Selasa, 31 Agustus 2010

TOPIK KINI EDISI 16 s/d 31 AGUSTUS 2010

Dikemas oleh isamas54
Topik Kini Edisi ini berisikan mengenai : Iwan Fals dan lingkungan, Hujan kodok ikan dan darah, Jimmy Hendrik, Kereta wanita, Capai puncak Elbrus, Internet lebih bahaya ketimbang Bom, Almarhum Kang Ibing, Obat Nano, Cameron Diaz selebriti paling berbahaya, Waspada anti virus palsu, Gelas juga berbahaya, Pria lebih suka wanita natural, Memang aneh sifat manusia.
  • Iwan Fals Tanam Pohon Di Situ Gede (Kompascom, 10 Agustus 2010)
  • Hujan Kodok, Ikan dan Hujan Darah (berbagai Sumber, 19 Agustus 2010)
  • Mengenang “Jimmy Hendrik” Gitaris Terbaik Dunia (Kompascom 16 Agustus 2010)
  • Keledai Jadi Andalan (Kompascom, 16 Agustus 2010)
  • Embrio Bayi Tabung Dijadikan Darah Sintetis - detikHealth , 16/08/2010 AN Uyung Pramudiarja
  • Lapan Menduga Benda Berlafaz Allah itu Meteor By anton, okezone.com, Updated: 8/19/2010
  • Kereta Wanita Hanya untuk Perempuan. (okezone.com, 8/19/2010)
  • 'Internet Lebih Bahaya Ketimbang Bom' (okezone.com, 8/19/2010)
  • Tim Akhirnya Capai Puncak Elbrus (19 Agustus 2010)
  • Kang Ibing Dimakamkan di Sumedang (20 Agustus 2010)
  • Obat Berteknologi Nano (diringkas dari Kompascom, 20 Agustus 2010)
  • Cameron Diaz (CD) Selebriti paling Berbahaya (Kompascom, 23 Agustus 2010)
  • Waspada Antivirus Palsu Makin Marak (By tyo, okezone.com, Updated: 8/27/2010)
  • WNA Perancis Selamat dari Perampokan. (okezone.com, Updated: 8/28/2010).
  • Hati-hati dengan gelas Anda, apalagi melemparkannya (Agustus 2010).
  • Berlebaran sembari Belanja di Paris (okezone.com, Updated: 8/28/2010
  • Pria Lebih Suka Wanita Natural (okezone.com, Updated: 8/27/2010)
  • Memang aneh-aneh juga sifat orang tuh, tapi namanya juga manusia (Agustus 2010)
Iwan Fals Tanam Pohon Di Situ Gede (Kompascom, 10 Agustus 2010)
Tasikmalaya - Penyanyi Iwan Fals mengikuti penanaman pohon di obyek wisata Situ Gede, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Sabtu (10/7/2010), yang diadakan Pemerintah Kota Tasikmalaya bersama Perhutani Tasikmalaya dan Orang Indonesia (OI), penggemar pelantun lagu-lagu balada itu. Ketua pelaksana acara itu, Acong, mengatakan, penanaman sebanyak 500 bibit pohon itu ditanam di kawasan obyek wisata Situ Gede dengan disaksikan langsung oleh tokoh utama OI, Iwan Fals.
Kehadiran Iwan Fals di Tasikmalaya, kata Acong, sengaja diundang OI Tasikmalaya untuk dapat menyaksikan kecintaan masyarakat Tasikmalaya yang mendukung kelestarian lingkungan. Kehadiran Iwan Fals di tengah-tengah penggemarnya, kata Acong, diharapkan dapat memicu semangat penggemarnya dan masyarakat luas untuk mencintai dan menjaga lingkungan agar tetap asri.
Menurut dia, keberadaan OI di Tasikmalaya, selain bergerak di bidang sosial, juga menunjukkan kecintaan dan kepedulian terhadap keprihatinan lingkungan yang mulai dirasakan buruk.
"Lingkungan seperti udara itu perlu dipelihara. Kami menyerukan kecintaan lingkungan, selain melakukan gerakan sosial dan politik," katanya.
Iwan Fals, yang berdiri di tengah-tengah impitan penggemarnya, menyatakan dukungan kepada OI Tasikmalaya yang melakukan tindakan positif dalam menjaga kelestarian lingkungan dengan menggelar penanaman pohon.
Kegiatan penanaman pohon tersebut selain dipadati penggemar Iwan Fals, juga dihadiri Wali Kota Tasikmalaya Syarif Hidayat, yang menyatakan dukungan terhadap komunitas masyarakat yang peduli terhadap lingkungan.
Syarif yang duduk bersama dengan Iwan Fals menyatakan, Pemerintah Kota Tasikmalaya telah berupaya keras menjaga kelestarian lingkungan. Menurut Syarif, empat tahun lalu, Iwan Fals pernah melakukan gerakan kecintaan lingkungannya dengan menanam pohon di Kota Tasikmalaya.
"Dulu pernah Iwan Fals menanam pohon di Tasik, ini berarti tindakan kecintaan lingkungan terus berlanjut," kata Syarif.
Upaya yang dilakukan Pemerintah Kota Tasikmalaya dalam menjaga kelestarian lingkungan, kata Syarif, yakni dengan membeli bukit yang berpotensi memiliki resapan air. Menurut dia, beberapa tahun lalu Kota Tasikmalaya terkenal dengan 10.000 bukit, tetapi sekarang hanya ribuan bukit yang sebagian sudah hilang karena salah satu faktor akibat penambangan pasir. Untuk menjaga sisa-sisa bukit yang masih ada di Kota Tasikmalaya, Syarif menyatakan, Pemerintah akan membeli satu bukit setiap tahunnya.
Hujan Kodok, Ikan dan Hujan Darah(berbagai Sumber a.l forum.vivanews.com download 19 Agustus 2010)
1. Hujan Kodok.
Sekitar bulan Juni 2009 kemarin Jepang dikejutkan dengan adanya phenomena aneh yang terjadi saat turun hujan, bukan air yang turun melainkan ikan yang bentuknya seperti kodok (curiganya siy berudu).
Hewan ini memiliki panjang dengan diameter 5 cm berbentuk seperti ikan dan kodok, sejauh ini tidak ada yang dapat menjelaskan kenapa hal ini bisa terjadi. Beberapa orang menyebutkan ini merupakan phenomena langka yang pernah terjadi dijepang dan mereka menyebutnya “binatang hujan” yang diakibatkan perubahan cuaca yang tidak menentu dinegara sakura ini, bagian metereologi Jepang juga tidak dapat menjelaskan apa penyebab terjadinya hal tersebut.
Hujan ikan seperti kodok ini terjadi di beberapa kota yaitu: Taiwa, Nakanoto, Asahi dan Kuki
Hewan ini memiliki panjang dengan diameter 5 cm berbentuk seperti ikan dan kodok, sejauh ini tidak ada yang dapat menjelaskan kenapa hal ini bisa terjadi. Beberapa orang menyebutkan ini merupakan phenomena langka yang pernah terjadi dijepang dan mereka menyebutnya “binatang hujan” yang diakibatkan perubahan cuaca yang tidak menentu dinegara sakura ini, bagian metereologi Jepang juga tidak dapat menjelaskan apa penyebab terjadinya hal tersebut.
2. Hujan Ikan di Honduras
Hujan ikan di Honduran Folklore adalah hal biasa. Terjadi di Departamento de Yoro antara bulan-bulan Mei dan Juli. Para saksi menyatakan fenomena ini dimulai dengan munculnya awan hitam di langit yang diikuti oleh petir, angin kuat, dan hujan lebat selama 2 hingga 3 jam. Saat hujan berhenti itulah, ratusan ikan yang masih hidup dapat ditemukan di atas tanah. Orang-orang akan mulai memungutinya dan memasaknya di rumah. Sejak 1998 festival yang diberi nama "Festival de la Lluvia de Peces" atau "Rain of Fish Festival" dirayakan tiap tahunnyadi kota Yoro, Departamento de Yoro, Honduras.
4. Hujan Merah di Kerala
Dari tanggal 25 Juli hingga 23 Sepetember 2001, secara sporadis hujan merah turun di Kerala, India selatan. Siraman hujan ini berwarna merah, menodai pakaian orang-orang dengan warna yang mirip darah ini. Warna hujan lain seperti kuning, hijau, dan hitam juga pernah dilaporkan terjadi.
Awalnya fenomena ini diduga ada hubungannya dengan meteor jatuh, tetapi dari studi yang dilakukan oleh Pemerintah India menemukan bahwa hujan berwarna ini disebabkan oleh spora-spora yang berterbangan dari alga lokal yang subur. Kemudian di awal tahun 2006, fenomena hujan berwarna ini tiba-tiba menjadi perhatian dunia setelah media memberitakan dugaan bahwa partikel-partikel berwarna itu berasal dari sel-sel dari luar angkasa, yang diajukan oleh Godfrey Louis dan Santhosh Kumar dari Mahatma Gandhi University di Kottayam. Asal material padat dari bumi dalam hujan merah didukung oleh suatu investigasi pada rasio isotopic dari nitrogen dan karbon.
Mengenang “Jimmy Hendrik” Gitaris Terbaik Dunia (Kompascom 16 Agustus 2010)
London, - Dalam rangka peringatan 40 tahun kematian Jimi Hendrix bulan depan, akan diadakan sebuah pameran memorabilia dia di flat tempat Hendrix berdiam, di 23 Brook Street, London, Inggris. Kebetulan di bawah flat Hendrix ada flat lain yang pernah didiami komposer klasik George Frideric Handel yang kini menjadi museum. Ada rencana flat Hendrix pun kelak akan dijadikan sebagai museum pula.
Pameran akan berlangsung 25 Agustus sampai 7 November 2010.
Hendrix ditemukan tewas di sebuah hotel di Notting Hill, padahal, 18 hari sebelumnya ia menggemparkan dunia lewat konser di Isle of Wight. Selama berdiam di London 362 hari, Hendrix meninggalkan jejak sebagai gitaris terbaik di dunia sampai saat ini.
Keledai Jadi Andalan (Kompascom, 16 Agustus 2010)
Pakistan, - Jutaan dollar AS mungkin saja sudah disumbangkan kepada korban banjir Pakistan, namun di lapangan pihak berwenang menggunakan keledai dengan perlahan untuk membawa pasokan ke kampung-kampung yang terisolasi. Mimpi buruk logistik, kekurangan helikopter untuk mencapai wilayah-wilayah terpencil dan lebih banyak hujan yang telah memicu tanah-tanah longsor memaksa pihak berwenang dan badan-badan bantuan mengambil langkah-langkah darurat.
Untuk mencapai kampung-kampung terpencil di antara gunung-gunung merupakan salah satu tantangan sangat berat. Di Lembah Shahpur yang indah, tempat Koza Sirai terletak, sekitar 150.000 orang sangat membutuhkan makanan dan pasokan medis, kata para pejabat setempat.
Dengan area kurang lebih seukuran Italia yang terkena banjir, pemerintah dan bantuan asing telah datang terlambat dan PBB telah memperingatkan kemungkinan terjadinya gelombang kedua kematian di antara mereka yang sakit dan kelaparan jika pertolongan tidak datang.
Sejalan dengan seruan mendesak bagi bantuan internasional, para polisi memanfaatkan 30 ekor keledai yang membawa tepung, beras, minyak goreng dan gula di sepanjang jalan sempit berlumpur serta medan pegunungan ke kampung-kampung.
Meluap oleh hujan deras musim pancaroba, sungai-sungai besar telah membanjiri lembah-lembah pengunungan Pakistan dan dataran subur, menewaskan 1.600 orang dan menyebabkan dua juta orang kehilangan rumah. Kampung-kampung, bagian dari lembah besar Swat, terisolasi selama empat hari setelah banjir menyapu rumah-rumah, pasar-pasar dan tanaman. Para pejabat mengatakan keledai-keledai tersebut telah menarik 20 ton pasokan di sepanjang rute menuju Shahpur sejak 3 Agustus.
Embrio Bayi Tabung Dijadikan Darah Sintetis - detikHealth , 16/08/2010 AN Uyung Pramudiarja
London, Satu lagi penemuan baru yang menuai kontroversi. Ilmuwan berhasil membuat darah sintetik yang bisa digunakan untuk semua golongan darah dari embrio bayi tabung yang berumur kurang dari 4 hari.
Penemuan darah sintetis ini memang bukan yang pertama, karena sebelumnya sudah ada pembuatan darah sintetis yang berasal dari tali pusat bayi.
Untuk kali ini, peneliti di Inggris menggunakan 100 embrio cadangan (spare-embryo) yang tidak digunakan dalam proses pembuahan bayi tabung.
Karena berasal dari embrio yang berusia kurang dari 4 hari, peneliti bisa mendapatkan jenis darah universal. Jenis darah yang dimaksud adalah golongan O-negatif, yang hanya ditemukan pada 7 persen dari seluruh populasi manusia.
Peneliti mendapat izin dari pemilik embrio untuk menggunakan embrio yang tidak dipakai dalam pembuatan darag sintetis. Seperti diketahui dalam pembuatan bayi tabung biasanya embrio yang dibuat lebih dari satu sebagai cadangan sementara yang dimasukkan ke rahim hanya satu.
Darah ini dikatakan sebagai donor universal karena bisa ditransfusikan ke siapapun tanpa ada risiko penggumpalan. Penggumpalan biasanya terjadi ketika golongan darah yang akan ditransfusikan tidak sesuai dengan golongan darah penerimanya.
Proyek senilai 3 juta poundsterling ini didanai oleh Wellcome Trust. Jika berhasil, para penliti berharap bisa memproduksi dalam skala besar yakni 2 juta kantong darah pertahun sehingga bisa mengatasi kelangkaan donor darah di Inggris.
Sudah bisa diduga, proyek yang dimulai sejak tahun lalu ini tentu saja memancing kontroversi. Salah satu pendapat muncul dari direktur Campaign for Reproductive Ethics, Josephine Quintavalle yang menentang penggunaan jaringan yang diambil dari embrio. "Orang-orang baik hati yang mendonasikan darah maupun sumsum tulang tentu tidak ingin terlibat dalam penelitian yang menggunakan embrio secara destruktif," ungkap Josephine seperti dikutip dari Telegraph, Senin (16/8/2010). Darah sintetis yang dikembangkan dalam proyek ini dikabarkan telah memenuhi syarat untuk uji klinis. Uji coba yang akan dilakukan pada manusia tersebut akan dilakukan dalam 5 tahun mendatang. (up/ir)
Lapan Menduga Benda Berlafaz Allah itu Meteor By anton, okezone.com, Updated: 8/19/2010
Lapan akan memberikan kesimpulan awal terkait benda asing yang jatuh di areal kompleks Pabrik Gula Tersana Baru, Babakan, Cirebon, dalam waktu dekat.
JAKARTA - Peneliti Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Thomas Djamaludin mengatakan pihaknya akan memberikan kesimpulan awal terkait benda asing yang jatuh di areal kompleks Pabrik Gula Tersana Baru, Babakan, Cirebon, dalam waktu dekat.
"Itu dugaannya memang meteor. Nanti kita akan konfirmasi dengan objek. Rencananya akan berangkat pukul 13.00 WIB dari Bandung, kemungkinan pukul 17.00 WIB atau paling lama maghrib tiba di Cirebon. Jika tidak memerlukan uji laboratorium, maka kesimpulan awal hasil fisik akan didapatkan dalam beberapa jam. Mudah mudahan pukul 21.00 WIB malam bisa diketahui hasilnya," kata Thomas saat berbincang dengan okezone, Kamis (19/8/2010).
Thomas mengakui pihak Lapan baru saja dihubungi Polsek Babakan, Cirebon. "Polsek Babakan telah mengamankan sampel material," sambung Thomas.
Lapan, lanjut Thomas, akan menurunkan dua peneliti dan seorang petugas Humas. Pemeriksaan akan difokuskan di tiga langkah, yaitu pemeriksaan material, kesaksian warga, dan efek yang dihasilkan benda tersebut.
Benda asing jatuh di areal kompleks Pabrik Gula Tersana Baru, Babakan, pada Rabu, 18 Agustus sekira pukul 21.00 WIB. Saat jatuh warga mengaku mendengar suara gemuruh. Benda tersebut juga membuat lokasi sekitar meleleh. Tidak hanya itu, petugas pabrik bahkan mengaku banda itu sempat membentuk lafaz Allah.
Bekas hantaman membentuk lubang berdiameter sekira satu meter. Warga menutup lokasi bekas jatuhnya benda langit tersebut dengan pasir, karena mengeluarkan bau belereng yang menyengat.
Kereta Wanita Hanya untuk Perempuan. By muhammad.ramdan, okezone.com, Updated: 8/19/2010 4:05 AM
Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Linda Amalia Sari Gumelar mengaku bangga dan bahagia atas peluncuran kereta khusus wanita (KKW).
Hal itu disampaikan Linda saat memberikan sambutan pelncuran kereta khusus wanita di Depo Depok, Kamis (19/8/2010). Menurut dia, diluncurkan kereta khusus wanita ini wujud dukungan Kementerian Perhubungan terhadap program Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Anak dalam upaya melindungi kaum Hama dan anak dari segala bentuk tindak kekerasan.
"Ini wujud dari kepedulian transportasi publik dalam rangka meningkatkan harkat dan martabat perempuan sekaligus memberi rasa aman perempuan yang menggunakan transportasi publik," kata Linda.
Dia mengatakan langkah ini merupakan tindakan pencegahan agar tidak terjadi kekerasan terhadap perempuan. "Upaya pencegahan juga dilakukan dengan berbagai cara yang salah satunya penyusunan perangkat perundang-undangan dan penetapan kebijakan publik," terangnya.
Pemikiran akan kereta api wanita ini merupakan kebijakan publik dari PT KCJ dalam perlindungan terhadap perempuan dari kekerasan dan pelecehan sehingga harus ada pencegahan sejak awal. "Kami menyadari kereta khusus wanita merupakan alternatif action yang dirumuskan untuk melindungi perempuan," papar Linda.
Hal itu, kata dia, juga harus dipahami bukan perempuan ingin mendapat keistimewaan tapi memang perempuan sering dijadikan target kekerasan. "Kebijakan ini akan terus berlanjut sampai akhirnya laki-laki dan perempuan dilihat setara. Saya imbau semua orang harus bisa menjaga keberadaan gerbong tersebut dan dapat memanfaatkan fasilitas ini dengan baik," imbuhnya.
Dia menambahkan, kereta ini adalah pilihan, bagi suami istri yang mau naik kereta umum silahkan yang jelas laki-laki tidak bisa naik gerbong perempuan. "Saya juga berharap kereta khusus wanita ini bisa dijadikan media sosialisasi dalam kegiatan perlindungan anak dan perempuan," pungkasnya.
'Internet Lebih Bahaya Ketimbang Bom' (By yugo, okezone.com, Updated: 8/19/2010 1:44 AM
Perkembangan pesat internet tak cuma berdampak positif tapi juga memiliki dampak negatif. Bahkan seorang Rocker AS, John Cougar Mellencamp menyatakan bahwa internet adalah penemuan paling berbahaya sejak penemuan bom atom.
NEW YORK - Perkembangan pesat internet tak cuma berdampak positif tapi juga memiliki dampak negatif. Bahkan seorang Rocker AS, John Cougar Mellencamp menyatakan bahwa internet adalah penemuan paling berbahaya sejak penemuan bom atom. Pernyataan penyanyi 7 Oktober 1951 tersebut cukup beralasan pasalnya, internet telah merusak kehidupan.
"Lihat saja beberapa orang hacker dari China dan Rusia telah mampu merusak sistem kelistrikan dan sistem keuangan di Amerika Serikat," ujar John saat berbicara dalam seminar publik di Grammy Museum, seperti dilansir Canoe, Kamis (19/8/2010).
Namun, penyanyi yang juga menjadi aktivis pendukung Barack Obama itu juga tetap mengakui keunggulan internet sebagai alat komunikasi paling baik.
"Internet adalah hal yang paling berbahaya, mereka telah merusak bisnis musik dan juga bisnis perfilman," tandas John.
Pemilik album Uh-Huh tahun 1983 itu, menjelaskan industri musik telah terkikis oleh kecanggihan teknologi. Para pengunduh rela mengorbankan kualitas suara musik saat mereka mendengarkannya lewat pemutar Mp3 dan komputer.
John mencontohkan ketika ia mendengarkan lagu Beatles pada CD baru dan kemudian pada iPod.
"Anda bahkan hampir tidak bisa mengenalinya sebagai lagu yang sama Anda bisa tahu itu orang-orang bernyanyi, Tapi untuk kami dengar begitu jauh berbeda," kata John.
Tim Akhirnya Capai Puncak Elbrus (19 Agustus 2010)
JAKARTA, KOMPAS.com — Sempat gagal karena terhalang badai salju tiga hari lalu, Tim Ekspedisi Tujuh Puncak Dunia, Kamis (19/8/2010), akhirnya berhasil mencapai puncak tertinggi di Eropa, Gunung Elbrus (5.642 mdpl) yang terletak di Rusia.
Dalam pesannya lewat BlackBerry Messenger dari Wanadri yang diterima Kompas.com disebutkan, tim mencapai puncak Elbrus pada pukul 11.35 waktu setempat. Ucapan selamat pun mengalir dari berbagai anggota milis.
"Congratulation", "selamat", "puji Tuhan", dan "Terima kasih Tuhan" menghiasi BBM yang beredar dari satu smartphone ke smartphone lainnya. Ada juga pesan yang meminta agar anggota tim menjaga stamina.
Disebutkan pula bahwa tim yang berada di puncak sempat terkena badai salju, tetapi kondisinya baik. Saat ini mereka dalam perjalanan turun. "Kita berdoa agar mereka turun dengan baik dan benar," tulis Sammy Luntungan.
Kang Ibing Dimakamkan di Sumedang (20 Agustus 2010)
TEMPO Interaktif, Bandung - Indonesia kembali kehilangan putra terbaiknya. Raden Kusmayatna Kusumadinata atau yang dikenal dengan kang Ibing meninggal dunia pada Kamis (19/8) pukul 20.20 di Bandung.
Seniman yang kerap memerankan tokoh kabayan ini meninggal dalam usia 64 tahun dan akan dimakamkan di Gunung Puyuh, Sumedang pada hari ini, Jumat (20/8). Jenazah akan dibawa dari rumah duka pada pukul 08.00.
Menurut Mega Kusumanda, salah satu anak kang Ibung, ayahnya sempat dibawa ke RS Al Islam Bandung, namun dokter menyatakan kang Ibing telah wafat ketika tiba di rumah sakit sekitar pukul 20.45.
Pihak keluarga menduga almarhum meninggal karena serangan jantung. Penyakit itu telah lama diidap lelaki kelahiran Sumedang, 20 Juni 1946 itu, selain diabetes. Almarhum Kang Ibing meninggalkan seorang istri, Nieke Wahyuningsih dan 3 anak yaitu Dikdik Kusmadikta, Mega Kusmananda, dan Diane Fatmawati
Sebelum dimakamkan, jenazah kang Ibing akan dibawa melintasi rumah miliknya di Sumedang. Rumah itu sebelumnya dibersihkan kang Ibing hingga Kamis (19/8) petang. Tempat pemakaman di Gunung Puyuh tersebut sesuai amanat almarhum.
Obat Berteknologi Nano (diringkas dari Kompascom, 20 Agustus 2010)
Diadakan pameran Ritech Expo 2010 di Jakarta Convention Center bertema "Inovasi Teknologi Menuju Peningkatan Daya Saing Industri Berbasis Teknologi Nano".
Pameran tersebut menghadirkan sekitar 60 badan penelitian dari beberapa universitas, Kementrian Ristek, Kementrian Perindustrian, swasta, BUMN, serta komunitas yang akan memperkenalkan hasil teknologi nano yang dikembangkan masing-masing.
Beberapa hasil teknologi nano yang dipamerkan seperti baju antiair, bahan baku kosmetik dan obat-obatan nano teknologi, mesin pembangkit tenaga listrik, pengolahan alga, biodisel, keramik nano teknologi, dan teknologi menarik lainnya.
Area pameran dibagi dalam tujuh zona yang menunjukkan tujuh bidang pengembangan teknologi nano, yakni pertahanan keamanan, industri komunikasi dan teknologi, energi, pangan, kesehatan dan obat-obatan, transportasi, serta material maju.
Selain itu, pengunjung pameran dapat menambah pengetahuan dengan mengikuti talkshow atau seminar teknologi nano dengan pembicara dari para ahli.
Menurut Peneliti Pusat Teknologi Farmasi dan Media, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi, Sjaikhurrizal : Produk obat yang dihasilkan dari teknologi nano lebih unggul dibanding obat biasa, partikel lebih kecil sehingga mudah terserap tubuh, sebagian besar obat luar, semakin terlindungi sehingga stabil dan tidak mudah rusak. Misalnya obat diabetes yaitu insulin, saat ini tidak ada yang ditelan nanti dikembangkan dengan teknologi nano jadi yang bisa ditelan karena insulin yang ditelan hasil nano tidak rusak oleh asam lambung.
Bahan baku nano untuk obat-obatan yang beredar di Indonesia sebagian besar adalah bahan impor, istilah teknologi nano itu sendiri di Indonesia belum terlalu dikenal baru booming 2-3 tahun.
Biaya pembuatan bahan baku nano bagi laboratorium lokal-pun dinilai masih tinggi, misalnya, untuk membeli alat ukur partikel nano dibutuhkan biaya tinggi, dan alat tersebut sulit dicari. Sekarang masih dalam perkembangan di laboratorium dan menjalin hubungan pemerintah dengan swasta
Contoh lain yaitu obat yang menggunakan teknologi nano adalah obat luka bakar (biasanya berbahan plasenta) yang diolah dari daun pegagan dan kitosan atau limbah udang dan dapat dijual lebih murah dibanding obat biasa.
Kementrian Perindustrian juga mulai melakukan uji komersialiasi terhadap barang-barang industri nasional hasil teknologi nano lokal pada tahun depan, pengujian komersialisasi ditujukan pada empat bidang industri yang difokuskan pemerintah, yakni tekstil, keramik, kimia, dan pangan.
Hasil laboratorium ada yang sudah menghasilkan nano partikel dari gamping, keramik, nanti diuji apakah ekonomis atau tidak
Menurut data Kementrian Perindustrian, sekitar 30 persen produk nasional telah menggunakan teknologi nano, namun sebagian besar bahan baku nano masih impor. Padahal laboratorium penelitian Indonesia mampu menciptakan bahan teknologi nano sendiri. Untuk itulah, pemerintah melakukan uji komersialisasi terhadap hasil teknologi nano lokal tersebut. Diharapkan, dalam tiga tahun ke depan penerapan teknologi nano pada salah satu dari empat bidang industri tersebut lulus uji komersialisasi.
Adapun keuntungan penerapan teknologi nano dalam peindustrian, adalah meningkatnya kualitas produk tanpa peningkatan harga yang berarti, ontoh dengan menerapkan teknologi nano dapat dihasilkan pakaian yang anti air atau anti kotor dengan harga yang murah, seperti baju anti air anti kotor, paling peningkatan harga hanya Rp 15.000.
Untuk selanjutnya kita tunggu perkembangannya.
Cameron Diaz (CD) Selebriti paling Berbahaya (Kompascom, 23 Agustus 2010)
Tulisan dipindah, selengkapnya baca di sini >>
Waspada Antivirus Palsu Makin Marak (By tyo, okezone.com, Updated: 8/27/2010)
Tulisan dipindah, selengkapnya baca di sini >>

WNA Perancis Selamat dari Perampokan.  (By carolina.christina, okezone.com, Updated: 8/28/2010).
BANYUMAS - Nasib baik dialami oleh Henry Grunnger (60) dan istrinya, Reppbask (56) yang merupakan warga negara Perancis. Keduanya selamat dari aksi perampokan bersenjata yang terjadi di Banyumas, Jawa Tengah.
Berdasarkan informasi, kejadian bermula saat Grunnger dan istrinya baru saja pulang dari obyek wisata Baturraden Banyumas dan hendak menuju Pantai Pengandaran Jawa Barat.
Diduga perampok yang sudah melakukan perencanaan kejahatan ini mengembosi roda kendaraan yang digunakan korban. Saat tiba di depan Balai Desa Tinggarjaya, tiba-tiba mobil korban gembos dan hendak diperbaiki. Namun saat sopir melepas roda, tiba-tiba pelaku menodongkan pistolnya. Saat itulah secara spontan, Grunnger dan Supardiyatna melakukan perlawanan.
Supardiyatna sendiri sempat memukulkan kunci roda ke kepala perampok hingga berdarah. Perampok akhirnya kabur dengan luka di kepala. Sementara pistol perampok mental dan tertinggal di lokasi kejadian.
"Perampokan itu terjadi secara tiba-tiba saat bule itu lagi mengganti ban mobilnya yang gembos. Namun keduanya melawan dan menelikung perampok. Meski perampok sempat menembakkan sekali pistolnya, namun si sopir bisa melukai dan tembakan meleset. Bahkan pistolnya mental dan tertinggal," jelas Sito, saksi kejadian, Sabtu (28/8/2010).
Kini barang bukti pistol jenis FN dengan lima buah peluru diamankan di Mapolres Banyumas. Sedangkan korban hingga Sabtu sore masih diperiksa di ruang reskrim Polres Banyumas. Hingga kini polisi masih memburu kawanan perampok bersenjata api tersebut.
"Kami masih menyelidiki upaya perampasan terhadap dua warga Negara Perancis ini," kata AKP Zaenal Arifin, Kasatreskrim Polres Banyumas.
Hati-hati dengan gelas Anda, apalagi melemparkannya.
Judul tersebut kami cantumkan dari berita : Andi Soraya Mirip Lindsay Lohan By syukri, okezone.com, Updated: 8/28/2010 11:39 AM
Berita selanjutnya …
Bakal ditahannya Andi Soraya Senin 30 Agustus besok, dipercaya tidak akan memengaruhi popularitas artis yang sering mendapat peran sensual ini.
JAKARTA- Bakal ditahannya Andi Soraya Senin 30 Agustus besok, dipercaya tidak akan memengaruhi popularitas artis yang sering mendapat peran sensual ini.
Menurut manajer Andi Soraya, Tata Liem, apa yang dilakukan artisnya itu hanya kenakalan biasa saja dan tidak akan memengaruhi popularias dan imejnya.
"Inikan cuma kenakalan, lihat coba kalau di luar contohnya Lindsay Lohan," kata Tata saat ditemui Jumat (28/8/2010).
Menurutnya kasus penganiayaan ringan ini tidak akan mencoreng nama Andi Soraya, justru nama janda Steve Immanuel (kini berganti Yusuf Islam) ini akan semakin cemerlang dan menanjak.
"Karena dia itu bukan artis yang menanjak karena kasus. Dari dulu dia kan sudah punya nama," ujarnya.
Dalam kesempatan itu, Tata juga tidak akan menerapkan aturan kepada artis-artisnya agar tidak terjadi kejadian serupa. "Kalau peraturan enggak, biar balik ke individu masing-masing. Kemarin Andi memang lagi apes saja, teman yang berbuat dia yang kena," ungkapnya.
Andi Soraya digugat seorang wanita bernama Sri Sukaesih dalam kasus penganiayaan ringan. Andi melempar gelas kepada Sri di Second Floor, Kemang, 22 November 2008 lalu. Kemudian Aya dinyatakan bersalah dan divonis tiga bulan penjara di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, karena terbukti melanggar pasal 351 ayat 1 KUHP tentang penganiayaan ringan.
Berlebaran sembari Belanja di Paris By tuty, okezone.com, Updated: 8/28/2010
Seiring dengan perubahan zaman dan gaya hidup, Kota Paris, Prancis, pun menjadi alternatif pilihan bagi kaum muslimin dan muslimat seluruh dunia untuk merayakan Lebaran. Benarkah?
SEIRING dengan perubahan zaman dan gaya hidup, Kota Paris, Prancis, pun menjadi alternatif pilihan bagi kaum muslimin dan muslimat seluruh dunia untuk merayakan Lebaran. Benarkah?
Nilai mata uang euro yang menukik turun pun makin menyempurnakan minat para pelancong ini untuk merayakan kemenangan setelah satu bulan penuh berpuasa di Negara Napoleon Bonaparte tersebut.
Diperkirakan, sekitar 4.000 pelancong dari Indonesia menyerbu Paris pada momentum Lebaran tahun ini. Felbi Harfani adalah salah satunya. Financial Colsultant pada sebuah perusahaan asuransi terkemuka ini memilih merayakan Lebaran di tengah keriuhan pengunjung Menara Eiffel yang sangat kondang di dunia itu.
Bersama suami tercinta, dia memilih untuk menikmati kawasan romantis Champs Elysees yang selama ini dikenal sebagai tempat nongkrong orang-orang elite dunia. Museum Louvre juga akan menjadi pilihan untuk melihat langsung lukisan Monalisa yang sangat melegenda.
Bukan itu saja, masih ada Place Vendome yang menjadi pusat perhiasan dan jam-jam tangan bermerek atau Rue St Honore yang kondang dengan deretan butik-butik bermerek dan pusat shopping.
"Setelah kerja keras sepanjang tahun dan sebulan berpuasa, rasanya berlebaran di Paris akan menjadi liburan yang sangat menyenangkan bagi kami," ujar Felbi di sebuah mal terkemuka di Ibu Kota.
Sama seperti pelancong lainnya, selain mengunjungi tempat-tempat wisata terkemuka di Paris, mantan finalis None Jakarta pada 1998 ini juga sudah mengagendakan untuk shopping. Sejumlah produk bermerek sudah masuk dalam daftar untuk diburu.
Shopping atau belanja adalah kata wajib yang mengiringi sebuah pelancongan. Tak hanya barang-barang kenangan bagi diri sendiri, nama teman dan kerabat yang harus mendapat oleh-oleh pun sudah berderet-deret masuk dalam daftar catatan. Hitungan cepat pun harus segera dilakukan untuk menyesuaikan budget.
Belanja Sesuai Bujet
Karena keinginan berbelanja masyarakat Indonesia yang sangat tinggi, strategi merayakan Lebaran sekaligus menikmati keindahan Paris dan mendapatkan produk-produk bermerek dengan harga yang miring pun mulai dikembangkan. Salah satunya adalah Benlux Duty Free, yang terletak di Rue de Rivoli 174, Paris.
Tak hanya menyediakan produk- produk bermerek seperti parfum, tas, dan pernik-pernik aksesori lainnya, Benlux juga menyediakan layanan-layanan di luar transaksi jual-beli yang sangat hommy. Seperti diungkapkan Winie Astuti yang sudah 24 tahun menetap di Paris dan malang-melintang mengelola duty free, Benlux bahkan siap membantu segala urusan pelancong Indonesia. Mulai dari pemesanan hotel, tiket masuk museum Louvre, dan destinasi lainnya, membantu mengurus kehilangan paspor, bagasi, bahkan orang hilang.
Pelayanan yang all out itu tak pelak menambah pekerjaan tersendiri. Namun, Winie yang dipercaya menjadi penanggung jawab kawasan Malaysia, Filipina, Vietnam, dan sudah tentu Indonesia di Benlux Duty Free menyebutnya sebagai mendapat kepuasan lainnya.
"Keunggulan belanja di kami, Anda mendapat teman di Paris. Begitu pun dengan kami yang otomatis juga mendapat tambahan teman jika mampu memberikan pelayanan yang baik. Mereka pasti akan kembali lagi jika suatu saat berkunjung ke Paris karena pelayanan komplet seperti ini tidak ditemukan di tempat lain," ujar ibu dua anak yang bertemu mantan suaminya yang orang Prancis di Yogyakarta ini.
Masih menurut perempuan kelahiran Semarang, 7 September 1955, pelayanan terpadu yang dikembangkan selama ini juga membuat Benlux Duty Free memiliki hubungan sangat mesra dengan banyak tour guide Indonesia.
"Tetapi saya juga bersedia membantu orang-orang Indonesia yang bertandang ke Paris tidak bersama tour travel yang membutuhkan bantuan, seperti booking hotel, kereta, kabaret, penjemputan, dan dalam kesulitan lainnya. Yang pasti, Anda punya teman di Paris, hubungi saja winie.astuti- yahoo.fr," kata Winie berpromosi.
Saat disinggung kelebihan Benlux Duty Free pada momentum puasa dan Lebaran, Winie menegaskan, toko yang telah berusia lebih dari setengah abad tersebut siap memberikan service, baik buka puasa maupun sahur.
"Buka puasa di Paris baru pada jam 21.15 WIB. Kami siap mengantarkan makanan khas Indonesia seperti siomay, lontong opor, nasi goreng, atau hanya risoles, kroket, arem-arem, dan lemper," ujar Winie.
Pria Lebih Suka Wanita Natural (By fyulianti, okezone.com, Updated: 8/27/2010)
Demi terlihat sempurna dan cantik di hadapan kekasih, apapun dilakukan. Perlu Anda ketahui, usaha apapun yang Anda lakukan untuk terlihat sempurna, umumnya pria lebih senang melihat Anda tampil natural.
BAGI orang yang sedang dimabuk cinta, penampilan sangatlah penting. Pasalnya, demi terlihat sempurna dan cantik di hadapan kekasih, apapun dilakukan. Hanya saja, perlu Anda ketahui, usaha apapun yang Anda lakukan untuk terlihat sempurna, umumnya pria lebih senang melihat Anda tampil natural.
Seperti dilansir Stylefrizz, pada dasarnya, pria begitu menyukai wanita natural. Pria tidak menyukai wajah wanita yang mereka cintai dipoles make up tebal. Justru, banyak pria sering mengeluhkan noda lipstik yang tanpa sengaja menempel di pakaian mereka.
Untuk penampilan, kaum adam pun tidak menyukai wanita yang suka membuang waktu hanya untuk membuat rambut mereka lebih curly ataupun lurus ketika digerai. Pria lebih menyukai kecantikan alami Anda. Jadi, biarkanlah rambut Anda tetap apa adanya.
Pertimbangkan benar jika Anda ingin mewarnai rambut, ada baiknya tanyakan dulu pada si dia, karena sesungguhnya kebanyakan pria menyukai warna rambut asli kekasih mereka.
Terpikir ingin merubah penampilan secara keseluruhan? Tak perlu-repot-repot. Jadilah diri sendiri! Kekasih yang baik akan menyukai segala kekurangan Anda, seperti perut sedikit berlemak, cara bicara, gaya berpenampilan, dan segala sesuatu mengenai Anda.
Memang aneh-aneh juga sifat orang tuh, tapi namanya juga manusia (Agustus 2010)
Orang yang rambutnya lurus kayaknya senang banget kalau lihat orang keriting apalagi bayi atau anak kecil kalau kita pegang dan elus rambutnya nyembul kembali kembali (kaya ada per-nya) sehingga jaman dulu ada istilah “Si Ikal Mayang””Si Galing Muntang” (galing kurang lebih sama dengan ikal atau keriting gede/kecil), sehingga tidak sepi lah yang jualan catok (alat keriting rambut) termasuk untuk laki-laki, kalau versi lama dua buah besi atau kawat besar yang dibuat seperti gunting yang dipanaskan lewat bara api (bisa pakai setrikaan arang) dibuat untuk rambut biar keriting (sementara) karena kalau kena hujan yakh seperti bulu kucing kebasahan alias lurus kembali. Itu yang lurus ingin keriting.
Sekarang giliran Si Keriting, ekh yang ini malahan ingin lurus dengan alasan, kalau rambut dah panjang tetap saja kelihatam pendek padahal dalamnya gerumel-gerumel akhirnya dilakukanlah pelurusan rambut pakai alat pelurus rambut dari mulai yang dijual di pinggir jalan atau rebonding ke salon. sehingga yang tampak sekrang “rambut ala Cleopatra”. Yah itulah manusia.
Sekarang mengenai warna rambut, yang hitam di cat jadi perak, kuning, ungu (semua warna pelangi ada), atau dicat putih biar tampak beruban dan berwibawa, yang lucunya lagi yang sudah beruban semua (100% putih) dicat hitam setelah hitam dicat putih lagi dikit biar agak modis (mirip-mirip pelawak-pelawak yang itu tu), walaupun ini sangat jarang tapi mungkin saja terjadi. Ngomong-ngomong soal rambut uban … nikh ada ceritanya :
Seluk Beluk di Balik Rambut Uban
Bersumber dari LiveScience. dengan Editor Netsains (12 September, 2007). Rambut putih atau uban bagi sebagian orang cukup mengganggu tetapi namanya saja manusia maka diciptakanlah semir rambut. Kalau sekarang tinggal pilih saja , dari mulai yang hitam sampai putih atau bahkan yang warna pelangipun ada, Faktor usia tidak selalu terkait dengan uban ini, sebab banyak juga orang berusia belia yang sudah ubanan. Stres dan faktor genetika menjadi faktor penyebab munculnya si rambut putih atau kelabu ini. Rambut Thomas More, seorang narapidana, memutih hanya dalam tempo semalam saja saat ia menghadapi hukuman mati tahun 1535. Kisah serupa dialami Marie Antoinette dan Barbara Bush, yang kabarnya rambutnya langsung beruban gara-gara kematian bayi perempuannya.
Merokok
Setiap helai rambut mengandung keratin, sebuah protein yang tidak mampu mentransmit nutrisi, pertumbuhan rambut terjadi karena penambahan keratin baru. Akar rambut tersimpan dalam folikel rambut, sejenis “pabrik” rambut di kepala kita. Sel-sel folikel bernama melanosit membuat melanin, yakni pigmen yang menghasilkan warna rambut. Makin kita tua, melanosit berhenti memproduksi melanin, sehingga rambut jadi kelabu atau putih. Kapan melanosit ini stop bekerja sangat tergantung pada faktor genetika, nutrisi dan tingkat stres, juga kebiasaan merokok. Tapi pada umumnya orang beruban dalam tempo lama, setelah sekian puluh tahun. Kepala kita terdiri atas 100.000 folikel, jadi bisa dibayangkan lama sekali proses pemutihan rambut ini. Ada juga kasus kebotakan rambut yang hanya menyerang rambut putih.
"Nah, apakah Anda ingin cepat beruban? Silakan stres dan banyak merokok saja. Siapa tahu ubannya bisa sekeren Richard Gere !?"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar