Rabu, 21 Juli 2010

MENGENANG SEKITAR KEHIDUPAN PUTRI DIANA


Kisah Tragis

30 Agustus 1997 Sabtu malam, Putri Diana dan kekasihnya Dodi Al Fayed masih sempat menikmati makan malam di Hotel Ritz di Place Vendom Paris dimana sejumlah fotografer menunggu di luar hotel. Sekitar tengah malam bersama “sopir” dan pengawal mereka meninggalkan Hotel Ritz lewat pintu belakang di Jalan (Rue) Cambon. Pukul 00.30 waktu setempat mobil Mercedes S-280 Yang mereka tumpangi menabrak pilar beton dalam terowongan Plce de I’Alma yang menyeberangi S. Seine 6 km dari kota Paris.   
Menurut dua orang saksi mata, turis dari San Diego Amerika Serikat seperti dikutif Time, mobil yang ditumpangi  melaju dengan  kencang – perkiraan dari sumber lain sekitar 150-160 km/jam atau 3 kali kecepatan maksimal yang diizinkan di dalam terowongan tersebut  - diikuti beberapa motor dan skuter yang kemudian terdengar suara ledakan.  Selanjutnya kedua turis tersebut melihat mobil tersebut menabrak pilar pemisah jalur polsisi berbalik arah 180 derajat, dimana bagian depan dan atap mobil ringsek dan kaca depan hancur.  Adapun korban meninggal di tempat kejadian  yaitu “sopir” dan Sang Kekasih Dodi Al Fayed.  Sedangkan Putri Diana dan pengawalnya masih hidup dengan luka  kritis.
Diana masih hidup tetapi mengalami luka kritis yang selanjutnya dibawa ke rumah sakit terdekat dan terbaik di kota itu yaitu RS Pitie Salpetriere.  Tiba di ruang gawat darurat jam 02,20, namun setelah lebih dua jam  para dokter berjuang menyelamatkan jiwanya akhirnya Putri Diana tidak tertolong lagi/wafat.

Beberapa kisah dalam Kehidupannya …………………

1.  Lady Diana sebenarnya telah ada di tahun 1727

Sebenarnya dalam Keluarga Spencer pernaha ada seorang gadis bernama Lady Diana Frances, tahun 1727 ia akan dijodohkan dengan Pangeran Walles (yang ke-5, Pangeran Charles yang ke-21), tetapi Sang Diana tersebut menolak karena tidak tertarik.  Setelah waktu berjalan sekitar 240 tahun berlalu, lahirlah tepatnya tanggal  1 Juli 1961dari keluarga Spencer juga dengan nama Lady Diana Spencer, yang dikenal Lady Di/Putri Diana.  Apakah ada kaitan ide atas pemberian nama itu?.

2.  Sang Putri yang baik hati
Kejadiannya sekitar  bulan Pebruari 1994.  Sepasang lelaki perempuan yang mobilnya mogok di jalan raya tak dinyana telah mendapat uluran tangan langsung dari Putri Diana.  Koran Inggris memberitakan bagaimana pasangan tadi tengah kebingungan di jalan raya yang ramai di London karena mobilnya mogok gara-gara kepanasan.  Saat itu Diana tengah dalam perjalanan pulang setelah makan siang bersama anak-anaknya, Sang Putri berhenti dan meminjamkan telepon kepada pengendara tadi dan selanjutnya meninggalkan tempat tersebut setelah polisi tiba di tempat dan memberikan bantuan.

3. Harapan untuk kembali lagi dengan Pangeran Charles

Menurut koran The Sunday Times dalam serial berjudul Diana – Her New Life, menyatakan harapannya untuk kembali lagi dengan Pangeran Charles (44)setelah hidup terpisah dua tahun lalu yang mengarah ke perceraian dan punya anak-anak lagi, serta memimpikan agar Charles tidak jadi raja.  Dalam harian tersebut juga Ratu Elizabeth telah setuju untuk member  peran lebih besar kepada Diana untuk kembali ke kehidupan public untuk urusan-urusan amal.  Sedangkan Pengeran Charles waktu itu terjepit diantara perseteruan dua wanit D (Diana) dan C (Camilla Pareker), dimana dia sebenarnya ingin menceraikan Diana tetapi takut pada neneknya Ibu Suri yang waltu itu berusia 94 tahun (Kompas, 7 April 1994)
4. Disumpahi sopir truk
Seorang supir truk menyumpah-nyumpah dan menyebut Putri Diana dari Inggris sebagai “sapi bodoh” kepada Putri Diana dikarenakan Sang Sopir harus menginjak rem truknya sampai mengeluarkan bunyi  berciut-ciut untuk menghindari truknya menabrak Sang Putri. 
Menurut laporan Daily Star, ketika itu Sang Putri baru saja keluar dari sebuah salon di London, dan menyadari ada juru foto bersembunyi menantinya.  Beberapa saksi mata seperti dilaporkan, menyatakan Diana berlari ke jalan untuk menghindari Sang juru foto, saat itulah muncul truk yang hampir saja menabraknya.  Supir truk itu yang dikejutkan oleh kejadian mendadak itu mengeluarkan kepala melalui jendela dan menyumpah-nyumpah “Keluar dari jalan kamu sapi bodoh”.  Sang Putri sempat mengumpat balik sang supir truk (entah apa yang diumpatkannya) sebelum kembali ke mobilnya disertai seorang detektif.

5. Mencaci seorang juru foto
Kejadiannya pada 3 Agustus 1993, yaitu ketika Putri Diana hidup terpisah dari suaminya Pangeran Charles calon pewaris tahta Inggris (secara resmi telah berpisah tahun 1992).  Putri Diana sempat menuding-nudingkan jari ke wajah dan mendorong dada seorang juru foto bernama Keith Butler sambil mencaci  “Kamu membuat hidup saya menjadi neraka” teriak Diana kepada Sang Juru Foto yang mengambil gambarnya saat ia keluar dari gedung bioskop Leicester Square - sesudah menonton film Jurasic Park - bersama dua putranya William (11) dan Harry (8), tepatnya ketika para juru foto memotretnya.  Selanjutnya, Sang Putri, kedua putra dan para pengawal pribadinya tergesa-gesa masuk kedua mobil yang menunggu mereka dan meninggalkan tempat itu.
Seorang penjaga pintu bioskop mengatakan “Saya tidak bisa percaya ketika melihat Putri Di melangkah masuk. Sang Putri dan anak-anaknya seperti keluarga biasa-biasa saja.  Mereka duduk di tengah ratusan orang lain dan tak seorangpun tampaknya tahu bahwa mereka ada di sana”. 

Dari kisah tersebut …….
  •      Kepopuleran biasanya datang tidak terduga , atau seolah-olah “datang sendiri” dikarenakan adanya kelebihan dari hasil perilaku ( karya) serta telah diakui  keberadaannya oleh publik (baik positif maupun negatif). Keturunan seorang yang ternama/ tenar belum tentu popular.
  • Bagi yang belum tenar/popular di publik, terkadang memimpikan menjadi manusia yang terkenal (kalau perlu dikenal di seluruh dunia), tetapi setelah popular atau “dikenal orang” - seperti halnya Sang Putri Diana – dia  akan merasa  tersiksa atas ketenarannya  (hidupnya terkadang  bagaikan dalam neraka), apalagi celah kehidupannya menjadi obyek yang menarik untuk dipublikasikan (terkadang mengarah ke hal negatif ).   
  • Hal tersebut tidak jarang diungkapkan baik secara langsung maupun tidak langsung oleh para artis, pejabat, dan tokoh-tokoh lainnya, yang mungkin “mereka kadang-kadang mengidamkan bisa nongkrong di pinggir jalan”  (seperti makan baso, makan di Warteg, dlsb-dlsb) tanpa dikenal seperti halnya kebanyakan orang.
  •     Siapa Sang Sopir yang mengemudikan mobil yang ditumpangi Diana waktu itu?  Dia sebenarnya bukan sopir pribadinya, namun ia adalah pria yang bernama Henri Paul (41) yaitu seorang petugas secutity Hotel Ritz yang membawakan mobil Putri Diana melewati pintu belakang Hotel Ritz .
Kalau waktu itu yang nyopir sopir pribadinya, mungkin …. Kisah dan tulisan ini tidak ada. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar