Jumat, 27 September 2013

Jalan Tol Bali Mandara


Dikemas oleh Isamas54

Merupakan jalan tol di atas laut terpanjang di Indonesia yang menghubungkan Nusa Dua-Bandara Ngurah Rai-Benoa.

 

Jalan Tol Bali Mandara berada di atas permukaan laut di Teluk Benoa yang menghubungkan Nusa Dua di selatan Bali dengan Pelabuhan Benoa, dimana dalam ruas ini terda­pat akses menuju Bandara Internasional Ngurah Rai.  Pembangunan jalan tol ini dimulai pada 1 Maret 2012 s/d 24 April 2013, atau hanya 14 bulan (420 hari kalender), dengan biaya sebesar Rp 2,484 triliun yang berasal dari swasta.

Jalan tol Bali Mandara ini telah diresmikan oleh Presiden RI Soesilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 23 September 2013.  Pada kesempatan itu Presiden SBY memberi nama ruas tol ini dengan sebutan Bali Mandara.

"Bali Mandara bermakna Bali yang agung, Bali yang maju, aman, damai, dan sejahtera," kata Presiden dalam sambutannya. Dia menyebut Bali Mandara ini merupakan karya monumental anak bangsa di bidang infrastruktur.

 

Berbagai keunggulan

Dengan berbagai keunggulannya, Jalan Tol Bali Mandara menjadi serba pertama, yaitu merupakan jalan tol pertama di atas laut yang dibangun waktu paling singkat, merupakan jalan tol di atas laut terpanjang di Indonesia, sedangkan posisi kedua dipegang Jalan Tol Suramadu, Jawa Timur.  Selain itu merupakan yang terpanjang kedua di Asia Teng­gara, setelah Jalan Tol Jembatan Penang, Malaysia.

 

 

Pembangunan Jalan Tol Bali Mandara ini untuk mendukung pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) APEC di Nusa Dua. awal Oktober 2013 mendatang. Dalam jangka panjang, jalan tol tersebut bertujuan untuk memecah kemacetan dan meningkatkan perekonomian di Bali.

 

Data

Spesifikasi Teknis

Panjang : 12,7 km (8,12 km di atas permukaan (aut).

Lokasi : Berada di alas permukaan air laut di Teluk Behoa yang menghubungkan wilayah selatan Pulau Bali (kawasan Nusa Dua) dengan wilayah Kecamatan Denpasar Selatan, tepatnya kawasan Pelabuhan Benoa. Terdapat akses menuju Bandara Internasional Ngurah Rai.

Tiang: 13.991 lubang tiang pancang dengan jumlah tiang 33.835.

Gerbang Tol : Tiga gerbang tol di Nusa Dua, Bandara Ngurah Rai, dan Pelabuhan Benoa.

Pengerjaan : 420 hari kalender dimulai 1 Maret 2012 hingga 24 April 2013.

Pelaksana : PT Jasamarga Bali Tol yang didirikan pada 22 Agustus 2011 bersama konsorsium tujuh BUMN, yakni PT Jasa Marga, PT Angkasa Pura I, PT Pelindo III, PT Pengembangan Pariwisata Bali, PT Adhi Karya, PT Hutama Karya, Wijaya Karya.

Biaya : Rp 2,484 triliun (70% dana perbankan 30% dana perusahaan)

Peresmian : dilakukan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 23 Agustus 2013 yang dihadiri 3.000 undangan lain.

Rekor

(a).  Jalan tol di atas laut terpanjang di Indonesia.

(b).  Jalan tol di atas laut terpanjang kedua di Asia Tenggara.

(c).  Jalan tol dengan waktu pengerjaan tercepat di Indonesia.

(d).  Karya mandiri anak bangsa.

(e).  Tidak menggunakan dana APBN.

 

Pengoperasian

 

Presiden menjadi orang per­tama yang menggunakan jalan tol ini, sedangkan mulai Selasa (24/9/2013) ma syarakat bisa ikut menikmati jalan tol Bali Mandara secara gratis selama masa uji coba satu pekan. Meski masih dalam masa uji coba. seluruh unit pelayanan tol beroperasi secara penuh, seperti layanan patroli, derek, ambulans, dan keselamatan lain.

Menteri BUMN Dahlan Iskan mengatakan :  (a).  jalan tol Bali Man­dara merupakan pembangunan tol tercepat, bandingkan dengan pembangunan jalan tol Suramadu hanya sepanjang 5,5 km perlu waktu 12 tahun. (b).  pem­bangunan jalan tol di atas perairan itu lebih mudah dan lebih murah. karena tidak perlu mengeluarkan biaya pembebasan lahan.

Pengguna jalan tol mematuhi rambu yang ada agar terjaga ke­selamatan dan kenyamanan ketika berkendara di jalan tol, kecepatan kendaraan roda empat minimal 60 km per jam dan maksimal 80 km/jam sedangkan kecepatan maksimal untuk sepeda motor 40 km per jam jam.

Sebagaimana jalan di atas laut lainnya dilengkapi dengan pengukur kecepatan angin – yang dapat dipantau dari seluruh gerbang tol --  dimana apabila kecepatan angin laut mencapai 40 km per jam atau lebih maka jalan tol ini akan ditutup sementara agar tidak membahayakan pengendara jalan tol.

Telah dilakukan uji kelaikan selama 1,5 bulan, selalu berkoordinasi dengan Jasa Marga Bali Tol untuk menjaga agar jalan tol ini layak dioperasikan, akan dilakukan inspeksi setiap enam bulan sekali untuk menjaga agar standar pelayanan di jalan tol ini  tetap sesuai dengan yang ditetapkan. Dimana setiap semester rapornya akan kami berikan kepada badan usaha.

Tarip tol

Tarif : Gol I : sedan, minibus, dan sejenisnya serta bus (Rp 10.000),  Gol II : kendaraan truk dengan dua gandar (15.000),  Go; III.  truk dengan tiga gandar (Rp20.000), Gol IV truk dengan empat gandar

(Rp 25.000), Gol V : truk dengan lima gandar atau lebih (Rp 30.000), Gol VI sepeda motor (Rp4.000).

 

Setelah itu dibangun di Jakarta

Setelah sukses membangun tol atas laut di Bali, PT Jasa Marga Tbk (JSMR) kepada Liputan6.com (15/6/2013) berencana – tentunya pemerintah – akan membangun tol atas laut pertama di Jakarta sepanjang sekitar 6 km (sekitar 2 km-3 km itu berada di atas laut) yang akan menghubungkan Marunda dengan Kalibaru.  

Dalam pembangunan proyek tersebut pihaknya akan menggandeng PT Pelabuhan Indonesia II dan PT Kawasan Berikat Nusantara (KBN).  Pihaknya mengaku belum bisa memastikan berapa nilai investasi dan kapan proyek tersebut akan dimulai karena masih menunggu hasil Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal) yang sedang disusun Pelindo II.

 

Kita tunggu saja …

 

Keterangan gambar : diambil dari internet.

Sumber a.l :  media.viva.co.id 2013/06/2013,  Republika 24/9/2013.

2 komentar:

  1. terima kasih atas informasinya..
    semoga dapat bermanfaat bagi kita semua :) Mesin mobil

    BalasHapus
  2. terima kasih atas informasinya..
    semoga dapat bermanfaat bagi kita semua :) Raisa

    BalasHapus