Minggu, 24 April 2011

Pernikahan Pangeran William dan Kate Middletone (Bagian 2- Tamat)


Pernikahan Pangeran Wil­liam (28) dan Kate Middleton (29) tanggal 29 April 2011 ini diperkirakan akan disaksikan langsung oleh para undangan  dan diikuti oleh puluhan ribu orang yang akan memadati rute prosesi pernikahan pengantin, juga akan disiarkan langsung melalui televisi dan internet.  Persiapan-persiapan yang dilakukan dan jadwal prosesi pernikahan.


Persiapan

(a).  Ratusan pengeras suara akan ditempatkan di sepanjang jalan di pusat kota London untuk sarana pengumuman atau perkembangan acara, akan dipasang televisi layar lebar seperti di Hydie Park dan Trafalgar Square di London. Sehingga dengan bantuan alat ini semua orang akan mendengar dan menyaksikan momen pengucapan kata "saya bersedia" oleh pengantin.
(b).  Pihak keamanan sudah melakukan persiapan jauh-jauh hari : sudah menyisir jalan-jalan yang akan dilalui iringan pengantin seperti terlihat akhir pekan lalu dimana  polisi memeriksa dengan teliti mulai dari saluran air, telepon umum, hingga halte bus menuju Istana Buckingham, London.
(c).  Halaman luar Istana Buc­kingham sudah sering dipadati pengunjung warga Inggris dan turis mancanegara dimana mereka memiliki tujuan yang sama yaitu mengabadikan diri dengan berpose di depan istana.
(c).  Suasana serupa juga terekam di Westminster Abbey, tempat pernikahan Wil­liam dan Kate berlangsung, dimana saat ini dengan membayar tiket sekitar 15 poundsterling pengunjung bisa masuk ke dalamnya.

Pamor, momen dan ikon menarik
Merupakan momen yang sangat menarik yaitu ketika pernikahan megah Pangeran Charles dan Lady Dia­na, serta sekarang giliran anaknya yang menikah.  Sedangkan pamor atas perkawinan William-Kate ini akan memperkuat pamor Kerajaan Inggris (hanya 2% mengatakan akan melemahkan pa­mor).   Pandangan positif ini jauh lebih baik ketimbang hasil survei yang menyebutkan pernikahan Pangeran Charles dan Camilla Parker Bowles pada tahun 2005 yang akan memperlemah pamor Kerajaan Inggris
Media massa Inggris berlomba-lomba menyajikan berita terbaru, dari seputar persiapan pernikahan sampai gosip soal cincin, tata rias, dan busana, seperti :
(a).  Kate sedang stress, cincin pertunangannya longgar, sangat mengkhawatirkan cincin itu akan lepas dari jarinya, Kate pun meminta perbaikan ke Crown Jewellers G Collins and Sons untuk menambah platinum.  Ka­te adalah wanita yang anggun, namun kecantikan dan keanggunannya berbusana tak mampu menutupi ketegangan (The Sun, 13 dan 14/4).
(b).  Ikon berbusana.  Kate terpilih sebagai wanita yang layak menjadi ikon dalam berbusana. Dalam survei terhadap sekitar 2.000 wanita di seluruh Inggris, Kate berada di peringkat teratas. Dia mengalahkan Cheryl Cole dan penyanyi Lady Gaga.  Penampilan Kate menjadi tren baru bagi kaum perempuan di Inggris.
(c).  Model rambut.  Penjualan high gloss shampoo dan pelembut rambut pun meningkat 27 persen sebulan terakhir. Wanita Inggris ingin mengikuti, bahkan menyamai, penampilan Kate, termasuk model rambutnya.
(d).  Cenderamata.  Memberikan keuntungan bagi para penjaja cendera mata, seperti sekitar obyek wisata Trafalgar Square, Parliament Square, lokasi Big Ben, dan di Buckingham Palace, seperti : gelas, piring, jam, bola kristal, tatakan gelas, atau taplak berlabel foto William dan Kate, laku keras. harganya bervariasi dari 5 s/d 100 poundsterling atau lebih.

Undangan
Daftar nama tamu yang diundang untuk menyaksikan  pesta pernikahan William-Kate sudah diumumkan pada Sabtu (23/4),  ada 1.900 nama untuk menyaksikan pesta “Yes, I do” yaitu ucapan masing-masing pengantin ketika rohaniwan pemimpin pemberkatan pernikahan bertanya, "Siapkah Anda mencintai pasangan Anda dalam suka ataupun duka hingga ajal memisahkan?

Yang diundang :
Para anggota kerajaan di seluruh dunia  - 40 raja dari luar negeri, termasuk Denmark, Norwegia, Spanyol, Thailand, dan Maroko - ,  Putra Mahkota Bah­rain (Salman bin Hamad Al Khalifa).
Para selebriti seperti "Mr Bean" Rowan Atkkison, David Beckham dan istrinya (Victoria), dan Elton John (musisi teman dekat almarhumah Putri Diana, ibu Pangeran William),
Pejabat peme­rintahan Inggris serta orang-orang yang bekerja di sejumlah yayasan milik Pangeran William.
Perdana Menteri Inggris (merupakan pengecualian) yang berperan sebagai pemimpin delegasi pemerintahan.
Beberapa tentara veteran Ing­gris yang pernah berperang di Afganistan dan Irak. Mereka pemah mendukung invasi pimpinan AS ke Irak yang dimulai pada 20 Maret 2003.
Raja Kamboja Norodom Sihamoni juga diundang, tetapi tidak dapat hadir.
Namun, Kardinal Scan Brady dari Armagh, pemimpm Katolik seantero Irlandia, telah menerima undangan. la menjadi orang pertama pemimpin Katolik Ir­landia Utara yang diundang ke pesta pernikahan Kerajaan. Un­dangan ini dianggap sebagai terima kasih kerajaan atas upaya Kardinal mendamaikan pergolakan sektarian antara Katolik dan Protestan di Irlandia Utara.

Yang tidak diundang :  Presiden AS Barack Obama, Presiden Perancis Nicolas Sarkozy.
Khususnya yang tidak diundang (sepertinya ‘harus diundang’),  menurut pihak Kerajaan Inggris :
(a). pesta pernikahan ini tidak merupakan acara kerajaan sehingga ada yang ‘sengaja tidak diundang’.  (b).  secara tradisional mereka tidak pernah mengundang kepala pemerintahan non kerajaan.  Oleh karena itu para pemimpin politik di luar 54 pemimpin negara-negara segera terbang ke AS untuk menemui Obama seusai pesta pernikahan. "AS adalah sekutu utama Inggris dalam hubungan internasional” kata Paddy Harverson juru bicara Pangeran Charles.  Charles akan terbang ke AS dengan menggunakan jet pribadi milik pebisnis Texas AS, Joe Allbritton.

Penayangan
Pesta akbar sejagat ini akan ditayangkan APTN mulai pukul 06.00 GMT atau pukul 13.00 WIB pada 29 April hingga pukul 17.00 GMT, juga melalui TV BBC dan juga internet.

Jadwal acara prosesi pernikahan
Jadwal acara prosesi pernikahan tanggal 29 April mendatang yang dikeluarkan pihak kerajaan, antara lain :
(1).  Kate Middleton akan menghabiskan malam sebelum pernikahan di Hotel Goring, Belgravia - hotel berjarak beberapa ratus meter dari Istana Buckingham – dimana situs hotel ini tidak bisa diakses lagi hanya beberapa saat setelah pengumuman pihak kerajaan.  Seperti dikutip Koran London Evening Standard (15/4), keluarga Middletonlah yang memilih Hotel Goring. Di, sana Kate akan ditemani kedua orangtuanya, Michael dan Carole, serta saudara kandungnya, Pippa dan James. Disebutkan, 4 Middleton menempati kamar royal suite seharga Rp 750 juta per malam.  (2).  Pangeran William dijadwalkan tiba terlebih dahulu di Westminster Abbey, berangkat dari Istana Buckingham bersama adiknya, Pangeran Harry.
Untuk jadwal selengkapnya yaitu seperti uraian berikut.

Jadwal Pernikahan

Westmenter Abbey

Jadwal kegiatan dalam pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton, sudah diumumkan oleh pihak kerajaan,
Semua jam dalam waktu BST Inggris dan untuk Indonesia harus ditambahkan enam jam. Antara
08:15 dan 09:45 - Para jemaat umum diharapkan sudah berdatangan melalui pintu sebelah utara, Westminster Abbey.
09:50 - Perdana menteri dan gubernur jenderal dari berbagai negara Persemakmuran dan para dilomat serta tamu-tamu penting lain tiba di gereja.
10:10 - Pangeraan William dan Pangeran Harry meninggalkan Clarence House, menuju Westminster Abbey.
10:15 - Pangeran William dan Pangeran Harry tiba.
10:20 - Keluarga kerajaan asing tiba di Westminster Abbey, mereka berangkat dari Istana Buckingham.
10:20 - Ibu Kate Middleton, Carole, dan adik laki-lakinya, James, meninggalkan Hotel Goring untuk menuju Westminster Abbey.
10:25 - Anggota keluarga jauh kerajaan, meninggalkan Buckingham Palace untuk menuju Westminster Abbey.
10:35 - The Duke of York, atau Pangeran Andrew, dan kedua putrinya, Beatrice serta Eugenie, berangkat ke gereja.
10:38 - The Prince of Wales, atau Pangeran Charles, dan istrinya Duchess of Cornwall meninggalkan kediaman resmi Clarence House menuju Westminster Abbey.
10:40 - Ratu Elizabeth II dan suaminya, Duke of Edinburgh, meninggalkan Istana Buckingham.
10:48 - Pagar ayu meninggalkan Hotel Goring menuju Westminster Abbey.
10:51 - Mempelai perempuan dengan didampingi ayahnya, Michael, berangkat dari Hotel Goring.
11:00 - Kebaktian pemberkatan pernikahan dimulai dan disiarkan lewat pengeras suara di sepanjang rute yang dilalui oleh keluarga kerajaan.
12:15 - Iring-iringan kereta kuda yang membawa pasangan suami istri baru dengan dipimpin pasukan kavaleri meninggalkan Westminster Abbey menujuk Istana Buckingham. Iring-iringan itu diikuti oleh kereta kuda yang membawa Ratu Elizabeth II.
12:30 - Kereta yang membawa Pangeran William dan Kate Middleton tiba di Istana Buckingham.
12:40 - Anggota keluarga kerajaan Inggris dan keluarga kerajaan asing tiba di Istana Buckingham.
13:25 - Ratu bersama pasangan suami istri William dan Kate tampil di balkon Istana Buckingham, didampingi keluarga kerajaan lain.
13:30 - Pesawat Angkatan Udara Inggris melintas di udara untuk merayakan pernikahan William-Kate.

Keterangan gambar : sebagai ilustrasi yang diambil dari internet.
Catatan :  Pernikahan Pangeran Wil­liam (28) dan Kate Middleton (29) ini akan dilaksanakan tanggal 29 April 2011 atau beberapa hari lagi, maka berita selanjutnya dapat diikuti pada berbagai sumber informasi lain.

TAMAT

Sumber bacaan :  Harian Kompas tgl. 23 & 24 April 2011 dan pikiran-rakyat.com  22/4/2011

Bacaan sebelumnya : Bagian 1.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar