Minggu, 30 Agustus 2015

Mengenal Berlian yang Menyilaukan



Dikemas oleh : Isamas54
Berlian merupakan permata yang kilaunya menakjubkan, selain itu dapat dimanfaatkan sebagai investasi dengan beberapa pesyaratan tertentu.  

Berlian, telah diakui secara global sebagai bentuk investasi yang bersifat low return, namun harus memenuhi persyaratan tertentu.  Sebagai persyaratan utama dalam investasi antara lain memiliki sertifikat yang diakui internasional seperti sertifikat GIA  (Gemological Institue  of  America),  yaitu diperoleh dari  sumber yang memiliki kredibilitas tinggi, dan minimal bernilai satu karat.
Di pasaran, kini berlian disajikan dalam beragam bentuk, ada yang dirangkai menjadi untaian kalung yang indah, ada pula yang menjadi batu dari sebuah cincin kawin (bentuk paling fenomenal dan popular), karena orang berharap cincin ini bisa jadi lambang dan doa keabadian sebuah perkawinan (sesuai sifat berlian yang abadi).
Lokasi penambangan berlian yang paling populer adalah Afrika Selatan, walau bukan yang terbaik.

Sejarah
Jauh sebelum berlian diakui sebagai sahabat setiap perempuan, sejarah menunjukkan bahwa jenis perhiasan ini telah lama berperan dalam kebudayaan dan kehidupan manusia.
(a).  Bentuk perhiasan tertua dari masa 90 ribu tahun yang lalu, bentuknya masih teramat sederhana, berupa kumpulan fosil kerang yang dirangkai menjadi sebuah kalung. 
(b).  Gelang yang terbuat dari sepuhan emas dan biasa menghiasi pergelangan tangan perempuan maupun laki-laki tercatat hadir sejak 4700 SM.
(c).  Tulang dan tanduk binatang, serta manik-manik yang terbuat dari fosil laut dan tulang mendominasi bentuk-bentuk perhiasan sederhana dari berbagai budaya masyarakat. Indonesia termasuk salah satunya, seperti yang dapat dilihat dari pernak-pernik khas budaya Sumba atau Papua yang hingga kini masih dikenakan oleh sebagian masyarakatnya.
(d).  Inovasi teknologi turut mengubah perjalanan perhiasan dengan mengeksplorasi.  Beragam material dari dasar bumi, lautan, maupun bebatuan yang sekilas tampak sekadar benda keras diolah menjadi perhiasan berharga yang indah, antara lain berlian, ruby, emerald, dan jade.
(e).  Perubahan   tersebut   secara   tak   langsung  juga turut beperan dalam evolusi perhiasan dari masa ke masa, tidak lagi sekadar bagian dari ritual keagamaan dan budaya, tetapi juga aksesori busana dan sarana berekspresi yang artistik. Perhiasan --baik gelang, kalung, cincin, ataupun tiara--  menjadi salah satu pelengkap fashion yang esensial.
(f).  Ajang pameran perhiasan  digelar di hampir seluruh kota besar di dunia, seperti International Jewellery Fair yang secara  bergantian diadakan di Tokyo, Beijing, Schenzen, bahkan di Jakarta dengan nama Indonesia Jewellery Fair yang a.l dihelat pada 9-12 Mei 2013 di Balai Kartini.  Ajang ini menjadi wadah bagi para produsen, distributor, grosir, dan penyuplai yang bergerak di bidang industri perhiasan untuk membuka peluang bisnis baik skala nasional maupun regie ial. Beragam perhiasan dengan desain dan inovasi teknologi terkini dipamerkan baik untuk perhiasan berlian, emas, perak, mutiara, dan berbagai material lainnya.
(g).  Melalui balai lelang.  Sebuah perhiasan pun bisa bernilai amat tinggi dan menjadi primadona misalnya di Balai Lelang Christie di Jenewa-Swiss (4/2013), dimana salah satunya adalah perhiasan terlangka di dunia berbentuk buah pir, D color, berlian tanpa cela dengan nilai 101,73 Karat, dengan harga bisa mencapai 30 miliar dolar Amerika.

Berlian itu abadi
Walau berumur ratusan tahun dan diletakkan di mana saja, berlian akan tetap berlian. Sifat tak lekang oleh waktu itu lantas diidentikkan dengan lambang cinta abadi. ”Berlian itu abadi, diamond is forever!” seru Anwar Fuady, seperti dalam intanberlian.com, yaitu ketika artis sinetron senior itu diminta pendapatnya soalnya berlian.  Sejak tahun 1985, lelaki yang berusia 56 tahun itu jatuh cinta pada keindahan berlian setelah acara plesir ke Paris-Perancis
Sebetulnya lontaran spontan Anwar tadi bukan sesuatu yang baru. Pepatah berlian itu abadi sudah ada sejak lama, hanya saja tak seorang pun yang bisa menggaransi kapan pepatah itu muncul.
Yang jelas kata ini makin tertanam dalam benak saat diangkat menjadi judul salah satu sekuel film layar lebar agen 007 James Bond, seolah inilah waktu yang pas atas penegasan keabadian berlian di mata dunia.
Selain abadi, berlian menyimpan keistimewaan dan keindahan yang tak bisa dilukiskan dengan kata, pancaran keindahannya tidak bisa dikalahkan dengan perhiasan manapun di dunia.

Simbol Cinta Abadi
Cicin berlian sebagai symbol cinta abadi bukanlah pemahaman baru masyarakat urban.  Kisah ini telah dimulai ketika Archduke Maximilian dari Austria melamar Mary dari Burgundy dengan sebuah cincin berlian yang memiliki ukuran M.  Kisah ini pun menginspirasi banyak pria di seluruh dunia, termasuk Indonesia.
Sebelum memutuskan desain yang paling tepat, lihat dulu karakter dan gaya hidup pasangan. Jika pasangan tipe manusia aktif yang lebih banyak beraktivitas di luar ruang, sebaiknya pilih desain yang tidak terlalu banyak ornamen, kuat, agar tidak mudah rusak. Namun, apabila karakternya lebih glamor, tak ada salahnya memilih desain dengan batu berukuran besar dan detail unik.
Gemological Institute of America (GIA), lembaga nonprofit untuk riset dan edukasi mengenai gemologi dan seni perhiasan, memberikan beberapa saran yang patut disimak. Dari berbagai jenis pola, detail, dan pilihan desain cincin berlian, ada empat bentuk dasar cincin berlian yang bisa dipilih.
(a).  Solitair (single stone).  Merupakan desain cincin pertunangan atau pernikahan yang paling popular, hanya ada satu batu berlian yang menghiasi cincin. Meski tampak sederhana, desain klasik ini tetap terlihat elegan dan mewah saat menghiasi jari manis.
(b). Sidestone.  Cincin ini menampilkan berlian atau batuan berharga lainnya mengapit batuan utama untuk memberi kilauan atau aksen warna.
(c). Three stone alias cincin dihiasi tiga batu berlian di bagian tengah. Umumnya, ukuran batu berlian di bagian tengah sedikit lebih besar dibandingkan yang berada di kedua sisinya. Desain ini pun dianggap melambangkan masa lalu, masa kini, dan masa depan.
(d). Pavee.  Desain cincin ini tak kalah glamor dan eksklusif hiasan batuan utama dikelilingi oleh batuan berlian berukuran lebih kecil yang menghiasi seluruh permukaan cincin sehingga cincin terlihat lebih berkilau.

Pengolahan
Berlian adalah merupakan salah satu kekayaan perut bumi, benda ini sudah ada sejak jutaan tahun yang lalu. Setelah dipotong, diasah dan dipisah-pisahkan berdasarkan bentuk dan ukuran yang berbeda, namun tidak ada dua berlian yang persis sama.
Sebetulnya, mutu berlian ditentukan oleh cutting (asahan). Dengan teknik asahan yang baik maka bongkah batu intan bisa dibentuk menjadi berlian jenis round brilliant. Perajin asal Rusia punya kemampuan untuk itu sehingga jangan heran bila harga berlian asahan Rusia (Russian cutting) harganya bisa bikin geleng kepala.

Mengukur Berat
Mengukur berat berlian bukan suatu yang amat sulit, banyak alat yang dapat digunakan, apalagi untuk berlian yang tidak terikat dan berbentuk bulat. 
(a).  Meetmess, dengan alat ini berlian cukup diukur bagian mahkotanya saja, disesuaikan dengan lubang pada meetmess tersebut.  Alat tersebut hanya dapat digunakan untuk mengukur berlian bentuk bulat, dan umumnya alat ini hanya bisa mengukur berlian dengan berat 2 carat, karena memang lubang terbesar ukurannya dua carat.
(b).  Alat dan buku Moe, dimana berlian diukur lebar diameter dan tingginya lalu ukurannya lihat tabel pada buku Moe, alat ini juga hanya untuk berlian bulat. untuk berlian yang terikat mangkok yang tingginya susah diukur kita akan kesulitan
(c).  Alat AD Leveridge, dimana hasilnya masukan ke Formula / rumus. satuan ukuran (milimeter dan hasil dalam karat), apabila satuannya masih berbentuk lain maka perlu dikonversi ke milimeter terlebih dahulu.

Standar
Untuk membeli berlian ada beberapa C yang harus diperhatikan (harusnya 5C) supaya apabila mau dijual lagi, harganya tidak turun sekali, seperti dalam intanberlian.com :
1. Cutting.  Potongan berlian atau detail irisan, dimana semakin rumit irisan maka semakin cantik pantulan dan biasanya semakin bernilai. Berlian ini bermacam-macam ada yang bulat, serpihan, kotak (square cut), bentuk segi-segi (diamond cut),  seperti garis-garis (line cut).  Kebersihannya bisa dilihat apabila berlian itu tidak baret/ gores, pokoknya licin & bersih kalau sampai ada baret/gores maka berlian tsb dinyatakan cacat
2. Carrat (dilambangkan dengan ct).  Merupakan ukuran berat dari sebuah berlian, dimana 1 karat adalah sama dengan 0.200 gram atau 1/5 gram.  Semakin besar nilai carat semakin mahal harga, mata yang banyak & kecil harganya belum tentu semahal berlian dengan mata hanya satu tapi besar nilai caratnya, apalagi kalau sudah solitaire.
Asal usul dari standarisasi carat
Pertama kali digunakan sebagai pengakuan akan perhitungan nilai suatu berlian, dimulai oleh peradaban Yunani, Keraton. Dimana yang menjadi acuan adalah sebuah kacang-kacangan dari sebuah tumbuhan bernama carob bean. Peristiwa ini diestimasikan terjadi sekitar pada tahun 1914-an.  Jadi berat memang menentukan dalam mengukur suatu satuan nilai bernama carat.
Cara mengukur Carrat :
Untuk mengukurnya kita tidak mungkin akan mengeluarkannya dari rangkaian cincin, itu terlalu beresiko dan bisa merusak keindahan, belum lagi masalah waktu dan biaya yang akan dihamburkan dari proses pengukuran dengan cara ini. Mengukur berat suatu berlian melalui diameter ataupun untuk lebih baiknya adalah mengukur kedalamannya.
Kedua alternatif pilihan ini bila dilakukan secara seksama maupun terukur, dapat kita andalkan kebenarannya. Untuk nilai selisih yang mungkin terjadi dari telitinya perhitungan ini, hanya menyisakan 1% atau paling parah mencapai 2%.
Dalam pengukuran nilai berat ini memang bisa menentukan suatu besaran nilai suatu carat.
3. Clarity (kejernihan).  Kemampuan sinar menembus dan keluar dari suatu benda, dimana semakin mampu membiaskan sinar secara terstruktural semakin sempurna nilai kejernihannya, dan semakin mahal pula harganya. Secara pandangan mata, agak susah untuk melihatnya karena kadang-kadang ada berlian yang masih ada goresan halus, ada bintik-bintik halus yang susah untuk kita lihat, terlebih kalau karat/ukurannya yang kecil.  Hal ini dapat dilihat melalui ahlinya melalui sudut pandang 10 kali pembesaran (ilmu gemologist).
Kejernihan merupakan salah satu hal pokok dalam penentuan harga nominal sebuah berlian, yang akan mahal bila mempunyai pembiasan yang cukup menawan (jarang ditemui), namun tentunya sejalan dengan prinsip sesuatu yang unik akan cukup bernilai lebih.
4. Color (warna). Mulai dari colorless/putih bersih (paling mahal) sampai yang berwarna.  Kalau dilihat lebih jelas dan detail di tempat yang terang maka kelihatan perbedaan warna putih bersih dengan yang agak kuning, dari sinarnya pun kelihatan yang berkilau & yang rada redup. 
Warna berlian yang ada dipasaran ada berbagai macam, dan tersedia hampir dikesemua warna.  Namun pada umumnya, warna berlian rata-rata putih kekuning-kuningan juga mendekati kecoklat-coklatan, namun sebenarnya warna yang ada diberlian memiliki beberapa variasi. Pada kasus berlian hitam atau “black diamond”, sesungguhnya tidak benar-benar berwarna hitam, namun berwarna gelap yang berisikan sebuah kumpulan warna, sehingga penampilan black diamond terlihat hitam nan-elegan.  Biasanya kalau kita pergi ke toko perhiasan yang spesialis berlian, mereka akan memberitahu level color berlian yang mereka jual.
Penilaian warna berlian dimulai dari colorless/D (tidak berwarna/bening) sampai yang berwarna, dengan klasifikasi :  D (tanpa warna sama sekali atau bening) hingga huruf Z (warna kecenderungan kuning sekali), yang selanjutnya dikelompokkan : D - F (tanpa warna), G - J (cenderung berwarna), K - M (kuning pucat), N – R (spektrum sangat kuning), dan S - Z (sempurna kuning).
Berlian yang termasuk “fancy colored” atau warna terang adalah berlian langka.  Namun bila telah dimasuki suatu pewarnaan sintetik atau pewarna buatan, maka akan menjadi tidak berharga.
5. Certificate. Dibutuhkan untuk menjamin bahwa barang tersebut memang berkualitas, biasanya ada dari badan/ laboratorium yang berstandar internasional.
Untuk kualitas yang dihadirkan melalui berlian yang berwarna paling tidak haruslah bersertifikat GIA, adalah sebuah standarisasi berlian berwarna yang dikeluarkan oleh Gemological Institute of America, sebuah institute yang menguasai dan mempelajari sebuah ilmu bernama Gemologi, ilmu yang dimana berlian merupakan sebuah salah satu obyeknya.
Lembaga ini telah berdiri semenjak tahun 1931, bukan hanya mencetus standarisasi dari warna tetapi ketiga standarisasi lainnya 4Cs yang telah tersebutkan sebelumnya.

SELINGAN : Pencurian Berlian

Kepolisian dari tiga negara, yakni Belgia, Prancis dan Swiss melakukan penangkapan massal terhadap para pelaku pencurian berlian spektakuler senilai US$ 50 juta atau setara Rp 486 miliar.

Pencurian berlian ini terjadi kurang lebih 3 bulan lalu (18/2/13) di bandara Zaventem-Belgia. Peristiwa ini disebut sebagai salah satu pencurian berlian terbesar oleh Antwerp World Diamond Centre (AWDC), dimana berlian diambil secara diam-diam oleh 8 orang pelaku, yang merangsek masuk ke dalam landasan bandara. Para pelaku membuka paksa pintu kargo sebuah pesawat Swiss yang hendak lepas landas dan kemudian merampas berlian tersebut.

Penyelidikan terhadap kasus ini berujung pada operasi lintas Negara, selanjutnya dilakukan penangkapan massal (7&8/5), ada 31 orang yang ditangkap dari tiga negara.  Dalam penangkapan tersebut, berhasil disita sejumlah berlian yang dicuri, serta sejumlah uang tunai dalam jumlah besar.
Salah satu pelaku utama dibekuk di Prancis, sedangkan 6 orang pelaku lainnya -- anggota satu geng dengan pelaku utama -- ditangkap oleh kepolisian Swiss. Dalam operasi penggerebekan yang dilakukan (8/5) pagi, dimana kepolisian Belgia berhasil membekuk 24 tersangka. Operasi tersebut disebut besar-besaran karena melibatkan sekitar 200 personel.

"Penyelidikan kasus ini mengarah ke operasi polisi besar-besaran," ujar juru bicara kantor jaksa Brussels, Jean-Marc Meilleur, seperti dilansir AFP (8/5/2013).
Kita lanjutkan ….


Pemeriksaan fisik dengan mata
(a). Melihat suatu benda/bayangan dari "tafel" (bagian atas berlian )
Karena adanya pemantulan sinar yang kuat pada berlian (pengaruh indeks bias), maka berlian akan memiliki kilau yang kuat sehingga tidak mungkin bagi kita untuk melihat, suatu benda dari atas tafelnya.
(b). Karena Indeks bias yang besar maka berlian tidak tembus pandang, letakan koran dibawah berlian dan lihat tulisannya dari atas berlian, jika tulisan terlihat / tembus sudah pasti permata tersebut bukanlah berlian asli. 
(c). Uji miring,
indeks bias berlian sangat besar sehingga memungkinkan dilakukan pemeriksaan dengan cara yang sederhana yaitu dengan cara: pegang berlian dengan cara mendatar, kemudian secara perlahan miringkan sampai sudut tertentu maka berlian akan berkilau, tetapi jika setelah kita miringkan ternyata sinar yang keluar kosong maka itu berarti bukan berlian asli.
(d). Berlian merupakan penghantar panas yang tinggi Berlian mempunyai daya hantar panas yang tinggi dari benda benda lainnya, oleh karena itu berlian lebih cepat mengkuti temperatur sekelilingnya, sehingga apabila berlian dipegang maka akan terasa dingin dan kemudian cepat menjadi panas setelah dipegang terus menerus.
Pemeriksaan Dengan Alat 
(a). Pemeriksaan dengan jarum uji berlian (terbuat dari besi yang ujungnya merupakan berlian asli). Goreslah permata yang akan diuji dengan jarum uji tersebut perlahan-lahan kemudian lihat permata tersebut, apabila tergores berarti permata tersebut bukan berlian.
(b). Pemeriksaan dengan diamond tester (seperti test pen untuk listrik) yang sekarang banyak dijual, dimana alat ini hanya nyala kalau ditempelkan ke berlian.  Alat ini mudah didapat di toko, namun perlu kehati-hatian dengan synthetic Moissanite (palsu) karena alat ini tidak bisa membedakan antara diamond asli dengan sinthetic moissanite. 

SELINGAN :
(1).  Lelang

Sebuah tas tangan Hermes Diamond Birkin mencapai rekor karena dilelang seharga 203.150 dollar AS atau Rp 1,8 miliar! Balai lelang Heritage Auctions Dallas mengatakan, koleksi edisi khusus itu berhiaskan emas putih 18 karat dan bertatahkan berlian.

Matt Rubinger, Direktur Aksesori Barang Mewah pada Heritage Auctions, menyatakan (2011) :  hasil lelang melampaui perkiraan tertinggi, tas Birkin lainnya tanpa perhiasan terjual (tahun 2010) seharga 77.000 dollar AS (Rp 700 juta) di Inggris, kondisi tas dicatat rinci (warna, berlian, dan kondisi).

Tas itu memecahkan rekor lelang tas umum, dengan berpindah tangan ke seorang kolektor.

(2).  Menelan berlian palsu

Seorang pria Cina, Chou Wan, 23, telah dituduh menelan sebuah berlian yang ternyata merupakan berlian palsu, diduga seorang pria lain yang terlihat bersamanya mungkin menelan berlian yang asli.  Demikian menurut laporan Kepolisian Sri Lanka kepada kantor berita AP.

Dalam sebuah ajang pameran batu permata berjudul Facet Sri Lanka di Kolombo (9/2012), seorang pemilik toko batu permata/berlian, Suresh Wijekoon, melaporkan bahwa ada dua pria Cina yang bertindak mencurigakan di dekat tokonya.  Dia menduga mereka sedang berupaya mengganti berlian asli dengan yang palsu.  Kabar selanjutnya dia  melaporkan juga ada seorang pria yang menelan berlian 1,5 karat

Catatan : Facet Sri Lanka merupakan pameran berlian serta batu permata tahunan terbesar di Sri Lanka yang sangat menarik perhatian para pedagang dari dalam maupun luar negeri.  Sri Lanka tidak memilik pertambangan berlian namun terkenal memiliki jenis batu permata lain.
Pria tersebut diduga sengaja menelan berlian palsu dan segera melaporkannya kepada polisi,  sebagai taktik agar pencuri yang sebenarnya bisa melarikan diri.

Akhirnya polisi menangkap Chou, dan terus mencari berlian asli yang nilainya diperkirakan mencapai US$13.000 atau sekitar Rp130 juta.

Berdasarkan hasil pemeriksaan sinar X, ditemukan adanya berlian di dalam tubuhnya.  Selanjutnya dia diberi obat pencuci perut agar berlian ke luar dari dalam tubuhnya bersama kotoran. 

Namun hasil pemeriksaan oleh Otorita Nasional Batu Permata Sri Lanka memperlihatkan bahwa berlian yang ditelan Chou adalah palsu dan tidak bernilai apa pun.
Kita lanjutkan ….

Investasi
Menjual berlian itu seperti menjual barang antik. dia bisa di jual tinggi sekali kalau' kebetulan ada orang yang suka, jadi cenderung ke "hobi".
Memang harga jual berlian tidak ada pasarannya, misalnya beli berlian 0.20 carrat seharga 400US$, ketika mau langsung jual lagi ke toko sebelah, harga bisa turun setengahnya. Bahkan kemungkinan toko tempat beli akan menolak untuk membelinya kembali.
Ada yang berpendapat bahwa berlian memang kurang bagus untuk investasi, tidak semua orang suka berlian, jadi harga bisa bergantung dengan peminatnya.  Namun apabila punya garansi, sertifikat tidak mesti turun dratis, apalagi kalau berliannya ternyata diminati.

TIP : Sebelum membeli Berlian
Terkadang seseorang akan merasa bingung ketika akan membeli berlian agar tidak dibohongin penjual dan tidak terlalu jatuh harganya bila dijual kembali.
(a).  Penuh pertimbangan.  Berlian memang tidak bagus untuk investasi, dan tidak semua orang suka berlian, jadi harga juga bisa bergantung dengan peminatnya. Kalau memang punya garansi, sertifikat tidak mesti turun dratis, apalagi kalau berliannya ternyata diminati.  Menjual berlian itu seperti menjual barang antik. dia bisa di jual tinggi sekali kalau' kebetulan ada orang yang suka atau cenderung ke "hobi".
(b).  Teliti dan amati terlebih dahulu.  Berlian yang mau dibeli, lihat menggunakan kaca pembesar, apabila ada ‘tahi lalat’ di dalamnya, seperti titik-titik hitam, maka berliannya tidak  terlalu bagus dan kalau dijual harganya akan murah/jatuh. Yang paling bagus adalah yang biru.
(c).  Jangan silau karena pencahayaan.  Hamper seluruh toko penjaja berlian selalu memajang produknya dengan teknik pencahayaan yang wow!, tapi sebenarnya lampu-lampu sorot yang indah itu bisa menyamarkan mutu berlian. Hal ini justru berlawanan kondisinya untuk memilih berlian dengan kualitas baik, karena pengetesan berlian yang baik adalah melihatnya di tempat gelap. Di mana dengan cahaya yang kurang atau redup ini, berlian akan terlihat kemampuannya memantulkan cahaya dengan maksimal. Bila mutunya kurang baik maka pantulan cahaya yang dihasilkan akan terlihat redup.
(d).  Masalah 5C (Clarity, Carat, Cut, Colorless. Clarity, Certificate), biasanya toko akan memberi rinciannya, punya guideline, ada sertifikat, bahkan ada garansinya.  Sedangkan untuk melihatnya pakai kaca pembesar yang biasanya disediakan oleh toko berlian. 
(e).  Perlu diketahui bahwa emas pengikatnya tidak begitu dihitung, karena lebih focus ke batu berharganya.
(f).  Ada yang menyarankan, kalau mau dipakai sehari-hari beli berlian yang murah aja 1/3 karat.

Selamat menikmati Berlian!

Keterangan gambar : diambil dari internet.
Sumber bacaan a.l : intanberlian.com; regional.kompas.com 2011/12/09; news.detik.com/read/2012/09/11; detik.com/read/2013/05/08; Kompas 7/5/2013.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar