalan kepentingan nasional.

SELINGAN ..
Hewan peliharaan atau keluarga.
Mana yang lebih dirindukan, anggota keluarga atau hewan peliharaan? Ternyata sepertiga pemilik hewan peliharaan di Inggris menyatakan mereka le­bih senang bepergian dengan hewan peliharaan ketimbang dengan anggota keluarga.
Para pemilik hewan peliharaan yang disurvei oleh situs TravelSupermarket menunjukkan 47%  responden merindukan hewan peliharaan mereka ketika berlibur. Lebih dari sepertiga me­nyatakan mereka akan membawa hewan mereka ketika liburan. Ada 13% orang Inggris mengakui mereka akan lebih memilih hewan sebagai teman berlibur ketimbang anak me­reka, jika mereka memiliki kesempatan.
Ketika orang Inggris berlibur ke luar negeri, sebanyak 47%  menyatakan me­reka lebih merindukan hewan peliharaan, sementara hanya 33% yang menyatakan merindukan anggota keluarga, selain itu sekitar 43% menyatakan mereka akan memberikan kepada hewan peliharaan mereka kasih sayang yang lebih banyak ketika mereka kembali ke rumah dari berlibur.
Se­banyak 18% menyatakan mereka membawa oleh-oleh untuk teman mereka itu, tidak hanya itu 40%  pemilik hewan menyatakan secara teratur mereka memeriksa kesehatan hewan peliharaan ketika mereka pergi berlibur. Jajak pendapat ini dilakukan kepada 2.010 responden yang adalah pemilik hewan peliharaan, dari tanggal 29 Maret-3 April. Berbahagia sekali hewan peliharaan di Inggris....  (Kompas, 28 Mei 2012)
Kita lanjutkan  ….

(7).  Malah jadi olok-olokan!

Perdana Menteri (PM) Malaysia Najib Razak meminta bantuan publik untuk memberi nama sepasang panda yang akan dipinjamkan pemerintah China, sebagai simbol kuatnya hubungan diplomatik kedua negara. Permintaan tersebut diposting di page Facebook milik PM Najib.
Namun apa dikata? Ternyata gara-gara postingannya itu, pemimpin negeri jiran itu malah menjadi bahan olok-olok.
Seperti diberitakan kantor berita AFP (14/6/2012), tercatat lebih dari 300 komentar atas postingan tersebut, namun banyak yang mengecam soal korupsi pemerintah ataupun isu-isu politik sensitif lainnya, diantaranya usulan nama panda dan komentar miring dari user seperti  :
(a). "Bersih" untuk kedua ekor panda dari China yang akan dipinjamkan selama 10 tahun itu, dimana "Bersih" adalah merupakan nama koalisi nonpemerintah yang mengorganisir demonstrasi besar pada 28 April lalu, yang menyerukan pemilihan yang adil dan jujur.
(b).  "Altantuya", nama seorang wanita Mongolia yang dibunuh pada tahun 2006 lalu. Kasusnya menggemparkan Malaysia ketika itu karena diduga melibatkan seseorang yang dekat dengan PM Najib. Namun tersangka kemudian dibebaskan dari segala dakwaan dan buntutnya, oposisi pun menuding adanya upaya pemerintah untuk menutup-nutupi kasus ini.
(c).  Sejumlah user mengejek pemerintah Malaysia atas diplomasi panda ala China itu, pemerintah seharusnya lebih dulu memastikan perlindungan satwa-satwa langkanya sendiri, seperti harimau.
Belum lama ini, pejabat-pejabat Malaysia telah berjanji untuk lebih melindungi hewan-hewan di kebun binatang dari kelalaian dan pelanggaran. Hal ini disampaikan menyusul mencuatnya kasus-kasus satwa yang ditemukan dalam kondisi memprihatinkan di kebun-kebun binatang. 
Bunyi postingan salah satu user Facebook lainnya : "Pemerintah tak bisa merawat kebun binatang nasional kita dan memelihara binatang-binatang malang di sana... dan kini kita bicara tentang merawat dua panda... Anda pasti bergurau! Tetapkan prioritas Anda dengan benar”.

Kalau yang ini presenter acara Ceriwis di salah satu TV swasta Indonesia, namanya Veronica Felicia Kumala alias Panda.
Sampai bertemu di topik lainnya yang lebih menarik.

Keterangan gambar : diambil dari internet
Sumber editing bacaan a.l : news.detik.com 2012/06/14;    mediaindonesia.com 2012/11/11;  m.inilah.com 2013/12/4;  tempo.co 2012/11/15; travel.okezone.com 2012/12/15; techno.okezone.com 2013/04/11; internasional.kompas.com 2013/10/15;  merdeka.com 2014/01/09; voaindonesia.com 2014/01/11;  vemale.com/ragam 2014/01/09; Kompas (13/9/ 1/10, 3/12//2013);  Media Indonesia 19/4/2012.

Bacaan menarik lainnya (dapat dilihat pada topik/label 'Ulah Binatang')

1 komentar:

  1. Memang panda itu lucu dan menggemaskan, apalagi bayi panda.
    Lihatlah panda dan bayinya sangat lucu di Chengdu.
    Tahukah anda warna ekor panda? Jawabannya ada di stenote-berkata.blogspot.com Semoga suka.

    BalasHapus