Rabu, 20 Juni 2012

Apa Kata Mereka? (8) : Ngutil, Ngambil Barang Tanpa Permisi dan Tanpa Bayar


Ngutil atau shoplifting yaitu ngambil barang tanpa permisi dan tanpa bayar –biasanya di sebuah toko- bisa terjadi atau dilakukan oleh seseorang baik dilakukan secara berencana atau spontan.

Kelakuan tersebut termasuk tindakan kriminalitas, disamping itu mungkin juga bukan soal harganya saja tetapi malunya itu… apalagi dilakukan oleh seorang figure dan ketahuan atau tertangkap basah.
Bagaimana menurut mereka?.

(1).  Gaji tidak dibayar
Jengkel karena gaji Ronaldinho tak dibayar sesuai perjanjian, kakak Ronaldinho sekaligus agennya, Assis mengutil jersey klub, topi, dan pakaian bayi dari toko Flamengo (toko resmi milik klub Dinho saat ini). Karena mengambil barang tanpa mau membayar dia terlibat perselisihan dengan penjaga toko.
Flamengo enggan memberi gaji seperti permintaan Assis karena perfoma mantan bintang Barcelona berusia 32 tahun itu buruk. Fans dan manajemen mengritik keras penampilan Ronaldinho di Rio de Janiero. Perselisihan soal gaji ini semakin meruncing.
Assis pun memrotes dengan cara unik, dia masuk ke toko resmi Flamengo FLA CONCEPT, lalu mengambil 40 item barang yang terdiri dari kostum klub Flamengo, topi, serta pakaian bayi. Penjaga toko sempat gembira membayangkan komisi penjualan yang bakal didapatnya, namun dia terkejut ketika Assis bilang, “Flamengo belum membayar gaji Ronaldinho. Saya tak mau membayar ini.” keduanya terlibat perselisihan sampai akhirnya Assis menghubungi wakli direktur keuangan Flamengo, Michel Levy.
Perfoma Ronaldinho setelah meninggalkan Barcelona memburuk. Bergabung dengan AC Milan tahun 2008, namun sepanjang musim dibelit cedera. Kembali masuk timnas Brasil di Piala Dunia 2010, tetapi kandas. Dia masuk menjadi salah satu dari tiga pemain senior yang tampil di Olimpiade namun kinerjanya kurang meyakinkan.  (gilabola.com  2012/3/24)

(2).  Korek

Britney Spears, Mississipi 2/12/1981 (31), penyanyi music pop dance, terjual lebih 100 juta rekaman, mantan kekasih Justin Timberlake, juri kontes X Factor AS, ibu dua anak.
Britney telah ketahuan mencuri korek!, kejadian itu terjadi akhir pekan lalu (12/2007) di California, tepatnya di kawasan Sherman Oaks, yaitu ketika dia habis mengisi bensin yang selanjutnya mampir ke toserba di pom bensin tersebut.  Kejadian tersebut telah dibenarkan oleh pemilik toserba, Jatinder Kaur.
Kendati sadar akan pencurian itu, Kaur mengaku tidak berniat melaporkannya ke polisi. "Britney mencuri korek biru disini. Harganya US$ 1.39. Aku berharap jika ia datang ke sini lagi dia akan membayarnya," tukas Kaur seperti detikhot yang mengutip dari Contact Music (10/12/2007).
Seorang paparazzi sudah mengingatkan Britney, menurut Kaur, namun apa balasan penyanyi pirang itu? "Aku mencuri sesuatu. Wah aku nakal!" kata Britney.  (hot.detik.com/read/2007/12/10)

(3).  Kalung emas
Aktris Lindsay Lohan, 24, aktris "Mean Girls",  menghadapi tuntutan mencuri kalung emas seharga 2.500 dolar AS dari satu toko perhiasan di Los Angeles, dan jika terbukti bersalah, artis ini bakal dijebloskan ke penjara.  Selama lebih dari tiga tahun, Lindsay,  kerap muncul di pengadilan dikarenakan kedapatan mengemudi dalam keadaan mabuk (2007), mengonsumsi obat-obatan, bahkan ia sempat mendapat hukuman singkat di dalam bui.
Lindsay menghadapi dakwaan pada (9/2), ia menghadapi tuntutan berat pencurian setelah dia dituduh keluar dari toko tersebut pada Januari tanpa membayar harga kalung itu, kata kantor Jaksa Penuntut Wilayah Los Angeles seperti dikutip Reuters Life.
Tuntutan pencurian itu diajukan hanya lebih dari satu bulan setelah Lindsay atas perintah pengadilan dibebaskan dari perawatan selama tiga bulan di pusat rehabilitasi.
Saat itu masih dalam masa percobaan atas pelanggaran mengemudi keadaan mabuk pada 2007 yang pada Oktober diperingatkan oleh seorang hakim Beverly Hills bahwa ia dapat menghadapi enam bulan hukuman penjara kalau melakukan kesalahan lagi.
Pengacara Lindsay mengatakan (5/2) dengan tegas membantah tuduhan itu dan akan melawannya di pengadilan. Semua temannya telah mengatakan Lindsay percaya kalung tersebut adalah pinjaman, kalung itu telah diserahkan kepada polisi.  (antaranews.com 2011/2/9)

(4).  Tidak kapok

Winona Ryder/Edward Scissorhands Winona Ryder/Winona Laura Horowitz, 36,  bintang Beetle Juice,  mantan kekasih Johnny Depp, telah dituduh mencoba mengutil baju seharga US$ 6 ribu dari sebuah toko di Beverly Hills, California pada Desember 2001.  Untuk hal ini akhirnya unjuk bicara -dalam wawancara dengan majalah Vogue edisi Agustus- soal penahanannya pada Desember 2001 dengan tuduhan shoplifting (ngutil).
"Aku tak memiliki rasa bersalah yang sangat besar, karena aku tak melukai siapapun,",  "Aku tak mengatakan satu patah katapun. Aku tak merilis sebuah pernyataanpun. Aku tak melakukan apapun. Aku hanya menanti semua ini berlalu. Perhatianlah yang paling memalukan." ungkap Ryder.
Untuk masalah ini dia kemudian dijatuhi hukuman percobaan selama 3 tahun dan harus menjalani tugas pelayanan publik selama 480 jam. 
Atas kejadian tersebut, sepertinya dia tidak kapok, seperti detikhot kutip dari Ace Showbiz (22/3/2008), peristiwa serupa terulang kembali ketika dia tertangkap tangan pada waktu mengambil peralatan make-up tanpa membayar di sebuah toko obat kawasan Hollywood-AS.  
Hal tersebut dibenarkan seorang pegawai toko : “Winona membawa tas yang sangat penuh. Dia mematikan alarm ketika meninggalkan toko,” ujar si pegawai.  Selanjutnya dengan melihat hal yang mencurigakan, petugas keamanan menghentikan aktris dan petugas menemukan alat-alat make-up yang belum dibayar di tasnya.  Pegawai toko selanjutnya mengambil lagi barang-barang yang belum dibayar itu.
Saat dikonfirmasi, juru bicara Winona membantah kabar di atas. Namun setelah diberitahu bahwa sudah ada petugas toko yang memberi kesaksian, si juru bicara mengaku akan bicara dulu dengan kliennya tersebut.   Winona hanya menjawab, bahwa ‘ia tak tahu bagaimana barang-barang tersebut bisa berada di sana’(kapanlagi.com  2007/7/18 dari detikhot.com, resep.web.id)

(5).  Ikut aksi
Putri jutawan Inggris divonis 2 tahun penjara atas perannya dalam "penjarahan liar" selama kerusuhan yang melanda London tahun 2011. Wanita muda bernama Laura Johnson, Mahasiswa Exeter University, dinyatakan bersalah atas perampokan sebuah toko elektronik, menadah barang-barang curian dan mengaku mengendarai mobil untuk mengantarkan teman-temannya yang menjarah toko tersebut. 
Semula dirinya mengklain dipaksa untuk mengantarkan seorang pengedar narkoba dan teman-temannya untuk menjarah toko tersebut dan  Laura pun mengaku terlalu takut untuk kabur dari lokasi.  Namun setelah melihat foto-foto hasil jepretan saksi-saksi mata, para juri di persidangan memutuskan, gadis berumur 20 tahun itu ikut aksi kejahatan atas kemauannya sendiri dimana foto-foto memperlihatkan Laura sedang tertawa dan bercanda sembari mengemudikan mobilnya.
Juri menyatakan Laura bersalah atas perampokan di Comet Store di Greenwich pada 9 Agustus 2011 -malam terparah- selama kerusuhan melanda London dan sekitarnya.
Di pengadilan terungkap, Laura ditangkap di luar toko tersebut, saat berada di balik setir kendaraannya, dan saat itu polisi menemukan barang-barang elektronik senilai lebih dari 5 ribu poundsterling di bagian belakang mobilnya.  Selain itu dia dinyatakan bersalah atas penadahan barang-barang curian.
Orangtua Laura, Robert (56) dan Lindsay (55) merupakan jutawan yang tinggal di Orpington-Kent yang mengelola bisnis marketing mereka sendiri.  (news.detik.com/read/2012/05/26)

(6).  Foto idola
Lady GaGa, 26, diva pop penuh kontroversi,  tak malu mengakui bahwa ia dulu sempat mencuri barang milik hotel dan tertangkap basah oleh petugas keamanan di sana, ini memang bukan soal nilai nominal dari barang yang dicuri.   Barang yang diambil Lady GaGa adalah foto Whoopi Goldberg, sosok yang selama ini jadi idola Lady GaGa.
GaGa tak bisa menahan diri ketika melihat foto tersebut yang terpajang di lobby hotel dan membawa ke kamarnya.  Semula mengira usahanya mengambil foto tersebut berjalan lancar tapi sayang tidak lama kemudian pintu kamar diketuk dan petugas keamanan meminta foto dikembalikan, dia berusaha mengelak namun percuma saja.
Saat diwawancarai di acara The View yang dipandu Whoopi, Lady GaGa terang-terangan mengaku sempat mencuri foto aktris ini. "I'm a huge, huge, huge Whoopi fan dan ada hotel yang memajang foto-foto Anda di lobby," ujarnya.  (kapanlagi.com  2011/8/2011)

Keterangan gambar : sebagai ilustrasi yang diambil dari internet
Sumber : al.  tercantum dalam bacaan

Topik sebelumnya Bagian 7 dan selanjutnya Bagian 9

Tidak ada komentar:

Posting Komentar