Minggu, 22 Agustus 2010

BALAP MOBIL FORMULA 1 DAN BAYARAN TAHUN 2010

Dikemas oleh Isamas54
Formula Satu disingkat F1, adalah kelas balapan mobil formula tempat duduk tunggal yang tertinggi, terdiri dari sejumlah seri balapan yang dikenal dengan istilah Grand Prix. Balapan diselenggarakan di dalam sirkuit atau jalan umum dalam kota yang ditutup untuk umum dan hasilnya menentukan dua gelar juara dunia. Siapa juara-juaranya dan berapa gaji yang dibayarkan untuk tahun 2010.
Formula Satu, disingkat F1 (atau bernama lengkap The FIA Formula One World Championship), Hasilnya menentukan dua gelar juara dunia, yaitu satu untuk pembalap dan satu lagi untuk konstruktor. Kecepatan mobil balap dapat mencapai 300 km/h (185 mph) yang dihasilkan oleh mesin yang dapat mencapai tenaga sebesar 900 daya kuda pada putaran mesin sekitar 18.000 rpm (per 2005).
(Catatan saja : kalau kita naik mobil di tol dengan kecepatan 150 km per jam (setengahnya dari kecepatan dalam Formula 1) sudah bagaimana gitu rasanya, apalagi kalau mobilnya di bawah tahun 1980-an mungkin ban-nya kemana juga baut-bautnya pun pada loncatan, tapi perlu kita ingat juga bahwa sado/delman/dokar adalah kendaraan dengan daya sebesar 1 (satu) daya kuda -karena ditarik seekor kuda - dengan kecepatan mungkin 20-30 km/jam. Thks)
Formula Satu adalah balap mobil termahal baik dalam segi produksi maupun olahraganya, Eropa adalah pusat tradisi Formula Satu dan tetap menjadi pusatnya hingga sekarang. Grand Prix saat ini telah diadakan di seluruh penjuru dunia dengan seri balapan baru yaitu di Bahrain, RRC, Malaysia dan Turki. Sedangkan aturan mainnya diatur oleh Fédération Internationale de l'Automobile (FIA), yang bermarkas di Place de la Concorde, Paris. Presidennya yang sekarang adalah Max Mosley, dan secara umum disponsori dan diatur oleh pemegang hak komersial resmi Bernie Ecclestone melalui berbagai perusahaan.
Di Indonesia, Formula Satu pernah ditayang di RCTI dari 1998 hingga 2000, di TPI dari 2001 hingga 2004 dan di Global TV dari 2005 hingga sekarang.
Sejarah
Seri Formula Satu berakar pada seri grand prix motor Eropa pada sekitar 1920-an dan 1930-an dimana sejumlah organisasi balap grand prix membuat sejumlah aturan untuk kejuaraan dunia sebelum Perang Dunia II. Dengan alasan penundaan karena perang, kejuaraan dunia pembalap tidak diformalkan sampai 1947 dan berlangsung untuk pertama kalinya pada 1950. Kejuaraan dunia konstruktor kemudian menyusul pada 1958. Balapan Formula Satu tanpa gelar diselenggarakan bertahun-tahun, tetapi dikarenakan membengkaknya biaya kompetisi mengakibatkan kompetisi ini berakhir pada awal 1980-an.
Nama olahraga ini, Formula Satu, mengindikasikan bahwa ini merupakan olahraga yang paling maju dan kompetitif diantara balapan mobil formula lain.
Gelar juara dunia Formula Satu pertama kali dimenangkan oleh pembalap Italia Emilio Giuseppe "Nino" Farina dengan mobilnya Alfa Romeo tahun 1950, dengan mengalahkan rekan setimnya, pembalap Argentina Juan Manuel Fangio. Akan tetapi, Fangio memenangkan gelar juara dunia pada tahun 1951 dan empat kali pada enam tahun berikutnya. Fangio kemudian menjadi legenda yang mendominasi tahun-tahun pertama kompetisi Formula Satu.
Juara dunia dari Britania Raya yang pertama adalah Mike Hawthorn, yang mengendarai Ferrari memenangkan gelar juara pada 1958. Kemudian Colin Chapman memasuki kompetisi F1 sebagai perancang mobil dan kemudian menjadi pendiri Lotus, British racing green datang untuk mendominasi kompetisi pada beberapa dekade berikutnya. Jim Clark, Jackie Stewart, Jack Brabham, Graham Hill, dan Denny Hulme adalah sederetan nama pembalap dari tim Inggris dan negara-negara persemakmuran yang memenangkan dua belas gelar juara dunia antara tahun 1962 hingga 1973.
Tahun 1962, Lotus memperkenalkan mobil dengan rangka aluminium yang dikenal dengan istilah monocoque yang menggantikan rangka tubular tradisional. Penemuan ini kemudian menjadi langkah kemajuan teknologi besar sejak penemuan mobil mid-engines. Tahun 1968 adalah tahun pertama kalinya olahraga ini memakai sponsor yaitu dimulai dengan Lotus yang mengecat "Imperial Tobacco" di mobilnya.
Aerodinamika gaya tekan kebawah (downforce) secara perlahan memainkan peranan penting dalam perancangan mobil, dimulai dengan munculnya aerofoil tahun 1960-an. Akhir tahun 1970, Lotus memperkenalkan aerodinamika efek tanah (ground effect) yang menghasilkan gaya tekan yang bagus sehingga meningkatkan kecepatan di tikungan (konsep ini pernah diujicoba sebelumnya oleh Jim Hall dengan tim IndyCar-nya pada tahun 1960-an.
Federation Internationale du Sport Automobile kemudian didirikan pada 1979.
Kepopuleran
Tahun 1981 dikenal sebagai awal dari adanya Concorde Agreement, sebuah kontrak yang mengikat tim-tim untuk berkompetisi sampai masa berakhirnya kontrak. Kontrak itu juga berisi tentang pembagian sama rata atas keuntungan yang didapat dari hasil penjualan hak televisi. Merupakan tanda berakhirnya Perang FISA-FOCA. Concorde Agreement yang kedua ditandatangani pada 1992 dan yang ketiga pada 1997 dimana akan berakhir pada akhir 2007.
Tim F1 Renault memperkenalkan mesin turbocharged pada tahun 1977 yang dapat menghasilkan lebih dari 700 bhp. Pada tahun-tahun berikutnya, khususnya 1987, mobil-mobil Formula Satu dapat menghasilkan lebih dari 1.000 bhp. FIA kemudian memberlakukan aturan kapasitas tanki bahan bakar pada 1984 dan kemudian melarang mesin turbocharged tahun 1989 untuk membatasi kecepatan mobil yang semakin meningkat.
Awal 1990 ditandai dengan diperkenalkannya alat bantu elektronik seperti power steering, traction control dan gearbox semi otomatis. FIA, dikarenakan banyaknya komplain mengenai hasil balapan yang lebih ditentukan oleh teknologi dibandingkan keahlian pembalap, melarang beberapa alat bantu tersebut pada 1994. Walaupun demikian banyak pengamat berpendapat bahwa larangan atas alat bantu pembalap tersebut tidak berarti sama sekali karena FIA tidak mempunyai teknologi atau metode untuk menghilangkan fitur-fitur tersebut dari kompetisi.
Tim McLaren dan Williams mendominasi balapan 1980-an dan 1990-an. Honda dan McLaren mendominasi banyak pada 1980-an, sementara tim Williams yang diperkuat mesin Renault memenangi beberapa gelar juara dunia pertengahan 1990-an. McLaren kemudian kembali pada akhir 1990-an. Pertarungan antara legenda Senna dan Prost menjadi pusat perhatian pada musim 1988 dan berlanjut sampai akhir 1993 dimana Prost menyatakan untuk pensiun. Ayrton Senna secara tragis tewas pada tabrakan di Grand Prix F1 San Marino 1994, sejak itu banyak langkah diambil FIA untuk meningkatkan standar keamanan sehingga tidak ada lagi pembalap yang tewas di balapan sejak saat itu.
Pembalap dari McLaren, Williams, Renault (dulunya bernama Benetton) dan Ferarri merupakan empat tim teratas yang memenangi gelar juara dunia dari 1984 sampai saat ini. Karena kemajuan teknologi sejak 1990-an, biaya kompetisi Formula Satu juga meningkat. Kedua hal ini mengakibatkan tim-tim lainnya mengalami kesulitan tidak hanya untuk bertahan dalam kompetisi namun untuk bertahan dalam bisnis. Masalah keuangan mengakibatkan beberapa tim untuk mundur. Sejak 1990, 28 tim telah mundur dari kompetisi Formula Satu. Salah satunya yang terjadi akhir-akhir ini adalah mundurnya tim Jordan.
Michael Schumacher memegang rekor untuk pembalap yang paling sering menjadi juara dunia (tujuh kali) dan Scuderia Ferrari memegang rekor konstruktor yang paling sering menjadi juara dunia (14 kali).
Sebelum tulisan ini menginjak ke GAJI PEMBALAP sebaiknya perlu diketahui dulu daftar juara dari tahun ke tahun ........
Daftar Juara Formula 1 (daftar ini hanya dibatasi sejak 1995 s/d 2008 )
Musim/Tahun, Nama Pembalap, Kebangsaan dan Tim :
1995   Michael Schumacher (Jerman) Benetton
1996   Damon Hill  (Inggris)  William
1997   Jacques Villeneuve ()  William
1998   Mika Häkkinen  ()  McLaren
1999   Mika Häkkinen  ()  McLaren
2000   Michael Schumacher (Jerman)  Ferrari
2001   Michael Schumacher (Jerman)  Ferrari
2002   Michael Schumacher (Jerman)  Ferrari
2003   Michael Schumacher (Jerman)  Ferrari
2004   Michael Schumacher (Jerman)  Ferrari
2005   Fernando Alonso ()  Renault
2006   Fernando Alonso ()  Renault
2007   Kimi Räikkönen ()  Ferrari
2008   Lewis Hamilton (Inggris)  Mc Laren
Inilah Daftar Gaji Pembalap F1 2010 (Kompascom, 20 Agustus 2010)
Fernando Alonso, menjadi pebalap F1 2010 dengan penghasilan tertinggi. Untuk kategori tim, Ferrari masih menjadi tim dengan pengeluaran terbesar.
Daftar gaji para pebalap F1 2010 dipublikasikan, yaitu dari apa yang dikeluarkan surat kabar Spanyol, El Mundo, dan dikompilasi dengan informasi dari Business Book GP, pebalap Ferrari Fernando Alonso menjadi orang dengan penghasilan paling tinggi. Pria Spanyol ini bisa memperoleh 30 juta euro atau sekitar Rp 341,442 miliar, termasuk tambahan dari luar.
Di bawah juara dunia 2005 dan 2006 tersebut ada nama pebalap McLaren, Lewis Hamilton. Namun, selisih penghasilan di antara dua mantan juara dunia tersebut sangat jauh lantaran Hamilton cuma meraih hampir separuh dari Alonso. Pebalap Inggris, juara dunia 2007, "hanya" memperoleh 16 juta euro (sekitar Rp 182,137 miliar).
Penghasilan Hamilton sama dengan pebalap yang tahun ini sama sekali tidak bertarung di arena F1, yaitu Kimi Raikkonen, yang merupakan pebalap dengan penghasilan tertinggi tahun lalu (lihat juga daftar 2009). Nama pria asal Finlandia yang sekarang tampil di Rally Championship ini masuk daftar karena dia mendapat kompensasi dari Ferrari setelah memutus kontraknya pada awal musim ini.
Di posisi keempat ada Felipe Massa. Penghasilan pebalap Brasil ini tak sampai setengah dari apa yang diperoleh rekan setimnya, Alonso. Selanjutnya, berturut-turut ada juara 2009 Jenson Button, mantan juara dunia tujuh kali F1 Michael Schumacher, Nico Rosberg, Robert Kubica, Rubens Barrichello, dan Mark Webber, yang mengisi posisi 10 besar.
Dari daftar penghasilan para pebalap itu, sudah jelas terlihat bahwa Ferrari menjadi tim yang paling "boros". Tim dengan julukan "Kuda Jingkrak" ini harus mengeluarkan dana 60 juta euro (sekitar Rp 683,367 miliar) untuk membayar dua pebalapnya yang sekarang, plus Raikkonen. Dengan demikian, Ferrari tetap pertahankan tradisi sebagai tim paling jor-joran karena tahun lalu pun mereka paling banyak mengeluarkan dana untuk pebalapnya.
Daftar penghasilan pebalap 2010:
1. Fernando Alonso Ferrari 30 juta euro (sekitar Rp 341,442 miliar)
2. Lewis Hamilton McLaren-Mercedes 16 juta euro (sekitar Rp 182,137 miliar)
3. Kimi Raikkonen Ferrari 16 juta euro (sekitar Rp 182,137 miliar)
4. Felipe Massa Ferrari 14 juta euro (sekitar Rp 159,420 miliar)
5. Jenson Button McLaren-Mercedes 9 juta euro (sekitar Rp 102,484 miliar)
6. Michael Schumacher Mercedes Grand Prix 8 juta euro (sekitar Rp 91,097 miliar)
7. Nico Rosberg Mercedes Grand Prix 8 juta euro (sekitar Rp 91,097 miliar)
8. Robert Kubica Renault F1 7,5 juta euro (sekitar Rp 85,409 miliar)
9. Rubens Barrichello Williams F1 5,5 juta euro (sekitar Rp 62,633 miliar)
10. Mark Webber Red Bull Racing 4,2 juta euro (sekitar Rp 47,826 miliar)
11. Jarno Trulli Lotus Racing 3 juta euro (sekitar Rp 34,161 miliar)
12. Sebastian Vettel Red Bull Racing 2 juta euro (sekitar Rp 22,771 miliar)
13. Heikki Kovalainen Lotus Racing 2 juta euro (sekitar Rp 22,771 miliar)
14. Timo Glock Virgin Racing 1 juta euro (sekitar Rp 11,385 miliar)
15. Nico Hülkenberg Williams F1 700.000 euro (sekitar Rp 7,969 miliar)
16. Pedro de la Rosa Sauber 500.000 euro (sekitar Rp 5,692 miliar)
17. Kamui Kobayashi Sauber 500.000 euro (sekitar Rp 5,692 miliar)
18. Vitaly Petrov Renault F1 400.000 euro (sekitar Rp 4,554 miliar)
19. Jaime Alguersuari Scuderia Toro Rosso 400.000 euro (sekitar Rp 4,554 miliar)
20. Sébastien Buemi Scuderia Toro Rosso 400.000 euro (sekitar Rp 4,554 miliar)
21. Adrian Sutil Force India F1 200.000 euro (sekitar Rp 2,277 miliar)
22. Vitantonio Liuzzi Force India F1 200.000 euro (sekitar Rp 2,277 miliar)
23. Lucas Di Grassi Virgin Racing 200.000 euro (sekitar Rp 2,277 miliar)
24. Bruno Senna Hispania Racing 150.000 euro (sekitar Rp 1,708 miliar)
25. Karun Chandhok Hispania Racing €Nil
26. Sakon Yamamoto Hispania Racing €Nil
Dana yang dihabiskan tim untuk pebalap 2010 :
1. Ferrari 60 juta euro (sekitar Rp 683,367 miliar)
2. McLaren-Mercedes 25 juta euro (sekitar Rp 284,724 miliar)
3. Mercedes Grand Prix 16 juta euro (sekitar Rp 182,223 miliar)
4. Renault F1 7,9 juta euro (sekitar Rp 89,972 miliar)
5. Red Bull Racing 6,2 juta euro (sekitar Rp 70,611 miliar)
6. Williams F1 6,2 juta euro (sekitar Rp 70,611 miliar)
7. Lotus Racing 5 juta euro (sekitar Rp 56,944 miliar)
8. Virgin Racing 1,2 juta euro (sekitar Rp 13,666 miliar)
9. Sauber 1 juta euro (sekitar Rp 11,393 miliar)
10. Scuderia Toro Rosso 800.000 euro (sekitar Rp 9,115 miliar)
11. Force India F1 400.000 euro (sekitar Rp 4,554 miliar)
12. Hispania Racing 150.000 euro (sekitar Rp 1,708 miliar)
Daftar gaji pebalap tahun 2009
1. Kimi Raikkonen 45 juta dollar AS (sekitar Rp 403,335 miliar)
2. Lewis Hamilton 18 juta dollar AS (sekitar Rp 161,334 miliar)
3. Fernando Alonso 15 juta dollar AS (sekitar Rp 134,445 miliar)
4. Nico Rosberg 8,5 juta dollar AS (sekitar Rp 76,185 miliar)
5. Felipe Massa 8 juta dollar AS (sekitar Rp 71,704 miliar)
6. Jarno Trulli 6,5 juta dollar AS (sekitar Rp 58,259 miliar)
7. Sebastian Vettel 6 juta dollar AS (sekitar Rp 53,778 miliar)
8. Mark Webber 5,5 juta dollar AS (sekitar Rp 49,296 miliar)
9. Jenson Button 5 juta dollar AS (sekitar Rp 44,815 miliar)
10. Robert Kubica 4,5 juta dollar AS (sekitar Rp 40,333 miliar)
11. Heikki Kovalainen 3,5 juta dollar AS (sekitar Rp 31,370 miliar)
12. Nick Heidfeld 2,8 juta dollar AS (sekitar Rp 25,096 miliar)
13. Timo Glock 2 juta dollar AS (sekitar Rp 17,926 miliar)
14. Giancarlo Fisichella 1,5 juta dollar AS (sekitar Rp 13,444 miliar)
15. Sébastien Buemi 1,5 juta dollar AS (sekitar Rp 13,444 miliar)
16. Rubens Barrichello 1 juta dollar AS (sekitar Rp 8,963 miliar)
17. Jaime Alguersuari 0,5 juta dollar AS (sekitar Rp 4,481 miliar)
18. Vitantonio Liuzzi $Nil
19. Adrian Sutil $Nil
20. Romain Grosjean $Nil
21. Kazuki Nakajima $Nil
Dana yang dihabiskan tim untuk pebalap 2009
1. Ferrari 53 juta dollar AS (sekitar Rp 475 miliar)
2. McLaren-Mercedes 21,5 juta dollar AS (sekitar Rp 192,704 miliar)
3. Renault 15 juta dollar AS (sekitar Rp 134,445 miliar)
4. Red Bull Racing 11,5 juta dollar AS (sekitar Rp 103,074 miliar)
5. Toyota 8,5 juta dollar AS (sekitar Rp 76,185 miliar)
6. Williams 8,5 juta dollar AS (sekitar Rp 76,185 miliar)
7. BMW-Sauber 7,3 juta dollar AS (sekitar Rp 65,429 miliar)
8. Brawn GP 6 juta dollar AS (sekitar Rp 53,778 miliar)
9. Scuderia Toro Rosso 2 juta dollar AS (sekitar Rp 17,926 miliar)
10. Force India 1,5 juta dollar AS (sekitar Rp 13,444 miliar)
Dana yang dihabiskan tim untuk pebalap 2010:
1. Ferrari 60 juta euro (sekitar Rp 683,367 miliar)
2. McLaren-Mercedes 25 juta euro (sekitar Rp 284,724 miliar)
3. Mercedes Grand Prix 16 juta euro (sekitar Rp 182,223 miliar)
4. Renault F1 7,9 juta euro (sekitar Rp 89,972 miliar)
5. Red Bull Racing 6,2 juta euro (sekitar Rp 70,611 miliar)
6. Williams F1 6,2 juta euro (sekitar Rp 70,611 miliar)
7. Lotus Racing 5 juta euro (sekitar Rp 56,944 miliar)
8. Virgin Racing 1,2 juta euro (sekitar Rp 13,666 miliar)
9. Sauber 1 juta euro (sekitar Rp 11,393 miliar)
10. Scuderia Toro Rosso 800.000 euro (sekitar Rp 9,115 miliar)
11. Force India F1 400.000 euro (sekitar Rp 4,554 miliar)
12. Hispania Racing 150.000 euro (sekitar Rp 1,708 miliar)
Daftar gaji pebalap tahun 2009
1. Kimi Raikkonen 45 juta dollar AS (sekitar Rp 403,335 miliar)
2. Lewis Hamilton 18 juta dollar AS (sekitar Rp 161,334 miliar)
3. Fernando Alonso 15 juta dollar AS (sekitar Rp 134,445 miliar)
4. Nico Rosberg 8,5 juta dollar AS (sekitar Rp 76,185 miliar)
5. Felipe Massa 8 juta dollar AS (sekitar Rp 71,704 miliar)
6. Jarno Trulli 6,5 juta dollar AS (sekitar Rp 58,259 miliar)
7. Sebastian Vettel 6 juta dollar AS (sekitar Rp 53,778 miliar)
8. Mark Webber 5,5 juta dollar AS (sekitar Rp 49,296 miliar)
9. Jenson Button 5 juta dollar AS (sekitar Rp 44,815 miliar)
10. Robert Kubica 4,5 juta dollar AS (sekitar Rp 40,333 miliar)
11. Heikki Kovalainen 3,5 juta dollar AS (sekitar Rp 31,370 miliar)
12. Nick Heidfeld 2,8 juta dollar AS (sekitar Rp 25,096 miliar)
13. Timo Glock 2 juta dollar AS (sekitar Rp 17,926 miliar)
14. Giancarlo Fisichella 1,5 juta dollar AS (sekitar Rp 13,444 miliar)
15. Sébastien Buemi 1,5 juta dollar AS (sekitar Rp 13,444 miliar)
16. Rubens Barrichello 1 juta dollar AS (sekitar Rp 8,963 miliar)
17. Jaime Alguersuari 0,5 juta dollar AS (sekitar Rp 4,481 miliar)
18. Vitantonio Liuzzi $Nil
19. Adrian Sutil $Nil
20. Romain Grosjean $Nil
21. Kazuki Nakajima $Nil
Dana yang dihabiskan tim untuk pebalap 2009
1. Ferrari 53 juta dollar AS (sekitar Rp 475 miliar)
2. McLaren-Mercedes 21,5 juta dollar AS (sekitar Rp 192,704 miliar)
3. Renault 15 juta dollar AS (sekitar Rp 134,445 miliar)
4. Red Bull Racing 11,5 juta dollar AS (sekitar Rp 103,074 miliar)
5. Toyota 8,5 juta dollar AS (sekitar Rp 76,185 miliar)
6. Williams 8,5 juta dollar AS (sekitar Rp 76,185 miliar)
7. BMW-Sauber 7,3 juta dollar AS (sekitar Rp 65,429 miliar)
8. Brawn GP 6 juta dollar AS (sekitar Rp 53,778 miliar)
9. Scuderia Toro Rosso 2 juta dollar AS (sekitar Rp 17,926 miliar)
10. Force India 1,5 juta dollar AS (sekitar Rp 13,444 miliar)
Sumber bacaan : wikipedia dan kompascom

Bacaan terkait : 
Pembalap formula-1 terbaik sepanjang masa 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar