Sabtu, 05 Maret 2011

Kamus-Ku 3 : Otak



Oleh Isamas54
Otak adalah merupakan salah satu organ manusia atau hewan yang berfungsi sebagai pusat pengendali dari tingkah laku atau aktifitas kegiatan. Jumlahnya hanya 1 (satu) unit yang letaknya di dalam kepala yang terlindungi bagian tubuh keras (tengkorak).


Otak dalam bahasa lain yaitu uteuk, polo (sunda), brain (inggris).
Letak otak sangat spesial yaitu pada bagian inti dari tubuh (kepala) yang dilindungi oleh bagian tubuh lain yang kuat berupa tulang tengkorak atau bentuk lain, yang pada intinya ‘sangat terlindungi’. 
Untuk menyederhanakan tulisan ini maka kata “otak” diganti dengan kode +, arti sebenarnya diganti (as) dan arti bukan sebenarnya/kiasan (abs).
Bentuk + yang paling sempurna adalah + manusia sehingga yang membedakan kegiatan atau kelakuan manusia dengan hewan adalah hasil kerja otaknya dimana manusia dituntut untuk berbuat baik (saling menguntungkan antar sesama), dituntut taat kepada Pencipta-nya dengan sangsi dosa apabila melanggarnya. Sedangkan hewan dari mulai hewan sederhana (bersel satu) sampai yang ‘agak sempurna’ (anjing atau gorilla?) mempunyai instink dalam menjalani kehidupannya.
+ manusia normal bervariasi dari satu individu ke individu yg lain, tapi rata-rata beratnya adalah sekitar 1.5 kg atau sekitar 2,5 persen dari berat tubuh dengan volume sekitar 1130-1140 cc.

Kamus-Ku
+-+ : (abs) + dikurangi + bukan berarti 0 (nol) tetapi merupakan jenis makanan berupa pepes yang dibungkus daun pisang dengan bahan daging ikan tenggiri selanjutnya diolah melalui pemanasan, dibakar atau oven.
+ encer = (abs) pintar, cepat mengerti dan tidak cepat lupa 
+ beku/kosong = (abs) kebalikan + encer
+ genius/einstein = (abs) sangat pintar sekali
+ profesor = (abs) pintar sekali, tapi terkadang lupa pada hal-hal yang kecil
+ kejahatan/pembunuhan dsb. = (abs) dalang/yang mengatur suatu tindakan dengan menggunakan/menggerakkan orang lain (mengarah hal negatif)
+ kotor/ngeres = pikiran yang mengarah ke pornografi
+ udang = (as) otak binatang ini sangat kecil (abs) karena kotoran binatang ini (udang) letaknya di kepala (mirip otak) maka mengibaratkan orang yang isi kepalanya bukan otak tetapi kotoran/faeces sehingga bisa dibayangkan kepandaiannya bagaimana alias bodoh bodoh sekali.
+  kerbau = (abs) + /pikirannya sempit/sedikit akal dan tidak seimbang dengan badannya yang besar, sehingga cenderung penurut seperti kerbau dicocok hidungnya (oleh tali) yang dibawa kemana saja nurut (sakit/susah kalau berontak).

Ini sih bukan dicocok hidungnya
+  keledai = bodoh dan penurut
+ mumet = (abs) pikiran ruwet
+ di dengkul = (abs) pemikirannya di bawah standar atau bodoh sekali dalam memecahkan suatu persoalan
Cuci + = (abs) membersihkan/mengeluarkan memori/pikiran (dalam otak) yang tidak diinginkan  dan menggantikannya dengan idea atau pikiran-pikiran yang baru (mungkin kalau istilah computer di format ulang).
Gegar + = (as) nenar otak karena benturan dengan benda lain sehingga fungsi otak/pikiran bisa terganggu
Operasi + = (as) mengoperasi bagian dari organ tubuh +
Kanker/radang + = salah satu penyakit yang menyerang organ tubuh tersebut
Syaraf + = (as) syarat (dalam kelistrikan mungkin kabel) yang menghubungkan ke +,  Dalam istilah kedokteran antara lain sebagai batasan yang disebut ‘mati’ itu apabila syarat utama yang menghubungkan ke otak sudah tidak berfungsi lagi (mohon koreksi)
+ Lu! = (abs) kata-kata kasar yang mengartikan ‘pakailah mu yang bodoh’

Lainnya :
Kalau depannya ditambah ‘huruf k’ menjadi salah satu bentuk 3 dimensi yang antara lain bentuk kubus, misalnya kotak amal, teh kotak.atau nama sebuah group band “K+” dengan lagunya a.l berjudul ‘Pelan-pelan saja‘
Pikiran kotor /piktor (niat yang kurang baik)
‘syaraf’/stress = istilah yang diberikan kepada orang yang +/pikirannya terganggu (konslet).

Baik kata-kata mutiara maupun lirik lagu tidak ada yang menyangkut kata-kata + (kalau ada pun sifatnya kurang beretika/mengarah kasar), tetapi kalau yang menyangkut hati, jiwa, dlsb ….  sangat-sangat banyak, terutama yang mengarah ke ‘sakit hati’.  Sedangkan dari sudut agama juga yang dibahas pada intinya masalah jiwa/kalbu/niat/kelakuan baik antar sesame, lingkungan maupun kepada Pencipta-Nya, yang kesemuanya bermuara dari +.

Otak atau instink?
 
Dalam kehidupan ‘kurang banyak’ yang menangani + (as) kecuali dokter internis yaitu apabila akan operasi atau penelitian, tetapi kalau yang menangani cerminan/gambaran hasil kerja + banyak, coba kita hayati persamaan dan perbedaan kata-kata berikut yaitu : otak-benak-pikiran-jiwa-qolbu-rokhani-niat-menthal-hati-kelakuan-kepribadian, dan … siapa yang menangani apabila ada kelainan dari yang kita hayati di atas,  apakah dokter yang mengoperasi otak-dokter jiwa –psikiater- psikolog-kehakiman-kejaksaan-rokahniawan-penjara-penelitian.
Jadi pada prinsipnya masalah otak ini agak rumit dibandingkan dengan organ tubuh lainnya, karena 'bayangann/cerminan' yang sering kelihatan.baik untuk kebaikan atau keburukan.

Keterangan materi bacaan
Kamus-Kuini merupakan terjemahan bebas yang sifatnya umum dan garis besar, ditambah dengan contoh-contoh untuk menambah kejelasan, atau anekdot untuk penyegaran yang disusun dari berbagai sumber termasuk pengetahuan penulis.  Masih banyak kekurangan yang tentunya mengundang masukan dari pembacanya.

Keterangan Gambar : sebagai ilustrasi yang diambil dari internet.
Sumber bacaan : disusun dari berbagai sumber

Bacaan sebelumnya Bagian 2 >> Bacaan selanjutnya Bagian 4 (menunggu)
Lebih jauh mengenai Otak dapat dilihat di sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar