Rabu, 26 Januari 2011

Hal Pertama Kali (Edisi Desember 2010).


Merupakan kumpulan kejadian paling pertama atau peristiwa yang belum pernah terjadi sebelumnya.  Untuk Edisi ini berisikan Topik :  (1). 2001 Korban Antraks Pertama, (2). Mumi Kepala Raja Henri IV Ditemukan, (3). 1991 KGB Dibubarkan, (4). 1869 Hari Buruh Pertama AS, (5). 1895 Film Pertama di Dunia, (6).  1928 Mickey Mouse Lahir, (7). 1984 Bayi Mendapat Transplantasi Hati Babun

2001 Korban Antraks Pertama  (Harian Media Indonesia, 5 Oktober 2010)
ROBERT Stevens ialah seorang editor foto untuk tabloid Sun milik American Media Inc. Ialah korban pertama yang berhubungan dengan serangan fatal antraks pada 2001 di Amerika Serikat. Pada 2 Oktober 2001, Stevens ditampung di ruang gawat darurat John F Kennedy Hos­pital karena mengalami disorientasi, demam tinggi, muntah-muntah, dan ketidakmampuan berbicara.  Stevens baru dikonfirmasi menderita antraks dua hari kemudian pada 4 Oktober dan kasusnya merupakan kasus antraks pertama di Amerika Serikat sejak 1976. la meninggal pada 5 Oktober 2001 di usia 63 tahun karena paru-parunya diserang setelah menghirup spora antraks dari sebuah surat yang diperkirakan berasal dari kantor American Media di Boca Raton, Florida. Istrinya, Maureen Stevens, menggugat pemerintah karena keamanan yang tonggar. la menyatakan tes DNA akan membuktikan usaha luar biasa yang digunakan dalam serangan ini berasal dari US Army Medical Research Institute of Infectious Diseases (USAMRIID), sebuah institut penelitian militer untuk obat-obatan yang beriokasi di Fort Detrick. Dua hari setelah kematian Stevens, spora antraks ditemukan di keyboard komputernya. Akibatnya, gedung American Media terpaksa ditutup dan para karyawan dites.

Mumi Kepala Raja Henri IV Ditemukan (Harian Media Indonesia, 21 Desember 2010)
KELOMPOK ilmuwan di Pran­cis menemukan mumi kepala mendiang Raja Henri IV yang dibunuh pada 1610. Kepala ter­sebut hilang dalam kerusuhan Revolusi Prancis yang memorak-porandakan makam raja-raja Prancis di Royal Basilika Saint Denis dekat Kota Paris pada 1793.
Phillipe Charlier, ketua tim pakar forensik patologi yang mengidentifikasi kepala tersebut, mengatakan kontur wajah kepala yang mereka temukan identik dengan wajah Raja Henri IV. Termasuk tahi lalat di dekat lubang hidung kanan, satu tindikan, dan bekas luka di dekat cuping telinga kanan.
Selama hidupnya, Raja Henri IV dikenal memakai anting seperti teman-temannya di Pengadilan Valois, Rambut dan kumis serta jenggotnya dicat merah dan putih. Ciri-ciri tersebut semuanya cocok dengan karakteristik Raja Henri IV saat meninggal. Kontur rahangnya pun identik dengan gambar-gambar sang raja. Selama ini, mumi kepala raja yang dijuluki 'Raja Henri yang Baik Hati' itu berpindah-pindah tangan di antara para kolektor pribadi. (*/Reuters/l-2)

1991 KGB Dibubarkan (Harian Media Indonesia, 11 Oktober 2010)
AKTIVITAS agen rahasia Soviet, KGB, dihentikan tak lama sebelum keruntuhan Uni Soviet. KGB didirikan pada 1954 dengan tujuan menghadapi gerakan-gerakan yang ingin menggulingkan pemerintahan.komunis di Soviet. KGB juga bertanggung jawab untuk merepresi para penentahg Partai Komunis, kegiatan mata-mata, dan antimata-mata di dalam dan luar Soviet. Secara bertahap, akhirnya KGB menjadi sebuah lembaga yang pengaruhnya sangat kuat dalam pemerintahan Soviet. Setelah pembubaran KGB, tugas-tugasnya dilakukan dua lembaga Rusia, yaitu Dinas Informasi Federal dan Dinas Informasi Luar Negeri.

1869 Hari Buruh Pertama AS (Harian Media Indonesia, 28 Desember 2010)
The Knights of Labor, sebuah persatuan buruh jahit di Philadelphia, melakukan upacara pertama Hari Buruh dalam sejarah Amerika. Peringatan Hari Buruh tersebut dilaksanakan pada 28 Desember 1869. The Knights of Labor didirikan sebagai persatuan rahasia penjahit Pennsylvania.
Organisasi tersebut kemudian tumbuh menjadi badan nasional yang memainkan peran penting dalam gerakan buruh pada akhir abad ke-19. Hari buruh tahunan pertama diatur American Federation of Labor pada 1884.
Peringatan itu diputuskan dalam sebuah konvensi di Chicago. Konvensi tersebut memutuskan bahwa Senin pertama pada September dijadikan hari libur nasional untuk memperingati Hari Buruh.

1895 Film Pertama di Dunia (Harian Media Indonesia, 28 Desember 2010)
UNTUK pertama kalinya dalam sejarah perfilman, sebuah film cerita dipertunjukkan di depan umum. Film ini dibuat oleh Lumiere bersaudara, inventor terkenal asal Prancis dan pelopor industry perfilman.
Tempat pemutaran film itu adalah Grand Cafe di Boulevard des Capucines, Paris. Sekitar 30 orang dating dengan dibayar untuk menonton film-filmi pendek yang mempertunjukkan kehidupan warga Perancs.
Sesungguhnya, pada awal 1885, gambar bergerak pertama telah diproduksi. Namun, film karya Lumere bersaudara yang dianggap sebagai film sinema yang pertama. Judul film karya mereka adalah Workers Leaving the Lumiere Factory. Pemutaran film yang dilaksanakan di Grand Cafe ini menandai lahirnya industri perfilman.

1928 Mickey Mouse Lahir (Harian Media Indonesia, 18 Nopember 2010)
Mickey 'dilahirkan' oleh Walter Elias Disney atau dikenal dengan nama Walt Disney. Disney dilahirkan di Chicago pada 5 Desember 1901. Ibunya, Flora Call, adalah seorang wanita Jerman. Adapun ayahnya, Bias Disney, adalah seorang keturunan Irlandia.
Miki Tikus atau Mickey Mouse merupakan sebuah karakter kartun yang menjadi ikon bagi The Walt Disney Company. Miki telah berkembang dari sekadar tokoh animasi menjadi salah satu simbol yang terkenal di dunia. Dalam beberapa kartun Miki awal, suaranya diisi oleh Walt Disney sendiri. Karakter Miki Tikus menjadi sebuah simbol bagi Amerika terutama dalam penyeparan budaya AS ke berbagai belahan dunia dan menjadi lambang keceriaan.

1984 Bayi Mendapat Transplantasi Hati Babun (Harian Media Indonesia, 26 Nopember 2010)
Transplantasi hati ke manusia pertama kali dilakukan oleh Dr Leonard L Bailey untuk menggantikan hati yang cacat pada bayi berumur 14 hari di Loma Linda Pusat Pengobatan Universitas di Loma Linda, California, AS.
Bayi yang dikenal dengan bayi Fae ini lahir dengan sindrom hipoplastik hati kiri, cacat yang hampir fatal dan ditemukan pada bayi baru lahir dengan sebagian atau seluruh bagian kiri hati menghilang. Beberapa hari setelah bayi Fae lahir, ahli bedah jantung Dr Bailey meyakinkan ibu bayi Fae untuk mengizinkan ia mencoba transplantasi eksperimental hati babun.
Tiga orang lainnya sudah mendapatkan transplantasi hati hewan, pada 1977, tetapi tidak ada yang bertahan hidup lebih lama dari 3 1/2 hari, Bailey berpendapat bahwa bayi dengan sistem imun yang belum berkembang akan lebih sedikit menolak jaringan asing daripada orang dewasa.
Bayi Fae bertahan hidup dari operasi dan perjuangannya untuk bertahan hidup menerima perhatian internasional.  Setelah hidup lebih lama daripada manusia mana pun yang menerima hati hewan, tubuh bayi Fae melakukan usaha konkret untuk menolak transplantasi asing. Dokter terpaksa meningkatkan dosis obat penekan imun sehingga menyebabkan kerusakan ginjal.
Namun, akhirnya ia harus menyerah setelah bayi Fae mengalami gagal jantung cepat. Pada 15 November, bayi Fae meninggal setelah bertahan selama 20 hari. 

Keterangan Gambar animasi diambil dari internet

Tidak ada komentar:

Posting Komentar