Kamis, 02 Januari 2014

Paparazzi, Ohh … Paparazzi



Dikemas oleh : Isamas54
Kata-kata Paparazzi sudah tidak asing lagi bagi kita, misalnya ketika menyingkapnya kasus kehidupan Lady Diana.  Betulkah membuat risih?

Sebelum lanjut ‘SELAMAT TAHUN BARU 2014’.  Kita lanjutkan …!

Putri Diana sempat menuding-nudingkan jari ke wajah dan mendorong dada seorang juru foto bernama Keith Butler sambil mencaci  “Kamu membuat hidup saya menjadi neraka” teriak Diana kepada Sang Juru Foto yang mengambil gambarnya saat keluar bersama dua putranya William (11) dan Harry (8) dari gedung bioskop Leicester Square sesudah menonton film Jurasic Park (3/8/1993).  Dimana saat itu Diana hidup terpisah (secara resmi sejak 1992) dari suaminya Pangeran Charles calon pewaris tahta Inggris.
Banyak yang mendefinisikan dari pengertian Paparazzi, namun Penulis coba mendefinikannya, minimal dalam tulisan ini (Isamas54, 2014).

Definisi :
Paparazzi adalah sebuah profesi dari fotografer yang mencari pemberitaan dari obyek personal yang mudah dikenal (figure, selebritas, kriminalis, dlsb) dengan maksud untuk memperoleh berita semenarik mungkin yang membuat khalayak penasaran (rahasia pribadi, sensualitas, keadaan ekstrim, dlsb), dengan cara yang terkadang kurang memperhatikan etika (menekan/pressure yang membuat risih seseorang). 

Adapun ciri secara umumnya terkadang bersifat memaksa/menekan, bisa tanpa sepengetahuan obyek, freelance/dari media ‘bebas’, dan atau mengarah berita ‘negatif'.  Sedangkan tujuannya adalah profesi (numpang terkenal) dan atau financial (bayaran).  Sedangkan dari sudut obyek (yang akan diberitakan) terkadang merasa tidak senang karena waktu yang kurang tepat (capek, stres) atau takut permasalahan yang menyangkut dirinya semakin melebar.

Bedanya dengan wartawan? kemungkinan ini dari istilah, tehnik, serta maksud dan tujuannya.

Banyak aktris yang merasakan tindak tanduk buruk dari para paparazzi, namun di balik itu semua tentu saja ada positifnya atas tindak tanduk paparazzi tersebut yang antara lain sebagai control sosial.  Juga sebagai inspirasi untuk menciptakan sebuah lagu, sebagaimana halnya penyanyiLady Gaga penyanyi asal AS dalam album Flame  yang dirilis pada pertengahan Juli 2009 berjudul ‘Paparazzi.'.
Tulisan berikut mungkin banyak terkait sisi kehidupan selebritas.
Apabila masih penasaran, ikuti saja bacaan selanjutnya …

(1).  Sebuah kado
Aktris Anne Hathaway, 31, peraih Piala Oscar berkat perannya di film Les Miserables (2012), telah beberapa kali menuangkan kekesalannya pada ulah paparazi.  April 2013, misalnya, ketika baru mendarat di Los Angeles, dia sengaja menghindar dari wartawan yang telah menunggunya di bandara. Begitu keluar bandara, dia menyetop sembarang mobil yang ada di jalan keluar dan bertanya kepada pengemudinya, apakah dia boleh masuk ke mobil sampai mobil jemputannya datang.
Aktris ini rupanya tahu apa yang harus dilakukan untuk protes kepada paparazi yang mengintainya, seperti kejadian berikut …
Sehari setelah Hari Natal 2013, Hathaway yang sedang berjalan-jalan santai bersama anjing labrador cokelat peliharaannya, Esmeralda, di Los Angeles-Amerika Serikat, dia menyadari ada wartawan dengan kamera yang membuntutinya.
Hathaway tanpa berkata-kata langsung atau melakukan apa-apa, setelah Es­meralda buang kotoran, beberapa saat kemudian Hathaway mengangkat kotoran itu dan memasukkannya ke kantong seperti yang seharusnya.
Lantas …  menaruh kantong yang sudah diikat dengan rapi tersebut di kaca depan mobil si wartawan yang diparkir di tepian jalan.


(2).  Mendukung RUU

Halle Berry, artis, Cleveland-Ohio 14/8/1966,  telah menyatakan (25/6/2013) untuk mendukung sebuah rancangan undang-undang Negara Bagian California yang membatasi hak paparazi mengambil gambar anak-anak selebritas dan figur publik lainnya.  RUU itu menyebut tindakan mengambil gambar atau merekam video anak-anak tanpa izin perwakilan legal mereka sebagai " tindakan pelecehan. RUU tersebut juga akan memberikan sanksi bagi mereka yang terbukti melakukan pelanggaran itu.
Selain itu Berry mau menemui Presiden Barack Obama demi melindungi anak-anak dari kejaran paparazzi. Keinginan itu dipicu kejadian saat ia menjemput anak perempuannya, Nahla, di sekolah. Bintang film Monster's Ball ini terpicu emosinya melihat ulah paparazzi yang mencoba mengambil fotonya bersama Nahla dari jarak dekat.
Namun, pelaku pers di Amerika Serikat khawatir RUU itu akan mengganggu kerja reporter dan fotografer dalam menjalankan tugas mereka.
"Putri saya menolak pergi kesekolah karena dia tahu akan ada orang-
orang yang membuntutinya.  Me­reka keluar dari semak-semak dan belakang mobil lalu menghalangi anak-anak saya hanya untuk meng­ambil foto mereka.", ujar Berry.
"Saya tahu sebagian orang menganggap isu ini tak penting, tetapi buat kehidupan kami sehari-sehari ini hal yang amat penting," katanya di lain kesempatan

(3).  Dituduh menyerang

Justin Bieber, 18, dituduh menyerang paparazi (Gambar).
Kejadian itu bermula saat Bieber yang tinggal di Calabasas-California, ingin menghabiskan waktu di sebuah mal bernama The Commons bersama kekasihnya, Selena Gomez.
Saat paparazi akan mengambil gambar kedua sejoli itu, Bieber berusaha merampas kamera dan terjadilah pertengkaran fisik. Sang paparazi pun menghubungi polisi.
Ketika polisi tiba, Bieber dan Gomez telah pergi dari tempat kejadian.   .
Seperti dilansir TMZ com kemarin, paparazi itu mengeluhkan sakit pada bagian atas tubuhnya dan mengajukan laporan tindak pidana ke polisi. Polisi pun segera menangani kejadian itu.
Namun, beberapa saksi di lokasi tempat tinggal Bieber melihat pa­parazi menghalangi mobil penyanyi asal Kanada itu saat hendak keluar.
Kelanjutan kasus tersebut … ?
Polisi meminta jaksa menuntut Bieber dengan tuntutan tindak pidana ringan. Namun, penyelidik di Los Angeles tidak menemukan tanda-tanda cedera, video, atau foto yang membuktikan tuduhan yang diajukan seorang fotografer pada Bieber. Sejumlah saksi mata mengaku tidak melihat Bieber menendang fotografer itu dan menggarisbawahi bahwa fotografer itu terus mengambil gambar pasangan selebritas tersebut.
Jaksa memutuskan untuk tidak mengajukan tuntutan apa pun terhadap Justin Bieber (18) setelah penyelidik gagal menemukan bukti bahwa bintang musik pop itu menendang dan memukul seorang fotografer saat meninggalkan sebuah bioskop dengan kekasihnya Selena Gomez pada 27 Mei saat insiden itu terjadi.

(4).  Foto bareng
David Beckham, bintang sepak bola, suami Victoria Beckham,  telah mengancam bahwa dirinya tidak mau lagi menaiki pesawat maskapai British Airways. Hal tersebut disebabkan sang bintang merasa privasinya sangat terganggu ketika banyak awak maskapai itu.

Menurut The Sun (2012), kesabaran Beckham habis ketika seorang pramugari membangunkannya dan memintanya untuk berfoto bersama. "David tentu akan dengan senang hati memberikan tanda tangan dan berpose untuk foto. Ia pun selama ini terkenal sangat ramah kepada para penggemar," kata seorang sumber.
"Namun, bisa dipahami mengapa ia sangat kaget kala melihat awak pesawat mengantre menyusuri lorong untuk meminta tanda tangan selama penerbangan. Sebagai seorang penumpang, privasinya tentu tetap harus dihormati. Wajar bila ia terkejut dibangunkan kala hendak beristirahat selama penerbangan."
British Airways pun telah mengingatkan semua staf untuk memberikan privasi setelah insiden tersebut. Seorang juru bicara maskapai membenarkan insiden tersebut dan maskapai telah meminta maaf: "Kami memiliki hubungan yang sangat baik dengan David Beckham."

(5).  Kembali berurusan
Kanye West, kekasih Kim Kardashian,  kembali berurusan dengan paparazzi, seperti dalam kapanlagi.com 2013/07/26 (Gambar).  Kali ini tersebut memukul seorang paparazzi yang mengikutinya di bandara internasional Los Angeles.

(6).  Stres dan terancam
Alec Baldwin, 54, aktor Hollywood,  duda aktris seksi Kim Basinger, bintang The Departed (2006), telah membantah meninju fotografer New York Daily News, Marcus Santos, di luar sebuah kantor urusan perkawinan. Baldwin mengaku stres dan terancam dengan kehadiran paparazi saat itu.
Insiden tersebut sempat menjadikannya pesakitan di halaman depan surat kabar itu.
"Saya hanya agak mendorongnya ke luar dari jalanan karena dia hampir memukul saya di wajah dengan kameranya," kilahnya.  "Jika saya memukulnya, saya seharusnya berada di penjara saat ini," katanya dalam acara bincang-bincang Late Show yang dipandu David Letterman (2012).

(7).  Trauma
Sienna Miller, 29. Aktris pemeran Baroness dafam film CI Joe: The Rise of Cobra (2009),  sempat mcmberikan kesaksian dalam persidangan yang dipimpin hakim Brian Leveson di pengadilan London (24/11/2011) waktu setempat.
Di pengadilan, Miller mengaku mengalami ketakutan akibat perilaku media, terutama paparazi yang gencar memburu berita dan gambar dirinya selama bertahun-tahun.
Miller mengaku pernah menuduh kerabat dan teman-teman terdekatnya sebagai pembocor informasi. Faktanya, lanjutnya, perekam pesan telepon seluler miliknya telah dibajak News of the World.  Miller mengatakan tabloid itu, pada 2005 dan 2006, menyadap pesan suara pada telepon selulernya. Akibat pcnyadapan secara ilegal tersebut, Mei 2011 lalu pengadilan tinggi London memerintahkan pembayaran ganti rugi kepada Miller sebesar 100 ribu pound (US$165 ribu atau sekitar Rpl,5 miliar) dan permintaan maaf yang dibacakan secara terbuka.  Permintaan maaf itu dibacakan secara keras di depan pengadilan oleh perwakilan News of the World.
Kesaksian Miller dan kawan-kawannya itu akan menjadi rekomendasi bagi pertimbangan parlemen Inggris untuk mengatur kembali regulasi pers di tahun berikutnya.
Para selebritas itu memberikan testimoni untuk menggambarkan perlakuan pers Inggris yang merusak kehidupan pribadi mereka. Kesaksian itu, buntut dari kasus penyadapan yang dilakukan News of the World. Sang pemilik, konglomerat media Rupert Murdoch, yang memilih menutup News of the World Juli lalu.  Miller menganggap keputusannya melawan Murdoch merupakan keputusan yang sulit.
"Hampir setiap hari aku dikejar 10-15 orang paparazi. Saat berusia 21 tahun, di tengah malam aku terpaksa berlari menyusuri jalan gelap seorang diri karena dikejar 10 orang besar. Mereka merasa legal hanya karena membawa kamera," ujarnya ketika di pengadilan yang didampingi novelis JK Rowling.

(7).  Bayar dulu, dong!
Lain lagi kilah seorang musisi Indonesia yang mengelak untuk diwawancarai wartawan (ini mungkin bukan Paparazzi)
Ahmad Dhani, musisi Indonesia, yang ketika itu kembali menghiasi pemberitaan media pascacerai dari Maia Estianty setelah melontarkan pernyataan telah menikah lagi, namun dia tidak menguak identitas pasti istrinya.
Kala itu, nama Mulan Jameela disebut-sebut sebagai istri Dhani sejak tiga tahun lalu.  Selain itu oleh salah satu majalah, dimunculkan nama Yuni, ibu beranak dua yang masih dalam proses cerai dengan suaminya, sebagai istri baru Dhani.
"Yuni? Saya tidak kenal siapa dia. Yang pasti, saya sih setelah dengan yang dulu sudah menikah lagi," imbuhnya.
Dhani terkesan menghindari pertanyaan seputar teka-teki siapakah wanita yang telah dipersuntingnya.
"Pokoknya, bayar dulu Rp500 juta," tukasnya.
"Kalau teman-teman (wartawan) mau kasih saya Rp500 juta, saya kenalkan sama istri saya yang pertama. Kalau ada empat, lumayan kan dapat Rp2 miliar," cetus Dhani sambil terkekeh, saat ditemui di Studio Cawang, Jakarta Timur (20/8/2009).
jadi ingat kenangan, dalam film Unyil, “Bayar cepe dulu, dong!?!” kata Pak Ogah.

Catatan akhir :
Banyak kisah yang cukup lama ditampilkan dari bacaan tersebut, namun kiranya tetap menarik untuk diambil hikmah dan maknanya, tentunya yang bersifat positif.

Sampai ketemu di Topik menarik lainnya.

Keterangan gambar : diambil dari internet.
Sumber bacaan a.l : celebrity.okezone.com/read/2009/08/21, mediaindonesia.com/read/2012/11/11, Kompas 18/5/2012,  Media Indonesia (28/11/2011; 29/5 & 26/6/2012; 27/6 & 30/12/2013).

Berita terkait :
Sekitar Kehidupan Lady Diana

Tidak ada komentar:

Posting Komentar