Senin, 07 Mei 2012

Apa Kata Berita? (1) : Kucing, Si Manis yang Disayang dan Penuh Mitos


Dikemas oleh : Isamas54
Kucing adalah merupakan salah satu satwa peliharaan terpopuler,  sering dimanja, musuh tikus, dan penuh mitos.  Bagaimana menurut berita?.

Kucing (Felis silvestris) adalah merupakan hewan yang sering dipelihara manusia, binatang ini telah berbaur dengan kehidupan manusia sejak 6.000 tahun SM.  Dalam kehidupan binatang ini oleh manusia sering dikaitkan dengan mitos, seperti : musuh anjing dan tikus (ingat film kartun), kucing hitam membawa petaka, menabrak kucing menyebabkan celaka, kucing (liar) berantem akan ada percekcokan sehingga harus diusir/disiram air, memandikan kucing menyebabkan turun hujan/angin besar (sekarang sudah biasa, apalagi di penitipan atau di salonnya), dlsb-dlsb.   
Bagaimana menurut berita?

(1).  Kucing Presiden
Moskwa.  Presiden Rusia Dmitry Medvedev di sela-sela lawatannya ke luar negeri disibukkan (konsentrasi) karena kucingnya, Dorofei, diberitakan melarikan diri dari rumah tuannya, untuk hal ini polisi dikerahkan untuk mencari kucing presiden tersebut.
Atas kejadian tersebut presiden Medvedev menjadi bahan olok-olok di dunia maya.  Salah satu akun palsu Dorofei di Twitter, @KotDorofei, menyatakan "Saya bosan menjadi politisi, saya menginginkan keluarga dan anak saya", akun lain menyatakan ‘Dorofei hengkang dari Kremlin karena hendak mendahului tuannya yang akan keluar pada Mei mendatang’.
Seakan tidak tahan dengan berbagai ocehan tentang kucingnya, Medvedev menyatakan melalui pesan yang ditulis di tengah perjalanannya ke Asia melalui Twitter Medvedev. 
Pesan tersebut berbunyi : "Tentang kucing itu, seorang sumber yang dekat dengan Dorofei menyatakan dia tidak pergi ke mana-mana. Terima kasih atas perhatian Anda".

(2).  Memiliki banyak nyawa
Seekor kucing, Su­gar, selamat dan tidak mendapatkan luka serius (tidak patah tulang) ketika terjatuh dari lantai 19 salah satu gedung di Boston, yang diperkirakan jatuh dari ketinggian antara 45 meter dan 60 meter.
Menurut analisis seorang dokter hewan, kemungkinan kucing itu se­lamat karena posisinya melayang seperti tupai, yaitu  jika terjatuh dari ketinggian biasanya kucing membentangkan kakinya dan terbang sehingga dengan posisi seperti itu kecepatannya akan berkurang (mirip parasut?, tks).
Kasus tersebut terjadi ketika pemiliknya, Brittany Kirk, membuka jendela gedung apartemen hendak menikmati cuaca hangat, dan sejak kejadian tersebut pihak pengelola gedung memasang tirai jendela gedung.
Pemilik kucing, menganggap bahwa selamatnya Sugar adalah merupakan sebuah keajaiban : “Mungkin Sugar telah menggunakan nyawanya sebanyak satu, dua, atau mungkin delapan dari sembilan nyawa yang dimilikinya”.

(3).  Kafe Kucing
Sebuah kafe baru dibuka (3/5/12),  kafe Neko, di Wina, membiarkan lima ekor kucing bergerak bebas di dalamnya, kucing-kucing ter­sebut bebas untuk dibelai dan dipeluk oleh para pengunjung kafe, tetapi jika kucing-kucing tersebut kecapean maka dia bisa bersembunyi ke tempat rahasia mereka agar tidak diganggu para pengunjung.
Alexander Thuer, pemilik kafe, menyebut ide untuk mengombinasikan kopi dengan kucing datang dari istrinya, warga negara Jepang, Takako Ishimitsu. Menurut Ishimiisu : “Kafe kucing merupakan hal biasa di wilayah Asia, tetapi sangat jarang di Eropa,”.

(4).  Perjalanan yang melelahkan
Seekor anak kucing ditemukan selamat dan sehat-sehat saja setelah tidak sengaja berjalan sejauh 136 kilometer. Kucing kecil itu tidak berada di tempat yang nyaman seperti di kabin mobil, tetapi di kompartemen mesin sebuah van.  
Juru bicara rumah perlindungan hewan di Santa Cruz, California, mengatakan, kucing betina yang berusia 8 bulan itu mungkin kedinginan dan mencari tempat yang ha­ngat, seperti di atas mesin mobil, lalu tertidur dengan nyenyak dan nyaman.
The Santa Cruz Sentinel melaporkan, mobil itu memulai perjalanannya dari Marin dan menginap di tempat parkir di Mill Valley, setelah itu perjalanan berlanjut ke Santa Cruz.   Petualangan si kucing ini termasuk melewati Jembatan Golden Gate di California.
Pengemudi mengatakan, dia tidak berhenti hingga mendapatkan pompa bensin dimana ketika itu dia mendengar suara kucing.  Dengan kebingungan, si pengemudi membuka kap mobil dan mendapatkan seekor kucing kecil yang memakai kerah warna biru … lengkap dengan loncengnya : “Meooong....”

Keterangan gambar : sebagai ilustrasi yang diambil dari internet
Sumber bacaan al. : Kompas tgl 24 & 30 Maret 2012 dan Media Indonesia tgl 5 Mei 2012.

Berita lain : di Bagian 2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar