Selasa, 22 November 2011

Operasi Plastik (Bagian 2-Tamat)

Dikemas oleh : Isamas54
Keinginan untuk tampil sempurna memang tidak bisa dipungkiri lagi oleh semua orang seperti tubuh tinggi semampai, hidung mancung, kulit putih, mata besar, serta bibir dan dagu indah menawan.  Untuk meningkatkan penampilan fisik ini antara lain bisa dilakukan melalui operasi bedah pada beberapa bagian tubuh tertentu, tetapi perlu dipertimbangkan mengenai kekurangan dan kelebihannya, karena kalau tidak diikuti dengan kesempurnaan jiwa maka upaya tersebut hanyalah untuk sementara.

Korea Terobsesi Operasi Plastik
Keinginan untuk tampil sempurna memang tidak bisa dipungkiri adalah hasrat semua orang, tetapi mungkin tidak ada yang "seambisius" Korea, terutama para seleb pop yang sering terlihat di internet atau televise, obsesi untuk menjadi cantik itu semakin terekam dalam film (salah satunya yang paling populer adalah "200 Pounds of Beauty"), drama, ataupun berbagai acara variety.  Warga Korea Selatan termasuk ratio warga dunia yang paling tinggi untuk urusan operasi kosmetik (situs Medscape,), mungkin hal ini mendorong banyaknya klinik dan iklan operasi plastik yang ditemukan di berbagai sudut Seoul.  Adapun alasannya adalah :
(a).  Kecantikan bagi penduduk Korea memang tinggi dan terpengaruh oleh budaya barat (Eropa), dimana definisi kegantengan atau kecantikan sempurna adalah dilihat dari tinggi tubuh tinggi semampai, hidung mancung, kulit putih, bibir dan dagu indah serta mata besar.
(b).  Rasa minder saat bersosialiasi membuat warga Korea mencari cara dan jalan keluar cepat demi memperbaiki kekurangan, mereka percaya kalau kesan pertama sangat penting dalam mencari pekerjaan atau dalam menghadiri acara-acara tertentu seperti pesta pernikahan.
(c).  Memiliki sifat kompetitif yang tinggi, ini bisa dilihat dari sistem pendidikan yang penuh tuntutan, sifat ini juga menambah warganya rela untuk melakukan apapun untuk bisa mendapat kecantikan atau kegantengan sempurna.
Orang Korea asli wajah bulat, mata sipit maka operasi plastic yang paling popular adalah pembedahan lipatan pada kelopak mata (double eyelid), dan operasi hidung (nose job),  yang paling ekstrim adalah operasi plastik diberikan kepada anak sebagai hadiah kelulusan oleh orang tua.   Adapun artis yang mau ditiru adalah Jong Dong-Gun untuk lelaki dan Song Hye Ko untuk perempuan.  Sedangkan data lainnya adalah 50% perempuan Korea yang usia 20 tahun pernah menjalani operasi, 90% penyanyi muda yang mulai berkarir debut mejalani operasi plastic, para artis korea rela mengeluarkan uangnya 10-20 juta won untuk perawatan kosmetik meliputi botok dan mengimplentasi karena artis harus mempunyai wajah indah dan sempurna ketika di depan kamera (anneahira.com)
Banyak seleb Korea yang mulai terbuka mengenai hasil permak wajahnya, sebut saja Ko Hara dari Kara - lewat acara variety Strong Heart - mengaku memermak "sedikit" kelopak matanya dan menajamkan bagian atas hidungnya. Lee Joon dari MBLAQ mengaku setelah mendapat luka bakar dalam kecelakaan saat syuting "Ninja Assasin", ia pun sekalian mengoperasi hidungnya untuk terlihat lebih mancung. Atau Dongwan dari Shinhwa yang mendapat hadiah perbaikan hidungnya yang bengkok dari bos perusahaannya sebelum debut.
Artis Korea lainnya yang berkaitan dengan operasi plastic yaitu :  Narsha dan Ga-in, penyanyi Brown (tidak jelas), Chae Rin (operasi hidung), Harisu (operasi kelamin dari laki-laki menjadi perempuan)
Park Hyo Sin (double eyelid), Kwon Song (double eyelid), Hwon The dari duo Fly to the moon (beragam), dan Kim Wong Won dari kelompok penyanyi Sin Hwa (operasi hidung)

Operasi plastik bagian tubuh lainnya 
(1).  Operasi selaput dara
"Soal rencana aku mau operasi perawan, sekarang operasi itu sudah aku jalani. Aku sekarang berstatus janda tapi kondisi fisik perawan," ujar DP seperti dikutip Warta Kota, Jumat (3/6/2011).
Menurut Dr Boyke, operasi selaput dara Dewi Persik hanya buang-buang uang saja karena semua sudah tahu dia sudah pernah nikah sehingga sudah tidak perawan lagi (7/6/2011), dimana orang-orang yang melakukan ini biasanya yang memiliki masa lalu kelam seperti free sex, kecelakaan atau diperkosa.
Teknik yang digunakan pada setiap pasien tidaklah sama, tergantung pada jenis robekan yang ada.
(a).  Bila robekan baru terjadi dan hanya pada satu tempat saja sementara selaput dara sisanya masih utuh maka akan dilakukan operasi yang sederhana, dimana operasi ini hanya membutuhkan waktu yang relatif singkat, yaitu sekitar 10-20 menit.  (b).  Bila selaput dara sudah lama robek dan terjadi di beberapa tempat maka teknik yang dilakukan akan semakin rumit dan kemungkinan tersambung dengan sempurna pun menjadi semakin kecil, dimana waktu yang dibutuhkan untuk operasi ini juga cukup lama yaitu sekitar 30 menit - 1 jam.
Itulah sekedar tambahan pengetahuan.

(2).  Operasi penampilan lainnya
Belum lagi seiring dengan bertambahnya usia, perempuan (terutama) mulai mengkhawatirkan keriput yang muncul di leher dan belahan dada, namun ada sejumlah prosedur untuk membantu memperbaiki 'kelemahan' ini, tetapi saking banyaknya keluhan yang ada bahkan perempuan mengeluhkan bentuk daerah intimnya seperti yang ditampilkan dalam film The Perfect Vagina
Film ini mengeksplorasi tentang meningkatnya permintaan untuk prosedur labiaplasties yakni operasi terhadap labia minora supaya 'penampilannya' menjadi lebih menarik dan kencang.  Meski namanya kurang popular namun dalam kenyataannya operasi kosmetik ini berkembang cepat di Inggris dengan jumlah permintaan meningkat hingga dua kali lipat selama lima tahun.
Dalam film ini pula, dijelaskan bahwa penyebab utama timbulnya karena ada rasa 'ketidakamanan' 
(cat : merasa ramijud-Sunda, atau semrawut)  yang salah satunya karena banyaknya film porno yang seakan-akan menampilkan bentuk yang 'bagus' .
Padahal setiap orang memiliki berbagai bentuk dan ukuran tersendiri sehingga tidak masuk akal kalau ada yang mengatakan adanya standardisasi bentuk yang sempurna atau ideal (apalagi hanya dari segi penampilan). Atau, hal ini adalah semata-mata trik dari industri prosedur kosmetik? (mediaindonesia.com)

Real Beauty.
Perlu diketahui bahwa definisi kecantikan yang sesungguhnya adalah kecantikan dari dalam diri, seperti Kate Winslet, America Ferrara atau Jennifer Hudson yang sukses dan menjadi panutan banyak orang hanya karena menjadi diri sendiri.
Mengenai penampilan yang menarik bagi pasangan dalam perjalanan hidupnya tentunya sangat diperlukan adanya suatu saling pengertian dan pengorbanan yang saling mengisi kelebihan dan kekurangannya satu sama lain, dimana hal tersebut merupakan kiat yang sudah ada sejak dahulu kala tetapi masih dianggap cukup ampuh dalam kelangsungan pasangan hidup, apalagi kalau diiringi dengan doa dan puji syukur baik di kala susah maupun ketika berbahagia.   

TAMAT
Bacaan sebelumnya : Bagian 1.

Keterangan gambar : sebagai ilustrasi yang diambil dari internet
Sumber al : Anneahira,com, pontianak.tribunnews.com/2011/11/17, www.mediaindonesia.com  2011/11/17.

Bacaan terkait : 13 Fakta Bedah Plastik dalam Angka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar