Jumat, 04 November 2011

Fauna (7) : Ikan Paus, Binatang Yang Paling Besar Di Jagat Raya (Bagian 1)

Paus atau lodan  adalah merupakan binatang yang paling besar di jagat raya ini yang dalam bahasa Indonesia disebut ‘ikan paus’.  Jenis paus ini dikelompokkan menjadi paus bergigi dan paus tidak bergigi. 

Merupakan binatang terbesar jagat raya ini (belum ada temuan yang lebih besar lagi) yang hidup di lautan. Jenis ‘ikan’  ini bisa mempunyai berat lebih dari 150,000 kilogram dengan panjang lebih dari 30 meter, atau sama dengan berat 25 sampai 30 ekor gajah

Pengelompokkan



Saat ini dikenal dua kelompok paus yaitu :  (1).  paus bergigi (odontoceti), jenis ikan paus bergigi ini merupakan pemangsa yang memakan ikan sotong dan mamalia laut, mempunyai satu lubang pernafasan, jenis yang bergigi ini berkerabat dekat dengan lumba-lumba dan pesut.  (2).  paus tidak bergigi (Mysticeti), jenis paus tidak bergigi ini berukuran lebih besar dari ikan paus bergigi dan mempunyai struktur yang dikenal sebagai balin yang berbentuk sikat dimana organ ini berguna untuk menjaring plankton, makanannya, di air, mempunyai dua lubang pernafasan.


Beberapa jenis ikan paus
(1).  Paus biru (Balaenoptera musculus)

Merupakan mamalia laut yang masuk kedalam subordo paus balin yang dipercaya sebagai hewan terbesar yang pernah ada  dengan panjang bisa mencapai lebih dari 33 meter dengan berat massa bisa lebih 181 ton metrik.  Bentuk tubuhnya panjang dan langsing dengan  warna kebiruan tubuhnya bervariasi.
Sedikitnya ada tiga perbedaan subspecies :  B. m. musculus,  Atlantik utara dan Pasifik utara, B. m. intermedia, Samudra selatan dan B. m. brevicauda (juga dikenal sebagai paus biru kerdil) ditemukan di Samudra Hindia dan Samudra Pasifik Selatan. B. m. indica ditemukan di Samudra Hindia, mungkin menjadi subspesies lain.
Makanan dengan paus balin lain berupa crustacea kecil yang dikenal sebagai krill, yang sama baiknya dengan ikan kecil dan cumi-cumi.

(2).  Paus Sirip (Balaenoptera physalus)

Merupakan mamalia laut yang masuk kedalam subordo paus balin. Paus, yang memiliki panjang hampir sepanjang 27 meter, adalah paus terbesar kedua dan binatang terbesar kedua di dunia setelah paus biru.
Paus sirip adalah paus yang berpostur panjang dan langsing. tubuhnya berwarna abu-abu kecoklatan tetapi bagian permukaan bawah lebih terang. Terdapat 2 subspesies: paus sirip utara di Atlantik utara dan paus sirip Antartika di samudera daerah selatan. Paus ini dapat ditemui di semua samudera utama dunia, dari daerah kutub sampai lautan tropis. Paus ini tidak dapat ditemui di perairan ber-es seperti di Kutub Utara dan Kutub Selatan. Paus ini juga tidak dapat ditemui di perairan kecil yang jauh dari samudera terbuka. Populasi terbesar paus ini ditemukan di perairan hangat dan dingin. Makanan paus ini adalah ikan, cumi-cumi dan crustacea, termasuk mysidacea dan krill.

(3).  Paus Bungkuk (Megaptera novaeangliae)

Merupakan paus balin, salah satu spesies rorqual terbesar, panjang paus bungkuk dewasa sebesar 12-16 meter dan memiliki berat 36.000 kilogram. Paus Bungkuk memiliki bentuk tubuh yang istimewa, dengan sirip dada panjang dan kepala menonjol. Hewan ini adalah hewan akrobatik, sering muncul di permukaan air.  Jantan mengeluarkan lagu yang terdengar selama 10 sampai 20 menit dan diulang untuk beberapa jam pada satu waktu.  Peran lagu ini belum diketahui, walaupun sepertinya memiliki peran dalam berpasangan.

(4).  Paus Minke atau Rorqual Kecil

Merupakan mamalia laut yang masuk kedalam subordo paus balin (jenis paus balin terkecil kedua), pertama kali diidentifikasikan oleh Lacepede tahun 1804, terbagi menjadi dua spesies, yaitu B. acutorostrata dan B. bonaerensis.

(5).  Paus Pembunuh atau Orca (Orcinus orca)


Merupakan spesies terbesar dari keluarga lumba-lumba, spesies ini ditemukan di seluruh samudera dari kawasan dingin seperti Artik dan Antarktika hingga kawasan bersuhu hangat. Paus Pembunuh merupakan predator, kebanyakan populasi memakan ikan, perbandingan dengan manusia sementara populasi lainnya memakan mamalia laut seperti singa laut, anjing laut, walrus hingga paus besar.

(6).  Ikan paus sperma (Physeter macrocephalus)


Merupakan spesies mamalia laut, ordo Cetacea, ikan paus bergigi (odontocete) yang memiliki otak terbesar. Nama berasal dari zat lilin-putih susu, spermaceti, ditemukan di kepala binatang itu, karena kemiripannya dengan air mani. Ikan paus sperma adalah satu-satunya anggota genus Physeter. The physeter sinonim Physeter merujuk pada spesies yang sama. Ini adalah salah satu dari tiga spesies yang tersisa di superfamili ikan paus sperma, bersama dengan ikan paus sperma pygmy dan ikan paus sperma cebol.
Dapat tumbuh sampai 20,5 meter panjang, hewan bergigi terbesar, bagian kepala bisa sepertiga dari panjangnya, memiliki distribusi kosmopolitan di lautan, menyelam sedalam 3 kilometer (9.800 kaki), yang menjadikannya sebagai mamalia penyelam terdalam, merupakan vokalisasi dengan suara keras yang dihasilkan dari binatang apapun dengan fungsi suara tidak pasti.
Paus ini hidup dalam kelompok yang disebut polong  - betina dan yang muda mereka hidup terpisah dari jantan lebih tua -, betina bekerja sama untuk melindungi dan merawat yang muda, betina melahirkan setiap tiga sampai enam tahun, dan perawatan untuk betina selama lebih dari satu dekade.  Makanannya termasuk cumi-cumi raksasa, ikan dan kolosal. 

Bersambung ke Bagian 2

Keterangan gambar : sebagai ilustrasi yang diambil dari internet
Sumber : www.harunyahya.com dan sumberforum.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar