Senin, 02 Januari 2012

Dunia Menyambut Tahun Baru 2012

Sudah menjadi tradisi global bahwa untuk pergantian malam tahun baru  diramaikan dengan pesta kembang api (pesta cahaya) di pusat-pusat keramaian atau ikon-ikon kota besar.

Salah satu yang paling umum dalam menyambut tahun baru adalah dengan menyalakan atau menonton kembang api, untuk masalah ini ada yang mempercayai bahwa dengan menyalakan kembang api di malam tahun baru ini dapat memastikan bahwa satu tahun ke depan akan dipenuhi dengan keberuntungan. Tetapi ada juga yang beranggapan bahwa hal tersebut sebagai hiburan di awal tahun yang baru. 
Negara-negara Asia Tenggara terlebih dulu menyambut Tahun Baru dengan merayakannya hampir di seluruh wilayah Negara masing-masing (di kota besar, sedang maupun kecil) walaupun skalanya dari mulai perorangan sampai dengan yang dikoordinir termasuk dengan pengunjung atau penontonnya, yaitu dengan menyalakan kembang api, lampu laser, pesta di jalanan dan berbagai pertunjukan. 
Namun suasana agak kurang ceria terlihat di Tokyo di mana perayaan itu dibayangi oleh kenangan akan gempa dan tsunami yang terjadi bulan Januari yang lalu (www.voanews.com).  Begitu pula dengan sebagian wilayah di Filipina terutama bagi penduduknya yang telah diserang Badai Washi.
Tetapi tentunya sudah menjadi suatu ‘kesepakatan’ bahwa tahun ini diharapkan akan lebih baik dari tahun yang telah lalu.
Berikut perayaan Tahun Baru 2012 di berbagai Negara dan kotanya.

Sydney, Australia

Kembang api menerangi langit di atas Sydney Harbour selama sesi tengah malam sebagai Sydney Merayakan Tahun Baru pada tanggal 1 Januari 2012.

Beijing, China
Orang berkumpul untuk merayakan Tahun Baru 2012 di Kuil Surga Beijing pada tanggal 1 Januari 2012.

Jakarta, Indonesia
 
Pesta kembang api menandai pergantian tahun baru 2011 ke 2012 di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Minggu (01/01/2012) dini hari.

Hong Kong
Kembang api tampak meluncur dari puncak-puncak gedung pencakar langit di kawasan Victoria, Hong Kong, di malam pergantian tahun baru 2012.

New Zealand

Kembang api di Skytower Auckland, New Zealand


Berlin, Jerman
Fireworks explode before New Year celebrations over the 'Golden Victoria' on top of Berlin's landmark victory column

Kuala Lumpur, Malaysia
Fireworks display near the country's landmark Petronas twin towers during the New Year celebrations as the clock strikes 12

Moskow, Rusia

Thousands of people watched the fireworks explode during the new year's day celebration on Red Square

London, Inggris

London merupakan  tuan rumah Olimpiade 2012, menyalakan kembang api disertai rekaman ketika ibukota Inggris itu mengetahui akan menjadi tuan rumah Olimpiade. Ratusan ribu orang berjejer di Sungai Thames untuk menonton kembang api yang meriah itu atau juga dengan latar belakang Big Ben-nya yang berdentang menandai datangnya tahun 2012 (gambar lainnya yaitu dekat judul tulisan).

Paris , Perancis
Di Paris, Tahun Baru. tidak berpusat di satu tempat, melainkan menyebar di penjuru kota ini, seperti di Champ Elysees, Montmarte, dan Menara Eiffel tentunya. Perayaan Tahun Baru .

New York, Amerika Serikat
 
Lady Gaga dan Placido Domingo merupakan sebagian dari sejumlah artis dalam perayaan di New York di mana satu juta menyaksikan  diturunkannya bola kristal raksasa dijatuhkan dari atas Times Square tepat saat pergantian tahun (gambar ilustrasi).

Singapura
Warga Singapura merayakan datangnya tahun baru antara lain di Marina Bay.


Di Negara lainnya.
Berlin menampilkan penyalaan kembang api yang spektakuler di Gerbang Brandenburg, sedangkan di   Rio de Janeiro, sekitar 2 juta orang penggemar pesta, baik warga Brasil maupun turis asing, berkumpul di Pantai Copacabana, mereka bersama-sama menyaksikan atraksi kembang api 'hijau' spektakuler. 

Keterangan gambar : diambil dari internet
Sumber antara lain : img.kaskushotthread.com, www.detiknews.com/read/2011/12/31, www.voanews.com 1/1/2012.

Bacaan terkait : Indonesia menyambut Tahun Baru 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar