Kamis, 27 Juni 2013

Rahasia Senyum dan Manfaatnya


Dikemas oleh : Isamas54
Tersenyum meningkatkan kesehatan seseorang dan membuat hidupnya lebih menyenangkan.


Para ahli menyatakan bahwa untuk membuat seseorang tersenyum dibutuhkan lebih sedikit otot wajah dibanding dengan cemberut, yaitu dibutuhkan 43 otot ketika cemberut dan hanya 17 otot untuk tersenyum, lainnya menyebutkan dibutuhkan 62 otot untuk cemberut dan hanya 26 otot untuk tersenyum.
Mungkin Anda sudah menyikat gigi dua kali sehari dan rutin mengunjungi dokter gigi, namun alangkah kurang indahnya apabila tetap saja kemungkinan ada ada sisa makanan di mulut yang bisa menyebabkan napas kurang sedap sehingga senyum pun kurang maksimal (ditambah ada kulit cabe merah menempel di gigi ketika tersenyum, Wow! Begitu kurang indahnya).
Jadi bagaimana agar kita senantiasa bisa tersenyum bagus, wajar, bebas tanpa khawatir dengan aroma apa pun?  Apalagi t
ersenyum itu adalah merupakan salah satu cara yang paling mudah untuk mengurangi stres dan menambah teman, karena tersenyum itu menunjukkan suasana hati..

Definisi dan pengertian secara umum (Isamas54, 2013)
Tersenyum adalah gerakan dari sebagian anggota tubuh (di wajah) dimana otot di sekitar kedua bibir cenderung tertarik ke atas -- bisa sampai terlihat gigi atau tidak -- tanpa mengeluarkan atau memasukkan udara dari atau ke mulut. 
Tertawa adalah pada prinsipnya sama dengan tersenyum namun bedanya kalau tertawa gigi terlihat atau terbuka serta ada udara yang keluar dari atau masuk ke dalam mulut (menimbulkan suara).   
Cemberut, yaitu sama dengan tersenyum tetapi gigi tidak terlihat serta otot di sekitar kedua bibir  -- terutama bibir atas --  cenderung tertarik ke bawah (Sunda : Baeud).

Ikuti saja bacaan selanjutnya  …

(1).  Senyum  dan frustrasi
Tanpa disadari orang yang frustrasi cenderung menunjukkan ekspresi tersenyum, hal ini merupakan kesimpulan dari hasil pengamatan terhadap partisipan dengan bantuan kamera video.
Peneliti Massachusetts Institue of Technology (MIT), Ehsan Hoque, dalam penelitiannya meminta partisipan : (a).  untuk berpura-pura sedang mengalami frustrasi ketika kamera video menyorotnya selama beberapa menit. Hasilnya 90% partisipan itu sama sekali tidak menunjukkan ekspresi tersenyum.  (b).  pada kesempatan berikutnya, partisipan diminta menyelesaikan sebuah tugas logika yang dapat mengakibatkan perasaan frustrasi.
Dengan kamera terus menyorot, Hoque menemukan 90% dari partisipannya menunjukkan ekspresi senyum tanpa sadar. Dalam pengamatannya tersebut, senyum frustrasi cenderung memiliki rentang waktu lebih cepat jika dibandingkan dengan senyuman biasa.
Hoque menyatakan penelitiannya itu bisa digunakan divisi pemasaran untuk mengetahui respons pelanggannya. "Pelanggan tersenyum, tidak selalu berarti mereka puas," ujarnya.

(2).  Senyum dan Kesehatan
Tersenyum setulus hati bisa menjadi obat mujarab bagi kesehatan manusia. Hal itu dikemukakan dalam studi Stanford University School of Medicine-Inggris, yang diterbitkan dalam Journal of Neuroscience.
Dalam penelitian itu, otak 15 anak berusia 6-12 tahun dipindai dengan magnetic resonance imaging (MRI) saat mereka menonton klip-klip pendek yang berisi adegan berkategori lucu dan netral. Hasil scan otak menunjukkan video lucu membuat anak tersenyum dan mengaktifkan daerah mesolimbic atau bagian otak orang dewasa yang berfungsi untuk merespons humor. Padahal, mesolimbic pada anak-anak belum seharusnya berkembang.
Hal itu mengindikasikan selera humor yang kuat sangat penting untuk membantu anak-anak menjadi lebih tangguh dalam melewati masa sulit praremaja dan remaja.

(3).  Senyum itu ibadah yang menyehatkan
Senyum itu sedekah, pernyataan itu diucapkan Rasulullah Muhammad SAW dalam salah satu hadisnya.
Ternyata, selain mengandung nilai ibadah, tersenyum juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh.  Menurut dr Agus Rahmadi dari Klinik Sehat, saat menjadi pembicara dalam acara Pesantren Kilat Eksekutif di Jakarta (11/12/2012) yaitu :
(a).  Senyum dengan frekuensi 20 kali dalam sehari dengan durasi 30 detik dalam sekali waktu bisa membantu mengeluarkan zat endorphin --  zat yang merupakan sejenis morfin yang dihasilkan secara alami oleh tubuh – dimana ketika zat tersebut keluar maka pembuluh darah berelaksasi.  Terapi ini baik dilakukan untuk penderita hipertensi, stroke, jantung, dan juga bagus dilakukan untuk orang yang punya gangguan peredaran darah ke otak seperti migren.  (b).  ketika orang tersenyum, otot yang berkontraksi lebih sedikit ketimbang otot yang berelaksasi, hal ini bermanfaat dimana tubuh bisa menghemat penggunaan cadangan kalium. Kalau tubuh kekurangan kalium, gerakan otot tubuh bisa terganggu. Selain itu, tubuh juga dirangsang memproduksi lebih banyak natrium, yang memicu terjadinya hipertensi. (c).  Manfaat kesehatan lainnya adalah melancarkan buang air besar di pagi hari. Orang yang tersenyum saat pertama kali membuka mata bisa merangsang kontraksi otot perut dan gerak peristaltik usus -- gerakan yang mendorong makanan menuju tempat pengeluaran -- hal itu bisa ditandai dengan gas kentut yang keluar saat orang tertawa.
"Ketika habis tidur, gerak peristaltik usus melambat dan mernbuat orang mengalami susah buang air besar. Dengan senyum, hal itu meningkatkan tekanan di perut. Efeknya seperti ngeden (mengejan). Jadi, wajar kalau orang tertawa banyak kentutnya," ujarnya.

SELINGAN
(1).  Murah senyum
Orang Indonesia sangat baik hati, murah senyum dan suka menolong.  Hal tersebut disampaikan oleh Lena Korchagina (20/7/2012), mahasiwi gadis kelahiran Voronezh-Moskow yang mengikuti program belajar bahasa Indonesia selama sembilan bulan di Indonesia yang diselenggarakan Kemendikbud.
Lena mengatakan sudah merasa begitu dekat dengan Indonesia dan berharap bisa kembali lagi mengunjungi negara yang kaya akan seni dan budaya, keindahan alam dan keramahan masyarakatnya. "Orang Indonesia selalu tersenyum, ramah dan suka menolong. Saya senang tinggal di sana", ujar Lena yang pernah mengunjungi berbagai daerah di Indonesia seperti Yogyakarta, Bandung, Solo, Surabaya, Pontianak, Tana Toraja, Tanjung Puting dan Pantai Bira.

 (2).  Suka wanita  Indonesia
Jenderal (purn) Carlos Galvao de Melo, Ketua Asosiasi Persahabatan Indonesia-Portugal, menyatakan lagi soal "kesukaannya" akan wanila di Deplu Pejambon hari Rabu (19/1/1994). Sekalipun sudah delapan propinsi dikunjunginya dalam lawatannya selama dua pekan di Indonesia, tetapi ia masih merasa kurang beruntung karena belum sempat mengenal wani­ta Indonesia yang katanya beautiful.
Waktu memberi ceremah tanggal 6 Januari di Deplu Pejambon, ucapan de Melo sempat mengejutkan, yaitu ketika menjawab pertanyaan tentang perlunya hubungan antar wanita Indonesia-Portugal, ia malah menjawab, "Saya memang senang berada di antara wanita." Begitu sulitnya ia lepas dari kata wanita, sehingga jenderal yang mengaku buruk bahasa Inggrisnya itu sempat salah mengeja human rights menjadi woman rights.
Maaf ceritanya agak lama, tapi apakah ketertarikannya karena senyuman?

Kita lanjutkan …

(4).  Manfaat senyum

Beberapa manfaat yang bisa didapatkan ketika seseorang dengan tersenyum, seperti dikutip dari About, Jumat (2/12/2011) yaitu:
(a).  Senyum membuat seseorang lebih menarik.  Secara tidak sadar senyum bisa membuat orang lebih menarik karena ada faktor daya tarik tertentu dan membuat seseorang terlihat lebih baik dibanding mengerutkan kening, cemberut atau meringis.
(b). Senyum bisa mengubah suasana hati.  Tersenyum bisa mengelabui tubuh sehingga membantu seseorang mengubah suasana hatinya menjadi lebih baik, untuk itu jika merasa sedih, cobalah untuk tersenyum.
(c). Senyum bisa menular.  Tersenyum tak hanya mengubah suasana hati orang tersebut tapi juga orang-orang disekitarnya, dan membuat hal-hal menjadi lebih bahagia. Ini karena senyum bisa menular dan membawa kebahagiaan bagi orang lain.
(e). Senyum bisa meredakan stress.  Orang yang stres bisa terlihat dari wajahnya, tapi dengan tersenyum bisa mencegah seseorang tampak letih dan lelah.  Jika sedang stres, cobalah ambil waktu untuk tersenyum, karena bisa mengurangi stres sehingga lebih mampu mengambil tindakan.
(f). Senyum meningkatkan sistem kekebalan tubuh.  Tersenyum bisa membantu sistem kekebalan tubuh untuk bekerja lebih baik. Ketika seseorang tersenyum maka fungsi imun meningkat yang membuat seseorang merasa lebih rileks dan terhindar dari penyakit seperti flu dan pilek.
(g).  Senyum menurunkan tekanan darah.  Ketika tersenyum maka ada penurunan nilai tekanan darah yang terukur. Cobalah mengukur tekanan darah saat duduk di rumah sambil membaca, lalu tersenyum selama 1 menit dan mengukur tekanan darah kembali, maka akan terlihat perbedaan.
(h). Senyum bisa melepaskan endorfin, penghilang rasa sakit dan serotonin.  Studi telah menunjukkan senyum bisa melepaskan endorfin, senyawa yang bisa mengurangi rasa sakit secara alami dan serotonin. Ketiganya bisa membuat orang merasa lebih baik dan menjadi obat yang alami.
(i).  Lipatan senyum di wajah bisa membuat orang terlihat lebih muda.  Otot-otot yang digunakan untuk tersenyum bisa membantu mengangkat wajah sehingga membuat orang tampak lebih muda. Karenanya cobalah lebih sering tersenyum yang membuat merasa lebih muda dan lebih baik.
(j). Tersenyum bisa membuat orang terlihat sukses.  Orang yang tersenyum akan terlihat lebih percaya diri sehingga lebih dipromosikan, selain itu pasang senyum di setiap pertemuan akan memiliki reaksi yang berbeda.
(k). Senyum bisa membantu orang tetap positif.  Senyum akan membuat orang lebih positif dan mengurangi pikiran negatif. Dengan mengurangi depresi, stres dan khawatir maka kesehatan seseorang juga akan meningkat dan menghindarinya dari berbagai risiko penyakit.

(5).  Senyuman selebritas dunia

Rupanya para selebritas dunia juga harus mengutamakan penampilan gigi dan mulut untuk mendapatkan senyumam yang memesona.
Dalam survei jajak pendapat yang dilakukan di salah satu televisi oleh ecigarettedirect.co.uk terhadap 500 orang responden, telah dinyatakan lima selebriti ternama yang memiliki senyum sempurna, seperti dikutip Femalefirst yaitu : (1).  The Duchess of Cambridge Kate Middleton, (2).  presenter TV Holly Willoughby, (3).  Kim Kardashian, (4). David Beckham, (5). Tulisa.
Seorang responden perempuan mengatakan, semua orang menginginkan gigi yang putih, tetapi banyak selebriti yang sengaja membuat gigi mereka menjadi putih dengan bantuan obat, hal tersebut akan membuat gigi mereka lebih bersinar dalam pesta yang gelap. Hal tersebut dirasakannya merupakan suatu hal yang jelek.

TIP :  Syarat senyuman sempurna
Berikut tips untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi agar senyum senentiasa cemerlang:
a. Asup banyak kalsium.  Minum susu akan membangun tulang dan gigi yang kuat. Adapun kekurangan kalsium akan meningkatkan risiko kerusakan gigi dan gigi berlubang.
b. Tingkatkan asupan vitamin C.  Jeruk atau buah dan makanan lain yang tinggi vitamin C membantu melindungi mulut dari berbagai infeksi. Asuplah vitamin C lebih banyak sehingga mengurangi risiko Anda mengalami gingivitis.
c. Rajin makan buah dan sayuran.  Buah dan sayuran membantu menyingkirkan bakteri dari gigi dan mengunyahnya meningkatkan produksi bakteri sehingga menetralkan air liur.
d. Minum teh dan air putih. Penelitian telah menunjukkan bahwa teh hitam dapat membersihkan mulut Anda dari bakteri penyebab plak gigi. Dan, air putih akan membilas dan menyingkirkan bakteri dan partikel makanan yang akhirnya dapat berubah menjadi plak.
e. Hindari permen dan soda.  Gula dan asam merupakan dua zat berbahaya bagi gigi. Anda tidak harus benar-benar menghindarinya, tetapi makanlah secukupnya dan jangan lupa menggosok gigi setelahnya.

Senyum yang baik adalah aset yang nyata bagi siapa saja, apalagi Anda adalah seseorang yang sering tampil dan menjadi perhatian publik.

Keterangan gambar : sebagai ilustrasi yang diambil dari internet
Sumber bacaan : Kompas 20/1/1994,  Media Indonesia 13/11/2012, mediaindonesia.com  (2011/07/12,  2012/2/2, 2012/05/05 , 2012/11/01), detikhealth.com (2011/12/02,  2012/07/20).

Bacaan lainnya :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar