Selasa, 22 Februari 2011

Tempat dan Obyek yang Indah dan Mengagumkan di Dunia (Bagian 2)


Merupakan kumpulan tempat-tempat dan obyek yang sangat menarik dari  berbagai penjuru dunia untuk diketahui atau sebagai bahan kunjungan wisata, mengagumkan dan menakjubkan karena keindahan alam atau obyek.   Sudah banyak tulisan dan sumber untuk obyek-obyek ini tetapi untuk Edisi ini dicoba kembali dikemas/ditampilkan informasi dari 6 obyek, yaitu :  Jeram Niagara Kanada  (Amerika Serikat), Kincir Angin  (Belanda),  Gunung Fujiyama (Jepang), Suku Aborigin (Australia), Piramid (Mesir), dan Candi Prambanan (Indonesia).



1. Jeram Niagara (Kanada dan AS)
Niagara merupakan air  terjun besar di Sungai Niagara yang berada di perbatasan internasional antar Negara bagian AS New York dengan provinsi Kanada Ontario.  Airterjun berjarak 17 mil (27 km) sebelah barat laut dari Buffalo New York dan 75 mil (120 km) tenggara Toronto Ontario.
Niagara adalah nama kelompok dari 3 air terjun yaitu Horseshoe (kadang-kadang disebut air terjun Kanada), air terjun Amerika dan yang lebih kecil air terjun Bridel Neil yang dipisah sebuah pulau Luna Island dan air terjun utama.
Walaupun tidak terlalu tinggi tetapi sangat popular dan terkenal  dimana lebih dari 6 juta  kaki kubik (160.000 m3) per menit dan merupakan air terjun paling kuat.  Juga dikenal dengan pelanginya yang indah.  Air terjun ini dikunjungi jutaan orang wisatawan yang sengaja dating ke sini.

Niagara tahun 1869









2.  Kincir Angin 



Sejak zaman kuno, manusia telah memanfaatkan kekuatan angin untuk memberikan tenaga motif untuk transportasi. Juga untuk penggilingan gabah untuk menghasilkan tepung.  tidak diketahui kapan dimulai ada tetapi kemungkinan asal Persia,  yang selanjutnya menyebar ke Eropa Utara sebagai akibat Perang Salib.
Angin tidak non-sumber daya manusia pertama diterapkan pada tugas jagung gerinda - itu didahului oleh kedua daya hewan, dan dalam semua kemungkinan oleh tenaga air).
millwrights Eropa menjadi pengrajin sangat terampil, mengembangkan teknologi yang sangat, dan sebagai Eropa berangkat menjajah seluruh dunia, kincir angin menyebar ke seluruh dunia.
The pinakel desain kincir angin termasuk yang dibangun oleh Inggris, yang mengembangkan banyak maju "kendali otomatis" mekanisme selama berabad-abad, dan Belanda (yang digunakan secara ekstensif kincir angin untuk memompa air dan untuk keperluan industri, serta untuk menggiling biji-bijian.
Dengan berkembangnya tenaga uap maka kekuatan angin berkurang karena dianggap kurang ekonomi.  Kincir angin yang tersisa tersebar di seluruh dunia sebagai peninggalan bersejarah teknologi masa lalu.
Pemanfaatan angin dalam bentuk turbin angin menghasilkan listrik, dan dalam bentuk windpumps skala kecil dengan teknologi sederhana masih digunakan secara luas di dunia pertanian.
Bukti kincir angin di Inggris berasal dari abad ke-12 untuk "pabrik".  Abad ke-14 dan 15 memberikan bukti awal apa yang tampak seperti pabrik, dengan ilustrasi yang terjadi di media yang beragam seperti peringatan kuningan, kaca patri, dan ukiran kayu, serta catatan naskah yang diharapkan.
Dengan menggunakan batu bata atau batu untuk tubuh, pabrik menara dapat dibangun lebih besar dan lebih tinggi dari pabrik baju, dan menjadi bahan bangunan lebih tahan lama, pabrik-pabrik lebih tahan cuaca, dan lebih tahan api.
Kincir angin itu sengaja dipasang didekat pantai untuk mencegah naiknya air kepermukaan daratan dan juga untuk pembangkit tenaga listrik, hal ini disebabkan karena kebanyakan tanah negeri Belanda berada dibawah permukaan laut

 
3.  Gunung Fujiyama (Jepang)



Gunung Fuji adalah gunung keabadian atau orang Jepang menyebutnya Fuji san (san berarti gunung, khusus untuk menyebut gunung Fuji) merupakan gunung berapi aktif yang terletak di perbatasan Prefektur Shizuoka dan Yamanashi. Ketinggian gunung Fuji adalah 3.776 M. Gunung ini adalah simbol bagi negara Jepang selain bunga sakura.
Legenda/cerita yang menarik …….
Dikisahkan pada jaman dahulu kala hidup sepasang kakek penebang bambu dan  nenek di desa terpencil. Pada suatu hari ketika sang kakek akan menebang bambu, ia melihat bambu yang bercahaya seperti emas. Karena penasaran, maka sang kakek memotong bambu tersebut dan ternyata di dalam bambu  itu ditemukan anak perempuan yang kira-kira tingginya 9 cm.
Sang kakek kemudian membawa anak perempuan itu pulang ke rumah dan memberi nama anak itu Kaguya. Setelah merawat Kaguya, setiap kakek pergi ke gunung untuk menebang bambu, di dalam bambu tersebut pasti ditemukan emas. Kehidupan merekapun menjadi makmur berkat Kaguya.
Tak terasa putri Kaguya tumbuh menjadi sosok putri yang sangat cantik sampai kecantikannya itu tersebar ke seluruh pelosok negeri. Banyak orang-orang dari kalangan berada sampai pajabat kerajaan ingin mempersunting putri Kaguya, tetapi entah mengapa putri Kaguya menolak lamaran mereka. Putri Kaguya memikirkan cara untuk menolak lamaran mereka dengan menyuruh membawa barang-barang yang mustahil adanya, dan siapa yang berhasil maka dia akan menerima lamarannya. Barang-barang tersebut diantaranya adalah mangkuk suci sang Buddha, kalung yang terbuat dari bola mata naga, kipas bercahaya dan lain-lain. Para lelaki itu datang dengan membawa barang yang diminta, namun semua barang yang dibawa itu palsu karena barang yang diminta putri Kaguya tersebut mustahil ditemukan di bumi ini.
Malam bulan purnamapun akan segera dating, sambil memandang bulan, putri Kaguya menangis dalam kesedihan. Kakek dan nenek merasa khawatir kenapa putri kesayangannya merasa sedih. Akhirnya pada tanggal 8 Agustus, putri Kaguya menyampaikan perasaannya kapada kakek dan nenek. Ia mengaku bahwa sebenarnya ia berasal dari bulan dan harus kembali ke bulan saat bulan purnama tiba.
Putri Kaguya sedih karena harus meninggalkan kakek dan nenek yang dicintainya. Karena tidak mau kehilangan putri Kaguya, maka kakek dan nenek berusaha mempertahankan putri Kaguya saat sang putri dijemput oleh utusan bulan untuk kembali ke bulan. Namun usahanya itu sia-sia. Akhirnya putri Kaguya pergi menuju bulan.
Sebagai kenang-kenangan dan tanda terima kasih, putri Kaguya memberi Fushi no kusuri (Obat hidup kekal) kepada kakek dan nenek yang selama ini merawatnya. Sayangnya, kakek membakar obat itu karena ia merasa meskipun bisa hidup abadi dengan meminum obat itu, tanpa ada Kaguya di sisi mereka apalah artinya. Kakek membakar obat itu di atas puncak gunung tertinggi di Jepang. Gunung tempat sang kakek membakar obat itu kemudian diberi nama Fushi no yama (gunung abadi), dan gunung itu sekarang dikenal dengan nama Fujiyama.
Sumber : kucarikaudisini.onsugar.com dan metrogaya.com

4.  Suku Aborigin (Australia)



Suku Aborigin dan Torres Strait Islander adalah suku Pribumi Australia. Mereka sudah tinggal dan memelihara tanah air Australia selama hampir 60.000 tahun dengan menggunakan sistem pemerintahan dan hukum mereka sendiri. Konon, mereka menetap di benua terkecil itu selama ribuan tahun yang lalu. Tapi kemudian mereka tergeser oleh bangsa pendatang yang lebih “cerdas” berkulit putih dari Eropa.
Secara fisik, suku Aborigin seperti orang-orang Papua : berkulit gelap dan berambut keriting, tapi sekarang sudah mengalami perubahan, yakin berkulit kecoklat-coklatan dan berambut ikal. Asal mulanya mereka mempunyai daratan yang sama. Para ilmuwan menyatakan, karena proses alam yang bergerak, daratan besar itu kemudian berpisah. Di sebelah selatan menjadi Australia. Sementara di daratan sebelah utara menjadi pulau Papua yang masuk wilayah Indonesia. Klop dengan nama Australia berasal dari kata “Australis” yang dalam bahasa latin berarti “Selatan”, sementara orang Belanda menyebut “Australische” yang memiliki makna sama.
Suku berkulit gelap itu kemudian terpisah, keduanya menjalani nasib sendiri-sendiri di negara yang berbeda baik di Indonesia maupun Australia mereka sulit eksis karena keterbelakangan. Rupanya, perbedaan warna kulit yang mencolok di daratan selatan menjadikan suku aborigin kurang berutung. Kaum pendatang di Australia yang berkulit putih mulus memperlakukan peduduk asli itu tidak sewajarnya.

Di saat persemakmuran Australia berdiri pada 1 Januari 1701 misalnya, suku aborigin dianggap bagian dari fauna!  Namun pandangan Australia berangsur-angsur melunak dan memberikan ruang bagi penduduk asli tersebut setelah (konon) banyak melakukan pembunuhan.
Caranya yang agak unik : Australia menetapkan politik asimilasi untuk mencampur dua jenis manusia yang memiliki warna kulit berbeda itu.  Anak-anak aborigin dipisahkan dari keluarganya secara paksa kemudian di tempatkan di panti asuhan untuk “diputihkan”. Sebagian kemudian diasuh oleh si kulit putih sebagai pekerja atau pembantu. Anak laki-laki dipungut untuk dijadikan pekerja gratis di peternakan terpencil. Mereka dihukum berat ketika berbuat tidak salah atau sesuatu yang tidak menyenangkan. Sama seperti apartheid, rupanya nasib aborigin juga ditentukan oleh warna kulit. Dari sinilah muncul istilah “the stolen generation” yang membuat Perdana Menteri Australia sekarang, Kevin Rudd, meminta maaf.
Sumber : meiyclover.blogsome.com dan peradabandunia.co.cc

Film “Australia”


Australia adalah film bertema drama romantis yang disutradarai oleh Baz Luhrmann dan dibintangi oleh Nicole Kidman dan Hugh Jackman. Film ini bersetting di Australia antara tahun 1939 – 1942 dan berlatar belakang perang dunia II. Kota yang digunakan untuk lokasi syuting diantaranya Sydney, Darwin, Kununurra, dan Bowen. Film ini mengisahkan kehidupan warga kulit putih dari Inggris yang tinggal bersama suku asli Australia, suku aborigin.
  
Juara Ice Skating Bergaya Suku Aborigin …


Dua pemain ice skating asal Rusia, Routine sees Domnina, 25 tahun, dan Shabalin, 27 tahun, menjuarai kompetisi ice skating yang sedang berlangsung di Rusia. Selain kostumnya yang unik dengan menggunakan baju ala suku Aborigin, gaya mereka juga enerjik. Itulah yang menyebabkan mereka memperoleh medali emas.
Sumber : adipedia.com/2010/01 dan henrygunawan.wordpress.com/2009/07/19

5.  Piramid (Mesir)
Piramida Mesir adalah monumen besar dengan dasar persegi dan empat sisi segitiga naik sampai titik tertentu. Ada banyak rasa ingin tahu yang terkait dengan piramida untuk pembentukan mereka, apakah itu alam. 


Orang Mesir mulai membangun mereka setelah 2700 SM dan dibangun sebagai makam untuk Firaun. Yang paling terkenal dan piramida terbesar di Mesir adalah Piramida di Giza yang dikatakan terbesar yang pernah dibangun, dan Piramida Besar di Giza waktu 23 tahun untuk menyelesaikan selama tenaga kerja dari 30.000. Sekitar 118 piramida telah diidentifikasi dan sangat terkenal dengan orang-orang dari seluruh dunia.

Membuka Rahasia Piramida ….
Robot akan Membuka Rahasia Piramida - Robot.jpg
ist
Robot
Robot penjelajah yang merupakan bagian dari Proyek Djedi, dilengkapi dengan kamera serat optik berukuran mini untuk melihat ke berbagai sudut yang sulit, akan masuk ke ruang kuburan sang Ratu di dalamPiramida yang letaknya berada lebih dalam dibandingkan kuburan Raja (Kuburan Raja terletak lebih dekat dengan pintu keluar agar rohnya bisa dengan mudah menemukan jalan ke alam baka).  Robot ini dibuat oleh para peneliti dari Universitas Leeds bekerja sama dengan Dessault (perusahaan penerbangan asal Prancis) dan Scoutec (perusahaan robotika asal Inggris).  


Tugas robot tersebut akan memeriksa kekuatan batu dengan menggunakan satelit ultrasonik. Selain itu, robot ini bisa mengeluarkan mikrobot berdiameter 0,7 inci.  Roda nilon dan serat karbon yang baru tidak mencengkeram, tapi menggelincir di atas permukaan batu agar tidak mengubah permukaan batu piramida yang sensitive sehingga kerusakan yang diakibatkan bisa sangat minimal.  Dilengkapi kamera serat optik berukuran mini untuk melihat ke berbagai sudut yang sulit.
Robot baru ini akan jadi robot ketiga yang pernah berusaha menjelajah kubur Ratu. Ekspedisi dengan robot pertama mendapati pintu besar yang terkunci. Robot kedua mendapati pintu lagi di balik pintu besar pertama tersebut. Dengan mikrobot dan bor, robot ketiga ini diharapkan bisa melewati halangan serupa.

Mumi Ptahmes Lenyap dari Makamnya ..
Sejumlah arkeolog - tim dari departemen arkeologi Universitas Kairo - dalam sebuah operasi penggalian di wilayah itu yang dimulai di tahun 2005 berhasil menemukan makam walikota Memphis, ibukota Mesir kuno, Ptahmes, yang telah berusia 3.300 tahun. Namun, mumi Ptahmes tidak berhasil ditemukan di makam itu. 
Di sisi altar dan ruangan lain yang mereka berhasil temukan, para arkeolog menemukan sebuah tembok yang masih nyata memperlihatkan ukiran gambar orang sedang memancing dari sejumlah perahu yang dibuat dari daun papirus. Juga ditemukan berbagai jimat dan arca.
 

Lokasi makam ini pernah hilang tertimbun pasir gurun sejak para pemburu harta karun di abad 19 melucuti sejumlah panel dekorasi temboknya. Ptahmes, adalah seorang panglima perang, pengawas harta dan penasehat kerajaan di masa kekuasaan Seti I dan anak serta pewaris tahtanya, Ramses II, di abad ke-13 SM.
Makam ini ditemukan di awal tahun di area nekropolis atau kompleks pemakaman kuno di Saqqara, selatan Kairo. Penemuan ini menjawab sebuah teka-teki sejak 1885, ketika sejumlah ekspedisi asing mencuri sejumlah bagian dari makam itu, yang lokasinya lantas dilupakan orang.
Sejumlah artefak yang disimpan di museum di Belanda, Amerika Serikat, dan Italia, termasuk Museum Mesir di Kairo, hanya memberikan sedikit petunjuk tentang makam Ptahmes ini.
Sumber: chikaadc.files.wordpress.com/2010/04 dan Tribunnews.com, 17/8/2010 dari LiveScience dan Tribunnews.com,  11/10/2010

6.  Prambanan (Indonesia)
Candi Prambanan adalah candi Hindu terbesar di Asia Tenggara. Candi Prambanan dengan tinggi 47 meter terletak di perbatasan Jawa Tengah dan Yogyakarta. Candi ini dibangun pada sekitar tahun 850 Masehi. Arsitektur bangunan ini sangat megah dan terdapat candi-candi baik besar maupun kecil pada Komplek Candi Prambanan ini. Juga ada legenda bahwa candi-candi tersebut hanya dibuat dalam satu malam saja oleh kesaktian Bandung Bondowoso sebagai syarat mempersunting Loro Jonggrang. Kehebatan arsitekturnya yang memukau dunia.



Tepat letaknya berada 17 km arah timur Yogyakarta di tepi jalan raya menuju Solo. Candi yang utama yaitu Candi Siwa (tengah), Candi Brahma (selatan), Candi Wisnu (utara). Didepannya terletak Candi Wahana (kendaraan) sebagai kendaraan Trimurti; Candi Angkasa adalah kendaraan Brahma (Dewa Penjaga), Candi Nandi (Kerbau) adalah kendaraan Siwa (Dewa Perusak) dan Candi Garuda adalah kendaraan Wisnu (Dewa Pencipta).


Pada dinding pagar langkan candi Siwa dan candi Brahma dipahatkan relief cerita Ramayana , sedangkan pada pagar langkah candi Wisnu dipahatkan relief Krisnayana. masuk candi Siwa dari arah timur belok ke kiri akan anda temukan relief cerita Ramayana tersebut searah jarum jam, relief cerita selanjutnya bersambung di candi Brahma.


Candi Prambanan dikenal kembai saat seorang Belanda bernama C.A.Lons mengunjungi Jawa pada tahun 1733 dan melaporkan tentang adanya reruntuhan candi yang ditumbuhi semak belukar. Usaha pertama kali untuk menyelamatkan Candi Prambanan dilakukan oleh Ijzerman pada tahun 1885 dengan membersihkan bilik-bilik candi dari reruntuhan batu. Pada tahun 1902 baru dimulai pekerjaan pembinaan yang dipimpin oleh Van Erp untuk candi Siwa, candi Wisnu dan candi Brahma. Perhatian terhadap candi Prambanan terus berkembang. Pada tahun 1933 berhasil disusun percobaan Candi Brahma dan Wisnu. Setelah mengalami berbagai hambatan, pada tanggal 23 Desember 1953 candi Siwa selesai dipugar. Candi Brahma mulai dipugar tahun 1978 dan diresmikan 1987. Candi Wisnu mulai dipugar tahun 1982 dan selesai tahun 1991. Kegiatan pemugaran berikutnya dilakukan terhadap 3 buah candi perwara yang berada di depan candi Siwa, Wisnu dan Brahma besarta 4 candi kelir dan 4 candi disudut / patok.


Kompleks candi Prambanan dibangun oleh Raja-raja Wamca (Dinasty) Sanjaya pada abad ke-9. Candi Prambanan merupakan kompleks percandian dengan candi induk menghadap ke timur, dengan bentuk secara keseluruhan menyerupai gunungan pada wayang kulit setinggi 47 meter. Agama Hindu mengenal Tri Murti yang terdiri dari Dewa Brahma sebagai Sang Pencipta, Dewa Wisnu sebagai Sang Pemelihara, Dewa Shiwa sebagai Sang Perusak. Bilik utama dari candi induk ditempati Dewa Shiwa sebagai Maha Dewa sehingga dapat disimpulkan candi Prambanan merupakan candi Shiwa. Candi Prambanan atau candi Shiwa ini juga sering disebut sebagai candi Loro Jonggrang berkaitan dengan legenda yang menceritakan tentang seorang dara yang jonggrang atau gadis yang jangkung, putri Prabu Boko, yang membangun kerajaannya diatas bukit di sebelah selatan kompleks candi Prambanan
Uraian mengnai Candi Prambanan dapat dilihat di sini.
Sumber a.l. : candidiy.tripod.com

Keterangan Gambar : diambil dari internet
Disusun dari berbagai sumber.
Bacaan sebelumnya Bagian 1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar