Senin, 11 April 2016

Mengenal Logam Mulia Emas




Dikemas oleh : Isamas54
Logam emas merupakan bahan untuk perhiasan yang dapat dijadikan investasi yang cukup menjanjikan karena harganya yang bisa bertahan mengikuti perkembangan jaman.

Batasan
Emas dengan karat murni (24 karat atau 99% ) memiliki tekstur yang sangat lembut, dan memukau karena selain kadarnya juga kilaunya lebih terang.  
Kelembutan tekstur tersebut membuatnya harus dicampur dengan metal lain agar tercipta perhiasan yang tahan lama, sehingga ada emas kadar 18, 14, dan 10 karat, tergantung banyak-sedikitnya campuran dalam emas tersebut. Emas murni, apabila  diinvestasikan akan jauh lebih menguntungkan dibandingkan dengan emas berkadar di bawah itu. 
Identitas emas : kode Au, titik lebur 1.064 derajat C, titik didih 2.970 derajat C, kelebihan tidak berkarat, mudah dibentuk, indah, nilai/harga relatif stabil (untuk simpanan). 

Negara penghasil emas
Cina berhasil menggeser dominasi Afrika Selatan sebagai penghasil emas dunia. Pergeseran posisi ini terjadi setelah produksi emas Cina mencapai 276 ton pada tahun 2007, naik 12 % dari tahun 2006, melebihi produksi emas Afrika Selatan yang tercatat 272 Ton.  (GFMS di London, 17/1/2007, dalam Financial Times 18/1/2008).   Negara-negara penghasil emas lainnya adalah Afrika Selatan, Amerika Serikat dan Australia.
Cina juga dikenal sebagai penghasil terbesar aluminium, seng, dan timbale.   Sedangkan produksi timahnya Cina menempati posisi kedua, dan masuk sepuluh besar untuk produksi tembaga, nikel, dan perak. 


Tambang emas terbesar
Berikut ini tiga tambang terbesar (Media Indonesia 11/7/2013).
(a).  Tambang emas Grasberg. Terletak di Papua dan menjadi yang terbesar di dunia. Pemilik izin penambangan di sini adalah Freeport. Adapun operatornya setiap hari dipegang oleh PT Freeport Indonesia. Selain emas, tambang Grasberg juga menghasilkan tembaga. Pada 2006, emas yang berhasil didulang tambang ini mencapai 58.474.392 gram dan tembaga 610.800 ton.
(b).  Tambang emas Cortez-AS. Tambang ini dioperasikan oleh Barrick Gold yang terletak sekitar 120 kilometer barat daya Elko. Cortez adalah tambang tertua di Nevada yang sudah dibuka sejak 1862. Pada 2011, produksi ernas tambang ini mencapai 1,421 juta ounce.
(c).  Tambang emas Yanacocha-Peru. Tambang ini adalah yang terbesar di Amerika Selatan. Letaknya di pegunungan tinggi Andes, 28 kilometer sebelah utara Cajamarca dan 375 km sebelah utara Lima seluas 1.572 kilometer persegi. Operator Yanacocha adalah Newmont. Sampai sekarang, Yanacocha telah menghasilkan ermas senilai lebih dari 7 miliar dollar AS. Pada 2011, produksi emasnya mencapai 1,293 juta ounce

Di wilayah Indonesia
Wilayah Indonesia merupakan pertemuan dari tiga lempeng yakni lempengan Pasifik, Atlantik dan Australia, membuat Indonesia memiliki kandungan bahan mineral dalam jumlah besar termasuk mineral emas.
Industri pertambangan emas Indonesia dinilai masih memiliki prospek yang menjanjikan di masa mendatang, sedangkan cadangan emas di bumi Indonesia diperkirakan mencapai 1.300 ton dengan produksi 126,6 ton (tahun 2000).  Dengan produksi sebesar itu, Indonesia dikenal sebagai salah satu produsen emas terbesar di kawasan  Asia. (sinarharapan.co.id)
Jalur emas Indonesia merentang dari Aceh sampai Sulawesi Utara, Irian Jaya dan Kalimantan, atau seluruhnya mencapai lebih dari 8.000 kilometer.  Daerah yang sudah diketahui cebakannya terdapat di Aceh, Meulaboh, Muara Sipongi, Salida, Gunung Arum, Bengkulu, Lampung, Banten, Bogor, Tasikmalaya, Pacitan, Purwantoro, Sumbawa, Flores, Alor, Wetar, Sulawesi Tengah, Paleleh-Sumalata (Sulut), Minahasa, Kepulauan Sangir-Talaud, Kaputusan (Maluku).
sedangkan di Pegunungan Jayawijaya-Irian Jaya seperti Geleide, Gunung Bijih (Ertsberg, Grasberg), Sungai Kakan, Pegunungan Cyclop, dan sekitar Jayapura.
Jalur emas Kalimantan mempunyai dua cabang yaitu Kalimantan Barat-Kalimantan Timur dan Pegunungan Meratus-Kalimantan Timur. Jalur emas ini melalui Kalimantan Tengah.
Sejumlah perusahaan multinasional dan nasional yang mengeruk hasil tambang emas di bumi Indonesia antara lain PT Freeport Indonesia, PT Prima Lirang, PT Indomuro Kencana, PT Monterado Mas, PT Ampalit Mas Perdana, PT Lusang Mining, PT Aneka Tambang, PT Newmont Nusa Tenggara (Sumbawa).
Salah satu yang mendorong investor melirik investasi tambang emas di Indonesia adalah biaya eksplorasi yang cukup kompetitif.  Untuk menemukan 1 troyounce (31,1 gram) emas diperlukan biaya eksplorasi sebesar US$ 35, coba bandingkan dengan di AS, dimana biaya eksplorasi untuk mendapatkan produksi emas yang sama bisa mencapai US$ 44.
PT Antam
Antam hanya memiliki dua wilayah konsesi untuk tam­bang emas, yaitu tambang emas Pongkor dengan kapasitas produksi mencapai 2,58 ton per tahun dan tambang Cibaliung (di Pandeglang-Banten yang resmi beroperasi Mei 2010) sebanyak 0,5 ton per tahun.  Demikian seperti dalam harian Media Indonesia (4/1/2011).

Berdasarkan proses eksplora­si terakhir, usia tambang Ciba­liung diperkirakan mencapai 6 tahun dengan potensi kandungan logam emas sekitar 1,5, juta ton bijih emas.  Cadangan itu berada di lapangan Cikoneng dengan jumlah cadangan 678 ribu ton dan Cibitung 839 ribu ton. 
Pengoperasian tambang Cibaliung merupakan realisasi aksi korporasi Antam guna meningkatkan portofolio emas perseroan selain tambang emas Pongkor-Jawa Barat.  De­ngan beroperasinya tambang Cibaliung, produksi emas Antam secara keseluruhan ditargetkan total menjadi 3 ton (sepanjang 2010), jum­lah itu didapat dari tambang emas Pongkor dengan target produksi 2,5 ton emas ditambah Cibaliung sebanyak 500 kg emas. 
Tambang emas di Cibaliung merupakan tambang emas bawah tanah yang dioperasikan dengan metode penambangan mekanis cut and fill. Produksi penuh di lokasi ini  dijadwalkan sejak 2011 pada level 63.300 ton atau setara 2.000 kg emas per tahun hingga 2016.

Demam emas California
Demam emas California terjadi ketika sejumlah orang pergi ke pegunungan di California untuk menemukan emas.  Semuanya bermula ketika James Wilson Marshall yang menemukan emas pada 24 Januari 1848. Ketika itu ia membangun sebuah tempat penggergajian untuk John Sutter (Media Indonesia 24/1/2014).
Kemudian ratusan ribu orang pergi ke California, namun beberapa orang tetap di rumah dan membuka toko pemasok yang membekali mereka semua dengan peralatan tambang.  Banyak orang yang menjadi kaya mendadak, di samping mencoba menemukan emas.  Beberapa orang mulai berjualan, misalnya Levi Strauss yang menemukan dan menjual jins yang dibuat dari denim.
Demam emas California berakhir pada 1855, ketika itu para penambang emas kembali ke rumah masing-masing karena emas makin sulit ditemukan.

Sebagai lambang status dan investasi
Makna atau arti emas dalam kehidupan manusia.


(a).  Status sosial
Sejak ribuan tahun lalu, perhiasan memiliki makna tinggi sebagai pelambangan status sosiaf seseorang, simbol hierarki masyarakat.  Dulu, perhiasan yang terbuat dari emas, perak, dan batuan berharga hanya boleh dikenakan oleh kaum bangsawan, sedangkan kelas yang lebih rendah mengenakan bahan logam dasar, seperti tembaga (copper).
Sedangkan di Era modern berganti, makna perhiasan sebagai simbol status sosial tidak terlalu banyak berubah, meski kini perbedaan antar kelas lebih surnir, dimana setiap orang kini dapat mengenakan perhiasan dari emas, berlian, perak, maupun bebatuan berharga lainnya. Hal yang membedakan adalah nilai karat dan jenis yang digunakan, semakin tinggi tingkat karat, dan semakin langka jenis yang dikenakan maka semakin mahal pula harganya.
(b).  Investasi
Dengan harga perhiasan yang semakin tinggi, ia pun menjadi salah satu aset berharga yang memiliki nilai investasi tinggi serta amat portabel  dan  sangat  likuid karena bisa langsung diuangkan jika suatu waktu dibutuhkan.
bisa langsung diuangkan jika suatu waktu dibutuhkan.
Emas 99 persen memang memukau dan dapat dijadikan investasi.  Tidak terkecuali di Indonesia yang antara lain bagi warga Banjarmasin, dimana mereka cenderung untuk memiliki emas tersebut.  Kebanyakan mereka memakai emas 99%   bahkan pedagang makanan di warung pun ada yang memakai emas tersebut.  Berdasarkan data Pegadaian Cabang Banjarmasin bahwa 80% emas yang digadaikan nasabahnya adalah yang 99%. (id.berita.yahoo.com dari tribunews.com  10/9/2011)
(c).  Mahar
Dalam budaya Indonesia, perhiasan lazim dijadikan salah satu mahar atau mas kawin yang diberikan dari pihak laki-laki kepada mempelai perempuan. Emas dan permata menjadi salah satu ‘syarat wajib’ dalam setiap prosesi adat lamaran.  Misalnya dalam Budaya Sumba, dikenal Mamoli yang terbuat dari emas, menyerupai belah ketupat, dan memiliki makna kesuburan atau  dianggap sebagai simbol reproduksi perempuan. Umumnya dijadikan liontin sebuah kalung. 

SELINGAN : Tato Emas

Tato tak lagi sebatas penanda ritus tradisi, kepercayaan agama tertentu, perlawanan terhadap kemapanan, simbol keberanian, ataupun identitas dirt Di Uni Emirat Arab, tato menjadi si­mbol gaya hidup kelas atas. demikian seperti dalam Kompas (27/3/2011).
Pasalnya, para perempuan yang biasanya mengenakan henna kini memakai tato yang menggunakan emas 24 karat Tato emas ini diukir menjadi berbagai bentuk indah di atas bagian-bagian tubuh mereka. Kompas online mewartakan bahwa dengan biaya 50-5.500 dollar AS (Rp 500.000-Rp 55 juta), seseorang bisa memperoleh tato temporer berlapis emas. Semakin rumit bentuknya, semakin mahal harganya. Di gedung tertinggi di dunia, Burj Al Arab, Dubai, se­buah toko memberikan layanan eksklusif tato emas untuk pernikahan, aksesori para penikmat pesta, atau acara khusus lainnya. Saking berharganya, tato ini pun populer dengan sebutan "Pre­cious Skin". Konon, tato jenis ini diciptakan oleh desainer asal Jepang, Nobuhiko Akastuka. 

Kita lanjutkan ...

Pilihan bentuk
Emas tersedia dalam beberapa pilihan yaitu emas perhiasan, emas batangan, serta koin emas.
(a). Emas perhiasan
Emas perhiasan merupakan jenis emas yang paling sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari, seperti dalam bentuk kalung, gelang, cincin, anting, liontin, tiara, dan lain-lain.
TIP : Bila berinvestasi untuk jangka pendek, sebaiknya jangan memilih emas perhiasan sebab biasanya akan sulit untuk mendapatkan keuntungan.

Untuk setiap pembelian emas perhiasan, selain dikenakan harga emas yang dihitung berdasarkan berat dan karatnya, juga akan dibebani biaya pengolahan emas menjadi perhiasan. Ketika menjual kembali emas tersebut, toko biasanya tidak mau membayar ongkos pembuatan perhiasan itu.
Jika membeli emas perhiasan, sebaiknya simpan sebagai investasi jangka panjang karena harganya akan naik jauh dibandingkan ketika membelinya. Selain itu, ada baiknya memilih emas perhiasan 24 karat karena kemungkinan untuk dijual kembali jauh lebih besar dibandingkan emas perhiasan 18 karat.
(b). Emas batangan
Investasi emas yang cukup baik adalah dalam bentuk batangan (emas lantakan). Di Indonesia, emas batangan yang cukup terkenal adalah emas bermerek Logam Mulia yang diproduksi oleh PT Aneka Tambang dengan kadar emas 99,99 persen. Sebagai tanda keaslian, Anda akan mendapatkan sertifikat emas yang dibubuhi nomor seri, sesuai dengan nomor seri yang terukir pada emas batangan.
Berbeda dengan emas perhiasan, emas batangan lebih mudah dijual kembali. Selain itu, Anda juga tidak dikenakan ongkos pembuatan seperti jika membeli emas perhiasan.
(c). Koin emas
Koin emas adalah jenis emas yang berbentuk koin. Di Indonesia, ada dua jenis koin emas yang paling dikenal masyarakat, yaitu koin emas ONH (Ongkos Naik Haji) dan koin dinar emas.
Koin emas ONH dimaksudkan sebagai alternatif bagi mereka yang ingin menabung sebagai persiapan untuk naik haji. Koin emas ONH bisa menjadi semacam garansi bagi orang-orang agar selamat dari inflasi, karena harga emas dipastikan ikut naik. (Yul/OL-06)

Warna
Emas sebenarnya hanya memiliki satu warna alami, yaitu kuning. Emas berwarna dihasilkan dengan mencampurkan emas kuning 24 karat dengan logam lainnya seperti tembaga, perak, seng, dan nikel. Persentase logam lainnya itu menghasilkan nuansa emas yang berbeda.
(a). Rose gold
Rose gold, atau dikenal juga dengan emas merah muda, memiliki warna yang sangat halus dan lembut yang kian matang seiring usia. Rose gold dibuat dengan meningkatkan paduan warna tembaga yang biasanya ditemukan pada emas, dan dengan menurunkan paduan warna perak.
Rose gold 14 karat memiliki kandungan emas sebanyak yang dimiliki emas kuning 14 karat. Tapi, warnanya sedikit lebih pink. Rose gold tersedia dalam pilihan 14K dan 18K. Rose gold 14 karat memiliki warna yang lebih jelas.
(b). White gold
White gold atau emas putih dibuat dengan meningkatkan paduan warna perak (seng, perak, nikel) yang biasanya dicampurkan dengan emas, dan dengan mengurangi paduan warna kuning (tembaga).
Emas putih masih memiliki rona kekuningan yang sangat samar, kecuali jika dilapisi dengan rhodium--suatu praktik industri yang umum digunakan.


(c). Green gold
Istilah green gold atau emas hijau bisa menyesatkan. Nuansa hijau pada emas ini bisa sangat samar. Paduan klasik yang digunakan sebagai campuran untuk membuat emas hijau adalah emas kuning murni dan perak murni. Tapi, untuk cincin, logam keras seperti nikel atau seng kadang-kadang ditambahkan untuk membuat emas lebih tahan lama.
(d). Yellow gold
Emas kuning jenis ini, merupakan emas yang biasa Anda jumpai baik sebagai perhiasan ataupun dalam bentuk batangan.

Catatan akhir penulis :
Emas adalah merupakan perhiasan logam mulia yang banyak dicari orang, sehingga banyak yang rela berkonflik untuk dapat menguasai emas, dari mulai penambangan sampai pemasarannya. 

Banyak lubang menganga dan tercemar polusi di dunia ini akibat bekas tambang emas yang tidak memperhatikan lingkungan.

Sampai saat ini logam mulia emas masih bisa diandalkan sebagai nilai investasi.


Keterangan gambar : diambil dari internet
Sumber  a.l : Kompas 7/5/2013,  esdm.go.id 2008/01/24, mediaindonesia.com 2011/08/25, mediaindonesia.com  2011/08/22,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar