Minggu, 08 Agustus 2010

TOPIK KINI : EDISI JULI 2010


(Belum tentu merupakan topik yang saat ini sedang ramai dibicarakan tetapi topik kini yang dianggap menarik untuk diinformasikan, diupayakan untuk bersambung)
TOPIK EDISI INI :
* Majelis Ulama Jerman Perbolehkan Pemain Tak Puasa (29 Juli 2010)
* Inilah Pernikahan Termahal Tahun Ini! (29 Juli 2010)
* Peta Baru: Peta Ketinggian Hutan Dunia. (AGU Pers No 10-19 tgl. 20 Juli 2010)
* Piala Dunia 2010 vs Kabupaten Majalengka Indonesia (berita lawas)
* Telanjur, Ternyata Bukan Suami (Kampascom, 24 Juli 2010)
* Curi Laba-laba, Hukumannya 90 Hari (Kompascom, 30 Juli 2010)
* 10 Kerugian akibat Kurang Tidur (Kompascom, 22 Juli 2010)
* Afsel Ibu Kota Pemerkosaan. (Kompascom, 23 Juli 2010)
* Muliakanlah Sapi! (Kompascom, 23 Juli 2010)
* Mari Merangsang Potensi Otak. (Kompascom, 23 Juli 2010)
* Bertemu Bakal Manusia di Sterkfontein. (Kompascom, 28 Juli 2010).
* Jumlah Uang Koin Beredar Rp 3,2 Triliun! (Kompascom, 31 Juli 2010)
* Benarkah Tinta Isi Ulang Lebih Murah? (Jumat, 30 Juli 2010)
* Stagnan, Jumlah Akseptor KB (Kompascom, 29 Juli 2010)
* Plat Nomor Sekaligus Papan Reklame (Mediaindonesiacom, 23 Juni 2010)

Majelis Ulama Jerman Perbolehkan Pemain Tak Puasa
Kamis, 29 Juli 2010
Pusat konsul muslim Jerman dan pengelola kompetisi Bundesliga sepakat bila pesepakbola profesional yang mencari nafkah di cabang olahraga ini diperkenakan tidak menjalankan ibadah puasa saat bertanding. Selama bulan Ramadhan, para pemain yang menjalankan ibadah puasa selalu menghadapi dilema. Klub Bundesliga 2, FSV Frankfurt, pada musim lalu sempat memberikan peringatan kepada para pemain yang menjalankan ibadah puasa.
Pusat konsul muslim Jerman akhirnya mencari pertimbangan ke institut Al-Azhar di Mesir, dan juga sumber-sumber lainnya mengenai masalah tersebut. Menurut pihak institut, seorang pesepakbola yang terikat kontrak, dan itu menjadi satu-satunya sumber mata pencaharian, maka ia diperkenankan tidak berpuasa bila menjalankan pertandingan.
Majelis fatwa dan riset Eropa juga mendukung pernyataan Al-Azhar.
“Para pemain itu bisa menjalani ibadah puasa di saar tidak ada pertandingan, sehingga mereka tetap menghormati bulan suci Ramadhan. Menjaga tubuh tetap bugar dianjurkan dalam Islam,” ujar sekjen pusat konsul muslim Jerman Aiman Mazyek dilansir AP.
Sumber : http://www.goal.com ; Oleh Donny Afroni; 29 Jul 2010
Inilah Pernikahan Termahal Tahun Ini! (Kompascom, 29 Juli 2010)
Sudah dipindah ke sini.
Peta Baru: Peta Ketinggian Hutan Dunia. (AGU Pers No 10-19 tgl. 20 Juli 2010; Cechgentong, 22 Juli 2010)
(Baca selengkapnya)
PIALA DUNIA 2010 VS KABUPATEN MAJALENGKA INDONESIA
dikemas 0leh : Isamas54
Selama sebulan penuh yaitu dari mulai 11 Juni sampai dengan 11 Juli 2010 masyarakat dunia dihebohkan dengan kejuaraan sepakbola Paiala Dunia 2010 yang diselenggarakan di Afrika Selatan atau yang pertama kali diselenggarakan di Benua Hitam Afrika. Siapa akan menjadi juara waktu itu masih tebak-tebakan termasuk Sang Dedy Corbuzer, dan juga Si Paul Gurita yang tebakannya hampir seratus persen benar termasuk menebak secara tepat Tim Negara Spanyol sebagai juaranya.
Itu cerita sepakbola dan Piala Dunia secara umum yang kilasannya ada dimana-mana, sekarang kita beralih ke judul tulisan ini …..
Sebagaimana kita ketahui bahwa bola resmi Piala Dunia adalah buatan Adidas dengan nama “Jabulani” (bukan JEBOLANA) yang diisukan sebagai bola yang “sulit ditebak” arahnya sehingga bisa dijadikan kambing hitam oleh Tim-Tim yang diunggulkan tetapi keok /tersisih sebelum ke perdelapan atau ke perempat final. Terlepas dari itu semua ………….Pemerintah Afrika Selatan (Afsel) menjelang berlangsungnya pertandingan Piala Dunia 2010 tertarik menggunakan bola sepak produksi dari Majalengka Indonesia. Kalau bukan Si Jabulani atau bola buatan Majalengka ini yang digunakan, maka mungkin saja ceritanya lain lagi.
Kita lanjutkan ……
Indonesia sampai saat ini belum pernah lolos dalam kejuaraan sepakbola Piala Dunia walaupun sampai ke 32 besar, tetapi jangan heran kalau hasil produksi Negara kita bisa turut mendukung dalam rangka penyelenggaraan kejuaraan sepak bola Piala Dunia 2010 tersebut ….. yaitu berupa bola sepak buatan Kabupaten Majalengka Indonesia.
Sebuah perusahaan bola sepak jahit terbesar di Indonesia yang terletak di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat yang dikelola oleh PT. Sinjaraga Santika Sport Indonesia Triple’S (maaf …. ini bukan promosi tetapi sekedar informasi mengenai kekayaan Negara Kita), telah menarik minat Pemerintah Afrika Selatan (Afsel) untuk menggunakan bola produksi Majalengka pada Piala Dunia 2010. Hal tersebut dikatakan oleh Kepala Pusat Bantuan Administrasi Internasional (Head of Division for Foreign International Cooperation Administration Centre Department of Industry) Departemen Perindustrian Riris Mahardi usai pertemuan Komisi Bersama Indonesia-Afsel di Batam Provinsi Kepri pada bulan Juni 2010.
Perusahaan produsen bola sepak dari Majalengka ini dapat kita banggakan, antara lain :
1. Merupakan perusahaan bola sepak jahit terbesar di Indonesia
2. 2. Satu-satunya perusahaan bola sepak di Indonesia yang telah mendapatkan pengakuan Internasional ISO 9001 – 2000 untuk sistem kualitas manajemen dan sertifikat khusus untuk masyarakat Eropa dari negara Italia CE No. 0376
3. Kualitas mengacu kepada standar FIFA yang telah melalui riset dan pengembangan yang secara terus menerus dengan memakai bola dalam terbaik di dunia yaitu Taiwan Butyl atau Latek Enkay India dan Bahan kulit Sintesis plihan
4. Proses cetak dan tinta cetak memakai teknologi dari Jerman yang tidak mudah luntur sehingga menghasilkan bola sepak berkualitas internasional
5. Sampai saat ini komposisi ekspor masih diatas 90%.
Namun seperti kita ketahui dan saksikan bahwa yang dipergunakan pada pertandingan Piala Dunia 2010 adalah Jabulani dimana bola ini dibuat oleh Adidas, dan diperkenalkan tepat sebelum pengundian grup piala dunia 2010 pada tanggal 4 Desember 2009 (Jabulani menurut bahasa Zulu berarti "merayakan”). Nakh kalau begitu bola dari Majalengka tersebut minimal turut andil digunakan oleh para pecinta sepak bola di Negara Afrika Selatan yaitu menjelang kejuaraan Piala Dunia atau ketika masyarakat di sana sedang “demam-demamnya sepakbola”
Terlepas dari digunakan atau tidaknya dalam perhelatan Piala Dunia 2010 namun menurut data-data yang menunjang untuk memperkenalkan produksi kita ke mancanegara yaitu :
1. Ekspor bola sepak produksi dari Majalengka (tepatnya di Kadipaten), Jawa Barat, Indonesia, untuk tujuan negara tuan rumah Piala Dunia 2010, Afrika Selatan meningkat hingga empat kali lipat dari biasanya.
2. Direktur Produksi dan Ekspor-Impor PT Triple S Majalengka Jefry Romdonny, di Majalengka, Sabtu tanggal 5 Juni 2010, menyebutkan bahwa ekspor bola ke Afrika Selatan sebelumnya hanya satu kontainer ukuran 20 feet dalam setiap pengiriman dengan kapasitas 8.316 buah bola, namun menurut dia, sejak awal 2010 ekspornya meningkat hingga dua kontainer ukuran 40 feet per bulan. "Kami hanya memenuhi permintaan pembeli. Kami tidak tahu bola itu digunakan untuk pertandingan di Piala Dunia nanti atau tidak. Yang pasti kiriman ke Afrika Selatan meningkat hingga empat kali lipat dari sebelumnya," katanya.
Adapun historikal kerjasama dan data perkembangannya yaitu ………………..
• Direktur Produksi Eksim tersebut mengatakan bahwa awal kerja sama ekspor bola sepak ke Afrika Selatan pada 2006. Awalnya ada seorang pembeli asal Afrika Selatan mengunjungi pabriknya sambil membawa sampel bola yang diperoleh dari Timur Tengah. "Setelah kami lihat, ternyata bola tersebut sama persis dengan yang kami buat. Sejak itu, dia pesan ke kami, dan pengirimannya langsung ke Afrika Selatan," katanya.
• Peningkatan pesanan bola sepak juga terjadi untuk ekspor ke sejumlah negara lain di antaranya Jepang, Malaysia, Singapura, dan sejumlah negara di Timur Tengah. Pihaknya bahkan sampai kewalahan memenuhi permintaan ekspor tersebut, karena keterbatasan tenaga kerja.
• Menurut dia, tenaga kerja pembuat bola sepak di pabriknya saat ini sebanyak 200 orang, ditambah 2.500 perajin yang tersebar di empat kabupaten yaitu Majalengka, Kota Cirebon dan Kabupaten Cirebon, Kuningan, serta Kabupten Indramayu.
• "Namun, kami hanya mampu memproduksi 100.000 buah bola per bulan, sehingga masih jauh dari permintaan sejumlah negara yang mencapai 250.000 bola per bulan, katanya.
Meskipun bola sepak produksi PT Triple S di Jalan Liangjulang, Kadipaten, Kabupaten Majalengka ini merupakan buatan tangan, namun Jefry memastikan kualitasnya tidak diragukan lagi, karena telah diakui dunia hingga memperoleh sertifikat lisensi dari federasi sepak bola dunia, FIFA pada 2009. "Bahkan bola buatan kami pernah digunakan pada Piala Dunia 2006 di Korea,".
• Bahkan pernah digunakan pada turnamen di Spanyol (yang menjadi Juara dalam Piala Dunia 2010).
Itulah sekelumit berita yang berkaitan antara Kabupaten Majalengka dengan kejuaraan sepakbola Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan.
Perlu diketahui bahwa selain bola, Departemen Perindustrian juga menawarkan kepada pemerintah Afrika Selatan berbagai cinderamata Piala Dunia yang diproduksi Usaha Kecil Menengah (UMK) Indonesia yang dapat memproduksi berbagai cinderamata Piala Dunia sesuai dengan pesanan, termasuk pembuatan aksesoris hotel yang dapat digunakan untuk Piala Dunia. Ia mengatakan. Untuk hal tersebut Deperin dan Pemerintah Afsel perlu membicarakan penggunaan produk Indonesia lebih lanjut pada pertemuan selanjutnya.
"Nakh untuk yang ini , ….. siapa tahu Anda termasuk yang menonton sepakbola ke Afrika Selatan serta membeli oleh-oleh dari sana, cobalah teliti siapa tahu itupun BUATAN INDONESIA asli."
Perkembangan selanjutnya tidak termonitor oleh Penulis.
Sumber bacaan antara lain : http://nurfahmi.wordpress.com ; Metrotvnews.com; Wikipedia
Telanjur, Ternyata Bukan Suami (Kompascom, 24 Juli 2010)
Sidney, Hati-hati mengundang orang lain datang ke rumah dalam kondisi mata sudah mengantuk, karena seorang perempuan di Sidney, Australia, telah ditiduri oleh pria lain yang dikira suaminya. Aksi selonong boy ini terjadi menimpa sebuah keluarga di Sidney (dirahasiakan namanya), yaitu ketika seorang pria imigran Nepal, Amit Hamal (21), yang bekerja sebagai tukang antar pesanan makanan berhasil masuk rumah si pemesan dan ternyata si pemesan itu adalah pasangan suami-istri yang tertidur di kamar yang berbeda.
Amit Hamal nyelonong ke kamar istri pemesan makanan dan tak tahan melihat tubuh gemulai di kamar tidur,dan terjadilah terjadilan, sedangkan saat kejadian Sang Suami sedang tertidur di kamar tengah. Semula, korban memesan makanan dari restoran India dan Amit Hamal yang mengantarnya, anehnya si istri (44) mengira laki-laki tersebut adalah suami sendiri dan baru sadar ketika Amit Hamal keluar rumah. Wanita itu pun kaget (gk tahu pura-pura atau gimana) dan segera membangunkan suaminya yang masih tertidur di ruangan tengah.
Polisi Sidney segera menangkap Amit Hamal dan memeriksanya, namun Si Amit membantah telah memaksanya malahan berdalih bahwa si wanita itu telah mengajaknya. Si Amit pun mengaku sebagai keluarga kerajaan Nepal yang telah imigrasi ke Australia, namun, pihak keluarga Nepal yang dihubungi polisi Australia telah membantahnya, sebagaimana dikutip Zeenews. Pejabat Nepal yang bekerja di kediaman mantan putra mahkota Nepal Paras Bir Bikram Shah, (22/7/2010), membantah bahwa di keluarga kerajaan terdapat nama marga Hamal dan Pejabat Nepal meyakinkan polisi Australia bahwa Amit Hamal hanya memberikan pengakuan bohong untuk mengelak tuduhan pemerkosaan. Hingga berita diturunkan polisi Sidney masih menyelidiki kasus ini.
Curi Laba-laba, Hukumannya 90 Hari (Kompascom, 30 Juli 2010)
WESTMINSTER, - Mencuri apa pun tetaplah merupakan perbuatan yang melanggar hukum. Seorang laki-laki dari Maryland dijatuhi hukuman 90 hari karena dia telah mencuri seekor laba-laba dari perpustakaan umum.  Jaksa dari wilayah Carrol Barry Hughes menjatuhi hukuman tersebut kepada Randy Humple (27) yang berasal dari Westminster, Amerika Serikat, Senin (25/7/2010). Petugas di perpustakaan Westminster menelepon polisi pada 19 Mei setelah mereka mendapati Chili Rose, seekor tarantula Rose Chile yang biasanya dipajang di meja informasi, lenyap tanpa bekas.
Untunglah ada saksi yang melihat bahwa Humple membawa kabur tarantula tersebut. Hughes juga menghukum Humple selama empat tahun penjara karena melanggar masa percobaannya atas kasus tahun 2007.
Humple mengatakan kepada jaksa, dia sadar telah melakukan hal yang bodoh dan dia ingin menjalani hukumannya. Jaksa juga mengakui, tindakan Humple itu dapat dikatakan bodoh, juga merupakan sebuah tindakan kriminal. (AP/Reuters/JOE)
10 Kerugian akibat Kurang Tidur (Kompascom, 22 Juli 2010)
JAKARTA, - Anda pernah merasa uring-uringan dan pusing? Mungkin saja hal itu akibat kurang tidur dan jangan anggap remeh keadaan ini! Kurang tidur dapat memengaruhi daya ingat, kesehatan, penampilan, dan bahkan membuat tubuh Anda "melar". Berikut ini 10 hal mengejutkan yang terjadi akibat kurang tidur:
1. Kecelakaan; Kurang tidur adalah salah satu faktor bencana terbesar dalam sejarah selain kecelakaan nuklir di Three Mile Island tahun 1979, tumpahan minyak terbesar Exxon Valdez, krisis nuklir di Chernobyl 1986, dan lain-lain. Terdengar berlebihan, tapi harus disadari kurang tidur juga berdampak pada keselamatan, dimana mengantuk dapat memperlambat waktu Anda mengemudi, yang setara ketika Anda mabuk saat menyetir. Sebuah penelitian yang dilakukan Lembaga Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional Amerika menunjukkan bahwa kelelahan merupakan penyebab 100.000 kecelakaan mobil dan 1.500 kematian selama setahun di AS. Korbannya orang di bawah umur 25 tahun. Studi yang sama menunjukkan, jika Anda kurang tidur atau memiliki kualitas tidur yang rendah, maka hal itu dapat menyebabkan kecelakaan dan cedera saat bekerja. Dalam sebuah penelitian, pekerja yang mengeluh mengantuk berlebihan pada siang hari rentan terluka saat bekerja dan secara terus-menerus mengalami kecelakaan yang sama saat bekerja.
2. Konsentrasi menurun; Tidur yang baik memainkan peran penting dalam berpikir dan belajar. Kurang tidur dapat memengaruhi banyak hal. Pertama, mengganggu kewaspadaan, konsentrasi, penalaran, dan pemecahan masalah. Hal ini membuat belajar menjadi sulit dan tidak efisien. Kedua, siklus tidur pada malam hari berperan dalam "menguatkan" memori dalam pikiran. Jika tidak cukup tidur, maka Anda tidak akan mampu mengingat apa yang Anda pelajari dan alami selama seharian.
3. Masalah kesehatan serius; Gangguan tidur dan kurang tidur tahap kronis dapat membawa Anda pada risiko: Penyakit jantung, Serangan jantung, Gagal jantung, Detak jantung tidak teratur, Tekanan darah tinggi, Stroke dan Diabetes. Menurut beberapa penelitian, 90 persen penderita insomnia - gangguan tidur yang ditandai dengan sulit tidur dan tetap terjaga sepanjang malam - juga mengalami risiko kesehatan serupa.
4. Gairah menurun[ Para ahli melaporkan, kurang tidur pada pria dan wanita menurunkan tingkat libido, hal ini dikarenakan energi terkuras, mengantuk, dan tensi yang meningkat. Bagi pria yang mengidap sleep apnea (masalah pernapasan yang mengganggu saat tidur) kurang tidur menyebabkan gairah seksual melempem. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism 2002 menunjukkan, hampir semua orang yang menderita sleep apnea memiliki kadar testosteron yang rendah. Hampir setengah dari orang yang menderita sleep apnea parah memiliki tingkat testosteron yang rendah pada malam hari.
5. Menyebabkan depresi; Dalam studi tahun 1997, peneliti dari Universitas Pennsylvania melaporkan bahwa orang-orang yang tidur kurang dari 5 jam per hari selama tujuh hari menyebabkan stres, marah, sedih, dan kelelahan mental, selain itu, kurang tidur dan gangguan tidur dapat menyebabkan gejala depresi. Gangguan tidur yang paling umum adalah insomnia, yang memiliki kaitan kuat dengan depresi. Dalam studi tahun 2007 yang melibatkan 10.000 orang terungkap bahwa pengidap insomnia 5 kali lebih rentan mengalami depresi. Bahkan, insomnia sering menjadi salah satu gejala pertama depresi. Insomnia dan tidak nafsu makan akibat depresi saling berhubungan. Kurang tidur memperparah gejala depresi dan depresi membuat Anda lebih sulit tidur. Sisi positifnya, pola tidur yang baik dapat membantu mengobati depresi.
6. Memengaruhi kesehatan kulit; Kebanyakan orang mengalami kulit pucat dan mata bengkak setelah beberapa malam kurang tidur. Keadaan tersebut benar karena kurang tidur yang kronis dapat mengakibatkan kulit kusam, garis-garis halus pada wajah, dan lingkaran hitam di bawah mata. Bila Anda tidak mendapatkan cukup tidur, tubuh Anda melepaskan lebih banyak hormon stres atau kortisol. Dalam jumlah yang berlebihan, kortisol dapat memecah kolagen kulit atau protein yang membuat kulit tetap halus dan elastis. Kurang tidur juga dapat menyebabkan tubuh lebih sedikit mengeluarkan hormon pertumbuhan. Ketika kita masih muda, hormon pertumbuhan manusia mendorong pertumbuhan. Dalam hal ini, hormon tersebut membantu meningkatkan massa otot, menebalkan kulit, dan memperkuat tulang. "Ini terjadi saat tubuh sedang tidur nyenyak—yang kami sebut tidur gelombang lambat (SWS)—hormon pertumbuhan dilepaskan," kata Phil Gehrman, PhD, CBSM, Asisten Profesor Psikiatri dan Direktur Klinis dari Program Behavioral Sleep Medicine Universitas Pennsylvania, Philadelphia.
7. Pelupa; Tidak ingin lupa dengan kenangan terbaik dalam hidup Anda? Cobalah perbanyak tidur. Pada tahun 2009, peneliti dari Amerika dan Perancis menemukan bahwa peristiwa otak yang disebut sharp wave ripples bertanggung jawab menguatkan memori pada otak. Peristiwa ini juga mentransfer informasi dari hipokampus ke neokorteks di otak, tempat kenangan jangka panjang disimpan. Sharp wave ripples kebanyakan terjadi pada saat tidur.
8. Tubuh jadi "melar"; Jika Anda mengabaikan efek kurang tidur, maka bersiaplah dengan ancaman kelebihan berat badan. Kurang tidur berhubungan dengan peningkatan rasa lapar dan nafsu makan, dan kemungkinan bisa menjadi obesitas. Menurut sebuah studi tahun 2004, hampir 30 persen dari orang-orang yang tidur kurang dari enam jam sehari cenderung menjadi lebih gemuk daripada mereka yang tidur tujuh sampai sembilan jam sehari.
Penelitian terakhir terfokus pada hubungan antara tidur dan peptida yang mengatur nafsu makan. Ghrelin merangsang rasa lapar dan leptin memberi sinyal kenyang ke otak dan merangsang nafsu makan. Waktu tidur singkat dikaitkan dengan penurunan leptin dan peningkatan dalam ghrelin. Kurang tidur tak hanya merangsang nafsu makan. Hal ini juga merangsang hasrat menyantap makanan berlemak dan makanan tinggi karbohidrat. Riset yang tengah berlangsung dilakukan untuk meneliti apakah tidur yang layak harus menjadi bagian standar dari program penurunan berat badan.
9. Meningkatkan risiko kematian; Dalam penelitian Whitehall ke-2, peneliti Inggris menemukan bagaimana pola tidur memengaruhi angka kematian lebih dari 10.000 pegawai sipil Inggris selama dua dekade. Berdasarkan hasil penelitian yang dipublikasikan pada 2007, mereka yang telah tidur kurang dari 5-7 jam sehari mengalami kenaikan risiko kematian akibat berbagai faktor. Bahkan kurang tidur meningkatkan dua kali lipat risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular.
10. Merusak penilaian terutama tentang tidur; Kurang tidur dapat memengaruhi penafsiran tentang peristiwa. Keadaan tubuh yang lemas membuat kita tidak bisa menilai situasi secara akurat dan bijaksana. Anda yang kurang tidur sangat rentan terhadap penilaian buruk ketika sampai pada saat menilai apa yang kurang terhadap sesuatu. Dalam dunia yang serba cepat saat ini, kebiasaan tidur menjadi semacam lencana kehormatan. Spesialis mengenai tidur mengatakan, Anda salah jika berpikir Anda baik-baik saja meski kurang tidur karena di mana pun Anda bekerja pada profesi apa pun, akan menjadi masalah besar bila Anda tidak dapat menilai sesuatu dengan baik. "Studi menunjukkan bahwa dari waktu ke waktu, orang-orang yang tidur selama 6 jam, bukannya 7 atau 8 jam sehari, mulai merasa bahwa mereka telah beradaptasi dengan keadaan kurang tidur. Mereka sudah terbiasa dengan hal itu," kata Gehrman. "Tapi jika Anda melihat hasil tes kinerja dan kewaspadaan mental, nilai mereka terus memburuk. Hal itu menjelaskan bagaiamana kurang tidur mengganggu aktivitas kita sehari-hari."
Afsel Ibu Kota Pemerkosaan. (Kompascom, 23 Juli 2010)
Satu hal yang merupakan masalah pelik bagi Afrika Selatan adalah pemerkosaan. Di negeri ini, jumlah pemerkosaan sangat tinggi, bahkan dihitung sebagai yang tertinggi. Sampai-sampai, Afsel disebut sebagai "Capital of Rape" atau "Ibu Kota Pemerkosaan". Pertengahan Juni lalu, dua mayat perempuan ditemukan tewas di sebuah semak-semak di daerah Pretoria. Ada tanda kekerasan seksual. Diperkirakan, mereka diperkosa lebih dulu dan setelah itu dibunuh.
Itu hanya bagian dari cerita mengenaskan soal pemerkosaan. Pasalnya, di negeri ini pemerkosaan terhadap wanita sangat tinggi. Menurut catatan Interpol seperti disitir paralumun.com, rata-rata pemerkosaan kepada wanita rata-rata terjadi setiap 17 detik. Ini belum termasuk pemerkosaan terhadap anak kecil. Hasil survei Medical Research Council (MRC) di Afsel pada 2009 juga mengejutkan. Hampir semua responden yang ditanya mengaku pernah memerkosa dan separuh dari mereka pernah memerkosa dua kali. Survei itu melibatkan 1.738 lelaki di KwaZulu-Natal dan Eastern Cape. Hampir separuh dari mereka mengaku memerkosa lebih dari sekali.
Yang menyedihkan, lebih dari seperempat wanita di Afsel pernah diperkosa. Sebanyak 46 persen dari mereka malah diperkosa lebih dari sekali. Menurut Profesor Rachel Jewkes dari MRC yang melakukan survei itu, ada perilaku sosial yang salah dan harus segera diubah. Di Afsel, memaksa wanita melakukan hubungan seks seolah sudah menjadi hal yang biasa. Ini yang harus diubah. Selain itu, di masa lalu ada keharusan bahwa lelaki harus kuat. Ini, menurut Jewkes, sudah tersosialisasi dalam maskulinitas bahwa pria harus kuat dan keras dan harus dominan atas wanita dan pria lain. Wajar, banyak responden yang terlibat dalam survei itu mengaku bahwa tindakan mereka, memerkosa, adalah hal yang biasa.
Namun, ada pendapat lain. Penulis Spots of a Leopard, Aernout Zevenbergen, menilai ada masa lalu yang ikut menyebabkan banyaknya perkosaan. Menurutnya, dulu banyak lelaki yang dikirim bekerja ke tempat lain, terpisah dari keluarganya. Imigran ini sering melakukan pemerkosaan untuk memenuhi kebutuhan seksualnya. "Pemerkosaan adalah sinyal masyarakat yang sakit. Tidak adanya model lelaki yang positif juga ikut memengaruhi. Yang ada adalah para lelaki yang terluka dan kemudian menyebabkan luka kepada wanita, juga anak-anak," katanya.
Namun, pemerkosaan tak hanya terjadi pada wanita. Bahkan, kini ada tren baru, pemerkosaan juga bisa dilakukan para wanita kepada pria. Motivasinya bermacam-macam dan biasanya bukan karena kebutuhan seks, melainkan dendam. Seorang teman, Steve, mengatakan, "Hati-hati jika bertemu segerombolan wanita yang garang dan mencurigakan dan di tempat sepi. Sebab, mereka mungkin gerombolan sakit hati yang bisa memerkosa lelaki."
Para wanita itu kemungkinan membawa luka karena pernah diperkosa. Mereka juga merasa terhukum karena harus mengidap HIV/AIDS dan penularan terjadi karena pemerkosaan. Itu yang membuat mereka dendam, kemudian ingin menularkan penyakit mematikan tersebut kepada lelaki. "Para wanita itu mungkin dendam karena pernah diperkosa dan terkena HIV/AIDS. Untuk melampiaskan dendamnya, mereka juga berusaha memerkosa lelaki. Targetnya menularkan penyakitnya," kata Steve. Apa pun alasan dan motivasinya, pemerkosaan tetap kejahatan besar yang harus diperangi. Dan, itu menjadi PR besar buat Pemerintah Afsel.
Muliakanlah Sapi! (Kompascom, 23 Juli 2010)
Akhirnya, Komite Organisasi (OC) Pertandingan Olahraga Persemakmuran mengambil keputusan terkait menu makanan. Menurut catatan dari PTI pada Jumat (23/7/2010), panitia tidak mencantumkan menu daging sapi selama pergelaran akbar itu berlangsung sejak Minggu (3/10/2010) sampai Kamis (14/10/2010).
"Kami sudah mengambil keputusan beberapa minggu lalu sebenarnya. Kami sudah menginformasikan kepada pihak penyedia makanan untuk tidak menggunakan menu daging sapi," kata Ketua OC Suresh Kalmadi.
Kebetulan memang, India menjadi tuan rumah pada pesta olahraga negara-negara bekas jajahan Inggris ini. India, negeri yang mayoritas penduduknya memeluk Hindu itu, memang menghormati sapi sebagai hewan suci. Isu soal menu daging sapi muncul pertama kali dalam surat Rajnath Singh, mantan pemimpin partai berpengaruh di India, Bharatiya Janata, kepada Kalmadi. Singh secara tegas memang meminta agar menu daging sapi dihilangkan.
Mari Merangsang Potensi Otak. (Kompascom, 23 Juli 2010)
Seringkali ditemui seorang anak yang sudah berjam-jam membaca catatan atau buku pelajaran sekolah tapi tak satupun kalimat bisa dihapalnya. Ada juga yang kelihatan duduk anteng di kelas mendengarkan penjelasan guru tapi setelah selesai pelajaran tidak ada ingat sedikitpun semua hal yang dijelaskan guru sejak awal tadi. Bagaimana hal tersebut bisa terjadi? Salah satunya adalah karena cara belajar yang salah. Menurut Bobby Hartanto, M.Psi, pakar bidang sumber daya manusia, masih banyak guru dan orangtua yang belum memahami gaya belajar anak.
"Ada orang-orang yang lebih mudah mengingat bila materi pelajaran diberikan lewat gambar, ada juga yang lebih suka mendengarkan, dan ada yang lewat gerakan. Beda gaya belajarnya, beda pula stimulasinya," katanya dalam acara seminar mengenai tumbuh kembang anak yang diadakan oleh Frisian Flag di Jakarta (22/7).
Untuk anak-anak yang memiliki gaya belajar auditori, anak sudah cukup menangkap pelajaran dengan mendengarkan penjelasan guru. Namun anak tipe visual memerlukan gambar-gambar peraga. Sebaliknya dengan anak tipe kinestetik yang membutuhkan gerakan atau rabaan.
"Sebenarnya akan lebih baik kalau semua aspek tersebut dipakai. Karena makin varitif caranya, makin mudah anak mengingat materi yang disampaikan," paparnya. Hal lain yang perlu diperhatikan orangtua dan pendidik adalah memahami bagaimana cara kerja otak. "Otak manusia menyukai warna dan gambar. Karena itulah sebuah gambar akan bermakna lebih dari 1000 kata," urainya.
Untuk menyampaikan pesan atau nilai tertentu, Bobby menyarankan agar diberikan dalam bentuk poster bergambar dan berwarna. Misalnya untuk menyampaikan tentang budaya antri, kejujuran, dan lain sebagainya.
Penelitian menunjukkan, seseorang yang stimulasinya bagus, otaknya lebih rapat dibanding orang yang jarang distimulasi. "Kerapatan ini berkaitan dengan pertambahan koneksi antar sel otak," ucap Bobby. Pembentukan kebiasaan baru akan membentuk koneksi baru, sedangkan pengulangan akan memperkuat koneksi sel lama. "Berikan anak berbagai stimulasi dan lakukan pengulangan sesering mungkin agar terus terbentuk sambungan antar sel-sel otak," katanya.
Tentu saja yang tidak kalah penting ciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan tidak menimbulkan stres pada anak. Lakukan kegiatan belajar di luar kelas, diskusi kelompok, permainan menarik, dan berbagai cara lain yang mampu menggali ketertarikan anak.
Rahasia Anti Lelah (Kompascom, 24 Juli 2010; (PreventionIndonesiaonline/Astrid Anastasia)
Pernahkah kita penasaran mengapa energi cepat sekali tergerus dari dalam tubuh sehingga rasa letih dan tak bergairah sering kali mampir hingga membuat "awan" di kepala kita kelabu. Prevention telah menggodok beberapa penelitian terbaru mengenai tidur, metabolisme, stres, dan kronobiologi demi mengidentifikasi waktu yang paling rentan bagi kita untuk mengalami kelelahan. Dengan bantuan para ahli, Prevention juga membuatkan strategi paling mudah bagi kita untuk melawan masalah tersebut. Berikut delapan rahasia yang akan dapat memastikan kita bangun pagi dengan perasaan segar dan "terisi", tetap terjaga sepanjang hari, serta membuat kita tidur nyenyak pada waktunya.
  1. Kapan harus bangun tidur; Dibanding tidur-tiduran, lebih baik biasakan diri untuk bangun pagi pada jam yang sama setiap hari, dan bersahabatlah dengan cahaya. Cara ini akan membuat sirklus sirkadian atau jam biologis tubuh tetap bekerja selaras selama 24 jam setiap hari. Dengan "absennya" cahaya, siklus bangun-tidurnya tubuh kita akan mengalami penundaan sekitar 12 menit setiap hari dan harus bekerja selama 24,2 jam. Jika kondisi ini dibiarkan dan kita tetap bangun pada jam yang sama, jangan heran kalau tubuh kita sering lelah. Agar jam biologis kita bisa berjalan tepat waktu, targetnya 30 menit terkena paparan cahaya setiap hari. Bahkan, saat hari Sabtu sekalipun di mana kita lebih sering menggunakannya untuk tidur lebih lama. Cara yang mudah: berjalan kaki keluar rumah selama 30 menit atau menyantap makan pagi dengan jendela terbuka. Jika jadwal memaksa kita untuk bangun saat matahari belum muncul, kita bisa menggunakan lampu di dalam rumah.
  2. Apa yang harus dimakan; Kurangi karbohidrat dan perbanyaklah asupan protein. Walapun dapat melakukan pembakaran yang cepat, karbohidrat dapat menguras banyak energi jika kita mengonsumsinya dalam jumlah berlebih. Donald K Layman, PhD, profesor bidang nutrisi dari University of Illinois dalam penelitian terakhirnya menemukan, wanita yang mengurangi asupan karbohidrat dan meningkatkan asupan protein dalam menu makanan mereka akan merasa lebih energik. Batasi asupan karbohidrat harian kita kurang dari 159 gram. Pembagian terbaiknya adalah 5 porsi sayuran, 2 porsi buah, dan 3-4 porsi karbohidrat (disarankan gandum utuh), seperti roti, nasi, pasta dan sereal.
  3. Waktu untuk makan; Tetapkan jam makan yang sama setiap hari. Kebutuhan kalori kita sangat erat kaitannya dengan aktivitas harian kita, termasuk saat kita bangun, tidur atau saat menghabiskan energi paling banyak (contoh : berjalan kaki di ujung hari). "Tubuh kita terasa lelah apabila kita sering melewatkan jam sarapan atau makan siang," ujar Layman. Pola makan yang semerawut hanya akan menyebabkan rasa lapar dan napsu makan yang bertambah. Supaya tidak terburu-buru dan gagal sarapan, lebih baik persiapkan menu sarapan pagi kita pada malam harinya.Jika sering lupa makan siang? Siasati dengan membawa bekal dari rumah yang bisa kita makan di meja kerja kita.
  4. Menghilangkan stress; Tidak perlu meditasi selama 20 menit, cukup dengan sesi "tenang" sebentar saja. Bahkan, hanya dalam rentang 3 menit, meditasi sudah mampu menurunkan kadar hormon stres yang akan menegangkan otot-otot dan menyempitkan pembuluh darah," kata Judith Orloff, MD, psikiater di UCLA dan penulis buku Positive Energy. Ambillah sedikit waktu untuk beristirahat dari padatnya rutinitas harian. Cari tempat yang tenang di mana kita tidak akan merasa terganggu, termasuk toilet. Duduk dan tutup mata. Coba dengarkan napas kita secara perlahan. Ketika pikiran sedang terganggu, bayangkan saja ada awan yang mengambang di langit. Lalu, visualisasikan sesuatu atau orang yang dapat membuat kita merasa bahagia. Bisa tempat indah yang pernah kita kunjungi, orang yang kita cintai, atau sesuatu yang kita suka lakukan.
  5. Istirahat sebelum tidur; Daripada mencari "gosip" di Facebook, lebih baik membaca buku atau menonton televisi. Studi menunjukkan cahaya yang terang (yang setara dengan cahaya pagi hari) akan meningkatkan aktivitas otak. Para ahli percaya cahaya dari komputer atau laptop mampu membuat siklus tidur kita menjadi terganggu. Lalu apa bedanya dengan televisi? Biasanya jarak pandang orang nonton televisi sekitar 4,5 meter sehingga cahaya yang sampai ke mata membutuhkan waktu sedikit lebih lama. Namun, yang paling disarankan adalah membaca buku atau majalah. Pastikan lampu yang kita gunakan tidak lebih dari 60 watt dan matikan komputer atau laptop kita setidaknya 1 jam.
Bertemu Bakal Manusia di Sterkfontein. (Kompascom, 28 Juli 2010).
Fosil tengkorak mahluk hampir manusia yang disebut Mrs Ples di Museum Maropeng, dekat Goa Sterkfontein.  Pengunjung memasuki goa dalam kelompok dan tak boleh terpisah agar tak tersesat.
Para pengunjung menikmati pemandangan salah satu ruang di Goa Sterkfontein.
Dalam teori evolusi Charles Darwin, manusia adalah hasil evolusi dari primata. Simpanse sering disebut-sebut berevolusi menjadi manusia. Sekitar 2,3 juta tahun lalu, evolusi itu sudah menjadi makhluk mirip manusia. Dan, salah satu makhluk yang hampir mirip manusia itu ditemukan di Goa Sterkfontein, wilayah di barat laut Johannesburg, atau 70 kilometer dari Pretoria, Provinsi Gauteng, Afrika Selatan (Afsel).
Kompas.com sempat menjenguk goa itu di sela-sela liputan Piala Dunia 2010 dan melihat tengkoraknya. Tengkorak yang nyaris sempurna itu diperkirakan wanita dan dijuluki Mrs Ples. Bahkan, di Museum Maropeng yang tak jauh dari goa itu, ada boneka buatan yang dibuat menyerupai makhluk hampir manusia berjuluk Mrs Ples tersebut. Oleh karena itu, Goa Sterkfontein yang sudah dinyatakan sebagai warisan dunia pada 2000 itu juga disebut Cradle of Humankind. Artinya, asal usul makhluk yang hampir mirip manusia atau bakal manusia.
Tempat ini tadinya dieksplorasi oleh para penambang yang tertarik dengan adanya fosil pada 1890. Lalu, para ilmuwan tertarik mempelajari dan menggali fosil-fosilnya. Pada 1936, Profesor Raymond Dart and Dr Robert Broom dari University of the Witwatersrand melakukan penelitian. Dari penelitian, mereka menemukan banyaknya fosil cikal bakal manusia.  Namun, Mrs Ples sendiri ditemukan Dr Robert Broom dan John T Robinson pada 18 April 1947. Julukan Ples diambil dengan menyingkat Plesianthropus transvaalensis yang berarti makhluk hampir manusia dari Transvaal. Meski dipanggil mrs atau nyonya, sebenarnya tengkorak Mrs Ples itu belum bisa ditentukan jenis kelaminnya. Hanya, dari analisis sinar-X, Mrs Ples adalah makhluk hampir dewasa.
Kisah ini diceritakan pemandu wisata di Goa Sterkfontein sebelum pengunjung memasuki goa. Dengan demikian, begitu memasuki goa, rasanya menjadi lebih menarik karena ada imajinasi yang dibangun cerita itu. Goa ini cukup panjang dan dalam. Namun, pengunjung hanya diberi rute sejauh 200 meter. Meski begitu, banyak kontur atau ruang-ruang indah di goa tersebut.
Beberapa jalan ditutup dengan pintu teralis. "Ini berarti masih dalam penelitian. Maka, yang boleh masuk jalan itu hanyalah para peneliti atau orang yang diberi izin," ucap pemandu wisata. Sang pemandu sangat menguasai detail dan kisah goa itu sehingga pengunjung begitu puas mendapat penjelasannya. Apalagi, dia selalu memberi kesempatan pengunjung untuk bertanya setiap kali selesai memberi penjelasan. Dan, rasanya dia selalu bisa menjawab pertanyaan pengunjung.
Jika tak tertarik terhadap kisahnya, maka pengunjung bisa menikmati keindahan goa tersebut. Sesekali ada ruang yang berlobang sehingga sinar mentari bisa menembus ke dalam dan menambah keindahan. Namun, ada pula rute-rute yang menegangkan. Pengunjung harus merunduk untuk menuju ke ruang lain dan kadang terasa amat susah.  Goa ini juga amat luas dan banyak jalan sehingga tak seorang pengunjung pun boleh berjalan sendiri karena bisa tersesat dan sulit keluar. Rute wisata di goa ini memakai sistem sekali jalan. Artinya, pengunjung masuk dari satu pintu dan akan keluar dari goa di sisi lain. Jika sudah berjalan jauh, maka sering sulit melewati jalan kembali, sedangkan jika meneruskan perjalanan, belum tentu menuju jalan keluar.
"Saya minta tak seorang pun mencari jalan sendiri dan tetap berjalan dalam kelompok," pinta pemandu.
Setidaknya, ada dua kenikmatan utama mengunjungi goa ini. Pertama, bisa bertemu Mrs Ples dalam bentuk boneka buatan dan juga tengkorak aslinya. Makhluk yang disebut cikal bakal manusia. Kedua, tentu saja, menikmati wisata dalam goa.
Jumlah Uang Koin Beredar Rp 3,2 Triliun! (Lap. wartawan Kompascom Caroline Damanik, 31 Juli 2010)
Bank Indonesia mencatat jumlah uang koin yang beredar di tengah masyarakat mencapai Rp 3,2 triliun hingga 30 Juni 2010 atau hanya sekitar 1 persen dari total nominal uang yang beredar di masyarakat. Hal ini disampaikan oleh Gubernur BI terpilih Darmin Nasution di sela peluncuran Gerakan Peduli Koin Nasional di Kompleks BI, Sabtu (31/7/2010). Darmin mengatakan jumlah fisiknya mencapai 60 persen dari total jumlah uang yang beredar di tengah masyarakat, yaitu sebesar 15,5 miliar keping dengan jumlah terbanyak adalah pecahan Rp 100 sebanyak 6,7 miliar keping.
"Jadi jauh lebih banyak koin," ungkapnya. BI sendiri masih akan membuat uang logam sebanyak 1,6 miliar keping. BI menilai penggunaan uang koin harus dibudayakan karena selama ini masyarakat lebih sering hoarding atau menyimpang uang logam daripada menggunakannya.
Sementara itu, keterbatasan ketersediaan uang logam justru membuat pengusaha retail akhirnya kerap mengganti uang kembalian yang biasanya bernominal kecil dalam bentuk permen. "Ini menyebabkan terhambatnya perputaran uang logam yang mengakibatkan kebutuhan akan uang logam terus meningkat sepanjang tahun," tandasnya.
Sedangkan uang logam pecahan Rp 1.000 yang mulai diedarkan Bank Indonesia (BI), dengan disaksikan Wakil Presiden Boediono berjumlah 716 juta keping senilai Rp 716 miliar (Kompascom, 20/7/2010). Menurut Difi, uang logam Rp 1.000 tahun emisi (TE) 2010 yang resmi beredar sore ini memiliki gambar burung Garuda Pancasila di bagian muka dan gambar alat musik khas Jawa Barat, yaitu angklung, dengan latar belakang Gedung Sate di sisi belakangnya. Uang logam tersebut terbuat dari bahan plat nikel besi berwarna putih keperakan dengan diameter 24,15 milimet
Benarkah Tinta Isi Ulang Lebih Murah? (Jumat, 30 Juli 2010)
Yogyakarta, Sudah sekian lama tinta isi ulang untuk printer lebih populer di mata masyarakat dibanding tinta asli. Dengan alasan harga lebih murah, masyarakat lebih memilih tinta isi ulang dibanding tinta original. Benarkah tinta isi ulang lebih murah?
Ink Product Manager HP Adrian Lesmono di Yogyakarta, Jumat (30/7/2010), mengatakan masyarakat umumnya memaknai "murah" semata-mata dari sisi harga dan mengabaikan hasil dan proses cetak. Padahal, kata dia, "murah" seharusnya dimaknai lebih menyeluruh. Ia mencontohkan, tinta HP seri 703 harganya Rp 85 ribu per cartridge bisa mencetak 600 halaman. Artinya, ongkos cetak per halaman bisa dihitung dengan dengan pasti yaitu sekitar Rp 140 per halaman.
"Sementara tinta suntik atau infus seri sejenis harganya sekitar Rp 60 ribu per cartridge. Tapi kita tidak bisa mengitung berapa biaya cetak per lembarnya. Alasanya macam-macam. Misalnya, tintanya belum habis ternyata print head-nya rusak dan harus diganti. Atau, belum dipakai lama ternyata tintanya bermalah," jelasnya.  Ukuran "murah" tinta isi ulang juga sulit diukur, lanjut Adrian, karena seringkal terjadi hal-hal di luar harapan yang mempengaruhi produktivitas. Ia mencontohkan, dengan tinta original hasil cetak dijamin bagus kualitasnya secara konsisten dari halaman awal hingga akhir.
Sementara, dari hasil uji coba yang dilakukannya tinta isi ulang tidak bisa memberikan konsistensi kualitas. "Coba aja deh kalau pakai tinta isi ulang pasti di cetakan kesekian kadang muncul garis-garis atau gradasi ketebalan cetak. Kadang kita tidak puas dengan hasil cetak lalu membuang kertas dan print ulang. Berapa kertas yang dibuang," katanya. Contoh lain, ucap Adrian, "Berapa kali pekerjaan kita tertunda karena hasil cetak tidak baik. Kalau hasil cetak tidak baik, orang lalu uring-uringan, dan produltivitas terganggu. Hal-hal seperti ini sering diabaikan orang dalam memaknai 'murah'."
Stagnan, Jumlah Akseptor KB (Kompascom, 29 Juli 2010)
JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia merupakan salah satu negara yang menyepakati tujuan milenium (MDGs) dengan target 5b berupa peningkatan jumlah prevalensi kontrasepsi (CPR) dari 57,4 persen menjadi 70 persen di tahun 2015. Sayangnya Indonesia cenderung stagnan, karena dalam 5 tahun terakhir jumlah privalensi kontrasepsi hanya naik 1 persen. Saat ini tiga provinsi yang memiliki CPR terendah adalah Papua 24,5 persen, .Maluku 29,4 persen, dan Papua Barat 37,5 persen.
Secara nasional, bahkan unmet need (akseptor yang tidak terlayani) meningkat dari 8,1 persen menjadi 9,3 persen. Kurangnya dana menjadi salah satu alasan tidak terlayaninya kebutuhan calon akseptor. Data dari BKKBN menyebutkan, alokasi anggaran nasional untuk KB tahun 2009 sebesar Rp 1,2 triliun dan naik jadi 2,3 triliun tahun 2010. Akan tetapi jumlah itu dinilai masih jauh dari kebutuhan anggaran KB sebesar Rp 3,6 triliun per tahun.
Plat Nomor Sekaligus Papan Reklame (Mediaindonesiacom, 23 Juni 2010; Penulis : Chadie)
NEGARA bagian California saat ini tengah dilanda hutang. Saking putus asanya, para anggota parlemen negeri yang dipimpin oleh gubernur Arnold Schwarzenegger ini tengah mempertimbangkan pemakaian plat nomor polisi LED yang dapat berfungsi sebagai papan reklame untuk manambah pemasukan keuangan.
Rancangan undang-undang yang diajukan oleh Senator Curren D Price Jr, D-Inglewood berisi pemberian otoritas bagi Departemen Kendaraan Bermotor (Departement Motor Vehicle/DMV) untuk menyelidiki munculnya teknologi plat nomor digital (Digital Electronic License Plate (DELP) technology) yang dipasang di belakang kendaraan yang dapat menampilkan pesan, iklan atau gambar lain ketika kendaraan berhenti lebih dari 4 detik.
Rancangan Undang-Undang SB 1453 yang lolos tanpa ada pemilih yang tak setuju dalam voting pada 28 Mei lalu ini, memberikan kewenangan pada DMV untuk bermitra dengan perusahaan inovatif untuk meneliti dan pengembangan serta menerapkan teknologi baru DELP tanpa adanya pengeluaran biaya bagi DMV maupun negara.  Hasil penelitian yang dilakukan DMV dengan mitranya kemudian diserahkan pada anggota dewan kemudian dibuatkan semacam izin untuk melakukan simulasi langsung guna mendapatkan data atas kemampuan teknologi DELP dalam menghasilkan penghematan biaya, alur kerja yang efisien serta menghasilkan pendapatan.
"Pemerintah tengah menghadapi kekurangan anggaran yang belum pernah terjadi sebelumnya dan tengah memikirkan penggunaan aset negara yang ada untuk menciptakan kesempatan mendapatkan penghasilan baru yang berkelanjutan," ujar Senator Price.
Price berpendapat bahwa penerapan teknologi baru ini berpotensi menghasilkan keuntungan yang signifikan bagi negara bagian California dan para pembayar pajaknya dengan mewujudkan penghematan yang signifikan pula lewat pemanfaatan DELP, dengan melancarkan distribusi, aktivasi, dan registrasi plat momor tersebut...Hmm cerdas! (OL-07)