Rabu, 24 Juli 2013

Orang-Orang Tertua di Dunia


Dikemas oleh : Isamas54
Beberapa data dan kisah dari beberapa manusia tertua di dunia.


Pada 1978, orang paling tua yang pernah diketahui saat itu meninggal pada usia 103 tahun, demikian dikatakan Gerontology Research Group.  Pada tahun 1997, Jeanne Calment dari Prancis, yang meninggal pada usia 122 tahun,  dinyatakan sebagai orang tertua di dunia yang bisa diverifikasi.
Robert Young, konsultan senior gerontologi untuk Guinness, mengatakan pria Jepang bernama Jiroemon Kimura -- lahir pada 19 April 1897 atau lebih muda 15 hari dari Manfredini -- kini memegang gelar orang tertua di dunia.

Data
Penduduk Jepang memiliki angka harapan hidup tertinggi di dunia yaitu adalah 83 tahun (bandingkan dengan Indonesia yang hanya 71 tahun), sedangkan rata-rata bagi kaum wanitanya bakal diprediksi berusia lebih dari 90 tahun pada tahun 2050.  Menurut Kementerian Kesehatan Jepang, jumlah orang yang berusia yang berusia 100-an tahun naik sebesar 7,6% dari tahun sebelumnya menjadi 51.376 orang sampai bulan September 2012.  Ada 40 orang yang berusia 100-an tahun per 100.000 di negeri matahari terbit itu. Jumlah itu merupakan tertinggi di dunia bagi orang yang berusia lanjut.

Kimura adalah merupakan salah satu di antara 22 orang Jepang yang ada pada daftar 64 orang tertua di dunia yang disusun oleh Gerontology, pusat penelitian di Los Angeles.  Kimura adalah orang yang ketiga dalam catatan sejarah yang mencapai usia 115 tahun.  Di samping itu, orang kedua tertua di dunia yang masih hidup adalah Koto Okubo, wanita Jepang yang berusia 115 tahun pada 24 Desember 2012, menurut Guinness (28/12/2012).   (catatan : Okubo meninggal dunia pada 12/1/2013)
Sementara itu, orang tertua di dunia yang tercatat dalam sejarah adalah wanita Prancis, Jeanne Calment, yang meninggal pada 1997 di usianya yang ke 122 tahun.  
Rekor tersebut  ‘kemungkinan’ akan tersaingi oleh Din Mir pria dari Kashmir-India   (masih hidup pada 23/7/13) yang mengaku berusia 141 tahun.  Saat tersebut Staf dari Guinness World Records akan menyelidiki klaim tersebut. Bila terbukti benar, Din Mir akan merebut gelar manusia tertua di dunia, yang 26 tahun lebih tua dari Misao Okawa, pemegang rekor saat ini 115 tahun (masih hidup pada 23/7/13), serta Din Mir ini juga akan menyalip Jeanne Calment, sebagai orang tertua yang pernah hidup dengan usia 122 tahun (meninggal tahun 1997).
Mungkin sebenarnya masih ada atau banyak manusia yang menyandang gelar tertua di dunia, baik yang masih ada maupun yang sudah meninggal atau wafat, namun karena data dan informasi kurang lengkap sehingga mereka tidak terjangkau Guinness World Records, sehingga mereka wafat tanpa diembel-embeli ‘tertua di dunia’.

Kisah
Berikut adalah data dan kisah ringkas atau perjalanan hidup dari beberapa orang yang pernah menjadi orang tertua di dunia.

(1).  Jiroemon Kimura, 116 (masih hidup pada 19/4/2013),  pria dari Kyotango-Jepang barat, yang berdasarkan laporan Guinnes World Records, lahir pada 19 April 1897 pada tahun ke-30 era Meiji, atau lahir ketika Queen Victoria masih memerintah Inggris, menjadi orang tertua di dunia dalam catatan sejarah saat ini. 
Pada saat merayakan ulang tahun yang ke-116 (19/4/2013), Kimura tinggal di Kyotango bersama cucu mantunya yang berusia 60 tahun, mendapatkan ucapan selamat termasuk dari Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe.  Kimura ditetapkan sebagai orang tertua di dunia oteh Guinness World Records pada Desember 2012 setelah warga Amerika Serikat Dina Manfredini meninggal dunia di usia 115 tahun.
"Dia memiliki tekad yang luar biasa untuk hidup, keyakinannya begitu tinggi untuk hidup dengan baik dan sehat,” kata keponakan Kimura, bernama Tamotsu Miyake yang berusia 80 tahun, dalam sebuah wawancara.
(2).  Koto Okubo (-), perempuan berkebangsaan Jepang, 116 (lahir pada 24/12/1897 meninggal dunia 12/1/2013). Pada waktu meninggal berada di panti jompo di Kawasaki atau sedang menghabiskan waktu dengan salah satu putranya yang juga tinggal di panti jompo yang sama.
(3).  Feroz-un-Din Mir, 141 (masih hidup pada 23/7/13), berasal dari Kashmir-India, kemungkinan menjadi manusia tertua sepanjang masa, mengaku berusia 141 tahun dengan bukti memiliki sertifikat pemerintah yang membuktikan ia lahir pada tanggal 10 Maret 1872.  Staf dari Guinness World Records akan menyelidiki klaim tersebut. Bila terbukti benar, Din Mir akan merebut gelar manusia tertua di dunia, yang 26 tahun lebih tua dari Misao Okawa, pemegang rekor saat ini 115 tahun.  Din Mir juga akan menyalip Jeanne Calment, petenis Prancis, sebagai orang tertua yang pernah hidup, meninggal tahun 1997 pada usia 122 tahun.
Menurut laporan Kashmir Life :
Din Mir menikah dengan seorang wanita di usia 80-an, Misra, dan telah hidup lebih lama dengan empat istri lainnya. Pada 1890-an, ia menikah dengan istri pertamanya dan tinggal bersamanya di Pakistan sampai kematiannya pada awal 1900-an.
Dia masih bisa berjalan dengan bantuan dari keluarganya, memiliki beberapa masalah penglihatan, masih dapat berbicara tentang kehidupannya yang luar biasa dengan logat lidah Pahari asli.
Berdasarkan ceritanya, pria berjenggot putih ini mengikuti jejak ayahnya Matulli untuk menjadi penjual buah dan kacang, serta sering menemaninya ke ibukota Pakistan Karachi.  "Tidak ada batas antara India dan Pakistan pada waktu itu. Itu memudahkan untuk pergi ke Muzaffarbad daripada Srinagar. Saya pernah bekerja dengan bisnis keluarga di Karachi yang akan membeli kacang dari saya. Saya akan mengambil kacang dari Kashmir yang sangat terkenal di Karachi," jelas Din Mir, seperti dilansir Daily Mail, Senin (22/7/2013).
Setelah menjadi duda, ia pindah kembali ke tempat kelahirannya di desa Bihjama, di distrik Uri Kashmir, dan melanjutkan menikah empat kali lebih.  Istri kelimanya, Misra, mengatakan bahwa pengalaman hidup Din Mir sangat banyak. Ia pernah menceritakan kisah-kisah gempa, yang melanda daerah Sopore dan Pattan di akhir tahun 1880-an, saat ia dalam perjalanan dagang ke Karachi dan menyelamatkan banyak nyawa di Gadiduptata.  "Dia adalah saksi beberapa peristiwa yang paling signifikan dalam sejarah di abad terakhir," ujar sang istri.
(4).  Dina Manfredini, 115 (-), perempuan Iowa dari AS, lahir di Italia 4 April 1897 dan meninggal pada usia 115 tahun (17/12/2012).  Saat kematiannya berusia 115 tahun 257 hari --  kurang dari dua pekan setelah mewarisi gelar manusia tertua di dunia-- dan menjadi sa­lah satu dari 27 orang di dunia yang berusia 115 tahun.
Guinness World Records menetapkan Manfredini sebagai manusia tertua di du­nia kurang dari dua pekan lalu setelah manusia tertua di dunia sebelumnya, Besse Cooper asal Georgia, meninggal dunia di usia 116 tahun.
Sebelum meninggal,  Manfredini tinggal di Panti Jompo Bishop Drumm. Cucu Manfredini, Lori Logli, menyebut neneknya menderita demam selama beberapa waktu.
Logli menyebut neneknya terkenal sebagai koki yang gemar memasak roti Italia setiap Minggu untuk keluarganya, dan juga gemar membuat pasta. "Dia orang yang aktif sepanjang hidupnya. Dia juga sangat pemurah," ujar Logli.
(5).  Lainnya
Data berikut mungkin belum terdata Guinness World Records
(5.1).  Gong Laifa, petani dari Propinsi Guizhou (131),  Gong berasal dari suku minoritas Gelao, lahir Maret 1862, Gong lahir dari keluarga miskin, seluruh hidupnya bekerja di sawah dan hanya makan jagung dan nasi.  Beratnya 30 kg dan tingginya 1,40 m.  Harian Ren­mill Ribao (23/10) melaporkan orang tertua yang berusia 131 tahun ini adalah.  Pencarian pria dan wanita tertua ini dilakukan Asosiasi Orang Tua Cina, setelah 5 tahun mencari akhirnya berhasil menemukan 2 orang yang paling tua (bersama Kong Ying (121) dari Propinsi Guangdong) dan menurut kedua orang ini akan memperoleh pensiun seumur hidup dan perusahaan yang memproduksi teh dan alkohol.
(5.2).  Kong Ying (121) petani dari Propinsi Guangdong, lahir bulan November 1871. Pencarian pria dan wanita tertua ini dilakukan Asosiasi Orang Tua Cina, setelah 5 tahun mencari akhirnya berhasil menemukan 2 orang yang paling tua (bersama Gong Laifa (131) dari Propinsi Guizhou) dan menurut kedua orang ini akan memperoleh pensiun seumur hidup dan perusahaan yang memproduksi teh dan alkohol.
(5.3).  Tuti Yusupova, (131), lahir pada 1 Juli 1880, merupakan manusia tertua di dunia berasal dari Uzbekistan.  
(5.4).  Antisa Khvichava,  mengaku berusia 132 tahun,  ketika meninggal dunia dia sedang menikmati masa 47 tahun pensiunnya di Sachino-Georgia.  Menurut koran Inggris The Independent, dia menjadikan orang paling tua dalam sejarah yang mewariskan gelarnya sebagai orang paling tua di dunia kepada Besse Cooper yang tinggal di Georgia-AS yang diverifikasi lahir pada 26 Agustus 1896.  Meski akte kelahiran dan paspornya menyatakan Antisa Khvichava lahir pada 8 Juli 1880, semua dokumennya adalah pengganti dari dokumennya yang hilang bertahun-tahun lalu. Ini membuat publik meragukan pengakuannya.  Namun sains tidak bisa membantah pengakuannya. Karena memang belum ditemukan batas maksimum dari umur manusia.
Apa yang dilakukan Khvichava?  Jawabannya berdasarkan ilmu pengetahuan saat ini yaitu kemungkinannya selain menghindari ancaman fisik, dia tidak melakukan banyak hal untuk memperoleh umur panjangnya.

10 Manusia Tertua di Dunia
Berikut daftar 10 manusia yang pernah masuk dalam deretan manusia tertua  (pada masanya) tercatat resmi di dunia versi Guinness Book of World Records,  sesuai  forum.detik.com  yang bersumber dari today.co.id/read/2011/03/17.
1. Kamato Hongo.  Lahir di Jepang tanggal 16 September 1887, menjadi sosok dalam deretan tertua dan meninggal 31 Oktober 2003 lalu pada usia 116 tahun 45 hari
2. Carrie C. White.  Wanita asal Palatka, Florida ini lahir 18 November 1874 dan termasuk dalam deretan manusia yang dianggap tertua versi Guinness Book of World Records dan meninggal di hari Valentine 14 Februari 1991 dalam usia 116 tahun 88 hari.
3. Elizabeth Bolden.  Wanita yang lahir di Tennessee, Amerika pada 15 Augustus 1890, dan meninggal di tempat yang sama pada 11 Desember 2006 dalam usia 116 tahun 118 hari
4. Tane Ikai.  Perempuan Jepang yang lahir 18 Januari 1879 juga termasuk yang tertua dan meninggal di Waka Shirahama pada 12 Juli 1995, dalam usia 116 tahun 175 hari. Hidup bersama saudara dan bersama ketiga anaknya dan pensiun dari pekerjaannya saat usianya 93 tahun.
5. Maria Esther Heredia de Capovilla.  Wanita ini lahir di Guayaquil, Ekuador pada 14 September 1889, meninggal dunia 27 Augustus 2006 usia 116 tahun 347 hari.
6. Marie-Louise Meilleur.  Wanita asal Kanada yang berbahasa Perancis ini lahir 29 Augustus 1880, meninggal usia 117 tahun 230 hari pada tanggal 16 April 1998
7. Lucy Hannah.  Wanita dari Alabama, Amerika ini lahir 16 Juli 1875, meninggal dunia di Michigan pada 21 Maret 1993 dalam usia 117 tahun 248 hari
8. Sarah Knauss.  Wanita asal Hollywood ini lahir tanggal 24 September 1880, meninggal dunia di Pensylvania 30 Desember 1999 dalam usia 119 tahun 97 hari
9. Shigechiyo Izumi.  Perempuan Jepang ini lahir 29 Juni 1865, dan meninggal di daerah Niwa Kawamoto pada 21 Februari 1986 dalam usia 120 tahun 237 hari
10. Jeanne Calment (Gambar).  122 (lahir 21/2/1875 dan meninggal 4/8/ 1997), perempuan petenis dari Arles-Perancis  , dalam usia 122 tahun 164 hari. 
Catatan :
Jiroemon Kimura (116) dan Misao Okawa, (115), keduanya dari Jepang serta Christian Mortensen dari California, belum termasuk dari daftar tersebut, serta Jeanne Calment (122) ini kemungkinan akan tersaingi rekornya oleh Din Mir pria dari Kashmir-India.

Pertanyaanya adalah : apa yang menyebabkan seseorang bisa berumur panjang?
Jawabannya, tentu saja mereka sudah mengalami seleksi secara alami dan terhindar dari ancaman fisik (kejahatan, kecelakaan, penyakit),  faktor genetis, dan pola atau gaya hidup, serta tentu saja tidak terlepas dari takdir dan suratan dari Pencipta-Nya.

Keterangan gambar : diambil dari internet
Sumber bacaan : Kompas 25/10/1993, bisnis.com 2012/12/29, Media Indonesia (22/4 & 14/1/2013), health.detik.com 2013/07/23.

Bacaan terkait :
Jumlah Lansia di Dunia yang semakin meningkat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar