Jumat, 30 Desember 2011

Kaleidoskop : Bulan Maret Tahun 2011

Peristiwa pada bulan Maret 2011 diawali dengan peristiwa Menteri Urusan Warga Minoritas Pakistan tewas ditembak kelompok bersenjata, dan diakhiri dengan PM Suriah dan kabinetnya mengundurkan diri di tengah unjuk rasa anti pemerintah dan di Indonesia ditangkapnya Melinda Dee penggelap dana nasabah Citibank.  Namun peristiwa besar berupa bencana adalah gempa dan tsunami di Jepang.

2 Maret 2011
Menteri Urusan Warga Minoritas Pakistan Shahbaz Bhatti tewas ditembak kelompok bersenjata.

3 Maret 2011
(1).  Essam Sharaf ditunjuk menjadi Perdana Menteri Mesir oleh Dewan Agung Angkatan Bersenjata setelah Ahmed Shafik mengundurkan diri. (MetroTV) (BBC) (Kompas) (Vivanews) (Wartanews)
(2).  Gempa bumi dengan kekuatan 5,8 pada skala Richter mengguncang China barat daya (3/3) yang berdekatan dengan perbatasan Myanmar. Sedikitnya 19 orang tewas dan lebih dari 157 orang terluka.  Selengkapnyadapat dilihat di sini.

6 Maret 2011
(1).  Sembilan orang tewas dan 12 luka-luka dalam satu kebakaran yang memusnahkan sebuah pub di Taiwan pusat. (Kompas)
(2).  Pemberontak Libya menahan satu unit pasukan khusus Inggris di timur Libya. (Kompas)

7 Maret 2011
Seiji Maehara (foto) mengundurkan diri sebagai Menteri Luar Negeri Jepang akibat skandal donasi politik. (Tempo) (MetroTV) (Liputan 6)

8 Maret 2011
(1).  Setidaknya 25 orang tewas dan 127 lainnya terluka akibat serangan bom di Faisalabad, Pakistan.
(2).  Jaringan Narkoba di LP Terbongkar. Badan Narkotika Nasional (BNN) menangkap Kepala LP Narkotika Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah dalam kasus penyalahgunaan narkotika.  Selengkapnya dapat dilihat disini.

9 Maret 2011
Majalah Forbes menyusun 1.140 peringkat bagi 1.209 orang terkaya di dunia dengan nilai kekayaan US$1 miliar ke atas.   Bill Gates (Cofounder Microsoft)  bukan kehilangan gelarnya sebagai orang terkaya di dunia. la justru 'menyerahkan' gelar tersebut ke orang lain dengan menghibahkan miliaran dolar miliknya ke yayasan amal yang ia dirikan.  Demikian komentar sejumlah pakar menanggapi daftar miliuner 2011 yang dirilis majalah Forbes pada Rabu (9/3) waktu setempat.   Orang-orang terkaya di dunia dan Indonesia, selengkapnya dapat dilihat di sini.

10 Maret 2011
Banjir bandang terjadi di Tangse, Pidie, Aceh. (Media Indonesia) (Kompas)

11 Maret 2011
(1). Gempa bumi dan tsunami Sendai 2011 dengan kekuatan 9,0 Mw terjadi di laut lepas Jepang memicu terjadinya tsunami setinggi 10 meter dan menewaskan sedikitnya 1.800 orang.  Selengkapnyadapat dilihat di sini
(2).  Gempa berkekuatan 6,6 Skala Richter mengguncang kawasan Nusa Tenggara Barat (Viva.news) (liputan6)
(3).  Tudingan Miring untuk SBY. Dua koran Australia, The Age dan The Sydney Morning Herald, memuat berita tentang dugaan penyalahgunaan kekuasaan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.  Selengkapnya dapat dilihat disini

12 Maret 2011
(1).  Pemerintah Jepang menetapkan status darurat nuklir di Jepang setelah sistem pendingin reaktor nuklir Fukushima nomor 1 dan 2 tidak berfungsi. (Seputar Indonesia) (republika) (BBC) (Suara merdeka) (okezone)
(2).  Sekitar 200.000 orang dievakuasi karena kemungkinan kebocoran nuklir sebagian di Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Fukushima I di Ōkuma, Jepang. (BBC) (VOA) (MetroTV) (Liputan 6) (Tempo Interaktif)

14 Maret 2011
Ledakan kedua terjadi di reaktor nomor 3 Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Fukushima I meruntuhkan beton bangunan namun reaktor masih utuh. (Kompas)

15 Maret 2011
(1).  Radiasi meningkat setelah ledakan ketiga terjadi di reaktor nomor 2 Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Fukushima I. (CNN) (BBC) (Reuters).  Sebanyak 99 warga negara Indonesia yang dievakuasi dari Jepang tiba di Jakarta. (Kompas) (DetikCom)
(2).  Sebuah bom meledak di kantor berita KBR6H yang juga tempat Komunitas Utan Kayu, Jakarta Timur, melukai dua orang satpam dan satu orang polisi. (Tribunnews) (KBR68H) (VIVAnews) (Republika)
(3).  Dalai Lama ke-14 menyampaikan pengunduran dirinya sebagai pemimpin politik pemerintahan Tibet dalam pengasingan. (Media Indonesia) (Republika) (VOA) (Kompas)

17 Maret 2011
(1).  Upaya pendinginan reaktor 3 dan 4 di Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Fukushima I berlanjut dengan menggunakan helikopter, sementara masih ada kekhawatiran di unit 5 dan 6 yang belum diinformasikan pihak berwenang. (CNN) (NHK)
(2).  Sebuah kapal MV Sinar Kudus milik PT. Samudera Indonesia dibajak oleh perompak Somalia di perairan Laut Arab. (Kompas)

18 Maret 2011
(1).  Krisis nuklir di Fukushima Dai-Ichi meningkat ke level 5 yang bisa berakibat pada kematian karena radiasi. (Kompas) (CNN) (NHK)
(2).  Satelit MESSENGER (foto) milik NASA menjadi wahana antariksa pertama yang mengorbit Merkurius. (VOA) (Media Indonesia) (Kompas)
18 Maret 2011
Kementerian Ilmu Pengetahuan Jepang menyatakan tingkat radiasi akibat rusaknya Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Daiichi di Fukusima terdeteksi sekitar 30 kilometer barat laut dari pembangkit, Jumat, 18 Maret 2011. Seperti dilansir laman NHK World, sejauh ini pemerintah Jepang telah menginstruksikan penduduk yang tinggal dalam radius 20 sampai 30 kilometer dari lokasi PLTN Jepang untuk tinggal di dalam rumah. Selain itu, warga juga diperiksa oleh petugas untuk mengetahui ada tidaknya paparan radiasi nuklir yang membahayakan.

19 Maret 2011
(1).  Pasukan Amerika Serikat, Britania Raya, dan Perancis melancarkan serangan terhadap pasukan pro-Qaddafi untuk mendukung zona larangan terbang di Libya yang dimandatkan PBB. (CNN) (BBC) (Businessweek)
(2).  Surat Khadafi Untuk Obama. Kendati sedang dibombardir dan guncangan aksi protes sebagian rakyat Libia, Khadafi (68), tetap tegar dan rasa percaya diri seakan tidak pernah luntur, bahkan dia tidak takut dengan ancaman Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama.  Selengkapnya dapat dilihat di sini.
(3).  Bulan mencapai perige sizigi paling ekstrem (sebuah bulan super) sejak tahun 1993. (JPNN) (Vivanews) (Tempo).
Supermoon (lunar perigee): Bulan tampak 7% lebih besar daripada biasanya karena jaraknya dengan Bumi hanya sekitar 221.567 mil atau 356.578 kilometer, terdekat dalam 18 tahun terakhir, yang akan berpengaruh pada pasang surut air laut.

20 Maret 2011
Musim MotoGP tahun 2011 resmi dimulai lewat balapan perdana di Qatar, yang dimenangi oleh pembalap Repsol Honda, Casey Stoner. (Kompas) (Vivanews)

21 Maret 2011
Jepang diperkirakan butuh waktu lima tahun untuk memulihkan kembali ekonominya dari kehancuran setelah tragedi gempa bumi dan tsunami 11 Maret lalu. Bencana alam itu membuat Jepang menderita kerugian hingga US$235 miliar. (Vivanews)

23 Maret 2011
25 kedutaan besar menutup sementara perwakilannya di Tokyo sehubungan dengan darurat krisis nuklir Jepang. (okezone) (Solo pos) (republika)

24 Maret 2011
Susno Duadji, Divonis 3 Tahun 6 Bulan Penjara.  Selengkapnya dapat dilihat disini

25 Maret 2011
(1).  Zat radioaktif dari PLTN Fukushima I mulai menyebar keseluruh dunia. (Kompas) (Liputan6) (SeputarIndonesia)
(2).  Gempa bumi berkekuatan 6,8 skala Richter terjadi di timur laut Myanmar yang menewaskan sedikitnya 75 orang. (MetroTV) (Liputan6) (Kompas)
(3).  Kontraktor Daftar Tender Gedung DPR.  Meski menjadi polemik di masyarakat, DPR tetap melanjutkan proses tender rencana pembangunan gedung baru DPR. Sebanyak 11 perusahaan kontraktor mendaftar sebagai peserta lelang tender proyek pembangunan gedung baru DPR.  Selengkapnya dapat dilihat di sini.
(4).  Malam penganugerahan Panasonic Gobel Awards 2011. 

26 Maret 2011
(1).  Pakistan meminta agar interpol menangkap mantan Presiden Pervez Musharraf yang diduga terlibat pembunuhan mantan Perdana Menteri Benazir Bhutto. (RNW) (Kompas)
(2).  Perairan yang berada di sekitar PLTN Fukushima terdeteksi mengandung zat radio aktif 1.250 kali lebih tinggi diatas batas normal. (BBCIndonesia) (Media Indonesia) (Kompas) (Liputan6)
(3).  Lima Kota Ikuti Earth Hour. Bersama sejumlah kota besar di 134 negara, kota-kota di Indonesia serempak memadamkan lampu selama satu jam pada bangunan ikon kota, Sabtu (26/3) pukul 20.30-21.30, dalam program Earth Hour.  Selengkapnya dapat dilihat disini.
 (4). Selly, penipu cantik ditangkap.  Selly Yustiawati alias Rassellya Rahman Taher (26), merupakan penipu berparas cantik di situs jejaring sosial atau facebook.  Selly ditangkap oleh aparat Polsek Denpasar Selatan di kamar 530 Hotel Amaris, Kuta-Bali, Sabtu (26/3/2011).   Selengkapnya dapat dilihat di sini

27 Maret 2011
(1).  Para teknisi Jepang berhasil memulihkan reaktor kedua PLTN Daiichi Fukushima (Kompas) (MetroTV)
(2).  Formula Satu musim 2011 dimulai dengan digelarnya balapan GP Australia yang dimenangkan oleh pembalap Red Bull Racing Sebastian Vettel (Analisa) (Tempo Interaktif) (Detik.com)
(3).  Pemerintah tidak Akui PSSI Nurdin (28 Maret 2011).
Kisruh PSSI memasuki babak baru setelah Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Andi Mallarangeng menyatakan tidak lagi mengakui PSSI di bawah kepemimpinan Ketua Umum Nurdin Halid dan Sekretaris Jenderal Nugraha Besoes.  Selengkapnya dapat dilihat di sini.

29 Maret 2011
(1).  Perdana Menteri Suriah Muhammad Naji al-Otari (foto) dan kabinetnya mengundurkan diri di tengah unjuk rasa anti pemerintah. (Kompas) (Suara Merdeka) (MetroTV News)
(2).  Melinda Dee, penggelap dana nasabah Citibank ditangkap.  Markas Besar Polri kembali menangkap satu tersangka dalam kasus penggelapan dana nasabah Citibank sebanyak Rp. 17 milliar oleh MD yang diduga bernama Melinda Dee yang diduga bertugas sebagai Vice President dalam Bank Asing cabang Pondok Indah, Jakarta Selatan.  Setelah Melinda ditangkap, Polri telah menetapkan Melinda sebagai tersangka pada pekan kemarin.  sedangkan D ditangkap (29/3) di kawasan Bintaro, Jakarta Selatan. Selengkapnya dapat dilihat di sini

Meninggal pada Bulan Maret 2011

23 Maret : Aktris Elizabeth Taylor meninggal dunia pada usia 79 tahun akibat gagal jantung kongestif. (MetroTV) (VIVAnews) (JPNN) (Liputan6) (BBC).  selengkapnya dapat dilihat di sini
28 Maret : Ratna Indraswari (61), sastrawan. (BBC)

Keterangan gambar : sebagai ilustrasi yang diambil dari internet.
Sumber :mediaanakindonesia.wordpress.com/2011/12/11 dan Media Indonesia, 22/12/ 2011

Kaleidoskop Tahun 2011: Januari, Pebruari, Maret, April, Mei, Juni, Juli, Agustus , September, Oktober, Nopember, Desember.
Peristiwa-peristiwa pada Tahun 2011: Januari, Pebruari, Maret, April, Mei, Juni, Juli, Agustus , September, Oktober, Nopember, Desember.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar