Rabu, 30 Maret 2011

Kejahatan dan Keamanan di Sekitar Kita (Bagian 3)


Kejahatan dan Keamanan di sekitar kita untuk edisi ini berisikan topik : (1).  Selly, Penipu lewat facebook ditangkap, (2).  Malinda, Pembobol Citibank  ditangkap, (3).  Pencuri yang sial, ditangkap

(1).  Selly, Penipu lewat facebook ditangkap

Selly Yustiawati alias Rassellya Rahman Taher (26), merupakan penipu berparas cantik di situs jejaring sosial atau facebook . Berdasarkan pengakuan Selly, kedatangannya ke Bali untuk berlibur. Selly menjadi buronan polisi karena telah menipu banyak orang di berbagai tempat seperti di Jakarta, Tangerang, Depok, dan Bandung.
Modus
Selly mulai melakukan penipuan sejak tahun 2009 dengan korban sudah mencapai puluhan orang.  la dijebak dan digiring  ke kepolisian Sektor Tanah Abang, Jakarta Pusat, pada awal tahun 2010, tetapi kembali melenggang bebas dan kembali "menipu".
Setahun silam, Selly sempat menjadi topik perbincangan hangat di facebook karena telah menipu dan menggelapkan uang ratusan orang di sejumlah kota besar di Indonesia. Modusnya ia menawarkan investasi melalui bisnis pulsa elektrik dengan keuntungan berlipat.  Setelah para korban mentransfer sejumlah uang ke rekeningnya, Selly langsung kabur membawa uang hasil kejahatannya.
Pada 2009, Selly juga pernah mengaku menjadi wartawati Kompas. Ia menipu dan menggelapkan uang sejumlah karyawatn Hotel Grand Mahakam dan Kompas Gramedia Jakarta.
Penangkapan
Selly ditangkap oleh aparat Polsek Denpasar Selatan di kamar 530 Hotel Amaris, Kuta-Bali, Sabtu (26/3/2011). Penangkapan berawal dari adanya infomasi bahwa Selly tengah berlibur bersama kekasihnya, berinisial B
Senin sore, dia diberangkatkan ke Jakarta untuk melanjutkan perjalanan ke Bogor. Kasusnya akan diproses Polres Bo­gor Kota dikarenakan sejak Maret 2010 ia sudah dimasukkan dalam daftar pencarian orang oleh Pohres Bogor Kota.  Pasalnya, beberapa korbannya di Kota Bogor melapor ke polisi yang salah satunya adalah warga Kelurahan Ranggamekar, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, Vc (26), yang kehilangan Rp 10 juta.
la diberangkatkan dari Denpasar menuju Jakarta menggunakan pesawat Citylink, pukul 15.00. la baru bertolak dari Bandara Soekarno-Hatta pukul 17.30 dan tiba di Polres Bogor Kota pukul 21.23 WIB.
Setelah itu, Selly masuk ke ruang Satuan Reskrim Polres Bogor Kota di Jalan Kapten Muslihat Hanya sekitar 15 menit setelah itu, ia kembali keluar ruangan dan menuju mobil yang sama untuk dibawa ke ruang tahanan di Kedung Halang, se­kitar lima kilometer dari sana.
Ia tetap tenang ketika berjalan, tetapi tidak ada sepatah kata pun yang meluncur dari bibirnya.  la didampingi penasihat hukumnya, Ramdan Alamsyah. Ramdan mengaku akan mendampingi Selly semaksimal mungkin. Namun, dia mengaku belum banyak berbincang soal latar belakang, kronologi, Ataupun motif di balik kasus-kasus penipuan yang melibatkan kliennya.   Begitu pula dengan jumlah korbannya di sejumlah kota yang disebut-sebut mencapai puluhan orang.  
Dalam pemeriksaan awal, ia membantah telah menipu lewat facebook, dia mengaku hanya meminjam sejumlah uang kepada teman-temannya dan berniat akan mengembalikannya.  Selly bisa dijerat dengan Pasal 378 KUHP dengan ancaman empat tahun penjara 
Sumber : Harian Kompas tgl 29 Maret 2011 dan liputan6.com  28/03/2011

(2).  Malinda, Pembobol Citibank  ditangkap

Markas Besar Polri kembali menangkap satu tersangka dalam kasus penggelapan dana nasabah Citibank sebanyak Rp. 17 milliar oleh MD yang diduga bernama Melinda Dee yang diduga bertugas sebagai Vice President dalam Bank Asing cabang Pondok Indah, Jakarta Selatan.
Modus
Modus operandinya sendiri yakni pelaku sebagai karyawan Bank dengan sengaja telah melakukan pengaburan transaksi dan pencatatan tidak benar terhadap beberapa slip transfer.  Slip transfer penarikan dana pada rekening nasabah untuk memindahkan sejumlah dana milik nasabah tanpa seizin nasabah ke beberapa rekening yang dikuasai oleh pelaku.
Melinda dibantu D (teller) dimana D diduga membantu Melinda saat memanipulasi data nasabah CitiBank tanpa izin dan memindahkan sejumlah dana ke rekening Melinda.
Diduga masih banyak tersangka lain yang ikut membantu Malinda dalam aksinya. Penyidik, telah memeriksa saksi sebanyak 13 orang terdiri dari karyawan bank dan korban pelapor sebanyak tiga orang,
Penangkapan
Setelah Melinda ditangkap, Polri telah menetapkan Melinda sebagai tersangka pada pekan kemarin.  sedangkan D ditangkap (29/3) di kawasan Bintaro, Jakarta Selatan.
Polri menyita satu unit mobil Hummer-3 warna putih yang diperkirakan senilai Rp. 3.4 milliar, satu unit mobil Mercedes Benz, dokumen-dokumen transaksi dan beberapa bukti lainnya yang saat ini dititipkan di rumah penitipan barang sitaan (Rupbasan).
Sumber : Liputan6.com, 29/03/2011

(3).  Pencuri yang sial, ditangkap

 New York - Seorang pencuri mengalami hari sialnya, Jumat (18/3), karena terjebak dalam saluran pembuangan udara panas dari pemanggang yang dipakai seharian penuh di restoran Paesan's Pizza di New York
Modus
Malam sebelumnya, Timothy Cipriani (46) memanjat pohon, naik ke atap, dan masuk lewat saluran pembuangan udara setelah restoran tutup.
Ditangkap
Malang, Cipriani terjebak dan tak bisa melepaskan diri. Dia sangat kebingungan dan berteriak minta tolong. Polisi pun datang menolongnya di pagi hari. "Dia mengira dirinya akan mati. Pemanggang di bawahnya dipakai sepanjang hari sehingga saluran pembuangan udaranya masih panas," ujar Letnan Michael Brown, juru bicara kepolisian Rotterdam, New York Cipriani, yang berlepotan abu dan minyak ditahan di Penjara Schenectady County de­ngan tuduhan percobaan perampokan, memililik peralatan un­tuk merampok dan merusak milik orang. Dia dikenai denda 20.000 dollar AS.
Sumber : Harian Kompas tgl. 23 Maret 2011

Keterangan Gambar : diambil dari internet
Sumber : tercantum pada masing-masing topik

Bacaan sebelumnya : Kejahatan dan keamanan sekitar kita (Bagian 2)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar