Minggu, 31 Oktober 2010

KINCIR-KINCIR RAKSASA DI DUNIA


Kincir modern berkembang dari "kincir kegembiraan"  Bulgaria pada abad ke-17.  Rekor kincir Bejing hanya bisa disaingi oleh Singapore Flyer setinggi 165 meter yang akan dibuka pada tahun ini di negara tetangga Singapura. Kincir yang dibangun di atas lahan seluas 33.700 m2 ini akan menggenggam rekor sebagai kincir tertinggi sampai Beijing Great Wheel selesai dibangun.

Cina membangun Kincir yang akan membuat London Eye tampak kerdil.
Pernah naik kincir Bianglala di Duma Fantasi, Ancol, Jakarta Utara? Bagi sebagian orang, terutama yang takut ketinggian, pasti perutnya tergelitik ketika menaiki wahana itu. Namun, sebenarnya kincir setinggi 33 meter itu belumlah seberapa jika dibandingkan dengan Beijing Great Wheel, kincir setinggi 208 meter yang akan selesai dibangun pada 2009 di Cina. Struktur baja itu bakal menjadi kincir tertinggi di dunia, menggeser posisi Star of Nanchang, kincir setinggi 160 meter, yang juga berada di Cina.
Rekor kincir Bejing itu hanya bisa disaingi oleh Singapore Flyer, kincir setinggi 165 meter yang akan dibuka pada tahun ini di negara tetangga. Singapura. Kincir senilai jutaan dolar Singapore, yang dibangun di atas lahan seluas 33.700 m2 ini akan menggenggam rekor sebagai kincir tertinggi sampai Beijing Great Wheel selesai dibangun. Kincir pengamatan senilai Rp 953 milliar dengan diameter 198 meter ini sebetulnya direncanakan untuk menjadi atraksi turis ketika kota itu menjadi tuan rumah Olimpiade pada Agustus 2008. Sayangnya, masalah desain kincir yang ukurannya hampir dua kali London Eye itu merusak rencana tersebut. Proyek yang dibangun di jantung Kota Beijing itu dibangun oleh Beijing Great Wheel bekerja sama dengan Beijing Chaoyang Park. Pembangunannya diserahkan kepada Shanghai Construction General dan asuransi komersialnya ditangani Marsh Insurance Brokers bersama Bank of China Insurance.
Untuk membiayai proyek yang amat mahal ini, Great Wheel Corporation, yang juga membangun kincir raksasa Singapura dan London Eye, bekerja sama dengan AMB Amro dan Uni Credit untuk menyediakan dana hampir Rp 1 triliun dengan bantuan inventor Jerman.
Khusus untuk masalah teknis yang menjadi tulang punggung roda raksasa ini, tanggung jawabnya dipegang kelompok perusahaan yang sama dengan proyek London Eye. Perusahaan Belanda, IV-Bouw, mengurus masalah rekayasa, Poma dari Francis akan membangun konstruksi kapsul observasi, dan Bosch/Rexroth akan membuat sistem kendali dan kemudinya.
Dengan 48 kapsul pengamatan yang terpasang pada kerangka roda, 1.920 pengunjung bisa menyaksikan pemandangan Kota Beijing. Sambil menunggu giliran giliran menaiki kapsul yang dilengkapi pendingin ruangan tersebut, para pengunjung bisa menunggu di dalam stasiun sambil makan dan minum atau berbelanja di sejumlah resto, bar, dan toko.
Di atas kapsul, para pengunjung juga akan memperoleh informasi seputar kota itu dari sistem visual dan audio informasi yang khusus dikembangkan untuk wahana tersebut. Kapsul ini biasa disewa untuk event spesial untuk menjaga privas pengunjung.
Florian Bollen, bog Great Wheel Corporation, menyatakan proyek ini akan memberi kesempatan bagi warga Beijing untuk melihat keindahan kota mereka dari perspektif yang berbeda ”Kincir ini akan menjadi simbol baru bagi Beijing, kemajuan dan prestasi yang dicapai warganya," kata Direktur Beijing Great Wheel itu. "Pusat turis baru ini akan menyedot pengunjung dari Cina dan seluruh dunia ke kota fantastis ini”.
Kembaran London Eye, tapi jauh lebih besar, dengan penyempurnaan disana-sini itu, memang sengaja dibangun setelah melihat kesuksesan Lordon Eye. Kincir di pinggir Sungai Thames itu mampu menarik lebih dari 3 juta pengunjung dalam 7 tahun terakhir. "Mereka adalah cara sempurna untuk melihat gambaran dari kota yang Anda datangi," ujarnya.
Di atas kincir ini pengembang kincir Beijing menyatakan, "para pengunjung bisa melihat pemandangan ibu kota negara ini tanpa batas, bahkan dalam situsnya di Internet perusahaan itu mengutip kata-kata Confucius, "Melihat sekali lebih baik daripada mendengarkan 100 kali.". Namun, ada lelucon yang menyatakan bahwa polusi akan menghalangi para pengunjung menikmati pemandangan Beijing. Polusi udara dan asap pabrik dan kendaraan di kota itu memang salah satu yang terparah di Cina.

Sejarah Kincir
Kincir modern berkembang dari "kincir kegembiraan"  Bulgaria pada abad ke-17.  Kincir-kincir berikutnya yaitu Chicago 80 meter (1893), Wina 60 meter (1897), Pulau Coney NewYork 41 meter (1920), London 135 meter (1999), Nanchang Cina 160 meter (2006), Singapore 165 meter (rencana pembukaan 2008), dan Beijing 208 meter (rencana pembukaan 2009).

Kincir Tertinggi
Tak kurang dari 46 kincir dengan tinggi lebih dari 45 meter berputar di berbagai tempat di dunia. Beberapa kincir itu antara lain:

Kincir Chicago (1893).
Kincir setinggi 76,2 meter ini dibangun insinyur dan pembangun jembatan Amerika, George Washington Gale Ferris, ketika orang mulai bertomba-lomba membuat kincir berukuran besar. Desain kincir ini mirip roda sepeda yang mampu mengangkut 1.440 penumpang dalam 36 gerbongnya. Kincir seberat 46,5 ton ini adalah rangka baja terbesar pada saat itu. Sukses kincir ini membuat nama Ferris terus dikaitkan dengan bentuk kincir seperti roda itu. Sayangnya, kincir buatannya itu kini sudah dihancurkan.

Riesenrad, Wina(1897).
Kincir setinggi 60 meter yang dibangun di taman hiburan Prater, Austria, ini adalah salah satu kincir yang pertama dibuat. Simbol Kota Wina ini dibangun untuk merayakan ulang tahun ke-50 Kaisar Franz Josef I. Semula kincir ini memiliki 30 gondola, tapi rusak parah dalam perang dunia II. Ketika dibangun kembali, hanya 15 gondola yang dipasang. Kincir ini muncul dalam film James Bond, 7 Living Daylight pada 1987.


Uraian dapat dilihat di sini

Kincir Coney Island, New York (1920).
Kincir yang diberi nama Wonder Wheel it dibangun pada 1918 dan mulai dibuka pada 1920. Roda baja setinggi 41 meter ini memiliki dua macam gerbong, yaitu gerbong diam dan gerbong goyang yang meluncur sepanjang sebuah track. Kapasitas kincir tersebut 14 orang dan beratnya lebih dari 2.000 ton. Kincir yang menjadi salah satu daya tarik Coney Island ini terletak dl Deno's Wonder Wheel Amusement Park.


London Eye.
Kincir setinggl 135 meter yang dibangun di Jubille Gardens, tepi selatan Sungai Thames, London, ini mulai beroperasi pada Januari 2000, sehingga juga dikenal sebagai kincir milenium. Kincir dengan berat total bajanya 1.700 ton ini memiliki 32 kapsul berpendingin ruangan yang mampu menampung 25 orang tiap kapsul. Tiap detik, kincir ini berputar 26 cm dengan kecepatan 0,9 km per jam, sehingga untuk sekali mengelilingi sumbunya, perlu 30 menit. Dari atas Mata London ini, orang bisa menyaksikan berbagai bangunan yang menjadi landmark kota itu, seperti Menara London, Houses of Parliament dan Big Ben, serta istana Buckingham.


Star of Nanchang (2006).
Kincir ini memiliki tinggi 160 meter (525 ft) dan mampu mengangkut 480 orang. Pada saat ini, kincir yang terletak di ibu kota Provinsi Jiangxi, Cina bagian timur, ini adalah kincir tertinggi di dunia, menyisihkan London Eye dengan selisih 25 meter. Diameternya 153 meter dan menjadi titik tertinggi bagi publik untuk menikmati pemandangan di kota itu. Diperlukan 30 menit bagi kincir senilai Rp 69 miliar itu menyelesaikan satu kali putaran. Dibangun tahun 2006


Great Beijing Wheel
Kincir yang diperkirakan bakal selesai pada 2009 ini akan menjadi kincir tertinggi di dunia dengan berat 2.800 ton dan tinggi 208 meter (682 ft). Dalam satu kali putaran yang mencapai 30 menit, roda ini sanggup mengangkut 1.920 penumpang. Kincir senilai Rp 953 miliar ini semula dijadwalkan mulai berputar 1 Agustus 2008, beberapa hari sebelum Olimpiade Beijing. Namun, ada masalah pada desain, sehingga ditunda sampai 2009.
Kincir Raksasa ini memiliki 48 kapsul obervasi full AC dan setiap kapsulnya mampu menampung 40 penumpang. Saat suasana cerah, Tembok Besar juga bisa dilihat dengan jelas berjejer di pegunungan utara. "Kincir ini cukup bagus menambah semarak suasana kota. Ia bisa menjadi sebuah ikon baru," jelas Kepala Eksekutif Great Wheel Corp Stephan Matter kepada wartawan.

Kincir ini akan berdiri di bagian timur Chaoyang Park, Beijing, lokasi pagelaran voli pantai Olimpiade yang dilaksanakan tahun depan dan memiliki daya tampung jauh lebih besar dari London Eye. "Kapsul yang dimiliki kincir London menampung 25 orang, namun milik kami mampu membawa 40 orang. Seperti sebuah minibus dengan berat 18 ton dan seperti sebuah ruang keluarga," imbuhnya.


Singapore Ryer
Kincir setinggi 165 meter ini dijadwalkan untuk dibuka pada 1 Maret 2008, dan akan menjadi kincir tertinggi, mengalahkan Star of Nanchang. Roda raksasa ini memiliki 28 kapsul berpendingin ruangan yang berkapasitas 30 orang tiap kapsulnya. Rotasi kincir yang dibangun di ujung tenggara daerah reklamasi Marina Centre ini memerlukan waktu sedikit lebih lama untuk melakukan sekali putaran dibanding rata-rata kincir lain, yaitu 37 menit. Penumpang kincir tak hanya bisa menikmati pemandangan Singapura, tapi juga kepulauan Batam dan Bintan, Indonesia, dan Johor, Malaysia. Jarak pandang : dari puncak kincir mencapai 45 kilometer.





Sebagai perbandingan ......

Bianglala Dunia Fantasi Jakarta

Di Indonesia pun terdapat Kincir yang disebut Bianglala setinggi 33 meter. Merupakan salah satu obyek wisata tepatnya di Dunia Fantasi (Dufan) Jakarta yang merupakan bangunan tertinggi di Dunia Fantasi, bila kita berada di bagian atas kincir, kita akan dapat melihat cakrawala laut serta bangunan-bangunan seisi Dunia Fantasi. Bianglala dibangun dengan arsitektur dan ornamen bernuansa warna khas Thailand.







Keterangan gambar : semua diambil dari internet


Catatan :
Walaupun Kincir (Bianglala) di Dufan Jakarta tingginya hanya 33 meter sudah mengasyikan, apalagi kalau naik kincir-kincir lainnya yang lebih tinggi tentu lebih dari mengasyikan.  Kecuali bagi orang-orang yang takut ketinggian.  Tks

Sumber a.l :  Koran Tempo 7 Januari 2008.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar