Rabu, 08 Juli 2015

Kurma, Buah yang Enak dan Banyak Manfaatnya



Dikemas oleh : Isamas54
Kurma merupakan buah yang sangat manis dan enak, serta banyak manfaatnya bagi tubuh manusia.

(1).  Umum
Bagi umat Muslim di seluruh dunia, pasti tidak asing lagi dengan istilah kurma. Apalagi bagi mereka yang pulang dari ibadah umrah atau haji, menjadikan kurma sebagai oleh-oleh yang utama. Bukan hanya karena kurma sangat manis dan enak, tapi juga karena banyak manfaat yang didapat.
Kurma memang penting dikonsumsi, bahkan sampai disinggung dalam Al-Qur’an ketika Sayydatuna Maryam mengandung Nabi Isa alaihi Salam sebagaimana tersebut di dalam surah Maryam ayat 25:
“Dan gocangkan batang kurma itu kepadanya, nanti ia gugurkan atasmu kurma yang masak.”


Kurma adalah merupakan buah yang tumbuh dari pohon palem keluarga Arecaceae dari genus phoenix. Nama ilmiah kurma adalah Dactylifera phoenix. Kurma diyakini berasal dari tanah di sekitar tepi sungai Nil dan Efrat, namun sekarang pohon kurma dibudidayakan secara luas di wilayah beriklim hangat di semua benua, termasuk di Afrika, Australia dan Amerika (California).
Buah kurma merupakan buah yang pohonnya tumbuh pada padang gersang dengan suhu yang panas. Buah ini memiliki daging berserat lembut dan rasanya sangat manis, seperti campuran sirup gula dan madu. Daging buah kurma berisi gula sederhana seperti fruktosa dan dekstrosa yang mudah dicerna dan cepat mengisi ulang energi tubuh. Karena karakteristik tersebut, kurma sangat cocok untuk mengawali berbuka puasa.
Kurma, dengan kandungan 50% gula, sungguh sangat bergizi karena daging buahnya terdiri atas fruktosa dan glukosa yang keduanya berkalori tinggi, dan mudah serta cepat dicerna. Kandungan gulanya bisa menenangkan saraf yang gelisah serta memberikan rasa aman pada kejiwaan.
Buah ini memiliki banyak manfaat terutama pada ibu hamil yang sedang menghadapi persalinan. Sebagaimana kita ketahui bahwa dalam setiap persalinan banyak mengeluarkan darah sehingga gula darah juga ikut hilang, sehingga kurma merupakan makanan yang tepat untuk menambah gula darah tersebut.

(2).  Kandungan nutrisi dan khasiat
Kandungan nutrisi
Kurma memiliki daftar panjang kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh.  Kurma matang mengandung gula sekitar 80%, sisanya terdiri dari protein, lemak dan produk mineral termasuk tembaga, besi, magnesium dan asam folat.  Kurma kaya dengan serat dan merupakan sumber kalium yang sangat baik.  Lima butir kurma (sekitar 45 gram) mengandung sekitar 115 kalori, hampir semuanya dari karbohidrat.
Rincian kandungan gizi kurma dan kecukupan gizi (%) per 100 gram (Sumber: USDA National Nutrient Database) antara lain : Energi (277 Kkal, 14%), Karbohidrat (74,97 g, 58%), Protein (1,81g, 3%), Total Lemak (0,15 g, <1 0="" 18="" dan="" g="" kolesterol="" makanan="" mg="" serat="" span="">
Khasiat
Buah kurma merupakan buah yang kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh manusia, dimana buah ini sangat akrab di saat bulan puasa.  Sudah bukan rahasia lagi akan manfaatnya, seperti sudah dari dahulu kala di contohkan oleh Nabi Muhammad SAW, agar mengkonsumsi minimal 7 butir setiap hari, terlebih di saat bulan puasa tiba, bahkan Nabi sampai mensunnahkan memakan buah kurma ini.
Kaum Arab Badui, yang makan kurma secara teratur, menunjukkan tingkat kejadian yang sangat rendah dari kanker dan penyakit jantung.
Buah kurma kaya serat yang mencegah penyerapan kolesterol LDL dalam usus. Kandungan serat kurma juga membantu melindungi selaput lendir usus dengan mengurangi paparan dan mengikat bahan kimia yang menyebabkan kanker usus besar.
Sebagai makanan laksatif (laxative food), kurma bermanfaat melancarkan buang air besar dan mencegah konstipasi.
Kurma mengandung antioksidan yang dikenal sebagai tanin. Tanin diketahui bersifat anti-infeksi, anti-inflamasi dan anti-hemoragik.
Kurma adalah sumber vitamin A, yang dikenal memiliki sifat antioksidan dan sangat penting untuk kesehatan mata. Vitamin A juga diperlukan menjaga kulit tetap sehat. Konsumsi buah-buahan alami yang kaya akan vitamin A  diketahui membantu melindungi dari kanker paru-paru dan rongga mulut.
Kurma merupakan sumber zat besi yang sangat baik, dimana zat ini merupakan  komponen dari hemoglobin di dalam sel darah merah yang menentukan daya dukung oksigen darah.
Kalium dalam kurma adalah komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah, sehingga memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung koroner dan stroke.
Kalsium merupakan mineral penting dalam pembentukan tulang dan gigi, dan dibutuhkan oleh tubuh untuk kontraksi otot, penggumpalan darah dan konduksi impuls saraf.
Mangan digunakan oleh tubuh sebagai unsur pendukung untuk enzim antioksidan superoksida dismutase.
Tembaga diperlukan dalam produksi sel darah merah.
Magnesium sangat penting bagi pertumbuhan tulang.
Kurma kaya akan vitamin K dan vitamin B-kompleks, yaitu  piridoksin (vitamin B-6), niacin, asam pantotenat dan riboflavin. Vitamin ini membantu tubuh dalam metabolisme karbohidrat, protein dan lemak. Vitamin K sangat penting dalam pembekuan darah  dan metabolisme tulang.
Kalau begitu, betul sekali anjuran Nabi Muhammad untuk mengawali berbuka puasa dengan tiga butir kurma!

(3).  Jenis dan asal Negara produsen, serta harga
Tetapi untuk mendapatkan kurma yang bagus sesuai kemampuan dan keinginan kita sebagai konsumen, maka diperlukan pengetahuan mengenai jenis, asal, dan harga-harga kurma baik di Madinah, Mekkah, ataupun di Indonesia sendiri secara keseluruhan. 


(3.a).  Asal Negara produsen
Saat ini sudah banyak sekali macam macam buah kurma yang beredar dipasaran, salah satu sumber menyebutkan bahwa kurma yang beredar saat ini sekitar 1.500 macam, namun hanya sekitar 450an yang selalu ada di pasaran.
Dijajakan berdasarkan varian dan juga daerah asalnya, seperti dari Arab Saudi, Irak, Tunisia, dan California. Ada sumber yang menyebutkan bahwa sebenarnya ada 1.500 jenis kurma, tapi saat ini di Irak hanya ada 450 jenis. Yang paling terkenal adalah Zahdi (43% varietas yang ditanam, harga murah), Sayer (23% varietas, harga mahal), Halawi (13% varietas yang ditanam, harga mahal), dan Khadrawi (6% varietas, harga mahal).
Dari semua macam – macam kurma yang ada, yang paling banyak di cari dan menjadi juaranya adalah Kurma Ajwa, Kurma Medjool California, dan disusul Kurma Sukkari, Khalas, dan Lulu.
Jenis kurma yang paling banyak dicari dan beredar dipasaran Indonesia, berdasarkan Negara produsen.
1. Kurma Madinah : Kurma yang berasal dari madinah. Ini adalah kurma paling laris dan favorit daripada macam – macam kurma yang lain. Karena menjadi primadona, hampir semua jenis kurma madinah harganya sedikit lebih mahal dibanding jenis kurma dari negara lain. Jenisnya adalah : Kurma Ajwa, Kurma Khalas, Kurma Sukkari, Kurma Kurma Lulu, Kurma Khodry, Kurma Moneifi, Kurma Burhi, Kurma Ruzeiz, Kurma Maktoum, Kurma Nobouth Sulton,  Kurma Wannana, Kurma Mabroom
2. Kurma Emirate : Kurma yang berasal dari emirate, yang paling terkenal adalah jenis kurma Date Crown. Kurma jenis ini memiliki package yang sangat bagus, dan akhirnya dijadikan pilihan banyak orang untuk mengirim kado dan hadiah.  Jenisnya adalah : Kurma Date Crown Lulu, Kurma Date Crown Dabbas, Kurma Date Crown Khenaizi, Kurma Date Crown Khalas.
3. Kurma Tunisia : Kurma yang berasal dari Tunisia.  Jenisnya adalah : Kurma Palm Fruit, Kurma Sunfruit,
4. Kurma California : Kurma yang berasal dari California Amerika. Ada satu jenis kurma dari california yang sangat menjadi primadona yaitu kurma medjool. Jenisnya adalah Kurma Medjool California
5. Kurma Mesir. Kurma yang berasal dari mesir, harganya lebih murah ketimbang jenis kurma yang lain. Namun banyak yang bilang, kalau rasa memang masih kalah nikmat dibanding jenis kurma dari negara lain.   Jenisnya adalah : Kurma Golden Valley 

(3.b).  Ciri-ciri fisik (tekstur)
Untuk memudahkan dalam menentukan pilihan, maka dikelompokkan menjadi 3 tekstur, yaitu : lembut (Barhee, Halawy, Khadrawy, Medjool), agak kering (Dayri, Deglet Noor, dan Zahidi), dan kering (Thoory).  Dari ketiga kelompok tersebut tentu saja ada perbedaan dalam hal kandungan glukosa, fruktosa dan juga sukrosanya.


Rinciannya dari ciri-ciri fisik beberapa jenis kurma yang didasarkan atas varietas, (daerah asal) dan spesifikasi :
a.  Barhi-Basra (Irak). Daging buah tebal, penuh cita rasa, berwarna cokelat gelap saat matang, lembut, kualitas sangat baik
(b).  Dayri/Monastery Date (Dayri-Irak).  Bentuk panjang, warna hampir hitam, daging buah lembut dan agak kering
 (c).  Deglet Noor (Aljazair dan Tunisia).  Agak kering, tidak terlalu manis, banyak digunakan untuk masakan. Tanamannya menghasilkan banyak buah tetapi tidak terlalu tahan air dan lembap.
(d).  Halawy/Halawi (Irak).  Sangat manis, daging buah lembut, berukuran kecil-sedang, buahnya bisa berkerut selama proses pematangan jika pohonnya tidak diairi dengan baik, toleran terhadap kelembaban.
(e).  Hayany/Hayani (Mesir).  Warnanya merah gelap hingga hampir hitam dengan daging buah lembut. Pohonnya paling tahan cuaca dingin.
(f).  Khadrawy/Khadrawi (Irak dan Arab Saudi).  Jenis kurma yang paling disukai oleh orang Arab karena dagingnya lembut dan berkualitas paling baik. Ukurannya paling kecil dan pohonnya cukup toleran terhadap hujan dan kelembapan.
(g).  Khastawi/Khustawi/Kustawy (Irak).  Lembut, berukuran kecil, dan sangat disukai sebagai dessert.
(h).  Maktoom (Irak).  Berukuran besar, berwarna merah-coklat, berkulit tebal, lembut, dengan rasa manis yang sedang
(i).  Medjool (Maroko).  Berukuran besar, lembut dan juicy
(j).  Saidy/Saidi (Libya).  Berdaging buah lembut, sangat manis, untuk tumbuh pohonnya butuh iklim yang sangat panas
(k).  Sayer/Sayir (Irak).  Berwarna oranye-cokelat tua, berukuran sedang, lembut, bersirup
(l).  Thoory/Thuri (Aljazair).  Buahnya kering, ketika dikeringkan berwarna merah-cokelat dengan kulit yang agak keriput, dan daging buahnya terkadang keras dan berpasir, tapi rasanya manis
(m).  Zahdi/Zahidi (Varietas tertua di Timur Tengah).  Berukuran sedang, berwarna cokelat emas cerah, sangat bergula, banyak digunakan untuk keperluan kuliner.

(3.c).  Harga Kurma
Harga kurma cenderung fluktuatif, tergantung di mana dan jenis kurma apa yang akan kita beli.
Berikut daftar harga kurma di Mekkah, Madinah dan Indonesia.
Di Mekkah. Harga kurma di Mekah beraneka ragam, mulai dari harga 7 SR sampai 70 SR per kilogramnya. Kualitasnya pun bervariasi sekali.
Di Madinah. Di Pasar Kurma Madinah dijual berbagai jenis kurma yang harganya bervariasi, mulai dari 30 Riyal sampai 90 Riyal. Selain kurma, Anda juga dapat menemukan biskuit-biskuit yang terbuat dari bahan dasar kurma di pasar ini. Pasar Kurma Madinah terletak sekitar 60 meter di sebelah selatan Masjid Nabawi. Pasar ini dibuka sejak pukul 7 hingga 23 malam waktu setempat pada musim haji.
Di Indonesia. Sementara di Indonesia, Kurma Mesir misalnya, dijual Rp 35.000/kg, kurma Tunisia Rp 60.000/kg dari semula Rp 55.000/kg, kurma Irak Rp 20.000/kg dari 18.000/kg, kurma nabi Rp 45.000/kg dari 38.500/kg, kurma Arab Rp 50.000/kg dari Rp 45.000/kg, kurma tangkai Rp 35.000/kg dari Rp 32.000/kg, serta kurma curah Rp 10.000/kg dari Rp 9.000/kg.
Di Kebun Kurma.  Harga relatif lebih mahal, bahkan selisihnya terhitung lumayan. Coklat Turki misalnya, di kebun kurma dihargai 30 riyal per kilonya. Jika kita membeli di toko-toko di bawah atau di sekitar hotel di Madinah, standarnya adalah 20 riyal.

(4).  TIP : Memilih kurma
Agar mendapat citarasa dan manfaat terbaik dari buah kurma, maka harus tepat saat membelinya.  Berikut panduan memilih jenis kurma sperti dalam menshealth.co.id, sebagai berikut :
(a).  Kenali macam varian buah kurma.
(b).  Bila Anda kurang paham varian buah kurma, belilah buah kurma di tempat yang menjual bermacam-macam kurma, yang bisa dijamin kualitasnya serta bisa dicoba rasanya.
(c).  Pilihlah kurma yang mengkilat, warnanya seragam, dan tidak pecah.
(d).  Pilih kurma yang terlihat segar, tidak bulukan, tidak kering/keras, dan tidak berkutu/ulat. 
(e).  Bila membeli kurma sudah dalam kemasan, perhatikan tanggal kadaluarsanya.
(f).  Jangan membeli kurma yang dijual di tempat terbuka tanpa ada penutup sehingga cenderung dihinggapi debu dan binatang.
(g).  Kurma sebaiknya disimpan pada suhu ruang dalam wadah yang kedap udara. Jika ingin disimpan lama, simpanlah di lemari es.

Keterangan gambar : diambil dari internet
Sumber bacaan a.l : majalahkesehatan.com 2010/08/11; tokokurmaajwa.com 2014/12/19; media.ikhram.com 2015/01/13

Tidak ada komentar:

Posting Komentar