Minggu, 15 Agustus 2010

TOPIK KINI EDISI 1 s/d 8 AGUSTUS 2010

Belum tentu merupakan topik yang saat ini sedang hangat dibicarakan tetapi merupakan topik kini yang dianggap menarik untuk diinformasikan, untuk Edisi ini a.l berisikan peringatan jatuhnya bom Hiroshima Nagasaki, Rusia dilanda kebakaran, pesan twitter ke 20 milyar, Shinta dan Jojo Si Keong Racun, Palangkaraya calon ibukota, kenapa Blackberry dilarang, pengemis jelang Ramadhan, dan bahaya SMS-an lagi nyetir.Isi :

  • Peringatan Jatuhnya Bom Atom Hiroshima dan Nagasaki 2010 (Harian Sinar Ind. Baru, 7 Agustus 2010)
  • Rusia dalam Kondisi Darurat (Kompascom, 3 Agustus 2010)
  • Inilah Pesan Twitter ke-20 Miliar (Kompascom Senin, 2 Agustus 2010)
  • Mike Tyson Lebih Senang Mengasingkan Diri (Kompascom, 5 Juli dan 3 Agustus 2010)
  • Mau Beli Alkohol, Uji Napas Dulu (Kompascom, 4 Agustus 2010)
  • Palsukan Kematian demi Uang Asuransi. (Kompascom, 4 Agustus 2010)
  • Shinta-Jojo Si Keong Racun (Kompascom, 30 dan 31 Juli, 3 dan 4 Agustus 2010)
  • Palangkaraya Potensial untuk Ibu Kota RI. (Kompascom, 4 Agustus 2010)
  • Thailand Usung Lagi 'Full' Senyum. (Kompascom, 4 Agustus 2010)
  • Pembajakan Software Bukan Melulu Soal Harga (Kompascom, 4 Agustus 2010)
  • Pengemis Jelang Ramadan (DetikNews, 05/08/2010-M. Rizal)
  • Bayi Harimau Jalani Pemeriksaan Medis. (Detikcom, 3 Agustus 2010)
  • Waspadai Kejahatan Melalui BlackBerry. (Kompascom, 5 Agustus 2010)
  • Indonesia Imbau RIM Bangun "Data Center". (Kompascom, 5 Agustus 2010)
  • Daging Sapi Hasil Kloning telah Dipasarkan. (Media Indonesia, 05 Agustus 2010)
  • Ponsel Justru Sarang Bakteri Berbahaya (Media Indonesia, 29 Juli 2010)
  • Tulis SMS Perbesar Enam Kali Risiko Kecelakaan (Media Indonesia, 08 Januari 2010)
  • Bertemu Ikan Paus di Okinawa (Media Indonesia, 05 Agustus 2010)
  • Tahu Suami Kawin Lagi dari Facebook (Kompascom, 6 Agustus 2010)

Peringatan Jatuhnya Bom Atom Hiroshima dan Nagasaki 2010 (Harian Sinar Indonesia Baru, 7 Agustus 2010), baca selengkapnya ...
Rusia dalam Kondisi Darurat (Kompascom, 3 Agustus 2010)
Moskwa, — Presiden Dmitry Rusis Medvedev, Senin (2/8/2010), mengumumkan keadaan darurat di tujuh wilayah Rusia terkait kebakaran terburuk dalam satu generasi saat korban tewas telah bertambah jadi 40 orang. Di tengah kecaman publik yang tidak lazim bahwa pihak berwenang lambat bereaksi terhadap penyebaran kebakaran pekan lalu, Perdana Menteri Vladimir Putin memerintahkan para gubernur pada pertemuan darurat untuk menyajikan secara rinci rencana rekonstruksi.
Medvedev menyatakan kondisi darurat berlaku di tujuh wilayah di Rusia Eropa, yaitu di Mairi El, Mordovia, Vladimir, Voronezh, Moskwa, Nizhny Novgorod, dan Ryazan. Keputusan itu memungkinkan pemerintah untuk membatasi akses publik ke daerah-daerah di mana kehadiran mereka justru dapat menimbulkan bahaya kebakaran dan untuk menyerukan kepada angkatan bersenjata agar memadamkan dan mencegah kebakaran. Demikian ringkasan keputusan itu yang diposting di website Kremlin.
"Ingat bahwa setiap langkah pengabaian dapat mengarah pada bencana yang tidak dapat diperbaiki. Itulah suasananya," kata Medvedev dalam pidato televisi. "Tugas utama kami adalah membantu para korban kembali ke kehidupan normal," tambahnya. Putin juga menyampaikan kemungkinan memanggil sukarelawan guna memperkuat petugas pemadam kebakaran. "Semua orang dan semua peralatan kami sedang bekerja maksimal.... Jika perlu, kami bisa memobilisasi relawan dan personel dari dunia usaha," katanya.
Departeman Kesehatan Rusia mengatakan, Senin, bahwa 40 orang tewas dalam kebakaran, naik dari jumlah sebelumnya 34 orang. Daerah terparah yang terlanda kebakaran adalah Nizhny Novgorod total dengan 19 korban, tetapi kebakaran hebat juga mengancam wilayah Voronezh, Lipetsk, Moskwa, dan Ryazan, tambah kementerian itu.
Patriark Orthdox Rusia, Kirill I, memimpin upacara yang disiarkan di televisi dari Nizhny Novgorod, di mana banyak orang berdoa untuk meminta hujan. Setidaknya 1.875 rumah ludes akibat kebakaran dan hal itu menyebabkan lebih dari 2.000 orang kehilangan tempat tinggal, kata Kementerian Pembangunan Daerah, Minggu, dengan sekitar 128.000 hektar lahan terbakar. Pada hari Senin saja, Menteri Keadaan Darurat Sergei Shoigu mengatakan, kebakaran hutan di wilayah selatan Lipetsk telah menyebabkan 50 rumah ludes setelah angin kencang yang membawa api yang melahap desa.
Kementerian Darurat mengatakan, sebanyak 155.000 orang dengan 25.000 peralatan di tangan mereka telah dikerakan untuk melawan apa yang Medvedev gambarkan sebagai bencana terburuk dalam satu generasi. Namun, pemerintah bersikeras bahwa mereka telah menguasai keadaan. "Dari 1.200 kebakaran, 620 telah padam, sisa 580 yang masih menyala," kata Shoigu.
Cabang Nizhny Novgorod dari layanan darurat mengatakan, kebakaran tidak lagi menyebar dari pedesaan ke daerah-daerah yang dihuni dan ancaman ke kota-kota dan desa-desa telah teratasi.
Kota Moskwa sendiri diselimuti kabut asap tebal, Senin, yang dihasilkan kebakaran lahan gambut di daerah pedesaan. Pusat itu berbau asap dan gedung-gedung pencakar langit tidak terlihat di pagi hari.
Komentar : “Heran bin ajaib yakhh, padahal wilayah Rusia itu terkenal dengan kedinginannya, tapi sempat kebakaran juga. Bagaimana kalau daerahnya tropis dan musim kemarau panjang?”
Inilah Pesan Twitter ke-20 Miliar (Kompascom Senin, 2 Agustus 2010)
TOKYO, - Pekan lalu, Twitter, layanan mikrobloging yang memungkinkan penggunanya menulis hanya dengan 140 karakter, telah menembus jumlah postingan atau tweet hingga 20 miliar. Salah seorang pemilik akun Twitter dari Jepang yaitu @GGGGGGo_Lets_Go membubuhkan tweet yang ke-20 miliar. Tweet desainer grafis untuk sebuah agen periklanan di Tokyo itu dicuatkan pada pukul 15.54 GMT pada hari Sabtu (31/7/2010) lalu. Bunyi tweet-nya adalah: "So that means the barrage might come back later all at once." Twitter membutuhkan waktu sekitar empat tahun untuk mencapai jumlah tweet 10 miliar; pada bulan Maret 2010 ini. Yang bikin luar biasa, hanya butuh kurang dari lima bulan untuk melipatgandakan jumlah tweet itu.
Alhasil, pemilik akun twitter GGGGGGo_Lets_Go kebanjiran ucapan selamat dari seluruh dunia karena membubuhkan tweet yang ke-20 miliar. Tak urung, sang desainer grafis pun menuliskan tweet lanjutan: "Looks like I posted the 20 billionth tweet. I\\'m getting replies from people all over the world. It\\'s scary. What are the chances? Maybe I\\'m going to die. Is it more amazing than winning the lottery? I thought it was a joke."
Asal tahu saja, orang-orang Jepang mengirimkan sekitar 8 juta tweet saban harinya; atau sekitar 12 persen dari seluruh total tweet dari seantero jagat. Jumlah tersebut menduduki peringkat kedua setelah tweet yang dicuitkan oleh AS.(Kontan/Femi Adi Soempeno)
Mike Tyson Lebih Senang Mengasingkan Diri Dan Telah Berumroh. (Kompascom, 5 Juli dan 3 Agustus 2010)
Jakarta, - Mantan juara dunia tinju kelas berat, Mike Tyson mengaku lebih senang menyendiri dan menghabiskan waktu bersama keluarganya. Dalam sebuah wawancara radio, Tyson mengaku lebih menikmati hidup dengan kesendirian ini. "Kehidupan pribadi saya sekarang sangat terasing," kata Tyson. "Saya tidak ingin bepergian kecuali diundang. Jika tidak ada alasan pergi, saya lebih suka di rumah."
Bagi juara dunia tinju kelas berat termuda pada 1986 ini, kehidupan rumah akan membuatnya selalu sadar dengan keberadaannya. "Saya menikmati kehidupan saya bersama isteri dan anak-anak. Inilah satu-satunya yang dapat membuat saya sadar dengan keberadaan saya."
Tyson yang pada masa jayanya tampil gempal dan ganas, kini jauh lebih kurus. Ia kehilangan sekitar 50 kilogram setelah puterinya, Exodus meninggal dunia karena kecelakaan tragis di rumah mereka pada Mei 2009.
ARAB SAUDI, - Mantan petinju kelas berat Mike Tyson menunaikan ibadah umroh di Tanah Suci Mekkah. Sejak Jumat (2/7/2010) pekan kemarin, petinju yang pernah dijuluki "Si Leher Beton" itu, telah tiba di kota Madinah, untuk melakukan Sholat di Masjid Nabawi dan menjalani ibadah umroh di Mekkah serta mengunjungi tempat-tempat suci lainnya. Setelah menjalani Umroh, ia berjanji akan melaksanakan ibadah haji pada musim haji mendatang, demikian diberitakan AFP.
Di Madinah, ia sempat bertemu dengan Dr Muhammad Al-Oqala, Direktur Universitas Islam Madinah dan dijemput Shazad Mohammed, pimpinan Asosiasi Da’wah Kanada (CDA), yang merupakan lembaga da’wah yang banyak mensponsori selebriti Muslim baru untuk berkunjung ke Arab Saudi untuk melaksanakan ibadah haji, yang merupakan rukun Islam yang kelima.
Tyson hijrah menjadi seorang muslim saat menjalani masa tahanan di tahun 1990-an itu terkait kasus kekerasan seksual terhadap ratu kecantikan Desiree Washington di tahun 1991. Atas kasus tersebut ia dikenakan masa hukuman 10 tahun penjara. Malik Abdul Aziz adalah nama Muslimnya setelah memeluk Islam. Ia lahir di kawasan Bronx, New York City, Amerika Serikat pada 30 Juni 1966.
Pada tahun 1995, selepas keluar dari penjara Indana, Tyson mengumumkan telah memeluk Islam, setelah mempelajari Islam di dalam penjara.
Mau Beli Alkohol, Uji Napas Dulu (Kompascom, 4 Agustus 2010)
Philadelphia, - Di negara maju memang segala sesuatu dapat dijual dengan mesin penjual. Namun, untuk mengantisipasi penyalahgunaan alkohol, pembelian ini diawasi dengan ketat.
Di Negara Bagian Pennsylvania, AS, misalnya, sudah dapat diperoleh minuman anggur yang dijual melalui mesin-mesin. Untuk menjamin pembeli tidak berlebihan minum anggur, sebelum membeli mereka harus melalui uji napas untuk membuktikan mereka belum minum sebelumnya.
Negara bagian tersebut memang sudah mengatur penjualan anggur dan minuman keras di 620 toko yang dikelola pemerintah negara bagian tersebut. Mesin penjual itu baru ada dua unit, yang diletakkan di supermarket di Harrisburg dan Mechanisburg.
Jika cara ini sukses, 98 mesin lagi akan dioperasikan. Setelah memilih sebotol anggur dari 55 jenis yang disediakan, pembeli harus memasukkan kartu surat izin mengemudi yang harus memperlihatkan bahwa mereka berusia di atas 21 tahun. Itu merupakan usia minimal untuk membeli minuman beralkohol di AS.
Identitas mereka akan diverifikasi melalui link video di Pennsylvania Liquor Control Board. Selanjutnya, pembeli harus melakukan uji pernapasan untuk membuktikan kadar alkohol dalam napas mereka tidak lebih dari 0,02. Jika lebih, penjualan akan dibatalkan. Tampaknya rumit, tetapi rupanya masyarakat menyukai cara ini. Sejak awal pekan, sudah ada 2.600 pembeli dan 50 di antaranya tidak berhasil membeli karena tidak lolos tes pernapasan. (Reuters/Joe)
Palsukan Kematian demi Uang Asuransi. (Kompascom, 4 Agustus 2010)
Los Angeles, - Upaya menipu perusahaan asuransi untuk mendapatkan santunan amat beragam. Seorang mantan pekerja di sebuah rumah duka di Los Angeles, AS, dituduh memalsukan surat kematian. Tidak hanya itu, dia juga menyelenggarakan upacara pemakaman palsu lengkap dengan boneka sebagai ganti jenazah. Kantor Kejaksaan, Senin lalu, menyatakan bahwa Jean Crump (67) divonis bersalah karena telah melakukan pemalsuan surat kematian.
Penuntut mengatakan, dia dan tiga rekannya memalsukan sertifikat kematian, membeli boneka, dan mengubur boneka itu untuk mendapatkan santunan sebesar 1,2 juta dollar AS dari perusahaan asuransi. Perusahaan asuransi yang curiga membongkar makam dan mendapatkan jenazah palsu alias boneka di dalam peti mati. Busyet deh...! (Reuters/Joe)
Shinta-Jojo Si Keong Racun (Kompascom, 30 & 31 Juli & 3 & 4 Agustus 2010)
“Dasar kau keong racun. Baru kenal eh ngajak tidur. Ngomong enggak sopan santun. Kau anggap aku ayam kampung. Sorry sorry, jek... jangan remehkan aku. Sorry sorry, bang... bukan cewek murahan." Syair lagu berjudul "Keong Racun" itu memang menggelitik dan terdengar lucu. Kini lagu dangdut remix tersebut menjadi populer setelah disajikan secara lipsync oleh dua cewek, Sinta dan Jojo, dan diunggah (di-upload) ke YouTube yang berdurasi 5 menit dan 14 detik. 
Selain lagu dan lirik yang terdengar lucu, gaya Sinta dan Jojo juga menggelitik. Kepala dan tangannya terus bergoyang mengikuti irama dangdut remix "Keong Racun". Ketenaran Sinta dan Jolo di YouTube kini diikuti Putry Penelope. Duo Putry Penelope terdiri dari Cinta Penelope dan Putry Lama. Sinta dan Jojo menyanyikan lagu "Keong Racun" versi dangdut remix, Putry Penelope membawakannya dengan pop Melayu. Jovita Adityasari (19) alias Jojo adalah mahasiswi jurusan Hubungan Internasional (HI) Universitas Pasundan (Unpas), dan Shinta Nuriansyah (19) adalah mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung.

Lagu lainnya, yaitu "Cinta Satu Malam", "Slow", "Down", "Dokter Cinta", "Jangan Lebay", dan "Telephone". Semua, mereka rekam di rumah Jojo, cukup bermodalkan webcam di laptop dan mereka beraksi berlenggak-lenggok yang genit serta kocak. Banyak orang meng-hit video ini di YouTube karena menilai ulah gadis ini sangat sesuat dengan kondisi terkini, di mana para remaja wanita atau gadis sering menjadi incaran dan digoda para facebooker atau pengguna Twitter.
Gadis yang mengaku tak terlalu suka nge-tweet itu mengatakan, "Aku enggak terlalu ngerti. Kalau nge-tweet pun seinget dan semaunya saja," ujarnya polos.
Lantaran banyak yang melihat Sinta dan Jojo di YouTube hingga mengunduh lagu "Keong Racun", Putry Penelope yang dibuat oleh Charly, vokalis dan pentolan band ST12. Oleh Charly, lagu "Keong Racun" kemudian dibuat versi pop Melayu. Setelah diaransemen ulang, Charly meminta Putry Penelope untuk menyanyikannya. Charly memburu lagu tesebut hingga menemukan pencipta lagu, penyanyinya Lisa, juga Sinta dan Jojo. Selain membeli lagu "Keong Racun", Charly juga akan melibatkan Sinta dan Jojo di proyeknya yang lain. Lagu "Keong Racun" memang belum ada di pasaran dan dijual dalam bentuk kaset ataupun CD. Tetapi, lagu itu sudah terdengar di mana-mana.
Setelah resmi bernaung di bawah manajemen artis milik vokalis Charly "ST12", peluang menjadi artis pun terbuka lebar bagi duo Shinta dan Jojo. Shinta dan Jojo suka karaokean, tapi enggak professional saat itu shooting video klip "Keong Racun" di Sparc Studio, Cijantung, Jakarta Timur, Selasa (3/8/2010), dan sudah mulai disibukkan dengan pelbagai tawaran di dunia hiburan, bangun jam empat pulang setengah satu malam karena harus wawancara ke TV-TV.
Shinta dan Jojo kini resmi berada di bawah naungan manajemen artis milik vokalis band ST12, Charly van Houten, dan berkesempatan berperan dalam klip video lagu tersebut versi duo vokal Putri Penelope yang dibentuk oleh Charly.
"Kami enggak kepikiran. Semua serba tiba-tiba," ujar Shinta ketika ditemui di sela pengambilan gambar klip video lagu "Keong Racun" di Sparc Studio, Cijantung, Jakarta Timur, Selasa (3/8/2010).
Sementara itu Charly yang membukakan pintu bagi Shinta dan Jojo untuk masuk ke dunia hiburan berharap agar artis-artis barunya tersebut bisa memanfaatkan peluang yang ada. "Yang terpenting, mereka bisa memeriahkan dunia musik dan dunia entertainment dan biarkan mereka bisa memanfaatkan momen ini dengan baik," harap Charly.
Sampai dengan 4 Agustus 2010 Virus "Keong Racun" masih belum juga redup. Di situs microblogging twitter, "Keong Racun" sempat kembali menjadi topik paling hangat (trending topic) di kalangan pengguna twitter. "Keong Racun" sempat menduduki urutan kedua trending topic mengalahkan pembicaraan soal film Last Airbender dan Inception yang hingga kini jumlah pengunjung melihat aksi mereka di YouTube telah mencapai lebih dari 2,3 juta pengunjung.
Palangkaraya Potensial untuk Ibu Kota RI. (Kompascom, 4 Agustus 2010)
Yogyakarta - Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah, potensial dijadikan ibu kota Indonesia karena dari sisi geopolitik, geologi, dan geografis cukup strategis, kata pengamat politik dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Achmad Nurmandi.
"Menjadikan Palangkaraya sebagai pengganti Jakarta, secara geopolitik merupakan sebuah usaha distribusi pembangunan yang merata, karena selama ini pembangunan infrastrukktur terkonsentrasi di Indonesia bagian barat khususnya Pulau Jawa," katanya di Yogyakarta, Rabu (4/8/2010). Selain itu, menurut dia, secara geografis posisi Palangkaraya tepat berada di tengah Indonesia dan memiliki kondisi geologi yang relatif aman dari bencana alam. Palangkaraya cenderung aman dari gempa dan banjir dibandingkan kota lain.
"Biaya untuk membangun Palangakaraya menjadi kota yang siap menjadi pusat pemerintahan dengan menyediakan berbagai infrastruktur baik bangunan maupun jalan diperkirakan mencapai Rp 100 triliun," katanya. Ia mengatakan dana Rp 100 triliun itu lebih sedikit atau lebih hemat dibandingkan biaya untuk mengatasi permasalahan Jakarta saat ini seperti kemacetan, banjir, dan berbagai masalah lain.
"Jumlah Rp 100 triliun itu bisa dicicil selama 10 tahun dari APBN untuk membangun ibukota baru," kata dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) itu.
Namun, menurut dia, pemindahan ibukota pasti akan memunculkan resistensi dari pihak-pihak yang memiliki kepentingan atas Jakarta seperti DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten. "Resistensi bisa muncul dari tiga pihak itu karena ketiganya membutuhkan akses politik yang dekat dan cepat terhadap pemerintah pusat. Jika ibukota berpindah, maka akses politik juga akan semakin jauh," katanya.
Ia mengatakan, ada satu hal yang perlu diantisipasi jika Palangkaraya menjadi ibukota Indonesia, yakni kesiapan penduduk lokal. "Penduduk lokal harus disiapkan dan jangan sampai terpinggirkan. Jadi, semua harus disiapkan secara matang," katanya.
Thailand Usung Lagi 'Full' Senyum. (Kompascom, 4 Agustus 2010)

Pemerintah Thailand bergerak cepat. Seusai diharu-biru oleh pertikaian antara pemerintah berhadapan dengan kelompok Kaus Merah beberapa waktu silam, Negeri Gajah Putih buru-buru berbenah diri. Tujuannya cuma satu, yaitu menarik kembali seluruh wisatawan mulai dari lokal hingga mancanegara. Pergerakan kilat itu terlihat dari peluncuran promosi pariwisata bertajuk "Believe in Thailand" oleh Biro Konvensi dan Pertemuan Thailand (TCEB) di Singapura sebagaimana ditulis Bernama pada Rabu (4/8/2010). "Thailand sudah terbuka kembali," begitu pernyataan Presiden TCEB Akapol Sorasuchart. Selain tema itu, Thailand kembali mengusung semangat "penuh senyum". Thailand menggambarkan dirinya sebagai negara dengan penduduk ramah dan selalu tersenyum.
Soal jumlah kunjungan wisata khususnya dalam lingkup meetings, incentives, conventions, and exhibitions (MICE), Thailand memang mengalami penurunan pada 2009 di posisi 628.600 orang. Padahal, pada 2008, Thailand justru menangguk jumlah wisatawan di angka 822.000 orang. Setahun silam, turis Singapura yang menyambangi Thailand berjumlah 563.000 orang. Melalui MICE, sektor pariwisata mendapat gelontoran duit sebanyak 13 persen pada 2009. Kalau diukur dengan parameter produk domestik bruto (GDP) Thailand, MICE menyetor enam persen.
Berikutnya, pada 2009, pelancong asal Singapura masih menduduki tempat teratas pengunjung Thailand. Ada 39.400 turis Singapura dalam koridor MICE yang bervakansi ke Thailand. Dari jumlah itu, dengan perhitungan uang, Thailand memperoleh fulus 76,9 juta dollar AS.
Akapol, lebih lanjut mengatakan, pihaknya mengincar 2020. "Tahun itu, kami ingin menjadi tuan rumah World Expo," tandas Akapol. Sebagai catatan, pada tahun ini China adalah tuan rumah World Expo. Lima tahun ke depan, Milan yang menjadi tuan rumah.
Pembajakan Software Bukan Melulu Soal Harga (Kompascom, 4 Agustus 2010)
Jakarta, - Penyebab maraknya software bajakan di negara ini tidak melulu karena masalah harga yang murah. Pasalnya, software asli dijual dengan harga murah, tetap banyak yang membajaknya. Hal ini yang disampaikan oleh Donny A. Sheyoputra selaku Kepala Perwakilan Perusahaan Business Software Alliance (BSA) pada pertemuan ke IV yang dilakukan BSA dengan perusahaan-perusahaan lintasindustri.
"Masalah pembajakan ini tidak semata-mata karena harga software bajakan lebih murah. Banyak perusahaan yang mengeluarkan software dengan harga murah, tapi dibajak lagi dan dijual dengan harga yang lebih murah," ujar Donny A. Sheyoputra, Rabu (4/8/2010).
Hal ini terjadi pada PT Bambu Media yang mengeluarkan software khusus untuk Usaha Kecil Menengah (UKM) dengan harga Rp 50.000 per keping CD. Tapi, tetap dibajak CD software Perusahaan tersebut dan dijual dengan harga Rp 20.000 per keping CD. Tapi, ada juga software yang harganya Rp 10-15 juta dan tidak pernah bermasalah dengan pembajakan.
"Dari berbagai contoh yang terjadi, kita bisa simpulkan kalau ini bukan hanya soal harga murah tetap juga tentang kesadaran si pembeli dan penjual DVD dan CD bajakan. Toh, kenyataan yang banyak terjadi justru software yang harganya tidak terlalu mahal (50.000 hingga 1.000.000) justru lebih sering dibajak ketimbang software yang mahal (1.000.000 hingga 20.000.000)" Ujar Donny A. Sheyoputra.
Pengemis Jelang Ramadan, Kisah Memelas dan Aneka Jurus Mengemis (DetikNews, 05/08/2010-M. Rizal)
Jakarta - Gelandangan dan pengemis datang bergelombang ke Jakarta, menjelang datangnya bulan Ramadan. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pun kembali dalam rutinitas penertiban. Sementara, akar masalah ada pada kordinator para pengemis. Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo telah mengatakan Pemprov akan bertindak tegas terhadap kaum penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS), terutama para koordinator penggerak pengemis dan para pengemis yang mengeksploitasi balita.
Tindakan tegas Foke berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) No 8/2007 tentang Ketertiban Umum (Tibum). Ditengarai para pengemis yang beroperasi di Ibu Kota telah terkoordinir. Koordinator sindikat pengemis ini juga diduga kerap mengeksploitasi anak-anak di bawah umur.
Rencana menindak tegas terhadap para koordinator sindikat pengemis, terutama yang mengeklpoitasi anak di bawah umur, didukung positif Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA). Anak-anak yang digunakan dalam praktek mengemis atau dengan modus apapun adalah korban pelanggaran hak asasi anak.
"Saya sepakat dengan tindakan Pemprov DKI yang akan menindak para pengeksploitasinya. Kalau ada anak-anak yang dikerahkan untuk mengemis, pasti itu ada orang di belakangnya. Anak-anak itu tidak ada yang mau mengemis. Apalagi bayi, mana ada bayi berinisiatif meminta-minta. Justru anak harus dilindungi kehidupannya, bukan dimanfaatkan untuk itu," kata Sekjen Komnas PA, Arist Merdeka Sirait, saat bincang-bincang dengan detikcom di Jakarta, Kamis (5/8/2010).
Arist menilai, berbondong-bondongnya kaum PMKS ke Jakarta merupakan fenomena sosial yang menunjukkan kemiskinan tidak ditangani dengan baik. Akibatnya, banyak orang yang memanfaatkan kaum miskin ini dengan meminta-minta pada saat perayaan hari keagamaan, seperti bulan puasa, lebaran dan lain sebagainya. "Dalam penanganan kaum PMKS ini, bukan mengusik anak-anaknya, merazia dan mengangkut anak-anak ke truk. Tapi akarnya, koodinatornya harus dicari oleh Satpol PP. Cari orang yang memanfaatkannya," tegasnya.
Arist menambahkan, para bos pengemis yang memanfaatkan anak-anak bisa dijerat pidana 5-10 tahun penjara berdasarkan UU No 23/2002 tentang perlindungan anak. Arist juga meminta agar masalah pengemis tidak memakai kekerasan, seperti pengejaran, penangkapan dan pengembalian secara paksa ke daerah asal. Cara itu hanya akan menimbulkan luka fisik maupun trauma.
Bagi Arist, bulan puasa memang sasaran empuk para pengemis untuk mencari uang di ibukota. Ketika umat muslim dianjurkan banyak beramal, para pengemis pun mengais rezeki. Sayangnya kegiatan mengemis menjadi kegiatan terorganisir yang dimanfaatkan orang-orang yang tidak bertanggung jawab.
Menurut pengamatan Komnas PA, jumlah pengemis yang membanjiri Jakarta menjelang
puasa meningkat dratis 80 persen dibanding hari biasa. "Lihat saja, di sekitar pasar, perempatan lampu merah, kolong jembatan dan stasiun serta terminal. Jumlahnya semakin banyak," ungkapnya lagi.
Sementara, Ketua Perhimpunan Bantuan Hukum dan HAM (PBHI) Jakarta, Hendrik Sirait mengatakan, langkah pembersihan kaum PMKS masih sporadis dan diskriminatif. "Kebijakan itu muncul biasanya hanya menjelang bulan Ramadan. Kebijakan itu bersifat sangat anti orang miskin dan berwatak represif, padahal pendekatan yang ideal adalah pendekatan kesejahteraan," tegasnya.
Sementara itu, pengasuh Pondok Pesantren Al Jauhariyah Balerante, Palimanan, Cirebon, Jawa Barat, KH R Abah Anom Kusumajati mengatakan, persoalan pengemis ada dua, yaitu pengemis benaran dan pengemis profesi. Orang yang menjadikan mengemis sebagai usaha mencari nafkah, itu harus ditertibkan. Namun, caranya harus sopan, halus, bijak dan tak perlu menghardik.
"Ada pengemis yang benaran, karena memang sedang butuh. Ini yang harus kita
tanggap, bagaimana mengakomodasi agar tidak lagi mengemis. Masalah gepeng dan semuanya itu, bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja, tapi juga semua masyarakat sesama muslim," kata Kiai Anom kepada detikcom. Kiai Anom ini pun lantas menyitir sejumlah ayat Al Quran dan Hadist, yang intinya menyebutkan barang siapa hendak memberi, tidak perlu memandang status orang yang akan diberinya. Bagi yang memberi juga tak perlu memandang siapa yang memintanya. Kiai Anom menegaskan aturan agama melarang keras eksploitasi anak di bawah umur apalagi untuk mengemis.
"Tidak boleh diekploitasi, apapun bentuknya. Jadi otomatis mengekploitasi anak itu sesuatu hal yang tidak terpuji, karena masa depan anak itu akan hilang. Harapan saya, semua masyarakat harus bisa memposisikan anak pada porsinya yang baik dan benar," pungkasnya. (zal/fay)
Seorang ibu berjalan gontai membawa dua gelas air mineral di tepi Jl Raya Bogor, daerah Cijantung, Jakarta Timur. Wajahnya seperti kebingungan. Tangannya menuntun anak kecil yang tampak kucel. Dalam panas terik, keringat di wajahnya diseka dengan ujung kaos lengan panjangnya yang berwajah merah.
Mereka menghampiri setiap orang yang berada di pinggir jalan. "Tolong, Pak. Saya kehabisan uang. Kasihan anak saya nggak bisa jalan jauh," kata ibu itu memelas, Rabu (4/8/2010).
Si ibu yang mengaku bernama Ana itu, mengaku dari Leuwiliang, Bogor, hendak mencari saudaranya ke Kramat Jati. Dia butuh uang pinjaman untuk biaya sekolah anaknya. Namun di Jakarta, dia malah tersasar. Lalu, seorang pria yang merasa iba, memberikan uang Rp 10.000 untuk biaya si ibu pulang ke Bogor.
"Saya mau pulang, Pak. Uangnya buat naik angkutan," kata perempuan berusia sekitar 40-an tahun ini.
Uang sudah diberi, tapi si ibu terap menyusuri jalan. Padahal di Cijantung, berseliweran aneka kendaraan umum tujuan Bogor. Seorang tukang ojek pun menyeletuk, "Wah, jangan kaget, Mas. Sudah biasa itu. Kita tertipu semua," kata Dedi, tukang ojek.
Menurut Dedi, seminggu menjelang bulan puasa Ramadan, banyak pengemis berdatangan ke Jakarta termasuk di Cijantung. Mereka datang dari berbagai daerah di sekitar Jakarta bahkan Pantura, Jawa Barat. Oleh karena itu pada saat ini pun banyak razia gelandangan dan pengemis dilakukan Pemprov DKI Jakarta.
Para pengemis ini punya berbagai jurus untuk mendapatkan uang dengan mudah. Ada yang mengemis seperti biasa, mengaku kehabisan ongkos, atau pura-pura meminta sumbangan. Bahkan ada juga yang memakai bayi, untuk membangkitkan rasa iba.
Di daerah Fatmawati, Jakarta Selatan, detikcom menemukan Suni, perempuan paruh baya sekitar 50-an tahun. Setiap tahun dia datang dari Indramayu, Jawa Barat ke Jakarta untuk mengemis menjelang Ramadan. Tahun ini dia datang lebih awal, agar bisa menghapalkan wilayah.
"Ya saya setiap tahun ke Jakarta, abis ngga punya uang buat keluarga di kampung," yang ditemui tengah menyusuri Jalan Raya Fatmawati, Cilandak Barat, Jakarta Selatan.
Suni lebih mengandalkan gaya mengemis konvensional, dengan menghampiri semua orang atau rumah untuk mengharapkan belas kasihan warga. Suni mengaku menjalani hidup seperti ini justru demi membantu membiayai hidup keluarganya di kampung. Ada banyak kisah yang muncul di balik kehidupan gelandangan dan pengemis atau gepeng di Ibu Kota yang menjamur menjelang Lebaran.
Seperti tahun-tahun sebelumnya, menjelang Lebaran bisa disebut masa panen bagi gelandangan dan pengemis (gepeng). Mereka menyesaki perempatan jalan. Jumlah gepeng yang begitu banyak memunculkan dugaan ada gepeng teroganisir. Umumnya para gepeng berasal dari wilayah Pantai Utara Jawa seperti Indramayu, Kuningan, Cirebon, Jawa Barat dan Brebes, dan Tegal, Jawa Tengah.
Selain itu, banyak pula yang datang dari wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Gepeng yang menjamur ini tak pelak meresahkan warga Jakarta. Pihak keamanan pun sering kewalahan menertibkan. Bahkan tidak jarang panti sosial, tempat penampungan sementara gepeng yang terjaring, penuh sesak.
Jakarta memang diakui masih menjadi magnet bagi para penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) ini. Bahkan pihak Satpol PP DKI Jakarta bertekad akan membersihkan gepeng serta manusia gerobak.
"Kita segera akan melakukan penertiban para PMKS dan juga manusia gerobak yang
marak beroperasi saat bulan puasa," kata Kepala Satpol PP Pemrprov DKI Jakarta,
Effendi Anas, kepada detikcom beberapa waktu lalu.
Satpol PP juga akan mencari tempat-tempat yang biasa dijadikan pemukiman sementara PMKS ketika menyambangi Jakarta di bulan Ramadan. "Kita sudah indetifikasi tempat para PMKS tersebut biasa tinggal di Jakarta selama bulan Ramadan. Kita juga akan lakukan penertiban ke penampungan mereka," ujar dia.
Effendi juga mengaku, akan memproses secara hukum bagi para pengemis yang kedapatan menyewa anak balita dalam operasinya. "Kebanyakan begitu, menurut informasi yang kita dapat, agar anak ini diam banyak yang dibius. Ini yang akan kita tindak tegas juga, terutama yang memanfaatkan anak-anak di bawah umur untuk bekerja sebagai pengemis," ancamnya.
Effendi juga mengakatakan, telah berkordinasi dengan panti sosial di Pemalang, Jawa Tengah dan Indramayu, Jawa Barat, karena selama ini banyak PMKS yang tertangkap dari daerah-daerah tersebut. Mereka juga akan fokus mencari para kordinator gepeng ini. "Kami menduga praktik maraknya PMKS pada bulan puasa ada yang mengkoordinir. Kita akan berikan sanksi yang lebih berat untuk para koordinator PMKS," kata mantan Walikota Jakarta Utara ini. (zal/fay)
Bayi Harimau Jalani Pemeriksaan Medis (detikcom, 3 Agustus 2010)
Inidia keempat bayi harimau putih yang lucu-lucu. Dokter hewan dan pemilik kebun bintang swasta tersebut pun berpose bersama mereka. Reuters/Morris Mac Matzen.
4 Harimau putih lahir di kebun binatang Serengeti di Hodenhagen, Jerman. Keempat bayi harimau itu pun menjalani pemeriksaan medis pertama hari ini, Senin (3/8).
Orangtua Dukung Pemblokiran BlackBerry. (Kompascom, 5 Agustus 2010)
RIYADH, - Sementara sejumlah warga Arab Saudi tidak merasa senang dengan keputusan kerajaan itu untuk menutup layanan Blackberry, sejumlah besar dukungan muncul pada keputusan pihak berwenang memblokir layanan tersebut. Pencekalan dilakukan dengan alasan telepon pintar tersebut memberikan dampak negatif pada generasi muda. Arab News dalam laporan di situsnya, Kamis (5/8/2010) mengatakan bahwa menurut survei dalam jaringan kepada 331 orang, sekitar 178 di antaranya menentang pencekalan yang mulai berlaku Jumat itu, dan 153 di antaranya mendukung.
Mereka yang tidak setuju dengan keputusan tersebut, menurut laporan itu, mengeluhkan tidak adanya pemberitahuan awal, sehingga sejumlah di antara mereka telah terlanjur memberi Blackberry beberapa hari lalu dan sekarang terjebak dengan piranti canggih yang tidak dapat difungsikan. Sedangkan 153 orang yang mendukung mengatakan bahwa mereka mendukung pencekalan itu karena menilai Blackberry memberikan dampak negatif bagi generasi muda. Sebagian besar yang mendukung keputusan pencekalan adalah para orangtua.
Arab News mengutip seorang ibu bernama Um Aisha yang mengatakan bahwa dia menyita Blacberry milik anak perempuannya setelah sang anak sangat tergantung pada telepon pintar itu, sampai pada titik sangat mempengaruhi kesehatannya. "Anak perempuan saya pingsan sekali. Ketika dibawa ke rumah sakit, dokter mengatakan bahwa dia menderita kelelahan. Setelah memiliki Blackberry, dia menjadi sangat tergantung pada telepon pintar itu bahkan dia pun menggunakan telepon itu ketika di tempat tidur. Dia membaca seluruh pesan singkat yang diterimanya dan menjawab pesan-pesan itu sekalipun telah larut malam," kata Um Aisha.
Seorang mahasiswa yang hanya disebutkan bernama May mendukung pencekalan itu.
"Sekarang saya dapat menikmati waktu saya dengan teman-teman saya seperti dahulu," katanya. "Saya sekarang dapat melihat mereka dengan lebih baik tanpa perlu lagi melihat mereka dengan mata yang selalu tertuju pada Blackberry-nya," tambah May, yang menolak membeli Blackberry.
Komisi Teknologi Informasi dan Komunikasi Arab Saudi (CITC) mengumumkan pada Selasa malam bahwa pihaknya telah memerintahkan tiga layanan telepon genggam di kerajaan itu untuk menutup jasa layanan Blackberry mulai Jumat karena gagal menyesuaikan dengan peraturan yang ada. Jika mereka gagal memenuhi perintah CITC, perusahaan akan didenda 1,3 juta dolar AS, menurut salah satu perusahaan kepada AFP, Rabu.
"Kami juga harus memenuhi karena alasan keamanan," tambahnya. Namun, ada harapan besar dalam meyakinkan perusahaan pencipta Blackberry (RIM) menyediakan layanan lokal di Arab Saudi. Tiga perusahaan itu bertemu dengan RIM pada Rabu dan pertemuan-pertemuan lanjutan akan dilakukan.
Waspadai Kejahatan Melalui BlackBerry. (Kompascom, 5 Agustus 2010)
Jakarta, jaminan keamanan dan privasi yang tinggi bagi penggunanya membuat penggunaan BlackBerry rawan disalahgunakan untuk kepentingan kejahatan. Pemerintah perlu mewaspadai potensi kejahatan tersebut dengan segera membuat regulasi yang mengatur secara tegas tindak pidana di bidang teknologi informasi.
Wakil Ketua Tim Insiden Keamanan Internet dan Infrastruktur Indonesia (Indonesia Security Incident Response Team on Internet Infrastructure/ ID-SIRTII) M Salahuddien Manggalany di Jakarta, Rabu (4/8), mengatakan, potensi tindak kejahatan dalam penggunaan Blackberry cukup tinggi, mengingat jaringannya tidak bisa disadap. Segala jenis data yang dikirim menggunakan layanan BlackBerry terenskripsi atau dikunci oleh penyedia layanannya, yaitu Research in Motion Ltd (RIM). Kunci data ini hanya bisa dibuka oleh RIM yang berpusat di Kanada.
Jika Pemerintah Indonesia ingin mengakses atau menyadap data yang dikirim lewat BlackBerry, Pemerintah RI harus meminta terlebih dahulu kepada Pemerintah Kanada. Pemerintah Kanada-lah yang selanjutnya akan meneruskan permintaan tersebut kepada RIM. Data pun akan diserahkan RIM lewat Pemerintah Kanada kepada Indonesia.
Prosedur akses data yang panjang, belum adanya jaminan kepastian pemberian akses data, serta posisi pusat data atau server yang ada di luar negeri membuat Uni Emirat Arab, Arab Saudi, Kuwait, dan India berencana melarang peredaran BlackBerry. Namun, sejumlah negara mengajukan kompensasi jika RIM tetap ingin memasarkan BlackBerry di negaranya, seperti India yang meminta agar RIM membagi sejumlah kunci data. Sejumlah negara juga meminta RIM membuat pusat data di negara mereka.
Kondisi serupa telah dilakukan Amerika Serikat. Menurut Salahuddien, di AS telah ada UU yang bisa memaksa RIM untuk membuka akses datanya jika ingin produk mereka dipasarkan di AS. Salahuddien mengatakan, banyak pengguna handphone biasa yang beralih ke Blackberry setelah banyaknya kasus korupsi dibongkar Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melalui penyadapan. BlackBerry sulit disadap.
”Privasi yang tinggi membuat banyak pihak menikmati layanan BlackBerry. Namun, persoalan privasi itu bisa disalahgunakan untuk melakukan kejahatan,” katanya.
Indonesia bisa
Secara terpisah, anggota Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI), Iwan Krisnadi, mengatakan, jika pelarangan BlackBerry di sejumlah negara karena alasan keamanan nasional, hal tersebut semestinya bisa dilakukan di Indonesia. BRTI bersama sejumlah lembaga lain perlu membahas persoalan tersebut lebih lanjut.
”Seharusnya Indonesia memiliki sistem yang bisa mengatur agar sejumlah perusahaan layanan data memiliki server di Indonesia, seperti yang sudah dilakukan Google dan Yahoo,” katanya.
Untuk mengantisipasi tindak kejahatan menggunakan teknologi informasi, menurut dia, pemerintah dan DPR perlu segera membahas Rancangan Undang-Undang Tindak Pidana di Bidang Teknologi Informasi. RUU itu sudah masuk dalam Program Legislasi Nasional tahun ini, tetapi pembahasannya belum dilakukan hingga kini. UU itu penting, mengingat pesatnya perkembangan dunia cyber yang menghilangkan batas-batas negara.
Meski ada potensi penggunaan BlackBerry untuk tujuan tidak baik, Iwan menilai, manfaat kehadiran BlackBerry harus diperhatikan jika akan ada wacana pelarangan telepon seluler itu di Indonesia. Masyarakat banyak memanfaatkan BlackBerry karena membuat komunikasi lebih murah dan terjaganya privasi.
Di Indonesia, tercatat 1,3 juta-1,4 juta pengguna Blackberry. Operator Excelcomindo (PT XL Axiata, Tbk) tercatat mempunyai pengguna Blackberry terbanyak dengan jumlah 450.000 pelanggan.
Nadira Febriati, Corporate Communication Manager PT XL Axiata, Tbk, menegaskan, pada prinsipnya operator akan tunduk kepada peraturan yang ditetapkan oleh regulator, termasuk apabila ada perubahan regulasi.(MZW/RYO).
Indonesia Imbau RIM Bangun "Data Center". (Kompascom, 5 Agustus 2010)
Jakarta, — Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kamis (5/8/2010), menegaskan, Indonesia tidak pernah berencana memblokir layanan BlackBerry seperti yang dilakukan Arab Saudi, Uni Emirat Arab (UEA), dan India. Namun, Pemerintah mengimbau Research In Motion (RIM), produsen perangkat dan penyedia layanan BlackBerry, untuk membangun data center di Indonesia.
"Bahwasanya Kementerian Kominfo dan BRTI pernah menyampaikan imbauan kepada RIM untuk membangun data center-nya di Indonesia adalah memang benar sejak setahun yang lalu. Tetapi, hanya bersifat imbauan dan tidak ada sanksi hukumnya," kata Gatot S Dewa Broto, Kepala Pusat Informasi dan Humas Kementrian Kominfo, dalam siaran persnya.
Ia menyatakan, pemblokiran terhadap layanan BlackBerry sejauh ini belum ada urgensinya. Menurutnya, setiap negara mempunyai regulasi sendiri untuk menerapkan kebijakan di bidang telekomunikasi. Kementerian Kominfo tidak bisa serta-merta menerapkan kebijakan yang sama, yaitu selain karena belum melihat adanya urgensi yang bisa dijadikan alasan utama, juga karena tidak ada aturan khusus tentang hal tersebut.
Pemerintah Indonesia memang pernah melarang peredaran BlackBerry di Indonesia untuk sementara waktu pada pertengahan tahun 2009, tetapi hal tersebut sebatas distribusi handset, bukan layanannya. Hal tersebut dilakukan dengan mengacu pada Peraturan Menteri Kominfo No 29/PER/M.KOMINFO/8/2008 tentang Sertifikasi Alat dan Perangkat Telekomunikasi yang mendesak RIM untuk membuka layanan garansi dan purnajual resmi di Indonesia. Dalam perkembangannya, pada akhirnya Kementerian Kominfo menaruh apresiasi pada RIM karena selanjutnya dapat memenuhi kewajiban yang dimaksud dengan membangun RIM Authorized-Repair Centre.
Daging Sapi Hasil Kloning telah Dipasarkan. (Media Indonesia, 05 Agustus 2010) - Penulis : Prita Daneswari
Daging olahan yang dihasilkan dari sapi hasil kloning ternyata telah memasuki pasaran sejak tahun lalu dan telah dikonsumsi masyarakat, kata Badan Standardisasi Makanan (FSA). Meski begitu, kepala eksekutif FSA Tim Smith menekankan bahwa mengonsumsi daging atau susu dari sapi hasil kloning tak memiliki efek samping apa pun bagi kesehatan.
Di sisi lain, para peneliti mengakui mereka tak tahu persis berapa banyak embrio dari sapi kloning yang diimpor ke Inggris. Kini ada dua lembu jantan yang lahir di Inggris hasil dari pengembangan embrio tersebut. Satunya kini telah disembelih dan satunya lagi akan dikonsumsi.
Kabar ini menyeruak setelah FSA mengadakan penelitian apakah ada daging hasil kloning yang telah dipasarkan. Di bawah peraturan Eropa, segala bahan pangan, termasuk susu yang diproduksi oleh hewan kloningan harus melalui evaluasi keamanan dan mendapatkan izin sebelum dipasarkan. Namun, FSA mengklain kedua prosedur itu belum diberlakukan pada daging hasil kloning. Penyelidikan pun dilakukan setelah ada petani Inggris yang menyatakan telah menggunakan susu tak berlabel dari sapi hasil kloning. FSA mengatakan telah melacak hal tersebut dan menemukan penghasil susu tersebut adalah sapi bernama Dundee Paradise. Susu yang dihasilkan Paradise telah memasuki ke pasaran dan dikonsumsi warga.
Sementara itu, Smith menyatakan, "Memang telah ada penyelidikan yang kini tengah berjalan. Namun, sayangnya kami tak mengetahui secara persis berapa banyak embrio yang telah dikirimkan ke negara itu."
Ia menambahkan bahwa situasi semacam ini sungguh tak terelakkan. "Namun, bagusnya hal ini menunjukkan adanya kejujuran dari masyarakat." Menurutnya, pihaknya tak mungkin selalu mengawasi setiap binatang dan mengawasi fase siklus kehidupannya.(Pri/X-12)
Ponsel Justru Sarang Bakteri Berbahaya (Media Indonesia, 29 Juli 2010) - Penulis : prita daneswari
TELEPON selular (ponsel) ternyata dapat menghantarkan 18 kali lebih banyak bakteri ketimbang flush pada toilet pria, mengapa bisa begitu?
Seorang ahli ilmu kesehatan yang telah menganalisis 30 ponsel menemukan bahwa seperempatnya mengandung jumlah bakteri lingkungan terhitung pada tingkat tinggi. Satu tingkat bakteri, termasuk Faecal coliforms, berisiko tinggi menyebabkan sakit perut serius.
Memang, bakteri F coliforms tidaklah begitu berbahaya, tapi ini menunjukkan bahwa ponsel dapat menjadi sarang kuman yang berpotensi berkembang biak menjadi bakteri yang lebih berbahaya. Ahli kesehatan Jim Francis mengatakan, "Apabila tingkat kandungan bakteri pada satu ponsel tergolong tinggi, itu perlu disterilisasi."
Uji coba pun telah dilakukan guna memperlihatkan betapa mudahnya bakteri dapat bertahan hidup di permukaan ponsel dan dapat beralih ke orang yang memegangnya untukn sekadar melihat gambar dan aplikasi lain. Untuk itu, bersihkanlah ponsel Anda dengan rutin dengan mengoleskan alkohol di permukaannya.(Pri/OL-06)
Tulis SMS Perbesar Enam Kali Risiko Kecelakaan (Media Indonesia, 08 Januari 2010) - Penulis : Ikarowina Tarigan
MENGETIK pesan singkat (SMS) sambil mengemudi membahayakan keselamatan pengemudi. Sebuah studi terbaru yang dilakukan peneliti dari University of Utah menyatakan, pengemudi yang mengetik pesan singkat menempatkan diri mereka dan orang lain dalam bahaya karena mereka mengalihkan perhatian di antara dua tugas kompleks. Para peneliti yang menempatkan dewasa muda di simulator mengemudi virtual menemukan bahwa jarak antara mobil pengemudi dengan mobil di depannya semakin dekat saat mereka mengetik pesan, tapi waktu reaksi pengemudi melambat.
"Hasilnya, pengemudi yang mengetik pesan berisiko 6 kali lebih besar terlibat dalam kecelakaan dibandingkan mereka yang hanya konsentrasi mengemudi," terang peneliti, seperti dikutip situs healthday. Mengetik pesan, terang peneliti, kelihatannya lebih membahayakan bagi pengemudi dibandingkan berbicara melalui telepon seluler.
Saat berbicara di telepon seluler, terang peneliti Frank Drews, pengemudi dengan jelas berusaha membagi perhatian antara percakapan di telepon dan mengemudi, menyesuaikan proses pemilihan prioritas antara kedua aktivitas tersebut, bergantung pada kebutuhan.
Sedang mengetik pesan, lanjut Drews, membuat pengemudi mengalihkan perhatian mereka sepenuhnya untuk melengkapi tugas tersebut. Dan hal ini membuat waktu reaksi dan pengereman melambat.
Selain itu, peneliti juga menemukan bahwa membaca pesan jauh lebih menyita perhatian dibandingkan mengetik pesan.
Detail studi
Dalam studi yang dipublikasikan di jurnal Human Factors ini, Drew dan teman-temannya meminta 20 laki-laki dan perempuan berusia 19-23 mengemudi saja atau mengemudi sambil mengetik pesan."Semua pengemudi diberi kesempatan mengemudi sambil mengetik pesan."
Tim peneliti menemukan, rata-rata waktu reaksi meningkat 9 persen saat partisipan berbicara di telepon dan 30 persen saat mereka mengetik pesan, dibandingkan saat mereka hanya mengemudi. Pada saat yang sama, jarak antara mereka dengan mobil di depannya juga menipis. (OL-08)
Bertemu Ikan Paus di Okinawa (Media Indonesia, 05 Agustus 2010)
Bila Anda bersama keluarga berencana berlibur ke Jepang, jangan lupa untuk mengunjungi Akuarium Churaumi yang merupakan akuarium terbesar kedua di dunia.

Anda bisa menemukan akuarium ini di kota Motobu, Okinawa. Nama Churaumi dipilih sebagai nama akuarium oleh jajak pendapat di antara orang Jepang. Chura mempunyai arti indah atau anggun dalam dialek Okinawa sedangkan umi berarti laut. Akuarium Churaumi adalah bagian dari Ocean Expo Commemorative Government Park. Akuarium terdiri dari empat lantai dan memiliki berbagai atraksi makhluk laut seperti hiu paus, lumba-lumba, ikan karang tropis dan banyak lagi.
Lahan seluas 19.000 meter persegi merupakan area tempat berdirinya akuarium ini. Di dalamnya terdapat total 77 tangki yang memuat 10.000 meter kubik air. Tangki utama yang disebut kuroshio berisi 7.500 meter kubik air dengan fitur panel kaca akrilik berukuran 8,2 sebesar 22,5 meter yang mempunyai ketebalan 60 centimeter. Ini merupakan panel terbesar di dunia ketika akuarium pertama kali dibuka.
Di tangki utama, Anda bisa melihat hiu paus dan pari manta berenang di antara banyak spesies ikan lainnya. Ini adalah salah satu dari beberapa akuarium yang mempunyai penangkaran dan mengembangbiakkan hiu paus. Selain berbagai jenis ikan, Akuarium Churaumi memiliki 80 jenis karang.Semua air asin yang memuat banyak pertunjukan hewan laut ini dipompa ke akuarium dari wlayah lepas pantai selama 24 jam sehari.
Sebelum akuarium ini berdiri, pada 1975, pameran dunia diselenggarakan di Ocean Expo Park, Okinawa namun setelah itu taman ini mulai kehilangan pariwisatanya. Kemudian muncullah ide untuk membuatan akuarium baru karena hal ini diyakini dapat membantu menghidupkan kembali kawasan wisata dan tradisi kelautan Okinawa.
Akuarium Churaumi sendiri dirancang oleh Yukifusa Kokuba dan dibuka pada November 2002.
Atraksi menarik selain melihat ikan di akuarium yang besar adalah menyaksikan pertunjukkan lumba-lumba. Di dekat akuarium ada dua pertunjukkan lumba-lumba dimana Anda juga dapat menyentuh binatang bersahabat ini.Selain itu ada juga pertunjukan manatee yang diberikan oleh pemerintah Meksiko. Atau Anda bisa pergi ke pantai Emerald yang dapat diakses menggunakan Tram dengan mengeluarkan uang 200 Yen (sekitar Rp21 ribu).
Ocean Expo Park yang menanungi akuarium juga memiliki pilihan kegiatan lainnya seperti museum asli Okinawa, museum kelautan budaya, Tropical Dream Center, Shurijo Castle Park, serta Arboretum subtropis dan tropis.Selama bulan Oktober-Februari akuarium Churaumi buka mulai pukul 8.30-18.30 waktu setempat sedangkan pada bulan Maret-September mulai pukul 8.30-20.00 waktu setempat.
Haga tiket yang dikenakan untuk orang dewasa adalah 1.800 yen (sekitar Rp187 ribu), anak usia sekolah dasar 600 yen (sekitar Rp62 ribu) dan anak-anak di bawah usia 6 tahun bebas biaya masuk.(*/X-12)
Tahu Suami Kawin Lagi dari Facebook (Kompascom, 6 Agustus 2010)
CLEVELAND,— Situs jejaring sosial seperti Facebook rupanya semakin mempermudah perselingkuhan, sekaligus mudah pula memergokinya. Ini seperti dialami Lynn France, perempuan berusia 41 tahun dari Amerika Serikat. “ Dia di sana sedang bersama pacarnya. Saya bilang, 'He, saya istrinya. Kami punya seorang anak”.
Awalnya, ia curiga suaminya, John France, selingkuh karena berbagai indikasi. Pertama, suaminya pamit pergi untuk bisnis, bahkan ketika anak mereka yang baru lahir pulang dari rumah sakit. Kedua, pada hari lain Lynn mendapati paspor suaminya di rumah, padahal dia pamit pergi bisnis ke China.
Lynn lalu menggerakkan jemarinya di atas keyboard komputer. Pada kolom pencarian di Facebook, ia ketikkan dua kata dari nama perempuan yang ia curigai sebagai selingkuhan suaminya.
Olala! Mimpi buruk Lynn jadi nyata. Ada foto-foto pernikahan suaminya dengan perempuan lain di Walt Disney World. Suaminya pakai busana pengantin layaknya Pangeran Tampan. Istri barunya yang berambut pirang terlihat cantik.
“Sejujurnya, saya langsung mati rasa karena terkejut," ujar Lynn, terapis dari Westlake, wilayah suburban di Cleveland itu. "Ada album dengan 200 foto di sana. Semuanya foto pernikahan mereka."
Suaminya pada Kamis (5/8/2010) menyatakan, pernikahannya dengan Lynn tidak pernah sah. Dia bilang, Lynn sebetulnya tahu soal pernikahan itu jauh sebelumnya, tetapi belakangan bicara ke publik soal foto-foto di Facebook itu sebagai siasat publisitas.
Adapun Lynn lantas mengakui juga, pada Oktober 2009 silam, suaminya sebelum pergi meninggalkan jejak di komputer pasangan itu berupa tampilan situs sebuah hotel.
“Maka, saya akhirnya pergi ke sana bersama teman perempuan untuk meyakinkan diri saya," kata Lynn. “Dia di sana sedang bersama pacarnya. Saya bilang, 'He, saya istrinya. Kami punya seorang anak'."
Namun, perempuan itu mengaku sudah bertunangan dengan lelaki di sampingnya. “Cukup yakin, mereka ternyata sudah terdaftar untuk menikah di Target,” kata Lynn. Teman perempuan Lynn lantas menyarankan supaya mengecek halaman Facebook pacar suaminya itu. Akunnya masih terbuka untuk siapapun, tetapi sejak itu jadi tertutup.
Namun, kata Lynn, suaminya sempat berjanji tidak akan benar-benar pergi karena pernikahan itu. Tapi itu tak bertahan lama, setelah Lynn mendapati bukti foto-foto pernikahan tersebut, hingga akhirnya dia mulai memproses perceraian. Kini, John France, tidak mengingkari bahwa dia sudah menikah lagi. Namun, ia mengaku, pernikahannya dengan Lynn France tidaklah sah.
“Saya rasa, saya tidak sedang curang," ujar John France dalam wawancaraa di televisi NBC. “Jika anda menikah tidak tepat pada awalnya, tidak tepat pula pada akhirnya."
Melalui proses panjang, hak pengasuhan anak-anak mereka akhirnya jatuh kepada John France. Adapun hanya bisa melihat anak-anaknya dari halaman Facebook yang sekaligus juga berisi foto-foto pernikahan suaminya dengan perempuan lain. "Ini lebih aneh daripada cerita fiksi sekalipun," ujarnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar