Sabtu, 18 Agustus 2012

Jilbab, Religis yang Semakin Modis


Dikemas oleh Isamas54
Mengenakan jilbab awalnya tidak populer, berkembang menjadi tuntunan syari bagi perempuan Muslim, sampai sekarang ini sudah menjadi kebutuhan hidup, kebanggaan, dan jenis model yang up to date. 

Pakaian jilbab adalah merupakan bagian dari pakaian wanita yang dipakai pada bagian kepala (model kerudung) serta relative menutup aurat dan sesuai ajaran muslim.  Karena pakaian jilbab ini pada prinsipnya menutupi aurat perempuan maka harus dipadukan juga dengan bagian pakaian lainnya yang juga relative menutup aurat, seperti baju tangan panjang dan baju bawahan (bisa juga celana panjang) yang menutup sampai mata kaki, sedangkan pelengkap atau aksesori lainnya yaitu kaos tangan, kaos kaki, sal, bahkan topi.  Persyaratan lainnya yaitu seharusnya berpadu dengan pakaian yang mempunyai potongan tidak terlalu menonjolkan bentuk tubuh (ketat).
Pakaian jilbab juga ada yang sampai menutup seluruh bagian wajah atau pakai cadar, tetapi yang disimak dalam tulisan ini terbatas pada yang terbuka wajah.
Pakaian jilbab yang cukup modis ini sangat cocok sekali untuk dipakai ketika bersilaturakhmi di hari raya atau acara-acara lainnya, serta sangat sesuai dengan etika ketimuran. .   
*
Jilbab sekarang sudah dianggap praktis untuk dipakai ke kantor, mal, belanja di pasar, undangan, malahan cocok juga dibuat atau dipadukan seperti kebaya atau hal jasnya kaum lelaki (untuk acara sangat formil).  Fungsi lainnya yaitu bisa sebagai baju hangat, peredam cahaya matahari atau tadah hujan (sebagai topi kalau hujannya rintik-rintik).  Bonusnya adalah bisa berfungsi sebagai penutup kekurangan bagian tubuh seseorang serta sangat mempengaruhi ketenteraman jiwa (bagi yang sudah pas di kalbunya).
Sedangkan mengenai jenis bahan tentunya seperti pakaian lain bisa dari yang murah sampai yang mahal, yang halus sampai yang relative kasar, tipis atau yang relative tebal, warna gelap sampai yang terang.
Bagi yang belum biasa menggunakannya (atau awam) akan menganggap pakaian yang religis ini  tidak praktis, gerah dan panas, akan tetapi banyak pendapat berdasarkan pengalaman, pakaian tersebut akan terasa nyaman dikala suhu udara panas maupun di kala dingin, buktinya banyak orang yang sudah memakainya tidak meninggalkannya kembali jenis pakaian tersebut. 
Selebritas Indonesia sudah cukup banyak yang  biasa memakai jilbab, entah tujuannya etika atau mode atau keduanya (untuk lebih jelasnya bisa tanya kepada mereka atau uraian berikut), tetapi kebanyakan sampai kini mereka tidak menanggalkan kembali kebiasaan memakai jilbab tersebut. 

Bentuk dan model
Ada beberapa jenis modelnya yaitu seperti bentuk syal segitiga, kerudung, jilbab segiempat yang biasa disebut jilbab paris dan pashmina. Model jilbab paris paling banyak di pasaran karena mudah dikenakan, mulai dari model kerudung paris bordir, kerudung paris lukis, kerudung paris permata dan paris syal. Selain bahannya yang lentur, warna jilbab paris yang kebanyakan polos dan mudah dipadukan dengan berbagai macam busana.

Warna
Salah satu factor yang menentukan penampilan menarik dalam memakai jilbab adalah menentukan warna yang cocok karena pemilihan warna yang salah bisa membuat penampilan tampak berlebihan.
Empat tips pedoman pemilihan warna jilbab berikut ini sesuai thebestislamicclothing  (mediaindonesia.com  2012/08/17) :
1.  Warna dasar
Hitam selalu menjadi warna dasar dalam setiap pilihan pakaian, begitu juga dengan jilbab.  Jilbab hitam dapat dikenakan pada hampir semua item pakaian dan cocok dikombinasikan dengan warna kontras dan motif besar yang ramai.   Jika ingin mengenakan jilbab hitam, pilihlah dengan manik-manik rinci, batu atau motif untuk penampilan yang tidak terlalu gelap dan membosankan. Selain hitam, warna krem dan warna kulit bisa menjadi warna dasar karena membuat pemakainya lebih bercahaya.
2. Warna solid
Jilbab berwarna solid tidak akan ketinggalan zaman sehingga lebih efisien dari segi waktu biaya.  Jika tidak ingin terlihat terlalu polos maka hiasi jilbab dengan beberapa aksesoris seperti : pin jilbab, korsase atau pin panjang dengan batu yang indah.
3.  Gabungan motif
Hindari menggabungkan dua motif bersamaan karena hal ini sangat berisiko jika diterapkan dalam gaya berpakaian Muslim. Agar terlihat selalu proporsional, lebih baik menggabungkan jilbab bermotif dengan pakaian berwarna netral dan asesoris.
4.  Warna terlalu banyak
Terlalu banyak warna akan membuat tampilan menjadi penuh, jika ingin memakai jilbab berwarna terang seperti oranye atau kuning maka harus mengenakan pakaian berwarna netral, tetapi jika masih ingin memakai warna-warna cerah untuk pakaian coba untuk tidak memilih lebih dari dua warna.

Selingan
Cara memakai jilbab paris (contoh model pada gambar paling pertama) : (a).   Yang diperlukan ciput, bros, jarum pentul dan jilbab segiempat atau jilbab paris.  (b).  Kenakan ciput dahulu,lalu lipat kerudung menjadi segitiga dan kenakan seperti biasanya. (c).  Tarik sebagian kerudung bagian kanan ke bagian kiri ke arah ciput dekat bagian telinga. (d).  Rekatkan jilbab dengan jarum pentul. (e).  Tarik sisa bagian kerudung sebelah kanan ke bagian belakang. (f).  Pasang peniti pada ciput bagian dalam supaya leher dan rambut tertutup. (g).  Biarkan sisi kerudung bagian kiri menjuntai atau bisa disampirkan ke bahu bagian kanan.  (mediaindonesia.com 2012/07/25)

Mode yang mendunia
 
Maraknya tren busana muslimah di Tanah Air membuat beberapa pihak pemangku kepentingan dalam industri fesyen memiliki tekad untuk membuat fesyen Tanah Air menjadi acuan fesyen dunia. Memang menjadikan Indonesia sebagai kiblat fesyen tak mudah, namun ada secercah harapan dalam busana muslim yang kini tengah mengalami kemajuan.  Oleh karena itu tidak mengherankan apabila Indonesia Islamic Fashion Consortium (IIFC) menargetkan Indonesia Kiblat Fashion Dunia pada 2020. IIFC pun mendapat dukungan dari tiga kementerian yakni Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kemeterian Pariwisata dan Industri Kreatif, serta Kementerian Perindustrian.
"Memang Indonesia adalah pemain baru dalam fesyen dunia. Bila dibandingkan dengan negara lain seperti Hong Kong Fashion Week yang telah hadir selama 40 tahun, jalan Indonesia memang masih panjang. Banyak pula pemain baru dalam industri ini. Maka itu, dibutuhkan proses panjang untuk mencapainya," kata Fashion Director IIFC, Taruna K Kusmayadi,  di sela-sela acara Indonesia Islamic Fashion Fair 2012 di Skenoo Hall, Mal Gandaria City, Minggu (12/8/2012).
Meski begitu para penggiat fesyen enggan menyerah, mereka melakukan berbagai upaya untuk bisa mencapai target itu dengan memaksimalkan potensi budaya Tanah Air, salah satu cara yang cukup unik yakni dengan menyosialisasikan sarung. Sarung yang biasa digunakan kaum pria ternyata bisa dijadikan busana ready to wear, yang bisa dikreasikan menjadi berbagai macam busana, baik utama maupun pelengkap.

Figure berjilbab
Tidak sedikit seorang artis yang memilih konsisten berjilbab, setelah sebelumnya kerap tampil terbuka dan seksi, bahkan beberapa diantaranya memiliki sejarah panjang yang pernah menjadi bintang akting film panas. Kisah masa lalunya itu seolah 'terpotong' setelah menemukan hidayah dengan semangat beribadah yang baru.  Bukan perkara mudah menjatuhkan keputusan berjilbab. Masing-masing memiliki latar belakang dan alasan yang berbeda, yang tentu memiliki konsekuensi bermacam-macam. (kapanlagi.com  2012/8/15)
Tentu berbeda dengan mereka yang memang sejak awal sudah tampil berjilbab, tidak jarang keputusan berjilbab berdampak cercaan dari penggemar yang berbuntut pada karirnya terancam. Akibatnya mundur dari dunia hiburan pun jadi pilihan, sebaliknya banyak juga artis yang tetap optimis dengan penampilan barunya dan tetap berkarya. 
Sebagai contoh model jilbab atau model berjilbab, sebagai berikut :

(1).  Marshanda

Keputusan Marshanda mengenakan jilbab, sempat mengagetkan para penggemarnya. Tepatnya Juni 2010, Chaca, demikian biasa dipanggil, membuat keputusan memakai jilbab secara istiqomah. Padahal Chaca, sebelumnya dikenal sebagai remaja yang tengah menikmati kesuksesannya.  Bahkan jilbab Chaca, sempat menjadi trendsetter para remaja. Gaya mengenakan jilbab berlapis siput disebut di masyarakat sebagai Jilbab Marshanda.
(2).  Zaskia Sungkar
Artis Zaskia Sungkar memutuskan memakai jilbab sejak pulang dari menjalankan umroh bersama suaminya, Irwansyah, awal Mei 2012 lalu.  Zaskia sendiri sebelumnya memang sudah menyimpan keinginan untuk berjilbab, apalagi di lingkungan keluarganya sangat religius. Rata-rata keluarganya berjilbab, termasuk sang mama, Feny Bauty..
(3). Nuri Maulida
Keputusan Nuri Maulida untuk memakai jilbab diambil sejak 10 Juli 2012. Saat itu baru pulang menjalankan umrah dan memutuskan tidak melepas jilbabnya. Dia merasa menemukan kenyamanan dengan berjilbab, hatinya lebih tenang dan istiqomah.
(4). Rachel Maryam

Sekitar September 2012, Rachel Maryam menjalankan ibadah umroh untuk yang kedua dan keinginan untuk mengenakan jilbab semakin menguat.  Saat hadir dalam pemutaran film Arisan 2 untuk pers di Plaza Senayan, Jakarta (24/11/2011). Rachel dengan tegas mengatakan, dia saat itu mengaku sudah sekitar satu setengah bulan berjilbab.
(5). Inneke Koesherawati
Jika mengikuti perkembangan dunia layar lebar antara tahun 80 dan 90-an, nama artis Inneke Koesherawati tidak bisa dilepaskan dari image sebagai bom seks.  Namun sekitar tahun 2001, dia memilih mengenakan pakaian tertutup dan lebih religius. Awalnya cibiran harus diterima, karena memang tidak mudah menghilangkan image sebagai seorang bom seks.
Inneke sempat dinobatkan sebagai pembawa acara Ramadan Terbaik versi Majelis Ulama Indonesia (MUI) pada 2002. Dia sukses membawakan program 'Q-pas, sebuah acara informasi artis seputar Ramadan.
(6). Reza Artamevira

Kemunculan Reza Artamevira atau Reza Artamevia mengenakan kerudung, ketika rumah tangganya dengan Adjie Massaid menghadapi prahara (berakhir perceraian). Saat itu, dia muncul di Padepokan Brajamusti, setelah beberapa hari dikabarkan diculik di Bandara Soekarno Hatta.
Reza sendiri sempat sekian waktu menghilang dari dunia hiburan, namun belakangan dia tetap tampil menjadi seorang penyanyi. Saat tampil Reza pun kerap hanya mengenakan kerudung penutup, dengan bagian leher tetap terlihat.
(7). Cheche Kirani

Pernikahannya dengan Ahmad Hadi Wibawa alias Aa Hadi semakin meneguhkan kehidupan beragamanya. Cheche hingga kini tampil berjilbab dan religius, namun tidak lagi terjun di dunia hiburan tanah air.

(8). Elma Theana

Elma, setelah menjalani kehidupan yang cukup panjang dan setelah konsultasi pada Aa Gatot Brajamusti, dia tampil mengenakan busana tertutup atau berjilbab.  Putusannya itu bukan tanpa ujian, karena banyak tawaran yang datang kepadanya untuk berakting, dengan syarat melepas jilbab. Namun Elma tetap bisa mempertahankan jilbabnya hingga kini.
(9). Risty Tagor
Sejak menikah dengan Rifky Balwel, Risty Tagor perlahan mulai mengenakan jilbab. Puncaknya saat mendapat peran tokoh Nadia dalam sinetron Dalam Mirhab Cinta, dia mulai keenakan dan terus mengenakan jilbab hingga kini.  Tawaran pekerjaan pun berdatangan, baik iklan maupun sinetron FTV. Jilbab yang dikenakannya tidak menjadi penghalang, dirinya untuk tetap berkarir.
(10). Manik Purwakrishna (Vokalis La Luna)
Vokalis La Luna, Manik Purwakrishna mulai mengenakan jilbab Oktober 2012. Keinginan mengenakan jilbab sebenarnya telah lama ada dalam diri  namun sempat merasa belum pantas, akhirnya menunda-nunda, hanya saja sesekali saat itu mengenakan jilbab dengan membeli satu demi satu sebagai koleksinya.  Saat ditemui di sela launching album La Luna, Lembaran Baru di FX Senayan, Jakarta (12/6), Manik mengaku terinspirasi salah seorang temannya, drummer yang juga berjilbab.

Catatan :
(a).  Bagi seseorang yang menggunakan pakaian jenis jilbab ini seperti halnya orang yang biasa memakai pakaian lainnya (contoh ekstrim : rok mini, bikini, backless, atau you can see) mempunyai kenyamanan dan kebanggaan, tentu dari sudut pandang yang berbeda. 
(b).  Pengguna pakaian ini bukan jaminan seratus persen berkelakuan baik (untuk tidak tertipu karena pakaian), tetapi yang jelas pertahanannya ‘lebih ketat’ bagi pencuri nafsu.
(c).  Jaman sebelumnya (khusus di Indonesia) jenis pakaian ini terbatas pada jenis kerudung yang biasa dipakai oleh perempuan yang sudah dapat umur (maaf, nenek-nenek), digunakan pada acara keagamaan atau social yang religi (pengajian, pernikahan, kematian dlsb.), wilayah tertentu (sumatera barat), bahkan di sekolah atau perguruan tinggi umum pun hanya bisa dihitung dengan jari atau bahkan tidak ada sama sekali, namun dalam perkembangan selanjutnya sudah menjadi kenyamanan, kebanggaan, trendy dan modis yang menjamur.
(d).  Industry mode baik yang tertutup sampai yang terbuka sekali sudah terlalu banyak di berbagai Negara, sedangkan untuk industry jenis pakaian jilbab ini tentu bisa menjadi harapan yang baik untuk menjadi pusat modenya di Indonesia.
(e).  Sangat cocok menggunakan jilbab yang cukup modis –tidak berlebihan- pada hari raya lebaran ini.
Selamat Hari Raya Idul Fitri 1433, mohon maaf lahir bathin.

Keterangan gambar : sebagai ilustrasi yang diambil dari internet
Sumber bacaan a.l : mediaindonesia.com 2012/07/25, mediaindonesia.com 2012/08/13&17, kapanlagi.com  2012/8/15

Tidak ada komentar:

Posting Komentar