Senin, 21 Mei 2012

Apa Kata Ahli? (2) : Dari Mata Turun ke Hati, Bagi Seorang Lelaki


Dikemas oleh : Isamas54
Bagi seorang lelaki, liku-liku dari mulai kesan pertama yang hanya memerlukan beberapa detik sampai menentukan wanita pilihan.

Kesan pertama
Hanya dibutuhkan waktu selama 119 detik untuk menciptakan kesan pertama yang baik.
Menurut hasil survei Experian Credit Expert di Inggris, sekitar 8 dari 10 orang menilai pribadi seseorang berdasarkan kesan pertama.  Senyuman manis serta rambut yang rapi dan harum adalah merupakan faktor utama untuk membuat kesan pertama yang baik, sedangkan bau mulut adalah merupakan penyebab utama kesan pertama yang buruk. Kesan pertama ini berlaku juga saat kencan, wawancara kerja, bertemu manajer bank, atau bertemu calon mertua.

Waktu dan Watak
Sedangkan hasil penelitian tim Universitas California-AS,  hanya membutuhkan waktu 20 detik untuk mengetahui seseorang yang baru dikenal dapat dipercaya atau tidak.
Ada empat hal untuk mengetahui kawan bicara secara jujur, tulus atau tidak yaitu : ketidakkonsistenan, tatapan yang konstan, sering terbatuk,  membersihkan mulut dan atau menelan ludah, serta sering tersenyum yang cepat hilang.

Bagian tubuh wanita
Saat pertama kali bertemu seorang wanita, ternyata pria bukan memperhatikan wajah tetapi payudaranya (47 persen), selanjutnya bagian tubuh lainnya yaitu pinggang dan pinggul, demikian hasil penelitian yang dilakukan tim peneliti dari New Zealand's University of Wellington.
Hanya kurang dari 20 persen pria yang melihat wajah wanita saat bertemu untuk pertama kalinya.  Juga diketahui pria menatap lekukan tubuh wanita untuk pertama kalinya selama sekitar 0,2 detik, lalu bagian tubuh wanita yaitu lengan, kaki bagian bawah dan kaki.
Payudara bukan hanya menyita perhatian pria saat bertemu wanita pertama kali, tetapi juga merupakan bagian tubuh yang paling lama dilihat dibanding bagian tubuh lainnya. Alasannya, hal ini jika dikaitkan dengan evolusi bahwa wanita berpayudara besar dengan pinggang yang ramping, dipercaya memiliki tingkat hormon estrogen yang tinggi dan lebih subur.
Terlepas dari itu ada alasan lain mengapa pria sangat suka memandang payudara wanita suka berlama-lama kemungkinan karena bentuknya yang estetis (berapapun ukurannya).

Hasil Penelitian lain
Payudara, betis, pinggul, dan leher merupakan bagian tubuh wanita yang secara berurutan dinilai paling menarik di mata pria. Demikian hasil penelitian atas ratusan responden pria di Jawa Timur yang dilakukan oleh Fa­kultas Kedokteran (FK) Uni­versitas Airlangga (Unair) Sura­baya-Indonesia.
Sedangkan menurut hasil penelitan dari Unibraw tahun 1989 bahwa payudara sebagai organ tubuh yang pa­ling menarik seperti halnya kalangan mahasiswa pria FK Unair. Sedangkan betis, pinggul, dan leher yang panjang meru­pakan organ-organ tubuh ber­ikutnya yang secara berurutan dianggap menentukan pilihan ketertarikan pria. Dengan demikian sewajarnya para wanita menjaga kebugaran dan bentuk payudaranya.
Hal ini diungkapkan dalam seminar Demo Perawatan Payudara dan Kaki Indah dan Sehat, yang diadakan oleh PT Adi Wanodiyo Sajati (AWS) dan Cameo International Product, produsen pemegang lisensi industri pakaian dalam wanita dari Amerika Serikat (AS), di Hotel Phoenix Yogyakarta (10/2).
Perkembangan hasil penelitian Unair dan Unibraw ini, selanjutnya tidak termonitor lagi karena sudah cukup lama.  (Sumber : Harian Kompas tgl. 12 Pebruari 1994)

Wanita idaman pria
Berbagai macam tipe wanita yang terdapat dalam lingkungan masyarakat, seperti wanita manis, wanita cantik, wanita seksi, wanita matre, dan sebagainya. Namun menurut id.she.yahoo.com  dari ghiboo.com 19/3/2012, yang menjadi idaman pria umumnya hanya tiga tipe saja yaitu manis, cantik dan seksi. Untuk hal ini banyak usaha dilakukan oleh beberapa wanita untuk menciptakan kesan ini seperti melakukan perbaikan atau perawatan kecantikan, mengenakan pakaian yang seksi, mengkonsumsi obat pelangsing, hingga melakukan operasi plastik.
Sampai seberapa jauh batasan tersebut?
Wanita manis : Tipe wanita manis menduduki posisi pertama sebagai tipe wanita idaman kaum pria, yaitu : memiliki kecantikan alamiah, lebih menonjolkan kecantikan dalam berperilaku dan bergaul (sering disebut lebih menampilkan inner beauty), pandai membawa diri dalam lingkungan pergaulan, tidak hanya menonjolkan kecantikan fisik saja, tapi dapat bergaul dari segala macam lingkungan pergaulan.
Wanita cantik : memiliki paras wajah yang cantik, menawan dan mempesona dan memiliki penampilan yang menarik. Biasanya pandai berdandan baik dalam merias wajah atau memperbaiki penampilan, gemar melakukan perawatan dan perbaikan penampilan dan kecantikan, baik di rumah, salon atau klinik kecantikan.
Wanita seksi : memiliki penampilan atau postur tubuh yang ideal, dalam berpakaian cenderung menonjolkan setiap lekuk tubuh yang menawan, sangat percaya diri, bersifat terbuka dan sangat memperhatikan bentuk tubuh mereka. Namu  ketika berat badan mereka naik beberapa kilo, itu akan menjadi masalah besar bagi mereka.

Wanita yang menarik di mata pria
"Cewek itu nggak cantik-cantik banget, body-nya juga biasa aja, tapi kok pacarnya ganteng, ya?", komentar tersebut mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita.
Jangan salah, wajah cantik dan tubuh indah memang bisa memikat pria dalam sekejap, namun saat mencari kekasih, penampilan saja tak cukup.  Ada hal-hal lain yang lebih diutamakan pria (id.she.yahoo.com  22/3/2012).
1. Selera humor : Bagi pria, tak ada yang lebih menyenangkan dari mengobrol dengan wanita yang bisa membuatnya tertawa, apalagi jika pria itu juga humoris. Wanita dengan selera humor yang baik juga biasanya lebih santai dan tidak mudah tersinggung.  Pria biasanya senang bercanda dengannya sambil meledek, dan wanita yang humoris bisa menanggapinya dengan baik, bukannya malah ngambek dan tersinggung.
2. Pintar tapi tidak terlalu pintar : Semua pria senang wanita yang cerdas, berwawasan luas, dan banyak tahu, tetapi hati-hati, jangan sampai membuatnya merasa bodoh.  Tetapi bukan berarti pria harus pura-pura bodoh di hadapannya, misalnya, biarlah pria jagoan dalam hal wawasan politik luar negeri, tapi berikan wanita "memamerkan" pengetahuan dan kecerdasannya saat dia sedang bicara tentang internet dan komputer yang jadi bidang keahliannya, dengarkanlah dengan hormat dan pujilah dia atas kecerdasannya di bidang itu.
3. Menyenangkan diajak ngobrol : Ini adalah faktor penting yang bahkan bisa mengalahkan faktor fisik. Pria mana pun tak akan ada yang mau berpacaran dengan wanita yang tak nyambung saat diajak ngobrol. Bukan berarti wanita itu kurang cerdas, tapi seringkali minat mereka berbeda. Si lelaki tertarik pada topik A, B, C, si wanita tertarik pada topik X, Y, Z. Masalah ini bisa diatasi dengan bersama-sama mencari topik apa yang kalian berdua sukai. Atau dengan saling membuka diri terhadap topik-topik baru, siapa tahu si lelaki jadi bisa suka pada topik Z, dan si wanita bisa ikut suka topik A.
Permasalahan bisa muncul jika si wanita terlalu pemalu yang sebenarnya mereka menyukai hal yang sama, namun si wanita terlalu takut untuk memulai percakapan. Ini sifat yang sebaiknya segera dihilangkan.
Jangan takut bertanya, memberi pendapat, dan memulai percakapan. Apa ruginya mengajak ngobrol, kan? Saat berbincang, jangan biarkan ada jeda kosong terlalu lama.
4. Percaya diri dan bisa memegang kendali : Lelaki terlahir sebagai pemimpin dan ingin mengontrol segala sesuatu, namun bukan berarti mereka menginginkan wanita yang hanya bisa nurut saja. Pria sangat kagum pada wanita yang tahu apa yang ia mau, dan tak sungkan mengatakannya. Contoh paling sederhana adalah saat ditanya, "Nonton film apa ya kita?" kebanyakan wanita menjawab, "Terserah". Padahal sebetulnya ia sudah punya pilihan film dalam kepalanya, mengapa harus takut pilihanmu berbeda dengan pilihan?
Setidaknya ada masukan apa yang diinginkan bersama, bukan hanya manut saja mengikuti pilihannya. Sesungguhnya pria juga lelah dengan wanita yang semuanya serba terserah.
5. Keibuan : Tanpa disadari, pria akan mengajukan pertanyaan ini dalam benaknya, "Apakah wanita ini akan jadi ibu yang baik bagi anak-anakku?".  Wanita yang perhatian dan bisa merawat serta menjaga orang-orang terdekatnya dengan baik, nantinya akan jadi istri dan ibu yang baik.
6. Fashionable tapi tak berlebihan : Pria senang terlihat "jalan bareng" dengan wanita yang terlihat keren, tidak perlu wajah dan tubuh bak supermodel, tetapi bila wanita merawat diri dengan baik dan punya selera mode yang baik, pria pun senang melihatnya. Tetapi hindari tren mode yang terlalu ekstrem dan terlihat "aneh" di mata kebanyakan orang. Pria senang jalan dengan wanita yang jadi pusat perhatian, tapi bukan diperhatikan orang karena dianggap aneh.
7. Tak suka mengeluh : Mengeluh itu manusiawi (termasuk di Twitter, di BlackBerry Messenger, di status Facebook), tetapi kalau hanya keluhan dan hal-hal negatif, bukan hanya pria yang akan menjauh, tapi juga teman-teman. Ingat, keluhan itu menular dan bisa merusak mood orang lain yang sedang bahagia.
8. Religius : Tak bisa dipungkiri, agama memiliki peran yang cukup penting bagi pria untuk memilih wanita idamannya. Meskipun pria tersebut tidak religius, ia akan merasa tenang jika mengetahui bahwa wanita idamannya dekat dengan agama. Bentuknya macam-macam, dari mulai yang sangat relijius (berjilbab, rajin solat 5 waktu, atau aktif di kegiatan gereja, dll), atau dekat dengan agama dalam hal keseharian, misalnya tak pernah melakukan hal-hal yang dilarang agama.
  Pria juga menganggap wanita religius nantinya akan jadi istri yang baik (meskipun pada kenyataannya belum tentu).

Apabila sudah mengikuti tahapam tersebut, maka apapun yang menjadi pilihan Anda itulah yang terbaik.

Keterangan gambar : sebagai ilustrasi yang diambil dari internet.
Sumber bacaan : kosmo.vivanews.com 25/3/2011; www.mediaindonesia.com  2011/10/30 & 2011/12/08; id.she.yahoo.com  22/3/2012; id.she.yahoo.com  dari ghiboo.com 19/3/2012..

Topik sebelumnya : Apa kata ahli (1)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar