Senin, 02 Januari 2012

Stasiun Televisi : RCTI, Oke

Merupakan stasiun tv swasta tertua yang mulai siarannya sejak sistem satelit antena parabola dengan acara bervariasi dan penuh dengan sinetron Indonesia.

Visi, Misi, dan Tiga Pilar Utama
RCTI  (Rajawali Citra Televisi Indonesia) merupakan TV Nasional dengan :
Visi : "Media Utama Hiburan dan Informasi", dimana RCTI  menyajikan acara-acara yang menarik dan bermutu sehingga menjadi televisi pilihan terbaik untuk hiburan dan informasi di Indonesia. Keseimbangan antara bisnis dan tanggung jawab sosial berjalan seiring.
 Misi ; "Bersama Menyediakan Layanan Prima", dimana RCTI memberi tekanan pada semangat kebersamaan dalam rangka menumbuh-kembangkan upaya-upaya bersama di mana semua komponen Perusahaan, dari tingkat atas sampai bawah, dirangsang, dikoordinasi serta disistematisasi untuk berkarya sebaik mungkin dalam memberikan layanan terbaiknya.
Tiga Pilar Utama : (1). Keutamaan dalam Kebersamaan, (2).  Bersatu Padu (3). Oke
Untuk mewujudkan visi dan misi Perusahaan, tiga nilai menjadi titik pusat untuk memotivasi dan mengilhami insan RCTI. Proses kerja dilakukan dengan semangat kebersamaan untuk sampai pada hasil yang diharapkan para stakeholder, yang berawal dari kualitas, integritas, dan dedikasi.

Sejarah
RCTI pertama mengudara pada 13 November 1988 dan diresmikan 24 Agustus 1989 yang pada waktu itu siaran RCTI hanya dapat ditangkap oleh pelanggan yang memiliki dekoder (system satelit) dan membayar iuran setiap bulannya. RCTI melepas dekodernya pada akhir 1989.
Menayangkan berbagai program acara hiburan, informasi dan berita yang dikemas dengan menarik. RCTI tumbuh dengan cepat menjadi agen perubahan dan pembaharu dalam dinamika sosial masyarakat di Indonesia.
Saat ini RCTI merupakan stasiun televisi yang memiliki jangkauan terluas di Indonesia, melalui 48 stasiun relaynya program-program RCTI disaksikan oleh lebih dari 190,4 juta pemirsa yang tersebar di 478 kota di seluruh Nusantara, atau kira-kira 80,1% dari jumlah penduduk Indonesia. Kondisi demografi ini disertai rancangan program-program menarik diikuti rating yang bagus, menarik minat pengiklan untuk menayangkan promo mereka di RCTI.

Sejak awal, cita-cita RCTI adalah menciptakan serangkaian acara unggulan dalam satu saluran, yang memungkinkan para pengiklan memilih RCTI sebagai media iklan-iklan mereka. Cita-cita itu menjadi nyata karena sejak berdiri hingga saat ini RCTI senantiasa menjadi market leader. Di usianya yang ke-22, tahun 2011 (periode Januari -Nopember 2011) RCTI tetap mempertahankan posisi market leader dengan pangsa pemirsa mencapai 17.5% (ABC, 5+) dan 17.8% (All Demography). RCTI juga berhasil mempertahankan pangsa periklanan televisi tertinggi sebesar 15.7% (periode Januari - Nopember 2011), seperti dilaporkan oleh Nielsen Audience Measurement.
Di RCTI, kualitas bukanlah kata tanpa makna, melainkan harmonisasi dari mimpi, idealisme, kesungguhan, kerja keras, kebersamaan, dan doa. 6 (enam) aspek tersebut tercermin dan mewarnai program-program RCTI yang mengusung motto "Kebanggaan Bersama Milik Bangsa" namun tampil dalam kemasan yang "oke". Kualitas program-program RCTI pada akhirnya mengantarkan RCTI untuk selalu menjadi yang terdepan dalam industri penyiaran TV di Indonesia.

Chanel dan Alamat
Di Jabodetabek chanel 43
Alamat :  PT Rajawali Citra Televisi Indonesia (RCTI).  Jl. Raya Perjuangan No. 1, Kebon Jeruk, Jakarta 11530.  Email: webmaster@rcti.tv

Penghargaan/Award /Achiements

 2007
 1. Anugerah Pesona Wisata 2007, Kementrian Kebudayaan & Pariwisata, 04 Januari 2007 : Program dokumenter TREKING episode “BERKUNJUNG KE RUMAH NAGA” meraih penghargaan Terbaik III kategori tayangan televisi.
2. Aljazeera TV Documenter Festival ke-3 :  DELIK sebagai nominee untuk di Qatar, nominee kategori program investigasi   “Marriage for Sales” (Kisah Kawin Kontrak Warga Arab di Puncak) karya Levi Silalahi  dan Toni Cahyono.
3. “Festival Film Bandung 2007” : Memberikan penghargaan atas program 29 April 2007 dan artis sinetron RCTI, yaitu :
- Naysila Mirdad (INTAN), Lakon Utama Wanita Terpuji kategori sinetron
- Mathias Muchus (AYAHKU ASTUTI), Lakon Utama Pria Terpuji kategori sinetron
- Winda Viska (OB), Lakon Pembantu Wanita Terpuji kategori sinetron
 4. Festival Film Dokumenter Untuk Lingkungan di Cairo, Mesir, 2007 : Nominasi untuk program GAPURA “Inong Pulang ke Rumah” dan “Penambangan Pasir   Liar di Riau”, serta penghargaan Honorary Award atas tema dan kualitas yg disajikan untuk program Mata Angin (Global TV) berjudul “Sokola Rimba”
5. KPI Award, 10 Agustus 2007
Kategori Sinetron :
Juara 1 : Sayekti & Hanafi (RCTI)
Juara 2 : Maha Kasih “Tukang Bubur Naik Haji” (RCTI)
Juara 3 : Maha Kasih “Pencuri yang Tercuri”
Kategori Features :
Juara 1 : Rawinala (TPI)
Juara 2 : Jendela Arang Ria Rio (TPI)
Juara 3 : Bercanda dengan Monyet Belanda (RCTI)
Kategori Program Kriminal :
Juara 1 : Delik – Jejak Pedofil Australia (RCTI)
Juara 2 : Delik – Penjara Sarang Narkoba (RCTI)
Juara 3 : Suami Tidak Terbukti Bakar Istri (TPI)
6. Pekan Panutan Pembayaran Pajak Bumi dan Bangungan Prov DKI Jakarta Tahun Anggaran 2007 dari Walikota Jakarta Barat, 22 Agustus 2007 : Penghargaan sebagai “Perusahaan Patuh Pajak 2007”
7. MURI, Agustus 2007 : Prestasi RCTI sebagai pemrakarsa dan penyelenggara ketahanan nonton TV dengan berdiri dalam waktu terlama (18 jam).
8. Panitia Pedati (Pesta Budaya Seni Pameran Dagang dan Industri), Nusantara VII 2007 (06 November) :  PEDATI AWARD kpd RCTI atas atensinya terhadap kebudayaan dan kepariwisataan Minangkabau melalui station ID RCTI “Rumah Gadang” dan banyak mendukung kepariwisataan Bukittingi SumBar, yang merupakan salah satu dari 5 daerah tujuan pariwisata di Indonesia.
9. The Asia-Pacific Broadcasting Union (ABU), The Cable & Satellite Broadcasting Association of Asia (CASBAA) bekerja sama dgn UNICEF Asia Pasifik di Thailand, 20 Nopember : Memberikan penghargaan (Certificate of Recognation) atas program News Features URBAN untuk edisi “ANAK LUMPUR LAPINDO” karya Diki Martias dan Toni Cahyono
10. Panasonic Awards, 30 Nop 2007 : Meraih beberapa penghargaan: Drama seri : Candy, Infotainment : Silet, dan News : Seputar Indonesia
11. UNICEF Indonesia dan Aliansi Jurnalis Independent (AJI) 17 Desember 2007 : Program News Feature “URBAN” menerima 2 penghargaan kembali : (a). Sebagai pemenang pertama kategori documenter televisi utk edisi “MANUSIA GEROBAK” karya Dulhadi dan Tonny Cahyono (b).  - Sebagai pemenang ketiga kategori documenter televisi untuk edisi “Potret Buram Warga Pedongkelan” karya Dulhadi dan Tonny Cahyono

2008
1. IMAC (Indonesia’s Most Admired Companies) 2008 oleh Frontier Consulting & Majalah Business Week, 12 Juni 2008.  Meraih Best Corporate Image untuk kategori stasiun televise nasional
2. Walikota Jakarta Barat dalam Pekan Panutan Wajib Pajak Pembayaran PBB diberikan di Kantor Walikota Jakarta Barat, 7 Agustus 2008, RCTI sebagai Wajib Pajak Patuh dan Taat 2008
3. Aliansi Jurnalis Independen (AJI) diserahkan di Gedung Dewan Pers, 14 Agustus 2008 : (a).  Program Investigasi Pembunuhan Munir (b).  Kesaksian Baru Agen BIN dinobatkan sebagai karya jurnalistik terbaik 2008, menyisihkan 29 karya jurnalistik televisi lainnya.
4. Departemen Pendidikan Nasional Dalam rangka Hardiknas 2008 diserahkan oleh Mendiknas, tanggal14 Agustus 2008, dimana RCTI terpilih sebagai 3 besar stasiun televisi meraih penghargaan sebagai stasiun televisi peduli dalam menayangkan bidang pendidikan.
5. British Council Broadcast Competition2008, dalam rangka HUT ke-60 BC Jakarta, 27 Agustus 2008 : “Ranger di Tepian Leuser” (part 1&2), mengalahkan 26 peserta & menyisihkan 4 finalis untuk kategori broadcast. Reporter Dhandy Laksono, Cameraman Wenang Pitoyo
6. Arsip Nasional 19 Oktober 2008 (diserahkan oleh Men PAN) : Penghargaan kepada RCTI sebagai bentuk apresiasi kepada media dalam rangkaian peringatan kemerdekaan ke-63 RI atas program mengenai gedung arsip nasional di berita tanggal 23-24 Agsts 08
7. Departemen Pendidikan Nasional 14 Agustus 2008 : Penghargaan kepada RCTI sebagai 3 besar stasiun televisi yang peduli penayangan informasi pendidikan dalam rangka Hari Pendidikan Nasional 2008

 2009
1. Anugerah Wisata 2008 - Departemen Kebudayaan dan Pariwisata,5 Februari 2009 : Penghargaan Karya Jurnalistik Terbaik Pemenang Pertama untuk Kategori Media Televisi "Upacara Pelebon Agung, Puri Kerajaan Ubud, Bali"
2. Panasonic Awards ke -12, 27 Maret 2009 : Silet (infotainment terfavorit), Pentas Idola Cilik 1 (program hiburan anak-anak terfavorit), Putra Nababan (presenter berita current affairs terfavorit), Seputar Indonesia (program berita terfavorit)
3. Yayasan SET, TIFA & IJTI, 02 April 2009 : Program berita Paling Berkualitas " Seputar Indonesia"
 4. The 5th Al Jazeera International Documentary Film Festival - Doha, Qatar, 13-16 April 2009 : The Best Shot Film Documentary Kategori: Children & Family Matters " Wagon People ( Manusia Gerobak)"
 5. Anugerah Jurnalistik untuk Akses Terhadap Keadilan - BAPPENAS & UNDP, 22 Mei 2009 : Juara Kategori Media TV Liputan berita "Ceria Yang Tergusur"
6. Mochtar Lubis Award, Juli 2009 : 5 (lima) besar liputan mendalam "Polemik Puyer"
 7. IMAC (Indonesian Most Admire Companies) Award 2009,12 Agustus 2009 : The Best of Corporate Image
8. Sampoerna Adiwarta, Desember 2009 : Juara Dokumenter Televisi "Andalas Pulang Kampung"
9. AJI-ILO, Desember 2009 : Anugerah liputan perburuhan "Nestapa TKI Qatar"

Keterangan gambar : sebagai ilustrasi yang diambil dari internet
Sumber : kaskushotthread.com dan www.rcti.tv

Stasiun TV lain : TVRI 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar