Jumat, 30 Desember 2011

Wisata Jakarta (2) : Sea World Indonesia, Taman Biota Laut Yang Mengagumkan

Sea World adalah merupakan sebuah tempat obyek wisata dan  ilmu pengetahuan laut (taman biota laut) yang terletak di kawasan Taman Impian Jaya Ancol Jakarta

Pembukaan
“Riak gelombang ombak samudera membelah jiwa dan raga tercipta nuansa karena buah karya putra bangsa” Jakarta 2 Oktober 1992.  Wiyogo Atmodarminto.  Kata-kata tersebut terukir nan indah di batu prasasti Sea World Indonesia.  Batu besar yang menjadi tonggak sejarah dan saksi berdirinya Sea World di Indonesia.  

Misi
Mengusung konsep "Wisata Didik" (edutainment).  SeaWorld Indonesia dikenal dekat dengan masyarakat dan menjadi salah satu obyek wisata unggulan melalui 3 misi besarnya yaitu : Edukasi, Konservasi dan rekreasi.

Kategori dan kerjasama
Tahun 2010, SeaWorld Indonesia melalui SK. 419/Menhut/2010 telah disahkan menjadi Lembaga Konservasi kategori " Taman Satwa Khusus", Taman Satwa Khusus adalah Lembaga Konservasi yang memelihara jenis-jenis satwa berdasarkan etika dan kaidah kesejahteraan satwa yang terdiri dari jenis/spesies dalam satu kelas tertentu.
Sebagai penyandang Lembaga Konservasi, SeaWorld Indonesia bekerjasama dengan berbagai lembaga terkait lain : Kementerian Kehutanan, Kementerian Kelautan Perikanan, Kementerian Lingkungan Hidup, Kementerian Pariwisata, berbagai Perguruan Tinggi, LSM dan Swasta. He ini diperlukan sebagai wujud sinergi dalam usaha bersama untuk pelestarian biota dan lingkungannya.
Kegiatan kampanye pelestarian lingkungan juga merupakan program CSR SeaWorld Indonesia.
Inovasi dan kreatifitas yang berkelanjutan telah membuahkan 26 Rekor MURI dalam usianya yang ke-17, serta pengakuan prestasi dari Gubernur DKI Jakarta yang menganugerahkan Piala Adikarya Wisata pada tahun 2006
Hal ini membuktikan SeaWorld Indone­sia turut berperan secara langsung dalam pengembangan wisata dan  pelestarian lingkungan hidup melalui kepercayaan pemerintah sebagai Lembaga Konservasi.

Wahana ilmu pengetahuan
Tempat wisata ini bukan hanya untuk berekreasi namun masyarakat dapat secara langsung belajar mengenai kekayaan laut Indonesia bahkan dunia, dimana untuk hal ini program pendidikan sangat dominan dan menjadi unggulan.
Sea World Indonesia juga peduli sesama, hal ini terbukti dengan adanya usaha untuk mendukung kemajuan pengetahuan di bidang kelautan serta ilmu-ilmu lain yang tidak hanya diperuntukkan bagi masyarakat mampu, dimana melalui program CSR memberikan kesempatan bagi masyarakat yang kurang mampu untuk mendapat kesempatan belajar di SeaWorld Indonesia dengan biaya murah atau bahkan gratis.

Koleksi biota kelautan
Dalam upaya untuk memperkenalkan kehidupan biota yang hidup di alam maka SeaWorld Indonesia memiliki berbagai koleksi biota laut dan perairan tawar.  Terdapat ribuan satwa laut (3500 spesies ikan laut Indonesia) yang merupakan 37% dari jumlah spesies ikan laut di dunia, yang terdiri dari 22.000 ekor ikan (126 Jenis), 28 reptil (5 jenis) dan biota perairan laut yang terdiri dari 5180 ekor ikan (26 jenis), 79 avertebrata (13 jenis), 30 reptil (5 jenis) dan 1 mamalia. 
Berbagai macam koleksi biota tersebut ditampilkan dalam tempat-tempat yang sangat menarik.

Bangunan
Obyek wisata ini berdiri diatas areal seluas 3 hektar dengan luas bangunan utama 4.500 m2 yang berisi berbagai macam akuarium, lorong Antasena (lorong bawah air), perpustakaan, toko souvenir, dlsb.  Tersedia layar sentuh sebagai informasi  satwa dan spesies.


Akuarium utama
Akuarium utama ini berukuran 36x24 meter yang di dalamnya terdapat tempat-tempat dengan ukuran bervariasi 4,5 hingga 6 meter yang menyimpan 5 juta liter air asin.  Karena besarnya akuarium utama ini tercatat sebagai akuarium air asin terbesra di asia tenggara.

Arena air tawar
Dilengkapi koleksi satwa air tawar dari seluruh dunia seperti piranha, arapaima gigas dari Amazon dan belut listrik.

Lorong Antasena

Merupakan lorong bawah air sepanjang 80 meter yang diperasikan dengan pijakan berjalan otomatis dengan kubah tembus pandang.  Memungkinkan pengunjung disuguhi untuk menikmati pemandangan ‘bawah laut’ tanpa khawatir tersanudng saat menengadah ke atas atau ketika melihat ikan di atas tubuh atau kepala.
Terowongan Antasena yang pertama di Indonesia dan Sharkquarium ini mengajak kita menyelami lautan tanpa harus basah.

Akuarium Dugong dan Ekosistem
Berisi koral dan sponge yang sangat menakjubkan dan memperlihatkan keindahan biota dalam laut, serta Doel dan Diana yaitu sepasang duyung lucu menambah keistimewaan SeaWorld Indonesia.

Kolam Sahabat Laut
Di sini pengunjung dapat berinteraksi secara langsung dan menyentuhnya secara utuh, sebut saja ikan pari, ikan hiu, penyu, bintang laut dan teripang. Semuanya unik dan bersahabat, dimana untuk berinteraksi dengan mereka pengunjung akan dipandu oleh staf pendidikan yang ramah, berdedikasi terhadap biota dan ekosistem serta lingkungan hidup.
Mengenalkan serta mengajak masyarakat untuk mencintai dan melestarikan biota laut merupakan bagian dari misi konservasi yang diusung SeaWorld Indonesia.

Biota yang dilindungi
Beberapa biota yang ada merupakan biota langka yang dilindungi, antara lain : Duyung (Dugong dugong), Penyu, Ikan Napoleon, Buaya, Terumbu karang dan masih banyak lagi.   Dengan belajar dan mengenalnya masyarakat diharapkan dapat ikut berperan serta menjaga dan melestarikan lingkungan untuk mencegah kepunahan di kemudian hari.

Pengunjung
Sejak awal berdiri sampai dengan usianya yang ke-17, SeaWorld Indonesia telah menjadi salah satu obyek wisata unggulan baik bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. Terbukti melalui catatan angka kunjungan yang telah mencapai lebih dan 20 juta pengunjung.

Dibuka umum
Obyek wisata ini dibuka dari  Senin s/d Minggu & Hari Libur  : Pkl. 09.00 s/d Pkl. 18.00 WIB. 
Harga tiket yaitu Rp50.000,- (week day : senin-jumat) dan Rp60.000,- (week end :sabtu, minggu & libur).  Harga sewaktu-waktu bisa berubah.

Misi ke depan
Inovasi berkelanjutan dengan ide-ide kreatif untuk terus memberikan terobosan agar misi pendidikan , konservasi dan rekreasi selalu prima dan bermanfaat bagi seluruh lapisan masyarakat, dimana selanjutnya Sea World Indonesia akan menghadirkan wahana-wahana yang impresif dan edukatif untuk memenuhi misi yang selalu menjadi titik balik dari pencapaian tanpa akhir, antara lain keberadaan “Wahana Penguin” menjadi prioritas.

Keterangan gambar : sebagai ilustrasi yang diambil dari internet
Sumber bacaan : www.ancol.com, id-wikipedia.org dan  Media Indonesia 22/12/2011

Wisata Jakarta Lain : Monumen Nasional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar