Sabtu, 10 Desember 2011

Sepeda United, Menembus Pasar Eropa

United Bike atau Sepeda merk United adalah merupakan hasil karya asli warga Indonesia atau made in Citeureup yang saat ini sudah tembus pasar Eropa.

Kalau anda berkunjung ke negara di Eropa seperti Denmark atau Italia dan melihat sepeda berkeliaran di jalan maka jangan-jangan sepeda tersebut buatan Indonesia, walaupun mungkin merk-nya bukan United. 

Produksi dan pemasaran
United Bike atau sepeda merk United diproduksi oleh PT Terang Dunia Internusa .  Hasil Produksi ini adalah merupakan karya asli warga Indonesia dengan 60% kandungan lokal
Pabrik pertama United Bike terletak di Desa Telajung Mudik kawasan Gunung Putri yang sudah berdiri sejak tahun 1992 dengan kapasitas produksi pabrik pertama sebanyak 300.000 unit per tahun.
Sedangkan pabriknya yang kedua berada di kawasan Branta Mulia wilayah Sentul Citeureup Bogor. Pabrik ini berada di areal lahan seluas 4,2 hektar yang akan memproduksi 1 juta unit sepeda per tahun. Total investasi untuk pabrik kedua senilai Rp 200 miliar dengan kapasitas produksi 700.000 unit per tahun.
Sehingga saat ini United Bike memiliki kapasitas produksi sebanyak 1 juta unit sepeda per tahun, dimana sebanyak 100.000 unit diekspor ke berbagai negara termasuk didominasi ke Eropa.  Tetapi kapasitas produksi total sekarang ini belum full atau masih 400.000-500.000, ditargetkan dengan pabrik baru ini tahun depan bisa berproduksi full sampai 1 juta unit.


Pada acara peresmian pabrik baru dan rilis ekspor ke pasar Portugal (1/10/2011) dihadiri oleh Wakil Menteri Perindustrian dan Wakil Gubernur Jawa Barat Dede Yusuf Effendi.
Untuk pasar ekspor khususnya Eropa, pihaknya tak semuanya menggunakan brand United Bike, sebagian masih memakai merek lain di Eropa hal ini dikarenakan selain belum terlalu dikenal di pasar Eropa pihaknya menyesuaikan permintaan dari importir Eropa.
Ekspor ke Eropa sudah sejak 1993 seperti Denmark, Spanyol, dan Italia, sedangkan ke Portugal sudah sering dilakukan, dimana untuk ekspor ini rata-rata 85% masih dalam bentuk CKD (komponen terurai) dengan jenis yang paling digemari adalah mountain bike
Memiliki 5 unit showroom khusus build A Bike di Jakarta, Surabaya dan Bali, disamping itu juga dealer-dealer yang tersebar di seluruh Indonesia.

Jenis produksi
Selama ini United Bike menghasilkan produksi sepeda berbagai jenis seperti Kids Bike, City Bike, MTB, Folding Bike dan Tandem Bike, dengan contoh dan perkiraan harga seperti berikut.

Fixie
Sepeda lipat (Folding)

Mountain Bike (MTB)
Harga berkisar sekitar Rp1 juta s/d Rp 8 juta.
Kids Bike
Harga berkisar sekitar Rp 500.00,- s/d Rp 600.000,-
City Bike (CTB)
Harga berkisar sekitar Rp 1 juta s/d Rp 2 juta
BMX
Harga berkisar sekitar Rp 700.000,- s/d - Rp2.500.000,-
Road Bike
Sedangkan untuk ban sepeda bisa menggunakan merk yang antara lain seperti gambar berikut.




Keterangan gambar : sebagai ilustrasi yang diambil dari internet.
Sumber bacaan al. : indonesiaproud.wordpress.com/2010/10/01 dari DetikFinance

Bacaan terkait :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar