Kamis, 24 Oktober 2013

Mata (Bagian 1) : Untuk Melihat dan Menambah Kecantikan



Dikemas oleh : Isamas54
Mata merupakan organ tubuh yang relative kecil namun mempunyai peran yang amat vital sehingga perlu dijaga kesehatannya.

Mata adalah bagian dari tubuh kita yang merupakan salah satu pancaindera yang berfungsi untuk melihat. Mata dianggap sebagai “jendela dunia” dikarenakan betapa pentingnya organ tubuh tersebut dimana de­ngan mata kita bisa melihat, mengamati, dan mempelajari segala sesuatu di sekitar kita.

Data
Buta Warna.  Sebanyak 10 juta lelaki AS tak bisa membedakan mana merah dan hijau atau buta warna. Gangguan pengelihatan ini memang lebih banyak diderita kaum lelaki. Mengapa? Sebab gen reseptor warna hijau dan merah berada di posisi dekat kromosom X.
Penderita katarak di Indonesia mencapai 2,4 juta (>1% dari jumlah penduduk) dengan pertumbuhan tiap tahun sebanyak 240 ribu orang.  Penderita relatif berusia produktif  dan yang paling dominan adalah di setiap wilayah pesisir pantai.  Dari sekitar 3 juta-4 juta kasus kebutaan di Indonesia, 70%-nya disebabkan katarak

Bagian mata dan fungsinya
Proses melihat dimulai ketika sebuah benda memantulkan cahaya dan cahaya itu masuk ke mata melalui kornea, pupil, lensa, dan akhirnya dipusatkan di retina.  Di retina cahaya diubah menjadi sinyal-sinyal yang dikirim ke otak melalui serabut saraf penglihatan untuk diproses. Hasilnya benda tersebut dapat dilihat.
Pupil mata bisa disamakan dengan diafragma kamera yang menyesuaikan kebutuhan ketajaman melihat pada jarak tertentu, yaitu bila melihat dekat maka pupil akan mengecil agar bisa lebih fokus dan pandangan jadi lebih tajam.


Bila seseorang memiliki mata yang berfungsi sempurna sebagai indera penglihat­an, bisalah ma­ta itu disebut sebagai mata sehat. Fungsi dasarnya ada tiga, yakni kemampuan menerima cahaya, membedakan bentuk, dan membedakan warna. Bisa disingkat menjadi kemampuan menerima sensasi cahaya, sensasi bentuk, dan sensasi warna.
Namun agar seseorang dapat melaksanakan kegiatan kehidupan sehari-hari dengan baik, masih diperlukan berbagai fungsi mata yang lebih tinggi, yaitu lapangan penglihatan yang nor­mal, daya melihat dengan dua mata secara tunggal sehingga ia memiliki daya stereoskopi (daya melihat ruang/tiga dimensi), serta persepsi kedalaman (depth perception).  Sayang, tidak semua orang memiliki daya stereoskopi. Untuk fungsi itu perlu dua mata yang fungsinya setara dan bisa terkoordinasi. "Jadi, orang yang memiliki satu mata tidak mempunyai gambaran tiga dimensi yang sebenarnya," tutur dr. Hadisujono S., spesialis mata.

Mata dan kecantikan
Bagaima­na dengan patokannya  mata cantik atau mata letaknya di wajah bisa menambah kecantikan seseorang?
Secara umum kecantikan adalah keadaan yang diterima seba­gai ukuran yang terkait  dengan tata  nilai  serta budaya kelompok masyarakat  tertentu.
Oleh karena itu, cantik dari sudut pandang ini bisa dibilang sebagai sesuatu yang relatif dan subjektif , misalnya  : (a).  Lipatan kelopak mata sering dianggap sebagai salah satu bentuk kecantikan, untuk di beberapa kelompok masyarakat.  (b).  Sedangkan dari sudut pandang ilmiah, patokan mata cantik antara lain berdasarkan ukuran dan letak mata yang proporsional terhadap wajah. (c).  Mata juga dibilang cantik bila letaknya berada tepat di tengah-tengah wajah seseorang.  (d).  Juga bila lebar mata kiri sama dengan-lebar cuping hidung dan sama pula dengan lebar mata kanan. (e).  Meski demikian, bentuk asimetri tidak selalu mengakibatkan gangguan pandang, dimana gangguan fungsi baru terjadi bila disertai mata juling, atau posisi bola mata yang tidak normal.

Selingan :
Mata tidak Bisa Ditipu. 
Hasil penelitian dari Universitas Florida States, mata seseorang akan mengunci pada orang-orang berparas apik, baik saat mencari pasangan hidup atau mengamati mereka yang akan jadi pesaing.  Demikian seperti dalam Media Indonesia (8/10/2007) yang bersumber  dari Livescience.com.
Penelitian didasarkan pada teori bahwa proses evolusi telah membentuk otak untuk memerhatikan daya tarik fisik orang lain baik kala mencari pasangan atau mempertahankan pasangan dari pesaing yang potensial
Dalam penelitian tersebut : (a).  baik mata perempuan maupun mata laki-laki heteroseksual langsung mengunci kepada Individu yang mereka anggap menarik dalam detik pertama mereka melihatnya. (b).  Pada mereka yang lajang, mata akan mengunci pada orang dari jenis kelamin yang berbeda, sebaliknya mata mereka yang memiliki pasangan terfokus pada jenis kelamin yang sama, khawatir dia menyeleweng atau sebagai pesaing.  Ooooh …

Selingan 2
Pria dan Tatapan
 
Hasil studi yang diterbitkan dalam jurnal Psychological Science (2012), membuktikan bahwa tatapan mata seorang pria ke tubuh lawan jenis ternyata bisa membedakan apakah ia hanya menggoda atau serius.
Percobaan melibatkan lebih dari 300 orang berusia 18-40 tahun. Peserta diberi foto-foto seluruh badan pasangan yang dianggap potensial. Foto ditutupi dengan kertas di dua tempat, yakni wajah dan bagian pinggang hingga pinggul, pria hanya dapat menarik salah satu kertas penutup. Diketahui bahwa 52% laki-laki yang hanya menginginkan hubungan tanpa ikatan serius menarik penutup pada bagian pinggul, sedangkan 68% pria yang menyatakan serius memilih membuka bagian wajah

Kita lanjutkan …

Kerusakan mata
Pada dasarnya mata mempunyai sistem perlindungan, dimana mata normal secara otomatis akan melakukan pelumasan dengan mengeluarkan air mata, misalnya ketika ada benda asing masuk ke mata yang secara otomatis air ma­ta akan banyak mengalir untuk membersihkannya. 
Dalam kehidupan sehari-hari ternyata banyak gangguan yang sering menimpa mata banyak terutama yang berkaitan dengan jenis pekerjaan, aktivitas/gaya kehidupan, dan kondisi lingkungan. 
Seperti di zaman mo­dern ini banyak orang mengalami gangguan pada kelenjar air mata akibat "pencemaran" yang dilakukannya sendiri, antara lain seringnya mengkonsumsi obat-obatan, pemakaian kosmetika (khususnya untuk mata), hairspray, cat rambut, yang tanpa sadar mengganggu kelenjar air mata.
Selain itu gaya hidup lainnya seperti computer, polusi, bahkan pola makan yang tidak benar bisa juga menjadi penyebabnya.

Perawatan
Seperti halnya benda lainnya, tentu mata bisa lapuk (menyusut kemampuannya) dimakan usia, seperti daya penglihatan akan mengalami penurunan, namun tidak jarang banyak orang yang mengalami masalah dengan penglihatan akibat berbagai kebiasaan yang buruk, misalnya karena terlalu sering berinteraksi dengan komputer hingga paparan sinar matahari.  Sehingga tidak jarang terjadi kerusakan/kelainan mata terjadi di usia yang belum seharusnya (masa muda), sehingga untuk hal ini harus dipelihara keberadaanya.
Berikut 4 cara/ Tip untuk menajamkan penglihatan mata.

TIPS: 4 cara tajamkan penglihatan

Selagi masih muda, belum terlambat untuk mempertajam daya lihat, coba lakukan empat hal ini:
1. Melihat objek di kejauhan

Ketika sudah bekerja dengan komputer, otomatis mata Anda akan berfokus pada tulisan yang ada dalam jarak dekat. Tak jarang Anda sampai memajukan badan hingga terlalu dekat dengan layar monitor. "Melihat secara close-up ini akan melelahkan mata. Untuk itu Anda perlu merilekskannya dengan melihat objek yang letaknya jauh dari mata," saran Ruth Williams, MD, pakar dari American Academy of Ophthalmology. Ambillah jeda sejenak dari pekerjaan setiap 10 menit, lalu melihatlah ke luar jendela, setidaknya selama 30 detik.
2. Lebih sering mengedipkan mata
Seseorang rata-rata mengedipkan matanya hingga 15 kali per menit. Namun, begitu sudah berfokus pada layar komputer, aktivitas ini akan menurun hingga hanya 3-4 kali per menit. Padahal jarang berkedip bisa membuat mata jadi kering sehingga pandangan bisa menjadi kabur. Karenanya, sering-seringlah mengedipkan mata atau memejamkannya sejenak. Untuk mengatasi mata kering, Anda bisa menggunakan bantuan air mata buatan (tersedia di apotek) dan berikan satu-dua tetes setiap kali mata Anda terasa kering.
3. Makan lebih banyak wortel
Kandungan lutein dan beta karoten yang terdapat dalam wortel terbukti dapat mencegah degenerasi makula, penyakit mata yang menyebabkan pandangan jadi kabur atau muncul blind spot di bagian tengah area penglihatan Anda. Selain mengonsumsi wortel, studi dari National Institutes of Health juga merekomendasikan sumber-sumber makanan lain yang kaya beta karoten, seperti aprikot dan brokoli.
4. Main video game
Permainan ini di satu pihak berisiko membuat mata menjadi kering. Namun, menurut penelitian dari University of Rochester, permainan video action games ternyata juga bisa memperbaiki kemampuan spasial pada daya penglihatan Anda. Artinya? Anda jadi lebih hebat dalam permainan mencari perbedaan gambar. Cobalah untuk bermain sebentar di akhir minggu, namun ingatlah untuk tidak sampai berlebihan!

Sebagai catatan :
Hindari mengucek mata!
Ketika mata kita kemasukan benda asing atau menangis (terutama anak kecil), biasanya kita akan mengucuk mata.  Sebenarnya kebiasaan ini bisa membuat pembuluh darah di dekat mata pecah, akibatnya, di bagian putih mata akan muncul tanda merah yang tak akan bisa dihilangkan kecuali dengan laser, selain itu terlalu sering mengucek mata bisa membuat kulit di sekitar mata jadi kendur dan mudah keriput.

Mencegah penyakit mata
Kondisi iklim yang tidak menentu terkadang menyebabkan berbagai penyakit yang tidak terkecuali penyakit mata yang disebabkan oleh bakteri dan virus.  Musibah banjir, kering/berdebu dan kondisi kebersihan yang tidak memadai dianggap sebagai penyebab mewabahnya penyakit mata tersebut. 
Sebenarnya kita tidak perlu khawatir akan terjangkit penyakit mata asalkan kita berhati-hati menjaga kebersihan dan kesehatan kita, namun apabila kondisi fisik menurun dan kebersihan kurang diperhatikan, penyakit ini lebih mudah berjangkit dan menular.
Beberapa cara untuk mencegah tertular penyakit mata, yaitu :
(a).  Selalu menjaga kebersihan.  Jangan sembarangan mengucek atau menggosok mata dengan tangan, karena akan mempercepat penyebaran virus.  Untuk hal ini sering-seringlah cuci tangan terutama sebelum menyentuh wajah anda.
(b).  Perbanyak Istirahat.  Beristirahat minimal 8 jam setiap hari
(c).  Konsumsi makanan yang bergizi, terutama sayuran dan buah-buahan. Antioksidan yang banyak terdapat pada sayur dan buah, terutama beta karoten sangat penting untuk menjaga kesehatan mata anda. Perbanyak konsumsi sayur dan buah yang tinggi kandungan karotennya, seperti labu parang, wortel, tomat dan lain-lain.
Catatan :  Apabila kondisi tubuh prima maka kemungkinan tertular penyakit mata akan berkurang.
Bersambung ke Bagian 2 (menyusul)
Keterangan gambar : diambil dari internet
Sumber a.l : mediaindonesia.com (2012/10/24 & 03/03),  Media Indonesia 10/11/2010 & 7/3/2012,  waspada.co.id   2011/10/13


Bacaan lain : 
Kamus-Ku : Mata 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar