Senin, 16 Agustus 2010

KOTA TERMAHAL DI DUNIA 2010 DAN INDONESIA

Kalau kita tinggal di salah satu kota di Amerika Serikat baik itu memang asli dari sananya sendiri maupun cuma numpang sementara “kost-kost-an” ataupun tinggal di Kota Jakarta Indonesia dengan berbagai kebutuhan yang dirasakan “mahal”, janganlah merasa bahwa tempat atau kota tersebut yang termahal di dunia atau Kota Jakarta dirasakan yang termahal di Indonesia. Ada yang lebih mahal.
A. KOTA TERMAHAL DI DUNIA 2010
Sebuah survey yang dilakukan oleh ECA International (Employment Condition Abroads) yang merupakan sebuah perusahaan konsultan Internasional yang bergerak di berbagai bidang seperti pelayanan public, bisnis dan kebijakan telah membuat daftar kota-kota termahal yang ada di dunia. Sebelumnya ECA melakukan penelitian bekerjasama dengan tim lokal setempat dari bulan September 2009 hingga Maret 2010. Beberapa penilaiannya didasarkan pada biaya-biaya seperti makanan, barang-barang sehari, pakaian, elektronik, dan hiburan. Kota-kota yang termasuk termahal juga bukan sekedar ‘asal mahal’, beberapa penilaian juga berdasarkan perkembangan ekonomi suatu negara, kota-kota yang dimaksud dinilai penting dalam keberhasilan suatu negara keluar dari krisis. Berikut 10 peringkat kota termahal versi ECA tahun 2010
1. Tokyo, Jepang (Tahun 2009 menempati peringkat ke:2)
Makanan: Makan siang di restoran: $ 18
Salah satu kg beras: $ 8,47
Satu lusin telur: $ 3,78
Hiburan: Film tiket: $ 22
Peralatan: Mesin cuci: $ 879
Kekuatan Yen telah membawa Tokyo kembali ke tempat 1 No pada peringkat ECA Internasional untuk pertama kalinya sejak tahun 2005. Selain biaya di atas, sewa apartemen dua kamar tidur untuk ekspatriat biasanya lebih dari $ 5.000 per bulan di Tokyo, menurut data dari EuroCost International. Sementara pengunjung perlu uang saku lebih daripada di kota-kota lain, indeks harga konsumen bulanan di bangsal Tokyo telah benar-benar jatuh pada tahun-tahun selama 14 bulan lurus pada Mei 2010, berdasarkan data dari biro statistik Jepang.
2. Oslo, Norwegia (Tahun 2009 menempati peringkat ke:8)
Makanan: Makan siang di restoran: $ 43
Salah satu kg beras: $ 5,66
Satu lusin telur: $ 6,72
Hiburan: Film tiket: $ 16
Peralatan: Mesin cuci: $ 880
Oslo naik di atas Kopenhagen sebagai kota paling mahal di Eropa ketika Krone menguat terhadap mata uang lainnya. ECA International mengatakan tren kenaikan harga minyak, resesi pendek, dan reputasi Norwegia sebagai surga yang aman bagi investor memberikan kontribusi untuk meningkatkan Krone (Mata uang Norwegia=NOK)
3. Luanda, Angola (Tahun 2009 menempati peringkat ke:1)
Makanan: Makan siang di restoran: $ 47
Salah satu kg beras: $ 4,73
Satu lusin telur: $ 4,75
Hiburan: Film tiket: $ 13
Peralatan: Mesin cuci: $ 912
Sebagai ibukota Angola, Luanda merosot ke tempat ketiga tahun ini. Harga di Luanda yang benar-benar meningkat dalam satu tahun terakhir, namun mampu mengubah offset inflasi mata uang apapun, menurut ECA International. Selain barang-barang sehari-hari, EuroCost International memperkirakan bahwa rata-rata ekspatriat membayar lebih dari $ 3.500 per bulan untuk flat dua kamar tidur di Luanda.
4. Nagoya, Jepang (Tahun 2009 menempati peringkat ke: 3)
Makanan: Makan siang di restoran: $ 19
Salah satu kg beras: $ 9,14
Satu lusin telur: $ 3,33
Hiburan: Film tiket: $ 20
Peralatan: Mesin cuci: $ 621
Peringkat keempat adalah kota terpadat di Jepang, Nagoya juga di antara yang paling mahal di negara itu. Kota peringkat No 1 untuk biaya beras: $ 9,14 per kilogram, menurut data ECA International. Sebagai hub otomatis Jepang, daerah Nagoya merupakan pusat penting dalam bisnis: sekitar 44 persen dari mobil yang diproduksi di Jepang yang dibuat di sini, menurut Greater Nagoya Inisiatif Pusat. Seperti perusahaan-perusahaan seperti Toyota, Honda, Suzuki, Mitsubishi, Volkswagen, dan General Motors memiliki kantor pusat, operasi manufaktur, atau titik distribusi di daerah Nagoya.
5. Yokohama, Jepang (Tahun 2009 menempati peringkat ke: 4)
Makanan: Makan siang di restoran: $ 17,39
Salah satu kg beras: $ 6,54
Satu lusin telur: $ 3,72
Hiburan: Film tiket: $ 19,50
Peralatan: Mesin cuci: $ 630
Sekitar setengah jam dengan kereta api commuter dari Tokyo, kota dengan pelabuhan sibuk, bioteknologi, dan industri semikonduktor. Yokohama adalah salah satu kota di dunia yang paling mahal, tetapi perusahaan-perusahaan di sini menikmati biaya operasional yang lebih rendah dibandingkan dengan kota di dekatnya. Nissan membuka markas baru di Yokohama tahun ini dan dilaporkan akan menjual kantor di Tokyo untuk pemotongan biaya.
6. Stavanger, Norwegia (Tahun 2009 menempati peringkat ke: 14)
Makanan: Makan siang di restoran: $ 33
Salah satu kg beras: $ 5,71
Satu lusin telur: $ 6,34
Hiburan: Film tiket: $ 15,50
Peralatan: Mesin cuci: $ 749
Kota kecil tepi laut ini memperoleh kekayaan dari minyak di Laut Utara dan telah dikenal sebagai ibukota perminyakan Norwegia. Stavangerexpats.com mengatakan makanan beban di Norwegia sekitar 50 persen lebih tinggi dari rata-rata Uni Eropa: Sebuah kaleng soda sekitar $ 2,80.
7. Kobe, Jepang (Tahun 2009 menempati peringkat ke: 6)
Makanan: Makan siang di restoran: $ 16
Salah satu kg beras: $ 8,57
Satu lusin telur: $ 2,81
Hiburan: Film tiket: $ 20
Peralatan: Mesin cuci: $ 470
Kota ini memiliki salah satu pelabuhan terbesar di Jepang dan telah menjadi ‘ rumah’ bagi banyak mesin-mesin berat, besi dan baja, dan perusahaan produk makanan. Menurut Organisasi Perdagangan Eksternal Jepang, 117 perusahaan asing serta yang berafiliasi dengannya memiliki kantor di Kobe. Seperti harga daging sapi Kobe, gaya daging bermutu tinggi dinamai kota, menunjukkan, makanan mahal di sini, karena biaya hidup yang lain.
8. Kopenhagen, Denmark (Tahun 2009 menempati peringkat ke:7)
Makanan: Makan siang di restoran: $ 36
Salah satu kg beras: $ 4,85
Satu lusin telur: $ 6,99
Hiburan: Film tiket: $ 15
Peralatan: Mesin cuci: $ 1,196
2009 “survei” dari 73 kota internasional oleh UBS menemukan bahwa karyawan di Kopenhagen memiliki penghasilan tertinggi. Tempat dengan gaji yang lebih tinggi seringkali memiliki harga yang lebih tinggi, tetapi warga di sini menikmati standar hidup yang baik secara keseluruhan. Beberapa contoh dari biaya hidup: Menyewa DVD biaya sekitar $ 8 per malam, jins perempuan lebih dari $ 150, dan tiket satu-arah biaya transportasi umum sekitar $ 3,70.
9. Jenewa, Swiss (Tahun 2009 menempati peringkat ke :9)
Makanan: Makan siang di restoran: $ 30
Salah satu kg beras: $ 3,81
Satu lusin telur: $ 7,64
Hiburan: Film tiket: $ 16
Peralatan: Mesin cuci: $ 1,304
Jenewa, “rumah” bagi banyak perusahaan dan organisasi PBB, adalah salah satu kota paling mahal untuk makanan dan peralatan rumah tangga. Harga makanan di Swiss adalah 45 persen lebih mahal daripada di bagian Eropa Barat, dan biaya alat-alat elektronik dan di Jenewa merupakan salah satu yang tertinggi di seluruh dunia, menurut laporan UBS 2009.
10. Zurich, Swiss (Tahun 2009 menempati peringkat ke :10)
Makanan: Makan siang di restoran: $ 25
Salah satu kg beras: $ 3,36
Satu lusin telur: $ 5,81
Hiburan: Film tiket: $ 16
Peralatan: Mesin cuci: $ 974
Dengan posisi peringkat yang sama, Zurich, kota terbesar di Swiss, adalah bisnis utama bagi pusat-pusat negara dan markas kota bagi banyak perusahaan keuangan, termasuk UBS dan Credit Suisse. Meskipun Zurich memiliki jumlah kebangkrutan perusahaan terbesar di Swiss tahun lalu, menurut Dun & Bradstreet, tingkat inflasi mulai meningkat lagi tahun ini setelah jatuh pada tahun 2009.
Itulah daftar 10 peringkat kota termahal di dunia tahun 2010 versi ECA.
Sumber: ECA International dan mysimple.wordpress.com 29 Juni 2010 oleh lidha

B. KOTA TERMAHAL DI INDONESIA Jakarta ternyata bukan merupakan kota termahal di Indonesia tetapi yang merupakan kota termahal di Indonesia adalah Balikpapan, sementara Bandar Lampung dan Mataram menjadi kota termurah di Indonesia. Demikian hasil Survei Biaya Hidup 2008 yang dilakukan Mercer Indonesia, seperti dipublikasikan, Jumat (29/8/2008). Survei dilakukan secara serentak di 26 kota utama di seluruh Indonesia selama Juli 2008, atau dua bulan setelah kebijakan kenaikan harga BBM.
Jakarta, ibukota negara sekaligus pusat kegiatan bisnis terbesar di Indonesia, dijadikan kota basis pada survei ini (indeks 100). Kota-kota lain yang disurvei diperhitungkan indeksnya terhadap kota Jakarta sebagai kota basis. Balikpapan tercatat sebagai kota termahal dengan indeks 107, naik 3 poin dari 104 pada tahun 2006. Sementara Jakarta adalah kota kedua termahal.
Sedangkan kota Bekasi dan Samarinda yang seri di peringkat ke-3 dengan skor indeks 94 diikuti kota Bogor dan Jayapura pada peringkat ke-5 dan ke-6. Kota termurah yaitu Bandar Lampung dan Mataram, keduanya dengan skor indeks 75, berada di peringkat ke 25.
Apabila dibandingkan dengan survei serupa yang dilakukan Mercer Indonesia pada bulan Juni 2006, hasil survei ini memperlihatkan kenaikan angka biaya hidup secara merata di seluruh wilayah Indonesia.
"Kenaikan biaya hidup ini adalah imbas dari kenaikan BBM pada bulan Mei 2008 selain sebelumnya juga telah ada kenaikan tarif dasar listrik pada bulan Maret 2008. Keduanya dirasakan sebagai penyebab yang sangat signifikan di semua sektor. Selain itu juga ada beberapa kenaikan tarif yang terjadi pada kota-kota tertentu saja, misalnya kenaikan tarif jalan tol di Jakarta pada bulan September 2007," urai Mutiarawaty Thaher, Information Product Solutions Business Leader PT. Mercer Indonesia.
Kategori biaya hidup yang disurvei mencakup biaya kebutuhan makanan, kebutuhan pokok, transportasi, utilitas, perumahan, pendidikan, kesehatan serta hiburan dan olah raga. Untuk hiburan dan olahraga, indeks Jakarta jauh lebih tinggi dibandingkan kota-kota lain, walaupun secara keseluruhan Jakarta masih berada di peringkat kedua dengan 7 skor di bawah Balikpapan.
Beberapa kota turun peringkatnya dibandingkan dengan peringkat pada survei biaya hidup tahun 2006. Kota Denpasar (skor 80) turun 16 peringkat dari peringkat 8 ke peringkat 24, juga kota Banjarmasin (skor 85) turun dari peringkat 4 ke peringkat 14. Sedangkan kota-kota yang naik peringkatnya adalah Bekasi (skor 94) dari peringkat 10 di tahun 2006 ke peringkat 3 di tahun 2008, juga kota Medan (skor 89) yang naik dari peringkat 15 ke peringkat 8.
Berikut urutan kota-kota termahal di Indonesia berikut indeksnya: 1. Balikpapan 107; 2. Jakarta 100; 3, Bekasi 94; 4. Samarinda 94; 5. Bogor 92 ; 6. Jayapura 91; 7. Pekanbaru 90; 8. Bandung 89; 9. Batam 89 ; 10. Medan 89; 11. Padang 88; 12. Manado 88; 13. Semarang 86; 14. Palembang 85; 15. Banjarmasin 85; 16.Pontianak 84; 17. Tangerang 84; 18. Cilegon 84; 19. Makassar 84; 20. Jogjakarta 84; 21. Surabaya 83; 22. Jambi 81; 23. Cirebon 81; 24. Denpasar 80; 25. Bandar Lampung 75; 26. Mataram 75
Sumber : kilasberita.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar