Minggu, 03 November 2013

Figur : Harry Houdini, Pesulap Terbaik Dunia



Dikemas oleh : Isamas54
Harry Houdini adalah pesulap legendaris dunia dimana banyak pesulap yang mengaku mengagumi dan terinspirasi oleh "karya"-nya.

Houdini adalah merupakan pesulap terkemuka asal Amerika Serikat yang terkenal dengan trik-trik meloloskan diri, antara lain melepaskan diri dari ikatan tali, borgol, rantai, dan yang paling terkenal adalah trik Chinese water torture.
Pada 7 Januari 1918, Houdini memperkenalkan ilusi terbesar yang pernah ditampilkan di New York Hippodrome. Atraksi tersebut diberi nama "Vanishing Elephant" yang dimainkan selama 19 minggu berturut-turut. 

Biografi
Harry Houdini lahir pada 24 Maret 1874 di Budapest, Hongaria dengan nama Ehrich Weisz. Dia adalah anak dari Mayer Weisz dan Cecilia Steiner. Pada 1876, Mayer imigrasi ke Amerika Serikat dengan harapan mendapatkan hidup yang lebih baik. Setelah itu, dia bekerja sebagai rabi dan berganti nama menjadi Weiss.
Saat Ehrich berusia 9 tahun, mereka sekeluarga pindah ke Milwaukee. Di kota ini, Ehrich bekerja sebagai penjaja koran dan pengilap sepatu.
Awalnya ia hanya berkutat pada sulap-sulap kartu. Namun, kariernya menanjak sejak ia memfokuskan diri pada aksi-aksi meloloskan diri. Pada 1883, Enrich yang saat itu berusia 9 tahun tampil pertama kalinya di atas panggung menampilkan aksi trapeze. Dia menjuluki diri sendiri sebagai "Ehrich, Si Pangeran Udara".
Pada usia 13 tahun, Ehrich mulai mempelajari sulap. Dia menggunakan nama panggung Harry Houdini karena mengidolai pesulap asal Perancis, Robert Houdin. Empat tahun kemudian, dia meninggalkan rumah demi mengejar karier sebagai pesulap, dan pada 1891 mulai menjadi pesulap.
Pada usia 20 tahun, Ehrich yang sudah dikenal dengan nama Harry Houdini bergabung bersama sirkus sembari mengembangkan keahlian sulap terutama di bidang trik meloloskan diri.  Saat itu, Houdini sangat terkenal dengan aksi meloloskan diri dari borgol polisi.
Setelah namanya terkenal di Amerika Serikat, dia melakukan tur ke Eropa. Di sini dia mengembangkan trik baru yaitu meloloskan diri dari jaket pengekang dan peti mati. Akhirnya, nama Houdini pun terkenal sebagai pesulap kelas dunia.
Setelah itu, dia mengembangkan bakatnya ke arena film. Di sini Houdini mengembangkan kemampuan aktingnya sembari membuat perusahaan bernama The Film Development Corporation. Setahun kemudian, Houdini mendapatkan penghargaan bintang di Hollywood Walk of Fame. Tak puas sebagai aktor, Houdini mengembangkan minatnya di dunia aviasi dengan menjadi orang pertama yang terbang mengelilingi Australia.
Pertunjukan terakhir Houdini berlangsung pada 24 Oktober 1926.
Sehari kemudian, ia masuk rumah sakit dan meninggal dunia akibat peritonitis di bagian umbai cacing pada 31 Oktober 1926 dalam usia 52 tahun.
Menurut salah satu versi, Houdini menderita usus buntu setelah mendapatkan pukulan di perut dari seorang mahasiswa bernama J Gordon Whitehead. Saat itu, Harry menolak untuk mendapatkan perawatan medis dan terus melanjutkan perjalanan.

3 Trik Legendaris
Berikut adalah tiga trik legendaris yang membuat nama Harry Houdini semakin berkibar.
(a).  Metamorfosis dan Raja Borgol




Houdini mengawali karier sebagai pesulap yang ahli meloloskan diri dengan trik yang disebut metamorfosis. Dalam trik ini, seorang asisten (istrinya, Bess) ditempatkan dalam sebuah kotak terkunci, sedangkan pesulap berada di luar. Setelah itu, dalam hitungan detik, saat tirai terbuka, sang pesulap dan asisten langsung bertukar tempat. Trik ini ditampilkan Houdini bersama istrinya selama 26 minggu pada 1895 bersama Welsh Brothers Circus.
Houdini juga menghabiskan waktu luangnya untuk mempelajari borgol. Dia menemukan fakta bahwa hampir semua borgol bisa dibuka dengan menggunakan sebuah kunci atau logam bengkok. Houdini membaca semua informasi tentang mekanisme kunci dan mulai mengoleksi aneka jenis borgol dan kunci. Akhirnya, dia rnenciptakan atraksi meloloskan diri dari borgol polisi dan aneka jenis borgol lainnya. Saat itu, dia dikenal sebagai "Raja Borgol".
(b).  Jaket Pengekang


Houdini meneruskan karier sebagai pesulap yang ahli meloloskan diri dengan mengenalkan atraksi "jaket pengekang". Aksi ini didapatkannya setelah mempelajari mekanisme jaket pengekang selama berminggu-minggu. Akhirnya, Houdini pun siap melancarkan aksinya di panggung hiburan.
Saat itu, dia dipakaikan jaket pengekang lalu dibawa ke sebuah lemari kayu dan ditutupi tirai. Trik yang dia gunakan adalah dengan mengencangkan otot lengan ketika gesper di jaket pengekang dikencangkan. Hal ini membuat dia mendapat sedikit ruang kendur dalam jaket tersebut. Setelah itu, dia menggerakkan seluruh otot sembari mencoba meloloskan lengan dari atas kepala. Akhirnya, setelah berputar-putar, Houdini bisa membebaskan diri dari jaket pengekang lalu keluar dari, tirai.
(c). Borgol Scotland Yard dan ‘Chinese Water Torture’


Setelah memiliki nama di Amerika Serikat, Houdini dan Bess berlayar ke Inggris. Saat itu, mereka berusaha meyakinkan manajer bahwa Houdini mampu rneloloskan diri dari borgol Scotland Yard. Pada Juli 1900, Houdini berhasil melakukan atraksi tersebut. Setelah itu, namanya pun semakin berkibar di Eropa,
Puas dengan sukses di Eropa, Houdini kembali ke Amerika Serikat untuk mengembangkan trik baru. Saat itu, dia memperkenalkan trik rneloloskan diri dari kotak yang digembok berisi air. Atraksi yang dikenal dengan nama "Chinese Water Torture" ini dilakukan di Columbia Theatre di St Louis pada Januari 1908. Saat melakukan teknik itu, Houdini yang tubuhnya digantung terbalik berhasil meloloskan diri dari lemari kaca yang diisi penuh dengan air.  Hingga kini, atraksi "Chinese Water Torture" sering ditiru pesulap dunia lainnya.

Catatan akhir :
31 Oktober adalah hari bersejarah bagi jagat sulap internasional, pasalnya 87 tahun yang lalu (1926) dunia kehilangan salah satu pesulap terbaik yaitu Harry Houdini dalam usia 52 tahun yang hingga kini namanya  tetap melegenda di mata para pesulap dunia.


Keterangan gambar : diambil dari internet
Sumber : Kompas 31/10/2013, mediaindonesia.com 2012/10/10

Tidak ada komentar:

Posting Komentar