Jumat, 27 Agustus 2010

BANDAR UDARA DI INDONESIA DAN MASKAPAI PENERBANGAN

Oleh isamas54
Pada awalnya pelabuhan udara atau Bandar udara hanyalah merupakan sebuah tanah lapang berumput yang bisa didarati pesawat dari arah mana saja tergantung arah angin, namun dalam perkembangannya dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti toko, restoran, pusat kebugaran, dan butik bermerek ternama (catatan/pengalaman : kalau tidak sempat beli oleh-oleh maka sebelum naik pesawat pulang bisa beli di sini, daripada ditagih teman atau kerabat ). Daftar Bandara dan maskapai penerbangan.
Oleh isamas54
Sejarah dan Pengertian
Pesawat terbang yang lebih berat dari udara diterbangkan pertama kali oleh Wright Bersaudara (Orville Wright dan Wilbur Wright) dengan menggunakan pesawat rancangan sendiri yang dinamakan Flyer yang diluncurkan pada tahun 1903 di Amerika Serikat. Selain Wright bersaudara, tercatat beberapa penemu pesawat lain yang menemukan pesawat terbang antara lain Samuel F Cody yang melakukan aksinya di lapangan Fanborough, Inggris tahun 1910. Pesawat terbang yang lebih ringan dari udara aadalah balon udara.
Pesawat yang lebih berat dari udara ini disebut aerodin, yang masuk dalam kategori ini adalah autogiro, helikopter, girokopter dan pesawat bersayap tetap. Pesawat bersayap tetap umumnya menggunakan mesin pembakaran dalam yang berupa mesin piston (dengan baling-baling) atau mesin turbin (jet atau turboprop) untuk menghasilkan dorongan yang menggerakkan pesawat, lalu pergerakan udara di sayap menghasilkan gaya dorong ke atas, yang membuat pesawat ini bisa terbang. Sebagai pengecualian, pesawat bersayap tetap juga ada yang tidak menggunakan mesin, misalnya glider, yang hanya menggunakan gaya gravitasi dan arus udara panas. Helikopter dan autogiro menggunakan mesin dan sayap berputar untuk menghasilkan gaya dorong ke atas, dan helikopter juga menggunakan mesin untuk menghasilkan dorongan ke depan.
Yang selanjutnya dibahas dalam tulisan ini adalah pesawat terbang angkutan umum.
Pelabuhan udara, bandar udara atau bandara merupakan sebuah fasilitas tempat pesawat terbang dapat lepas landas dan mendarat, yang paling sederhana adalah minimal memiliki sebuah landas pacu sedangkan bandara yang besar biasanya dilengkapi fasilitas lain baik untuk operator layanan penerbangan maupun bagi penggunanya. Atau menurut definisi PT (persero) Angkasa Pura sebagai salah satu pengelola bandara, pengertian bandara adalah lapangan udara dengan segala bangunan dan peralatan yang merupakan kelengkapan minimal untuk menjamin tersedianya fasilitas bagi angkutan udara untuk masyarakat.
Pada masa awal penerbangan, bandara hanyalah sebuah tanah lapang berumput yang bisa didarati pesawat dari arah mana saja tergantung arah angin. Namun dimulai masa Perang Dunia I, bandara mulai dibangun permanen seiring meningkatnya penggunaan pesawat terbang dan landas pacu seperti halnya terlihat sekarang. Setelah perang, bandara mulai ditambahkan fasilitas komersial untuk melayani penumpang.
Perkembangan lebih lanjut sekarang, bandara bukan hanya tempat untuk naik dan turun pesawat. Dalam perkembangannya, berbagai fasilitas ditambahkan seperti toko-toko, restoran, pusat kebugaran, dan butik-butik merek ternama apalagi di bandara-bandara baru.
"Nakh kalau yang ini ada resep, kalau kita pergi ke suatu tempat kemudian untuk menangkal ditagih oleh-oleh kerabat, teman, teman istimewa dlsb-dlsb serta tidak sempat cari di kota yang didatangi, maka sebelum naik pesawat untuk kembali, bisa beli dulu di toko-toko bandara ini, tentunya oleh-oleh tersebut yang ada cap kota yang dituju, jangan sampai beli oleh-oleh ternyata hasil produksi dari kota atau Negara sendiri - Thks"
Bandar udara internasional (untuk melayani angkutan internasional) memiliki 2 jenis penerbangan yaitu penerbangan internasional dan penerbangan domestik. Adapun kegunaan bandar udara selain sebagai terminal lalu lintas manusia / penumpang juga sebagai terminal lalu lintas barang. Untuk itu, di sejumlah bandara yg berstatus bandara internasional ditempatkan petugas bea dan cukai. Sedangkan Pengelolaan Bandar Udara di Indonesia dilaksanakan oleh Departemen Perhubungan, PT (Persero) Angkasa Pura I dan PT (Persero) Angkasa Pura II.
Adapun pengertian mengenai maskapai penerbangan, adalah sebuah organisasi yang menyediakan jasa penerbangan bagi penumpang atau barang (menyewa atau memiliki pesawat terbang) yang dapat membentuk kerja sama atau aliansi dengan maskapai lainnya untuk keuntungan bersama. Maskapai penerbangan meliputi kepentingan domestic dan Internasional (a.l Indonesia dan negala lain).
Isi tulisan ini selanjutnya.
Daftar Bandar Udara di Wilayah Indonesia
Daftar Maskapai Penerbangan
Sumber bacaan a.l wikipedia dan bandara.web.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar