Senin, 05 Desember 2011

Chevrolet, 100 Tahun

Bertekad untuk menjadi 5 besar dan tak pelak lagi ini menjadi salah satu icon Amerika selain Coke, McDonald atau Apple. Chevrolet kini sudah berusia 100 tahun.

Tren perkembangan model mobil yang dikembangkan oleh produsen di masa mendatang (khususnya Chevrolet) akan lebih mengarah pada tiga hal yaitu “isu ramah lingkungan, mobil penumpang tipe SUV (sport, utility, vehicle), dan bahan bakar jenis diesel”.  Ketertarikan orang pada SUV karena vitur dan kenyamanan layaknya sedan tapi berkemampuan seperti jip, dimana hampir semua merk global memproduksi tipe SUV.

Historis
Chevrolet (diucapkan: Sev-ro-lei) atau juga dikenal dengan sebutan Chevy (diucapkan: Se-vi) didirikan oleh Louis-Joseph Chevrolet bersama William Crapo Durant pada 3 November 1911.  Ditahun yang sama, dengan nama perusahaannya waktu itu Chevrolet Motor Company, lahirlah mobil pertama mereka yang dinamakan Classic Six.
Sekitar tahun 1950-1960, Chevrolet merupakan salah satu merek yang paling berpengaruh dalam industri otomotif Amerika, bahkan pada masa itu, 1dari 3 mobil yang terjual di Amerika adalah Chevrolet. Begitu populernya, tak kurang dari 100 lagu dari beragam genre musik menjadikan inspirasinya.
Sampai kini, sudah lebih dari 20 model terlahir dan tak kurang dari 200 juta mobilnya mewarnai jalan-jalan di seluruh dunia.

Pabrik mobil pertama di Indonesia
Di Indonesia, sejatinya Chevrolet sudah berakar sejak 1927 dan menjadi ujung tombak GM di Indonesia. Bahkan seiring meningkatnya permintaan waktu itu, GM akhirnya membangun pabrik perakitan di Tanjung Priok pada 1938.  Ini merupakan pabrik perakitan mobil yang pertama di Indonesia!

Logo
Dalam perkembangannya, logo ini mengalami evolusi dalam warna dan detil dengan tetap mempertahankan bentuk dasamya. Barulah pada tahun 2004, logo ini menggunakan warna kuning emas yang menyiratkan "Gold Standard", sampai sekarang.
Logo Bowtie Chevrolet yang berbentuk dasi kupu-kupu ditemukan secara "tidak sengaja" oleh William Durant ketika mengamati pola wallpaper disebuah hotel di Paris. Ini terjadi pada tahun 1908. Meskipun demikian, ada juga yang berpendapat bahwa logo tersebut merupakan stilisasi tanda silang bendera Swiss, tempat dimana Louis-Joseph Chevrolet lahir.
Barulah pada 2 Oktober 1913, logo ini pertama kali digunakan di iklan Chevrolet yang muncu] di The Washington Post. Waktu itu, headlinenya berbunyi: "Look for this nameplate.".

Model
Puluhan model telah diciptakan, jutaaan telah diproduksi. Tak sedikit mobil-mobil Chevrolet yang menjadi icon dijamannya, apalagi menjadi saksi hidup momen-momen penting Chevy Lovers. Apapun modelnya, 3 hal penting selalu menjadi benchmark bagi Chevrolet “value, dependability dan style”.
Di Indonesia, yang populer adalah Chevrolet Captiva, dimana  sejak peluncurannya tahun 2007 dan baru saja mengalami major facelift dengan mesin baru yang makin bertenaga serta efisien, kini semakin banyak peminatnya dan menjadikan New Captiva tulang punggung Chevrofet di Indonesia.

Sahabat media
Chevrolet punya sebutan khas untuk para rekan media, yaitu Media Darling, yaitu harmonisnya hubungan yang terjalin. Didalamnya tumbuh simbiosis yang mutualis, saling membutuhkan dan saling menumbuhkan.
Para media selalu haus akan informasi teknologi terkini yang bisa memberi manfaat bagi target pembacanya, namun yang lebih penting bagi mereka menyumbang peran penting dalam memberi masukan, kritik dan apresiasi.
Review dan Test Drive menjadi cermin seberapa jauh Chevrolet mampu memuaskan    kebutuhan    audiensnya    dan bagaimana model-model tersebut menghadapi kompetisi. Begitu pula dengan rubrik   wawancara dan advertorial. Tak disangsikan lagi betapa pentingnya media dalam upaya image building untuk ikut membentuk persepsi positif terhadap merek Chevrolet, yang akhirnya dapat menumbuhkan acceptance pada setiap model Chevrolet yang diperkenalkan.

Kejuaraan
Berbagai cabang olahraga otomotif dunia menjadi benchmark Chevrolet untuk performa dan teknologinya. NASCAR cuma salah satu contoh. Bahkan di ajang WTCC (World Touring Car Championship), Chevrolet menjadi juara dunia untuk kedua kalinya (2010 - 2011).

Perkembangan model produksi (contoh model)
Pada era 1930-an Chevrolet telah memulai pembuatan sebuah crossover yang merupakan paduan antara mobil dan truk.

Suburban 1936 :  
DNA mobil jenis SUV Chevrolet yang diproduksi General Motor berawal dari kendaraan ini. Sudah mulai menggunakan bodi logam yang ditempatkan di atas sasis truk 0,5 ton. Mobil ini berkapasitas delapan penumpang. Jenis Suburban sejatinya hadir pertama kali pada 1933 dengan bodi kayu, namun Suburban keluaran 1936 yang banyak dibicarakan para penggemar mobil klasik.

Suburban 1966 : Termasuk generasi keenam Suburban.  Mengusung mesin 4.1 L dengan silinder V6 dan 4.6 L untuk V8, kendaraan ini bertransmisi manual 3 kecepatan dan 4.  Suburban dengan panel model truk seperti ini tidak lagi tersedia setelah generasi 1966.

Suburban 1972 :  
Generasi ini mudah dikenali dengan ciri tiga pintunya. Satu pintu di sisi bagian sopir (kiri) dan dua pintu di pintu penumpang di sisi lainnya (kanan). Model Suburban kali ini tersedia dalam model two wheel drive (2WD) dan four wheel drive (4WD). Mesinnya V8 dengan kapasitas hingga 6.5 Ldan berkekuatan 310 HP.

Suburban 1990 : Sistem bahan bakar mesin Suburban era 1980-1990 sudah beralih dari karburator ke injeksi alau throttle injection. Perubahan ini meningkatkan ekonomi bahan bakar, kinerja, dan emisi. Sudah tersedia dalam transmisi otomatis 3 kecepatan dan 4 Kecepatan.

Captiva 2007  : Pertama kali Captiva diluncurkan di Indonesia. Mengusung mesin 2.400 cc, model Captiva Gasoline merijadi SUV satu-satunya di Indonesia pada saat itu yang memiliki kapasitas tujuh penumpang. Tldak lama kemudian disusul Captiva Diesel yang dilengkapi dengan 2,0 liter VCDi yang mampu menghasilkan tenaga setara150HP.

Captiva SS 2010 : Mesin baru yaitu Ecotec 2.400 cc, 4-silinder DCVCP (double continuosly variable cam phaser) dibenamkan dalam mobil ini. Captiva SS mampu menghasilkan tenaga maksimum 171 PS dan torsi maksimum 225 Nm. Dilakukan juga penyempurnaan di sisi audio.

New Captiva 2011 :  
Dengan mesin 2.0 L DOHC, variable geometry turbocharger with intercooler New Captiva mampu menyemburkan tenaga maksimal 163 PS pada 3.800 rpm serta torsi maksimal 360Nm pada 1.750-2.750 rpm.  New Captiva juga merupakan kendaraan paling aman di kelasnya dengan dilengkapi fitur keamanan pengereman ABS yang didistribusikan secara pintar melalui fitur Electronic Brake-force Distribution.

Keterangan gambar : sebagai ilustrasi yang diambil dari internet
Sumber : Media Indonesia tgl 25 Nopember 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar