Sabtu, 17 Desember 2011

Arti Warna (1) : Ragam dan Fungsinya

Dikemas oleh Isamas54
Warna adalah merupakan kualitas dari mutu cahaya yang dipantulkan oleh suatu objek ke mata manusia sehingga bisa membangkitkan perasaan manusia, sedangkan secara subyektif atau  psikologis adalah merupakan bagian dari  pengalaman indera penglihatan.

Warna adalah gejala yang timbul karena suatu benda memantulkan cahaya yang mengenainya, dimana sifat cahaya tersebut tergantung  pada panjang gelombang cahaya yang dipantulkan oleh benda tersebut. Sebagian cahaya  diabsorbsikan oleh benda tadi seperti pada cahaya putih warna yang diabsorbsikan  bersifat komplementer terhadap warna cahaya yang dipantulkan, dimana cahaya putih ini merupakan gabungan dari semua cahaya. 

Terjadinya warna

Panjang gelombang cahaya menentukan kesan warna tertentu pada mata, dimana panjang gelombang tersebut sangat sangat banyak sekali yang dalam penglihatan atau perbendaharaan kata terbatas pada rentangan tertentu saja.  Secara garis besar biasanya diurutkan sesuai kemampuan mata, perbendahraan kata, dan untuk memudahkan menghapalnya sehingga dikenal warna pokok yaitu warna merah, jingga, kuning, hijau, biru dan ungu yang biasa disingkat MeJiKuHiBiNgu.  Setiap warna memiliki panjang gelombang sendiri-sendiri yang besarnya berbeda satu terhadap lainnya, yaitu dari mulai merah memiliki panjang gelombang terbesar dan ungu paling kecil.


Adapun rentang panjang gelombang warna cahaya : Merah (630-700 nm), jingga (590-630 nm), kuning (570-590 nm), hijau (500-570 nm), biru (450-500 nm), dan Ungu (400-450 nm), dimana Nm = nanometer atau sepuluh pangkat minus sembilan meter (10-10 meter).
Rentang panjang gelombang ini apabila sedikit lebih detail maka akan ada warna merah, merah darah, merah jambu, dlsb.  Namun perlu dicatat bahwa satu warna tertentu hanya memiliki satu panjang gelombang tertentu saja.
Dalam kehidupan sehari-hari ketika sinar matahari dipantulkan atau diuraikan melalui kaca prisma maka akan terlihat bermacam warna, selain itu di alam sering terlihat tanda alam yaitu pelangi.

Arti dan fungsi warna
Sesuai id.shvoong.com (28/6/2011), bahwa warna memiliki fungsi penting bagi suatu perancangan, misalnya pada media pembelajaran mata pelajaran matematika dasar bagi anak-anak usia 3-5  tahun dimana warna sangat berfungsi sebagai daya tarik yang dapat membuat anak- anak ingin dan mau mulai untuk memahami.
Beberapa fungsi warna, antara lain sebagai berikut  : 
(1).  Identifikasi : Warna dapat menjadi suatu tanda pengenal terhadap sesuatu. Misalnya warna  biru identik dengan langit dan laut, warna merah identik dengan api, kuning  identik dengan matahari, hijau identik dengan tumbuhan, bendera, lambang partai dan lain sebagainya.
(2).  Psikologis :  Warna mampu mempengaruhi suasana, perasaan, dan kepribadian manusia. Warna-warna tertentu dapat memberi pengaruh yang berbeda-beda, misalnya  biru menunjukan rasa tenang dan nyaman, merah menimbulkan kesan berani,  dan lain sebagainya.
(3).  Isyarat :  Warna tertentu yang berdiri sendiri maupun yang dikombinasikan memiliki  fungsi yang telah disepakati sebagai suatu tanda atau lambang, misalnya untuk merah untuk bahaya, rambu lalu lintas, dlsb.
(4).  Estetika :  Warna memiliki nilai keindahan dimana penggunaan warna yang tepat pada suatu  benda akan mampu memberi nilai lebih pada benda tersebut.
(5).  Alamiah :  Warna diklasifikasikan menjadi 3 golongan warna yaitu, Hue, Value dan  Chrom.
Warna dalam keseharian tentunya bisa merupakan dua atau beberapa paduan dari fungsi tersebut di atas misalkan baju seragam selain untuk identifikasi juga dipilih warna yang bagus sesuai estetika, warna baju seseorang bisa mengartikan estetika, psikologis, identitas, dan banyak lagi permasalahannya.

Perlu diingat bahwa dengan masalah perbedaan arti dari warna ini manusia bisa saling bertikai, memusuhi, membunuh, bahkan bisa menimbulkan perang dunia, atau sebaliknya yaitu dengan adanya kesamaan arti dari warna bisa yaitu saling bersaudara, bekerja sama, mengasihi, bahkan saling mencintai.
Bacaan berikut : Arti Warna (2)

Keterangan gambar : sebagai ilustrasi yang diambil dari internet.
Sumber : berbagai sumber  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar