Jumat, 08 Oktober 2010

TOPIK KINI EDISI 1 s/d 30 SEPTEMBER 2010

Bukan merupakan topik yang terkini.  Edisi ini berisikan Gunung Sinabung Meletus, Lion Air pasang logo Visit Sulsel 2012, 531 Balita Meninggal Dunia Tiap Hari, Berita Ter- (pria yterpendek, aktris bayaran tertinggi, istana tertua, Tokek terbesar?), Teliti Kematian Badak Jawa, Harimau Sumatra Tersisa Terancam Punah, Penutupan bandara karena UFO, Peta Stereotip, Ivana Trump tuntut perancang, ratusan penonton tertimpa panggung, Perjanjian pariwisata Israel-China, Polygon keluarkan varian baru, Gerakan 30 September, dan Kebiasaan yang bisa membuat penampilan lebih tua.
• 'Tidur 400 Tahun”, Gunung Sinabung Meletus (VIVAnews, 29 Agustus
   2010- Elin Yunita Kristanti)
• Lion Air pasang logo Visit Sulsel 2012 (VIVAnews , 26/08/2010-Raydion
  Subiantoro)
• 531 Balita Meninggal Dunia Tiap Hari (Kompascom, 11 Agustus 2010
   -Anniesa Dasih)
• Pria terpendek dunia setinggi 70 cm (Mon, 13 Sep 2010- Sebastian Loh)
• Sandra Bullock Tempati Urutan Teratas Forbes sebagai Aktris Dengan
   Bayaran Tertinggi (Antaranewscom, 6 Agustus 2010)
• Istana Tertua di Dunia Diubah Turki Jadi Museum Terbuka
   (Republika, 3 September 2010)
• Mengapa Tokek Mahal (Kompascom, 31 Agustus 2010)
• Ahli dari AS Teliti Kematian Badak Jawa (Antara,
   29 Agustus 2010)
• 400 Harimau Sumatra Tersisa Terancam Punah (deltafm, 9 Agustus
   -Anniesa Dasih)
• Penutupan sementara Bandara Xiaoshan. Karena UFO.
   (bandarudaracom, 9 Juli 2010)
• Inilah Peta Eropa Menurut Stereotip (Kompascom,
   21 September 2010)
• Namanya Dijadikan Merek Pakaian, Ivana Trump Tuntut Perancang
   (mediaindonesiacom, 17 September 2010)
• Ratusan Penonton Balap Tertimpa Panggung Ambruk (Metrotvnews.
   com, 21 September 2010)
• Israel-China Sepakati Perjanjian Pariwisata (Metrotvnews.com,
   21 September 2010)
• Polygon Keluarkan 20 Varian Sepeda Terbaru (Mediaindonesiacom,
   25 September 2010)
• 35 Tahun Lalu Peristiwa Gerakan 30 September
• Kebiasaan yang bisa membuat penampilan terlihat tua

"Tidur 400 Tahun", Gunung Sinabung Meletus (VIVAnews, 29 Agustus 2010- Elin Yunita Kristanti)
VIVAnews - Gunung Sinabung meletus Minggu 29 Agustus 2010 pukul 00.08 Waktu Indonesia Barat. Mulai pukul 00.10 WIB tanggal 29 Agustus 2010, Gunung Sinabung berstatus 'AWAS'.
Tindakan evakuasi segera dilakukan. 12.000 masyarakat yang tinggal di sekitar gunung diungsikan sejak Sabtu kemarin.
"Awalnya kami menduga, abu dan asap dipicu oleh turunnya, hujan. Tapi saat ini kami mengetahui itu diakibatkan tekanan magma," kata Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Surono, seperti dimuat Sydney Morning Herald, Minggu 29 Agustus 2010.
"Ini jelas berbahaya sehingga kami telah menaikkan level peringatan ke yang tertinggi, atau level merah."
Seperti dimuat laman PVMBG hari ini, Gunung Sinabung berstatus 'AWAS'.
Dijelaskan, aktivitas letusan dan sifat Gunungapi Sinabung tidak pernah tercatat, oleh karena itu tidak diketahui aktivitas letusannya.
"Karena letusannya tidak pernah tercatat sejak tahun 1600, maka Gunung Sinabung dikelompokkan dalam tipe B, dan tidak dilakukan pemantauan secara menerus."
Aktivitas Gunung Sinabung terpantau hanya berupa manifestasi solfatara dan fumarola di dalam kawah aktif.
Berikut hasil pantauan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi:
Aktivitas 28 Agustus 2010
- Pukul 08.00 - 16.00 WIB, secara visual terpantau asap putih tipis, ketinggian sekitar 20 meter dengan tekanan lemah hingga sedang.
- Pukul 16.00 - 19.00 WIB, Gunung Sinabung tertutup kabut.
- Pukul 19.00 - 24.00 WIB, tidak terpantau adanya asap dari kawah aktif.
Dengan demikian Gunung Sinabung tidak menunjukkan adanya tanda-tanda peningkatan kegiatan.
Aktivitas 29 Agustus 2010
Pukul 00.08 WIB, terdengar suara gemuruh. Dengan aktivitas tersebut maka G. Sinabung diubah tipenya dari tipe B menjadi tipe A dan statusnya dinyatakan AWAS terhitung pukul 00.10 WIB tanggal 29 Agustus 2010.
Pukul 00.10 WIB berkoordinasi dengan tim di lapangan, diputuskan dilakukan pengungsian masyarakat yang bermukim dan beraktivitas pada radius 6 km dari kawah aktif.
Pukul 00.12 WIB, tampak asap letusan dengan ketinggian 1500 meter dari bibir kawah.
Lion Air pasang logo Visit Sulsel 2012 (VIVAnews , 26/08/2010-Raydion Subiantoro)
Makassar - Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo pagi ini meresmikan pencantuman logo Visit Sulsel 2012 di badan pesawat Lion Air jenis Boeing 737-900 Extended Range (ER) bernomor registrasi PK-LGL. Visit Sulsel 2012 merupakan program besar untuk memajukan pariwisata dan perekonomian.
Kami sangat berterima kasih kepada Lion yang mendukung program ini. Segala sumber daya yang dimiliki Sulsel akan diuji pada Visit Sulsel di 2012 nanti, katanya hari ini.
Dia juga menuturkan pihaknya akan melakukan kerja sama lainnya dengan Lion Air, untuk mendukung kemajuan perekonomian Sulsel. Di tempat yang sama, Presdir Lion Air Rusdi Kirana mengatakan pemasangan logo Visit Sulsel 2012 direncanakan juga bisa dipasang di badan pesawat Wings Air, anak usaha dari Lion Air.
Kami juga mempunyai rencana untuk membuka rute penerbangan Lion Air Makassar-Singapura untuk mendukung pertumbuhan ekonomi, sosial, dan budaya Sulsel, katanya.
Sementara itu, Direktur Umum Lion Air Edward Sirait mengatakan kerja sama diharapkan dapat meningkatkan jumlah wisatawan, mengingat saat ini perjalanan rute Jakarta-Makassar lebih didominasi pebisnis dan tujuan keluarga.
Kerja sama ini cukup bagus, karena Pemprov Sulsel juga masih 2012 mencanangkan tahun pariwisata, sehingga masih ada lebih dari setahun untuk sosialisasi. Dengan pencantuman logo di Lion, akan membuat masyarakat ingin tahu pariwisata di Makassar, jelasnya.
Dia menuturkan saat ini memang baru satu unit pesawat Lion yang dicantumkan logo Visit Sulsel itu, namun tidak menutup kemungkinan akan ada armada lainnya yang bergabung. (sut) - Sumber: Bisnis.Com
531 Balita Meninggal Dunia Tiap Hari (Kompascom, 11 Agustus 2010-Anniesa Dasih)
Jakarta, Kompascom - Setelah 50 tahun berkiprah di Indonesia untuk kemanusiaan dan kesejahteraan masyarakat, lembaga kemanusiaan World Vision Indonesia (WVI), Selasa (10/8/2010) di Jakarta, memperkenalkan program Child Health Now, yang fokus untuk memperbaiki kesehatan dan gizi anak dan ibu.
Hampir 9 juta anak setiap tahun dan lebih dari 24.000 anak setiap hari di seluruh dunia terenggut nyawanya sebelum menginjak usia 5 tahun. "Di Indonesia, lebih dari 531 balita terus meninggal setiap hari atau 22 balita setiap jam," ungkap John Nelwan, Marketing Public Relations Manager World Vision Indonesia. Hampir 9 juta anak setiap tahun dan lebih dari 24.000 anak setiap hari di seluruh dunia terenggut nyawanya sebelum menginjak usia 5 tahun. "Di Indonesia, lebih dari 531 balita terus meninggal setiap hari atau 22 balita setiap jam," ungkap John.
Pria terpendek dunia setinggi 70 cm (Mon, 13 Sep 2010- Sebastian Loh)
Beritanya lihat di sini;
Sandra Bullock Tempati Urutan Teratas Forbes sebagai Aktris Dengan Bayaran Tertinggi (Antaranewscom, 6 Agustus 2010)
Beritanya lihat di sini
Istana Tertua di Dunia Diubah Turki Jadi Museum Terbuka (Republika, 3 September 2010)
Beritanya lihat di sini
Mengapa Tokek Mahal (Kompascom, 31 Agustus 2010)Penutupan sementara Bandara Xiaoshan. Karena UFO. (bandarudaracom, 9 Juli 2010-Elin Yunita Kristanti)
Beritanya lihat  di sini
Ahli dari AS Teliti Kematian Badak jawa (Antara, 29 Agustus 2010.
Beritanya akan diulas secara tersendiri 
400 Harimau Sumatera Tersisa Terancam Punah (deltafm, 9 Agustus -Anniesa dasih)
Beritanya lihat  di sini dalam bagian bacaan "Terancam Punah"
Penutupan sementara Bandara Xiaoshan. Karena UFO. (bandarudaracom, 9 Juli 2010)
VIVAnews - Berita penutupan sementara Bandar Udara, Xiaoshan di Hangzhou, ibu kota Provinsi Zhejiang, China Rabu, 7 Juli 2010 mengejutkan dunia.
Bukan karena pesawat tak bisa mendarat, tapi soal alasan penutupan yakni penampakan UFO (unidentified flying object) sekitar pukul 21.00 waktu setempat.
Seorang sumber anonim kepada China Daily mengatakan, pejabat berwenang telah membongkar misteri penampakan UFO itu, setelah melakukan serangkaian investigasi.
Namun, hasil investigasi itu belum akan dimumkan ke publik. Data itu masih bersifat rahasia, sebab ada kaitannya dengan kepentingan militer. Penjelasan resmi dari pemerintah menurut informasi akan diberikan Jumat ini.
Pasca penutupan bandara, penerbangan dialihkan ke kota-kota lain, yakni Ningbo di Provinsi Zhejiang dan Wuxi di Provinsi Jiangsu.
Seorang staf bandara mengaku tak tahu pasti berapa penerbangan yang dialihkan gara-gara UFO tersebut.
Saat itu, meski benda tak dikenal menghilang dari radar militer China, namun penerbangan terus ditunda hingga empat jam kemudian.
Seorang pengemudi bus, Yu kepada Xinhua mengatakan pada Rabu malam dia melihat benda bercahaya di langit.
Benda itu tiba-tiba melesat ke arah barat, seperti sedang melarikan diri terhadap sesuatu, kata dia, seperti di muat laman News.com.au.
Sementara, badan meteorologi setempat berusaha menenangkan orang-orang yang panik melihat penampakan benda bercahaya Rabu malam. Kata badan meteorologi, yang dilihat orang adalah cahaya dari pesawat terbang biasa.
Inilah Peta Eropa Menurut Stereotip (Kompascom, 21 September 2010)
London — Serangkaian peta Eropa yang diberi label berdasarkan stereotip nasional telah menjadi sensasi di internet dengan hits mencapai setengah miliar.
Yanko Tsvetkov, desainer dan ilustrator Bulgaria yang tinggal di London, telah membuat tujuh peta di mana negara-negara dan daerah-daerah diberi label sesuai stereotip untuk penduduknya yang diberikan oleh bangsa-bangsa lain. Dalam peta berjudul Eropa Menurut Amerika Serikat, Rusia diblok dengan warna merah dan diberi julukan "Komunis", sementara Perancis diberi label "Orang-orang Bau", Jerman "Porno Jorok", dan Inggris Raya hanya diberi label "Mummy".
Dalam peta, Eropa Menurut Inggris Raya, benua itu dijuluki "Kekaisaran Federasi Setan Eropa", Irlandia diberi label "Bajingan", dan Turki diberi nama "Tidak Ada Menu Babi di Sini".
Tsvetkov (33) mengatakan, dia terinspirasi membuat peta seri pertama saat terjadi krisis gas antara Ukraina dan Rusia tahun 2009. Dalam peta pertama berjudul Di Mana Saya Tinggal, Rusia diberi nama "Kekaisaran Minyak Paranoid", sementara Ukraina diberi label "Pencuri Gas".
Desainer grafis itu, sebagaimana dikutip Telegraph, Senin (20/9/2010), mengatakan, "Saya menciptakan peta yang pertama tahun 2009 karena waktu itu ada krisis energi di Eropa. Saya hanya membuat itu untuk menghibur teman-teman saya, tetapi ketika saya memasangnya di situs web saya, begitu banyak orang menyukainya sehingga saya memutuskan untuk benar-benar fokus pada proyek peta berdasarkan stereotip di beberapa tempat di Eropa. Saya terkejut dengan reaksi itu karena saya tidak pernah benar-benar berharap untuk lepas landas seperti ini."
Situs web Tsvetkov telah dibanjiri sekitar setengah miliar pengunjung sejak ia menerbitkan seri itu, yang disebut Pemetaan Stereotip. Selain peta Eropa menurut AS dan Inggris Raya, benua itu juga ditampilkan sebagaimana dilihat oleh Perancis, Jerman, Italia, dan Bulgaria.
Namanya Dijadikan Merek Pakaian, Ivana Trump Tuntut Perancang (mediaindonesiacom, 17 September 2010 17:52 WIB
NEW YORK--MI: Ivana Trump, istri pertama juragan realestat Donald Trump, Kamis (16/9) waktu AS, menuntut perusahaan pakaian Prancis, dengan menuduh perusahaan itu menjual pakaian perempuan yang menggunakan namanya tanpa izin.
Di dalam tuntutan hukum di Pengadilan Federal Manhattan, Ivana Trump mengatakan, IVANAhelsinki Ky dan perancang Paola Ivana Suhonen melanggar dua merek dagangnya di AS, "Ivana".
Merek dagang tersebut didaftarkan pada 2002 dan berkaitan dengan perhiasan, kacamata serta aksesori. Ivana, 61, mantan atlet Olimpiade dan model pakaian, mengatakan ia telah menjual barang, termasuk pakaian, yang menggunakan namanya sejak 1990.
Tuntutan hukum itu menyatakan bahwa penjualan produks IVANAhelsinki di AS tampaknya membuat bingung konsumen atau menunjukkan pengesahan Ivana Trump, dan merusak iktikad serta reputasinya.
IVANAhelsinki, yang dirintis pada 1998, meluncurkan produknya di Amerika Serikat pada New York Fashion Week pekan ini.
"Jika seseorang berada di dekat panggung dan melihat nama IVANAhelsinki dengan IVANA dalam huruf besar, beralasan jika muncul pendapat bahwa Ivana Trump mensahkan merek dagang itu atau merek tersebut berafiliasi dengan perusahaannya," kata Gary Lyman, mitra di Reitler Kailas & Rosenblatt LLC, yang mewakili Ivana Trump.
Tuntutan hukum itu meminta penghentian penjualan produk yang diduga melanggar tersebut, ganti rugi, dan hukuman lain.
Gary mengatakan jumlah dagangan dengan merek Ivana Trump yang dijual setiap tahun sangat banyak. Ia mengatakan kliennya tetap bersedia melakukan penyelesaian. Pembicaraan telah macet pada Selasa 15/9).
Sementara itu pembela tergugat menyebut pernyataan Ivana "tak berdasar", dan mengatakan kliennya bermaksud membela diri terhadap itu.
"Klienku merancang dan memasarkan jalur fesyen kelas atas," kata John Lynch, mitra di Prvor Cashman LLP, di dalam satu surat elektronik.
"Tak ada kesamaan yang mungkin dikaitkan siapa pun, bahkan untuk saat ini, ada yang menduga bahwa ada afiliasi dengan Ivana Trump," katanya.
Ivana Trump berumah-tangga dengan Donald Trump, dan memiliki tiga anak dari multijutawan tersebut, selama 13 tahun. Mereka bercerai pada 1990 dan Ivana sejak itu telah menikah dua kali lagi. (Ant/as/X-11)
Ratusan Penonton Balap Tertimpa Panggung Ambruk (Metrotvnews.com, 21 September 2010)
Quatro Pontas: Sedikitnya 111 orang terluka kala menyaksikan balap mobil di Quatro Pontas, Parana, Brasil, Selasa (21/9). Mereka tertindih panggung penonton yang ambruk.
Balap mobil berjalan dengan serunya. Sebanyak 500 orang memenuhi panggung. Tak dinyana, panggung penonton tiba-tiba ambruk. Korban-korban berjatuhan.
Segera setelah insiden, ratusan orang diungsikan ke Rumah Sakit Provinsi Parana. Sebanyak 22 di antaranya kritis. Diperkirakan panggung ambruk dipicu kesalahan konstruksi. Untuk memastikan itu, kasus masih didalami.
Israel-China Sepakati Perjanjian Pariwisata (Metrotvnews.com, 21 September 2010)
Yerusalem - Israel dan pejabat pariwisata dari Shanghai menandatangani perjanjian, Senin (20/9). Tujuannya untuk meningkatkan pariwisata antara negara Yahudi dan China, kata para pejabat.
"Dalam perjanjian tersebut, kedua belah pihak menyatakan pentingnya pariwisata sebagai cara meningkatkan hubungan," kata kementerian pariwisata Israel dalam sebuah pernyataan.
Perjanjian itu ditandatangani oleh Noaz Bar Nir, direktur jenderal kementerian Israel yang saat ini mengunjungi China, dan Dao Suaming, rekannya di kementerian pariwisata Shanghai, kata pernyataan itu.
"Pasar wisata China memiliki potensi yang sangat besar bagi Israel, meski pertumbuhan tahunan kami belum menyadari potensi ini," kata Bar Nir. Tercatat, sekitar 10 ribu wisatawan China mengunjungi Israel pada 2009.(Ant/RAS)
Polygon Keluarkan 20 Varian Sepeda Terbaru  (Mediaindonesiacom, 25 September 2010)
Sidoarjo - Polygon kembali meluncurkan 20 varian sepeda terbaru berbagai jenis yang didesain khusus untuk edisi 2011 mendatang. Beberapa varian terbaru ini meliputi sepeda jenis road, MTB (mountain bike), city bike, sepeda anak, dan sepeda khusus wanita.
Varian terbaru tersebut di antaranya adalah Helios 900 TTX (time trial), Helios 900X (road race), Cozmic RXX (MTB race), Collosus AXX (all mountain), Collosus DHX (downhill), Collosus FRX (freeride), New Collosus SXX (mountain bike crosscountry full suspension), dan New Collosus CRX (crosscountry full suspension). Selain itu, juga ada varian Polygon Celine yang didisain khusus untuk kaum hawa.
Peluncuran varian terbaru sepeda Polygon ini bersamaan dengan peresmian outlet Rodalink di Jalan Teuku Umar Nomor 202 Denpasar Bali pada Minggu (26/9). Outlet Rodalink di Bali merupakan outlet sepeda terbesar di Asia Tenggara dengan luas total 1.800 meter persegi.
Di dalam outlet tersebut dilengkapi fasilitas pumping track yang bisa digunakan pengunjung untuk mencoba sekaligus melatih kemampuan bersepedanya. Varian sepeda terbaru keluaran Polygon ini didesain khusus sesuai dengan medan jalanan.
Spesialisasi varian sepeda terbaru ini bukan hanya untuk medan jalanan datar, melainkan juga ada yang untuk medan tanjakan, pegunungan, bahkan hutan. Varian Collosus AXX, misalnya, bisa dipacu dengan kecepatan ekstra tinggi walaupun menuruni pegunungan. Demikian pula dengan jenis MTB lainnya didesain khusus bisa menaklukkan rintangan serta melakukan lompatan yang bisa memacu adrenalin pemakainya. (HS/OL-5)
35 Tahun Lalu Peristiwa Gerakan 30 September
Akan dibuat Topik tersendiri
Kebiasaan yang membuat Anda terlihat lebih tua (Amelia Ayu Kinanti – wolipop.com - 29 Juni dan 01 Juli 2010)
Jakarta - Penuaan adalah hal yang pasti. Namun kadang penuaan datang sebelum waktunya. Berikut beberapa kebiasaan yang membuat Anda terlihat lebih tua.
1. Mengerutkan mata
Saat ingin melihat lebih fokus, secara tak sadar kita akan mengerutkan mata. Kebiasaan tersebut akam membuat kerutan-kerutan sekitar mata bertambah, serta elastisitasnya berkurang. Sebaiknya jika mata Anda sudah tak lagi awas, periksakan ke dokter sehingga Anda tak perlu lagi mengerutkan mata saat melihat.
2. Menggunakan bodyscrub
Kita memang perlu membersihkan lapisan kulit terluar dari kotoran dan sel kulit mati. Namun saat menggunakan body scrub, jangan menggosoknya terlalu keras. Gunakan body scrub minimal seminggu sekali. Memakai body scrub terlalu sering akan membuat lapisan epidermis kulit menjadi rusak. Kulit Anda menjadi rapuh dan tak terlindungi. Alhasil, proses penuaan terjadi lebih cepat.
3. Minum dengan sedotan
Minum dengan sedotan adalah salah satu cara untuk menjaga make up bibir Anda tetap rapi. Namun sayang, kebiasaan ini membut otot di sekitar bibir menjadi cepat kendur. Sehingga timbul kerutan-kerutan di sekitar bibir Anda.
4. Postur tubuh
Postur tubuh buruk misalnya membungkuk akan membuat Anda terlihat lebih tua. Bentuk dada menjadi turun, tulang punggung pun akan menjadi bengkok. Tak hanya itu, membungkuk juga akan membuat wanita berumur 20-an terlihat lebih tua dan rapuh.




Keterangan Gambar : sebagian ilustrasi yang diambil dari internet

Tidak ada komentar:

Posting Komentar