Senin, 21 Februari 2011

Film Kartun dan Perkembangannya (Bagian 3-Tamat)



Untuk Bagian 3 ini memuat cerita ringkas film-film kartun lanjutan dari Bagian 2 dengan pengelompokkan secara  garis besar yaitu : Sifat binatang terhadap manusia, Kerajaan (Putri dengan Pangeran), Tokoh manusia, Menegangkan, dan Keteladanan, serta Film-film kartun lainnya.



Binatang terhadap manusia

1.  Bee Movie. 
Sebuah film kartun komedi yang akan mengubah semua pandangan tentang lebah, yaitu seekor lebah yang baru saja lulus kuliah, bernama Barry B.Benson (Jerry Seinfeld) menyadari bahwa dirinya hanya mempunyai satu pilihan untuk menghasilkan madu.  Saat menjalani petualangan barunya yang beresiko, ia melanggar aturan paling utama dalam dunia lebah dan berbicara dengan manusia, seorang ahli bunga di New York bernama Vanessa (Renee Zellweger). Barry terkejut saat ia mengetahui bahwa manusia telah mencuri dan menikmati madu lebah selama berabad-abad, dan ingin menuntut manusia karena telah mencuri madu mereka yang sangat berharga.

2. Chicken Little
Cerita tentang anak ayam yang lebih sering teraniaya dan tak dipercaya karena satu kesalahan, lalu ia bisa buktikan bahwa kesaksiannya melihat makhluk asing dari planet lain adalah benar.  Animasinya dibuat penuh dengan imajinasi.
http://ourlovenotes.com/wp-content/uploads/2009/06/chicken-run1-150x150.jpg

3. Chicken Run.


Merupakan salah satu animasi dengan tiga dimensi, tentang ayam-ayam yang ingin membebaskan diri dari sang majikan, animasi tiga dimensi.

4. The Ant Bully.


Sebuah kebencian yang berubah jadi persahabatan antara manusia dan semut. 


Menegangkan

1. Dinosaurus.  
Merupakan film animasi dengan system computer dimana obyek nyata (manusia dan alam) dipadu dengan binatang purba (dinosaurus) yang telah punah jutaan tahun lalu, dimana obyek yang sudah punah tersebut seolah ada dan hidup.  Pada setiap serial pada intinya manusia bisa melihat dinosaurus hidup yang sangat mengagumkan, tetapi dalam bagian film selanjutnya cukup menegangkan karena binatang tersebut banyak menewaskan orang/peserta petualang yang mendatangi temapat hidup binatang tersebut. Dibuat dalam film layar lebar berjudul Jurasic Park (Cat. : tehnik tinggi animasi?).
Atau juga film sepenuhnya yang menggambarkan Dinosurus binatang jaman purba


2. Scooby Doo.
Kisah geng antara Shaggy, Scooby, Thelma, Freddy dan Daphne ini sangat melegenda. Telah mengudara di TV dunia sejak tahun 1960-an, dan di Indonesia sendiri kartun ini sangat digemari karena kisahnya yang misterius dan endingnya yang kadang tak terduga.  Tetapi terkadang cukup menegangkan ketika dikejar ‘hantu bayangan’.

Kerajaan (Putri dan Pangeran)

1.       Beauty and the Beast
Merupakan film animasi yang diproduksi oleh walt disney yang perdana di Hollywood pada tanggal 13 November 1991.  Cerita ini mengisahkan seorang pemuda tampan yang ditipu oleh pengemis tua melalui bunga yang akibatnya dia mendapat kutukan menjadi binatang buruk rupa. mawar itu akan terus mekar hingga 21 tahun hari ulang tahunnya. dalam jangka waktu itu, sipemuda harus dapat mencintai dan di cintai karena jika tidak kutkan tersebut akan tetap ada selama hidupnya. Namun siapa sangka, disaat-saat terakhir kelopak mawar itu jatuh ada seorang wanita cantik yang bisa mencintainya, sehingga si pemuda dapat menikmati kehidupannya dengan normal bersama pujaan hatinya

2. Mulan. (1998).


Cerita tentang seorang anak putri di Jepang yang ingin membela tanah air, dengan menyamar menjadi pria agar ayahnya tidak dikirim ke medan perang.  Pada saat itu, anak puteri lain seusianya berada di pintu pernikahan.  Ada pesan dari sang ayah untuk Mulan” bunga yang gugur paling akhir, biasanya adalah bunga yang paling harum dari sekian bunga yang ada di pohon.”.

3. Snow White


Snow White. Disney.  Dikejar oleh seorang ratu cemburu, bersembunyi di sebuah gubuk di mana tujuh kurcaci hidup, selanjutnya ratu dating yang menyamar menjadi sebuah apel racun, tapi Prince Charming-nya membangunkan dengan ciuman.

4. Cinderella.
Merupakan produksi Walt Disney dengan tokoh seorang putri dengan pangeran yang pertemuannya sangat dramatic.  Cerita ini diambil dari kisah yang sudah tidak asing lagi.

5. The Little Mermaid.


Produksi Walt Disney, dengan tokoh Putri duyung cantik yang bernama Ariel jatuh cinta pada seorang Pangeran manusia, hingga dia rela mengorbankan suara indahnya demi mendapatkan sepasang kaki untuk dapat dekat dengan sang pangeran. Sayangnya Pangeran yang malah jatuh cinta pada suaranya Ariel, terus mencari pemilik suara tersebut.   Dongeng the little mermaid ini dapat ditemui dibuku kumpulan dongeng dunia karya Hans Christian Andersen dan telah diadaptasi ke layar lebar oleh Disney Classic dengan judul sama. Gw suka banget film kartun ini, selain ceritanya menarik. karakter2nya lucu2 dan musiknya bagus.  Dongeng klasik ini emang berasal dari negeri Denmark dimana cerita ini sudah bagaikan legenda, yang saking terkenalnya hingga mereka merasa perlu membuat monumennya dan dengan gencarnya mereka mempromosikan keseluruh dunia.


6.    Aladdin.


Produksi Walt Disney yang mengambil cerita dari kisah seribu satu malam yaitu Aladin dengan lampu wasiatnya yang kalau digosok keluar Jin-nya.  Aladin tertarik kepada seorang Putri Raja lewat di depan rumahnya, dan dengan bantuan ibunya dan lampu wasiat berusaha untuk mendapatkan jodoh dengan sang Putri.

7. Pocahontas" (1995), Disney

 Maaf cerita belum teringkas, terlanjur tayang, tks

8. The Princess and The Frog
Film yang dirilis tahun 2009 ini merupakan adaptasi dongeng Eropa "Pangeran Kodok" Disney membuat putri berkulit hitam. Dalam cerita Disney itu, sang putri adalah Tiana, seorang koki yang berbakat dan memimpikan memiliki rumah makan seperti ayahnya. Untuk mendapatkan impian itu, gadis kulit hitam dari New Orleans mesti mencium seekor kodok. Tiana kemudian mesti melintasi sebuah payau gelap agar mendapat obat pemunah kutukan dari seorang dukun voodoo yang baik hati. Sebagai "punakawan" dalam film Disney itu, ditampilkan seekor kunang-kunang dan alligator yang gemar bermain trumpet. Belakangan, kodok yang dicium itu ternyata Pangeran Naveen dari negeri yang jauh bernama Maldonia. Tiana tampil bak seorang putri betulan. Ia mengenakan tiara dan rambut disanggul dengan anggun.

Tokoh Manusia

1. Popeye


Popeye si Pelaut yang dikenal dengan lengannya yang berotot dan doyan makan bayam akhirnya akan kembali hadir di layar lebar dalam bentuk tiga dimensi (3D). Berbagai majalah juga telah melaporkan adanya kesepakatan untuk membuat film animasi itu. Popeye yang memiliki kisah cinta dengan Olive Oyl beserta saingannya, Bluto, dan anak angkatnya, Swee Pea. Namun, tanggal perilisan film tersebut belum diumumkan. Yang pasti, film itu akan diproduksi oleh Sony Pictures Animation dengan ImageWorks yang akan menangani grafis komputernya.

2. Dragon Ball
Dragon Ball (ドラゴンボール) adalah sebuah manga dan anime Jepang yang dikarang oleh Akira Toriyama dari tahun 1984 sampai 1995. Albumnya terdiri dari 42 buku dan di Indonesia diterbitkan oleh Elex Media Komputindo. Sebelumnya Dragon Ball juga pernah diterbitkan oleh Rajawali Grafiti.Dragon Ball bercerita tentang seorang bocah bernama Goku yang hidup di tengah gunung sendirian. Dia lalu bertemu dengan Bulma, seorang gadis muda jenius, yang berusaha mengumpulkan 7 bola ajaib yang katanya bisa mengabulkan semua keinginan. Bola-bola tersebut dinamakan Dragon Ball.

3. The Simpsons
The Simpsons adalah sebuah serial kartun komedi Amerika Serikat yang populer. Simpson diciptakan oleh Matt Groening dan mulai ditayangkan sebagai potongan acara Tracey Ullman Show pada tahun 1989. Setiap episode Simpsons berfokus pada kehidupan keluarga Simpsons yang terdiri dari Homer, Marge, Bart, Lisa dan Maggie. Keluarga Simpsons ini disertai banyak tokoh-tokoh pendukung yang sendiri juga telah cukup dikenal para penontonnya.Meskipun berformat kartun, Simpsons merupakan acara yang ditujukan untuk pemirsa dewasa. Tema-tema yang diangkat beraneka ragam dan tak jarang, kontroversial, misalnya tentang politik dan homoseksualitas. Serial ini sukses karena humor-humornya yang mengena pada penonton dan kreatif. Selain itu, Simpsons juga banyak mengundang pengisi suara tamu, baik aktor, politikus, olahragawan dll.

4. Barbie
Film animasi Barbie berawal dari mainan berupa boneka dengan tokoh gadis perempuan “Barbie” dengan kesan anggun, pirang, bermata hijau, bergaun sedikit feminism, baik hati, dan bermacam assesoris yang menarik.


Film-film Barbie sangat berpengaruh terhadap anak-anak puteri pada umumnya, karena setelah menonoton film Barbie biasanya mereka akan mengikuti gayanya sang barbie yang lemah lembut dan oleh sebab sering menyaksikan Barbie maka kebanyakan mereka akan mengemari warna pink dan ungu, yang nerupakan dominasi warna dalam film barbie.


Keteladanan (anak)

1. Unyil.


Film animasi buatan Indonesia dengan tokoh utama bernama Unyil merupakan anak yang cukup pandai, sedangkan peran lainnya adalah Pak Raden yang cepat marah, Ableh yang mata duitan.  Merupakan film animasi (boneka) serial televise yang banyak digemari baik oleh anak-anak maupun orang dewasa.

2. Ipin dan Upin. 


Tokoh dari film animasi ini adalah 2 bocah gundul yang menggemaskan dan sarat dengan nuansa kesehajaan dengan muatan pendidikan.  Meski baru ditayangkan sejak tahun 2007, tapi Upin dan Ipin mendapatkan reaksi yang luar biasa di Indonesia. Meskipun kartun ini teknologinya tidak secanggih kartun lainnya, namun dialek Malaysia yang sangat kental dari duo kakak beradik ini sangat populer. Semua merchandise-nya laku keras, mulai dari film, poster, mainan, sampai ringtone-nya! Meski kadang ceritanya agak mengada-ada, namun humor "berhasil" menghidupkan cerita kartun yang satu ini.

3. Si Komo


Film animasi yang mengambil tokoh peran “Si Komo” yang terinspirasikan dari binatang langka di Indonesia “Komodo”.  Pada tahun 1990-an lalu, anak-anak Indonesia mempunyai acara yang sangat menarik produk asli nusantara : Si Komo, boneka komodo yang lucu.  Merupakan sebuah tayangan hiburan TV yang diasuh oleh Kak Seto, berupa sandiwara boneka, yang disiarkan TPI. Dalam ceritanya, Komo ditemani oleh tokoh lain seperti, Belu (bebek lucu), Dompu (domba putih), Piko (sapi …. ), serta Ulil (ulat kecil), menceritakan kehidupan sehari-hari yang sering dialami oleh anak-anak, dengan tokoh antagonis si Ulil. Kak Seto akan memasukkan unsur edukasi, pesan moral dan etika di dalam setiap pementasan si Komo.  Pada jamannya apabila di jalan atau jalan tol ada kemacetan terdapat istilah “Gara-gara Si Komo Lewat …”, yang diambil dari penggalan lagu Si Komo karya Kak Seto Mulyadi.

Film-film Lainnya
Mobby Dick si lumba-lumba, Sleeping Beauty. Disney, Chip n Dale, Pluto, Goofy, Disney Rarities, Celebrated Shorts
Treasure on the Front Line, Silly Symphony,
Brother Bear, , Anastasia, , The Land Before Time, The Ugly Duckling and Me,  Happy Feet, , The Incredibles, Franklin,  Lilo and Stik, Ice Age.
Dan ..... tentunya masih banyak materi yang belum tercakup dalam ke-3 bacaan ini. 
Sebagai informasi tambahan bahwa rumah seperti pada gambar berikut terinspirasi dari film kartun. 

Keterangan Gambar : diambil dari internet

Tammat.

Sumber bacaan a.l :
http : hiburan.kompasiana.com/film/2010/09/15, indigoword.blogspot.com, ourlovenotes.com, ir2brothers.blogspot.com/2010/05, ceritaserupanashot.co.cc, www.21cineplex.com.

Bacaan sebelumnya : Bagian 2

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar