Kamis, 10 Mei 2012

Apa Kata Mereka? (6) : Tato, Mudah Dibuat Tapi Sulit Dihapus


Dikemas oleh : Isamas54
Seseorang yang sudah memutuskan untuk membubuhkan tato pada kulitnya, harus sudah menyadari bahwa gambar tato tersebut akan menempel di tubuhnya seumur hidup, namun seiring berjalannya waktu bisa jadi ada keinginan untuk menghapusnya. 

Tato atau tattoo adalah merupakan gambar atau tulisan yang dibuat pada tubuh seseorang secara tetap/permanen (di dalam kulit) atau temporer (di luar kulit) dengan tehnik dan bahan yang digunakan (a.l  mengurangi rasa sakit dan kualitas) sesuai perkembangan teknologi.  Adapun tujuan membuat tato, adalah  untuk hiasan/koleksi, terdorong oleh pihak lain, situasi dan lingkungan/pergaulan waktu itu, lambang, kebanggaan, menambah wibawa di lingkungannya, menarik perhatian pasangan, tertipu, dlsb-dlsb. 
Pada periode waktu tertentu pemilik merasa ‘sangat cocok’ dan memang bagi orang tertentu akan terlihat indah dan menarik, tetapi karena perkembangan waktu, situasi dan kondisi,  pemilik tato terkadang ingin menghapusnya (apalagi kalau merasa tertipu).  Tato ini relative mudah dan murah dibuatnya,  tetapi sulit dan mahal untuk dihapusnya.
Apa kata mereka?

(1).  Karena cerai
Russel Brand, Essex-Inggris 4/6/1975 (37), comedian, mantan suami Katy Perry.
Menghapus tato yang pernah dibuat bersama mantan istrinya, Katy Perry, dimana Russell dan Katy pernah mempunyai tato di lengan dalam bahasa Sansekerta yang jika keduanya digabungkan menjadi kata 'go with a flow' dalam bahasa Inggris yang mereka buat pada tahun 2010 ketika baru saja bertunangan.  Namun, pernikahan Russell dan Katy tak bertahan lama dan bercerai Desember 2011 (14 bulan).
Setelah perceraian, Russell joke memutuskan menghapus tato itu. ‘Sebagai tanda memulai hidup baru, Russell datang ke studio tato bersama kekasih barunya, Nikolett Barabas.’  seperti dikutip dari Femalefirst (28/3/2012).  (beritamusik.com  28/3/2012)

(2).  Diselingkuhi
Cheryl Cole/Cheryl Ann Tweedy,  Newcastle-Inggris 30/6/1983 (29), Penyanyi R&B, penari- aktris-model,
Cheryl ingin menghapus tato 'Mrs C' yang menandakan dia istri dari pemain sepakbola asal Inggris, sepertinya ingin benar-benar melupakan Ashley Cole dalam hidupnya.  Cheryl dan Ashley kini telah bercerai karena perselingkuhan yang terus dilakukan pemain Chelsea itu.
"Cheryl telah berpikir untuk mendapatkan tato laser atau dia mengatakan kepada temannya kalau dia sekarang benar-benar siap melakukannya, … dia tak mau lagi mengingat … yang dilakukan Ashley ada di kulitnya," kata seorang sumber seperti dikutip Digitalspy (26/1/2012).  (celebrity.okezone.com/read/2012/01/26)

(3).  Demi pekerjaan

Nikita Mirzani, 25, artis-model Indonesia, berdarah Padang.  Dia memutuskan untuk menghapus tatto bertuliskan 'Nikita' di salah satu bagian tubuhnya.
Ceritanya dan proses penghapusan tato-nya antara lain :
(a).  Keinginan menghapus tato yang dibuat enam tahun lalu  dikarenakan kepentingan pekerjaan dan juga karena tatto itu dirasakan sering mengganggunya.
(b).  tatto dihapus melalui empat kali proses dan menghabiskan dana sebesar puluhan juta.
(c).  satu tato sudah dihapus tetapi dia masih memiliki 16 tatto lain di tubuhnya  (letaknya dimana, tidak disebutkan).
(d).  Proses penghapusan tato, diakui memang agak rumit tetapi tidak harus selalu memakai obat bius (seperti yang dialami Shinta Dewi seorang penjaga toko emas di Purwokerto yang meninggal saat suntikan bius kesepuluh), karena tatonya tidak terlalu dalam, : "Tidak harus pakai anestesi (bius), karena tatoku ini nggak terlalu dalam kok, paling cuma 1 inchi doang. Yang suka anestesi itu kan dokter ahli anestesi dan hanya dipakai saat operasi saja," ujarnya  (20/4), "… pakai laser. Jadinya nggak pernah disuntik bius. Rasanya ya cuma panas begitu doang," imbuhnya.
(e). Mengenai biaya,  "Ini harus empat kali dilaser. Buatnya cuma Rp700 ribu, tapi hapusnya Rp30 juta,”, “Selama ini ditutupi pakai foundation, jadi mulai menganggu pekerjaan. Mudah-mudahan makin banyak rezeki setelah tatto ini dihapus," ujarnya.
(showbiz.vivanews.com  10/4/2012 dan www.kapanlagi.com  21/4/2012)

Selingan (kejadian nyata) :
Ini merupakan berita cukup lama, ‘bukan figur’,  tetapi beritanya cukup menarik.
Dua orang pencari kerja, N (35) dan B (40),  warga dari 2 desa yang berbeda dari Kecamatan Bojonegoro, Jawa Timur-Indonesia, rela wajahnya ditato setelah dijanjikan bisa diterima menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).  Keduanya mentato wajahnya dengan meminta bantuan seorang tukang tato di salah satu desa di Kecamatan Dander dengan biaya sebesar Rp5 juta per orang, yang hingga kejadian belum dibayar.
Keduanya mengadu ke Polsek Kota Bojonegoro (10/10) malam hari dengan wajah penuh tato gambar ular naga. "Gambar tatonya memenuhi wajahnya,",  “Yang memberi janji bisa diterima menjadi PNS (pegawai negeri sipil) dengan syarat wajah ditato adalah Kepala Desa … ," kata Kepala Polsek Kota Bojonegoro.  (arsip.gatra.com/2008-10-12)
Kita lanjutkan … lagi

(4).  Demi Sang kekasih
Olla Ramlan/Febiolla Ramlan,  Banjarmasin, 15/2/1980 (32), presenter tv-model-artis-penyanyi, mantan istri Alex Tian, ibu satu anak, kekasih Mohammad Aufar Hutapea.
Ceritanya dan prosesnya :
(a).  Didasarkan atas permintaan sang kekasih.
(b).  Dilakukan secara bertahap, yaitu satu demi satu yang kalau berjalan sesuai rencana (12/3/2012), tato yang ketiga sudah mulai dihilangkannya dari badannya.  "Di punggung, tangan, yang sudah dihilangkan. Hari ini, tato ketiga," kata pemilik 12 tato
(c).  Satu tato baru benar-benar terhapus sesudah kira-kira lima minggu dan tidak jarang dalam proses tersebut merasa agak tersiksa : "Prosesnya lima minggu untuk menghilangkan. Semua sudah dilaser, pigmennya dimatikan. Gatal-gatal dan bengkak nih. Di tangan kiri itu yang susah. Dilaser tuh panas banget dan sakit,", "Pakai laser ya nggak langsung hilang tatonya, tapi menunggu hingga lima minggu. Kalau nggak hilang setelah lima minggu, ya dilaser juga. Ada yang tiga kali laser langsung hilang," terangnya.
(d).  Mengaku ikhlas menjalani proses penghapusan tato-nya : "Sebenarnya, kalau dilakukan dengan ikhlas, enggak ada beban ya … Ini permintaan calon (suami) saya, bukti sebagai orang yang ingin tampil lebih baik dan serius,",  "Nggak menyesal tuh. Semuanya proses hidup. Jatuhnya dan segala hal kejelekan kita itu bagian hidup kita. Saya terima konsekuensi untuk dihilangkan, karena saya pernah menatonya," ujarnya.
(e).  Tanpa tato, merasakan dampak positifnya terhadap pekerjaannya : "Ini kan bagus buat saya juga. Apalagi, ada banyak tawaran iklan, kayak sabun, yang enggak mau karena tato ini," ujarnya.
(f).  Menghapus tato permanen dengan teknologi laser atau corter membutuhkan biaya besar, makanya Olla Ramlan sampai memohon untuk mendapatkan diskon saat menghapus tatonya, maklum jumlah tato di tubuhnya tidak sedikit.
"Ya, minta diskonlah. Sampai memohon kepada dokter supaya diberi diskon," ujarnya, (19/3/2012).
(sumber : banjarmasin.tribunnews.com/2012/03/12 dan makassar.tribunnews.com/2012/03/19)

(5).  Energi negatif
Megan Fox/Megan Dinise Fox, Rockwood Tennesse-AS 16/5/1986 (26), aktris dunia-model, tengah membintangi film This Is Forty.
Telah berupaya menghapus tato bergambar wajah bintang legendaris Marilyn Monroe di lengan kanannya.  Adapun alasannya, sosok bombshell itu memiliki energi negative, : ''Aku menghapusnya. Dia adalah sosok yang negatif, dia terganggu, bipolar. Aku tidak ingin menarik energi negatif semacam ini ke dalam hidupku,'' ujarnya seperti dikutip situs accesshollywood.com.
Sedangkan tindikan di pusarnya, adalah merupakan bagian dari masa lalunya sebagai penggemar pop, : ''Aku menindiknya ketika masih berusia 16 tahun karena aku seorang penggemar Britney Spears, satu-satunya masa ketika aku mencoba untuk meniru orang lain. Tapi, kemudian aku berpikir itu norak sehingga aku mencopotnya ketika aku berumur 20 tahun."
Dia juga sedang mempertimbangkan untuk melaser sembilan tato lain yang dirajah di tubuhnya, : ''Siapa tahu, mungkin aku juga akan menghapus tato-tato yang lain (letaknya tidak disebutkan). Tapi, laser itu menyakitkan,'' imbuhnya.  (www.mediaindonesia.com/read/2011/08/24)

Keterangan gambar : sebagai ilustrasi yang diambil dari internet
Disusun dari berbagai sumber yang antara lain seperti tercantum dalam bacaan

Kata Mereka sebelumnya :  Bagian 5, selanjutnya : Bagian 7

Tidak ada komentar:

Posting Komentar