Jumat, 08 April 2011

The Beatles Bagian 5 (Tamat) : Histori dan Lagu-Lagunya Masih Bergaung Sampai Sekarang


The Beatles hanya membutuhkan waktu pendek yaitu 7 tahun sampai ke puncak karir mereka, saat ini sudah 30 tahun lebih karya band besutan John Lennon itu masih bergema di abad modern.  3 anggotanya yang masih hidup yaitu Paul Mc Cartney, George Harrison dan Ringo Star bermain bersama. Pelelangan baik lagu maupun barang peninggalannya masih tetap laku keras, walau kini mereka sudah berpisah kembali.

 Coba bersatu kembali

Tidak berlebihan jika dikatakan bahwa bersatunya lagi The Beatles, meski tanpa mendiang John Lennon. Pada tahun 1990-an, sumber-sumber di perusahaan rekaman, EMI telah mengkonfirmasikan bahwa Paul Me Cartney, George Harrison dan Ringo Star akan bersatu lagi di studio rekaman bulan depan dibawah produser lama mereka yang penuh inspirasi, George Martin. Mereka akan merekam apa yang disebut "material baru" untuk menyertai sebuah sejarah video tentang band tersebut yang sekarang sedang disiapkan oleh Apple, perusahaan yang tetap mereka miliki bersama John-Lennon dulu pernah dibanjiri kecaman.   Namun kabar bahwa Fab Three, 'tiga sisa anggota' The Beatles, akan dilahirkan kembali telah menimbulkan gema baru ke seluruh penjuru dunia, Dunia pop 1990-an yang sisinis dan tidak pedulian pada saat yang sama bergoyang. Seluruh keriuhan di sekeliling idola-idola kontemporer seperti. U2 atau Take That mendadak jadi kelihatan sangat remeh, jika dibandingkan kabar bersatunya The Beatles. The Beatles tetap band rock yang menentukan. Dalam karir mereka yang pendek Ijanya 7 tahun. sampai ke puncak- mereka menciptakan cetak biro pop.

Proses kreasi album Beatles

Proses kreasi 22 album Beatles selama 7 tahun dilakukan, yaitu dirilis album baru yang merupakan sebuah kejutan terbesar dunia musik populer. John Lennon memang sudah tidak ada, tetapi suaranya masih akan tetap terdengar dalam rekaman itu.

Sebulan lalu, seorang mantan Beatles, Paul McCartney (52), bersama George Harison (52), dan Richard Starkey (54) alias Ringo Starr mengungkapkan, secara rahasia sedang merekam dua lagu dengan suara almarhum John Lennon (1940-1980). "Rasanya seram mendengar John menyanyikan lagu itu, tetapi indah," kata Paul kepada sebuah stasiun radio di New York. Lagu-lagu baru itu kelak akan dirilis akhir tahun ini, bersamaan dengan film dokumenter selama 10 jam berjudul The Beatles Anthology.   Dua lagu itu merupakan rekaman suara John yang belum diselesaikan, yang kini di-over-dub oleh ke-3 mantan Beatles itu.  Salah satu lagu itu berjudul Free As A Bird. Paul sendiri mengakui, tadinya susah sekali mengumpulkan ke-3 mantan Beatles untuk kembali ke studio rekaman. "Tetapi akhirnya kami berhasil juga. Orang-orang mengatakan kami tidak usah rekaman lagi, tetapi kami malah jadi tertarik. Ini sungguh merupakan pengalaman yang menyenangkan, it was magic," sambung Paul.  Sebelum pengumuman Paul itu, toko-toko musik dipenuhi fans Beatles, yang memborong sebuah lagu "baru tapi lama" yang direkam 20 tahun lalu, yakni Baby It's You. Lagu ini merupakan salah satu dari album Beatles Live At the BBC, yang sampai saat ini sudah terjual sedikitnya lima juta kopi. Dalam album ini ada juga rekaman versi lain dari hit-hit Beatles seperti Til Follow The Sun, Devil In Her Heart, dan Boys. Lagu pertama dinyanyikan Paul, kedua oleh George, yang terakhir oleh Ringo. Sedangkan Baby It's "You, yang dikarang Burt Bacharach/Hal Daws/ Barney Williams, dinyanyikan oleh John.

Album remaster

Perusahaan rekaman Apple Corps Ltd. mempunyai ide merilis kompilasi album remaster band asal Liverpool, Inggris itu. Album tersebut diberi judul "Red and Blue'.  Seperti dilansir Undercover, Jumat (13/8/2010), 'Red and Blue' ini dirilis dalam 2 CD, yang masing-masing namanya 'Red' dan "Blue1. CD 'Red' berisikan nomor-nomor The Beatles dari tahun 1962 sampai 1966. Sedangkan 'Blue' dari tahun 1967 sampai 1970. Dalam album tersebut juga terdapat tulisan Bill Flanagan tentang perjalanan The Beatles. Tidak hanya itu, koleksi foto-foto The Beatles juga ada.Hed and Blue1 direncanakan siap rilis pada 15 Oktober 2010 mendatang.

Lelang Online

Beberapa lagu Lady Gaga yang tidak publikasikan, tulisan tangan Paul McCartney untuk lirik The Beatles, dan pakaian mendiang Putri Diana serta Elvis Presley, akan dijual di dalam lelang dalam jaringan (daring) internet pada Oktober2010.  Tulisan tangan McCartney saat mengerjakan link Maxwell's Silver Hammer dari album band Beatles pada tahun 1969, Abbey Road, diperkirakan akan meraih hasil paling besar dengan tag harga sekira 200.000 dolar AS.

Proses lelang dapat dimulai dengan harga 100 dolar AS buat semua barang seperti surat tulisan tangan yang bertanda tangan dari Phil Spector, produser musik yang dihukum karena membunuh.

Sebanyak 850 barang seperti cakram padat dari manajer pertama Lady Gaga, helm bertatahkan kristal milik Michael Jackson yang dipakai selama turnya pada tahun 1981, Triumph, dan paspor asli bertanda tangan James Brown pada tahun 1987, akan dijual di www.gottahaverockandroll.com pada 6-15 Oktober 2010.

" Apakah itu dari mantan manajer, mantan pacar, mantan istri, anak lelaki, anak perempuan, semuanya berasal dari anggota keluarga atau teman, sebagian kolektor," kata Peter J Siegel, pendiri bersama GOTTA HAVE IT! Collectibles, Inc.

Itu adalah lelang terbesar karya seni pop, dan rock and roll, oleh perusahaan tersebut di internet. Pada 2008, Peacock Jumpsuit milik Elvis dijual dengan harga 300.000 dolar AS.  Hampir 50 gitar bertanda tangan, tulisan tangan Bob Dylan saat mengerjakan lirik buat lagu rekaman pertamanya Song for Woody pada tahun 1961, dan topi hitam dan putih milik Kurt Cobain yang dipakainya di belakang panggung di Nirvana di Seattle pada malam Halloween 1991, juga tersedia.

Rekaman pertama Lady Gaga dijual di dalam enam cakram padat, sebagian direkam sendiri oleh penyanyi terkenal itu ketika masih remaja pemalu dengan nama Stefani Germanotta.  Sebuah demo rekaman asli pada tahun 2002 yang belum pernah diluncurkan, dilelang dengan harga awal 1.000 dolar AS.

iTunes Jual 2 Juta Lagu The Beatles

Toko musik online iTunes berhasil menjual 450 ribu album dan 2 juta lagu The Beatles di seluruh dunia pada pecan pertama. Seperti dilansir majalah Bilboard dalam situsnya, di Amerika Serikat penjualan album kelompok music asal Inggris ini mencapai 119 ribu unit. Sementara penjualan track digital individu mencapai 1,4 juta.  Album The Beatles terlaris di AS adalah Abbey Road, sedangkan Here Comes the Sun meniadi lagu terlaris.

Katalog The Beatles yang tersedia untuk dibeli dan diunduh di iTunes pertama kalinya pada 16 November, setelah sebelumnya Apple dan perusahaan rekaman The Beatles, EM1, mengakhiri perundingan.  Penjualan keseluruhan musik The Beatles di Amerika Serikat dibantu sebagian kampanye pemasaran ekstensif Apple, Termasuk penernpatan homepage di iTunes dan Man TV di beberapa program prime time.

Museum Beatles di Buenos Aires

Sebuah museum berisi ribuan memorabilia The Beatles dibuka di Buenos Aires, Argentina. Di antaranya, sebuah batu bata dari The Cavern Club, cek senilai 11 pound sterling (sekitar Rpl58 ribu) yang ditandatangani Rhigo Starr, dan Sebuah wig Beatles. Koleksi tersebut dan ribuan lainnya yang terkait dengan Fab Four telah menarik penggemar The Beatles untuk datang ke museum di Buenos. Aires. Museum itu milik Beattes mania Rodolfo Vazques, seorang akuntan berusia 53 tahun yang menjadi fan The Beatles pada usia 10 tahun saat membeli album Rubber SouL "Melalui lagu In My Life, saya jatuh cinta dengan The Beatles," ujar Vazques,. Sejak saat itu, Vazques selalu memburu memorabilia tentang The Beatles di Buenos Aires. Obsesi itu mengantarkannya sebagai pemilik kolektor the Beatles terbanyak dan masuk buku Guiness World Records pada 2001.

Bekas Toilet Lennon Laku Dilelang

Bekas toilet pentolan grup musik "The Beatles" John Lennon laku dilelang dengan harga 9.500 poundsterling Inggris atau sekitar 14.740 dolar Amerika di sebuah lelang di Inggris, Sabtu (28/8/2010).  Menurut pelelang, harga itu 10 kali lebih besar daripada perkiraan awal.  Lennon, yang ditembak mati di New York pada tahun 1980, mengganti toilet porselen itu dengan toilet yang baru untuk rumahnya di Tittenhurst Park, Berkshire, Inggris selatan. la tinggal di rumah itu pada tahun 1969 hingga 1971.

Para tukang yang bekerja di rumah Lennon mengambil toilet bekas berwarna putih dan biru itu dan disuruh "menaruh bunga di dalamnya", demikian menurut katalog lelang.  Salah satu tukang bernama John Hancock menaruh toilet itu di gudang selama 40 tahun hingga ia meninggal baru-baru ini. Media Inggris mengabarkan setelah Hancock meninggal, toilet bekas Lennon pun akhirnya dilelang.  Toilet itu adalah salah satu memorabilia The Beatles yang dilelang dalam rangkaian Pekan Festival Beatle di Liverpool - kota asal The Beatles yang terletak di kawasan Inggris utara.

Sebelum lelang dimulai, toilet itu hanya ditaksir akan laku dengan haiga 750-1.000 poundsterling. Anne-Marie Trace, yang bekerja di Beatles Shop di Liverpool yang menyelenggarakan lelang itu, mengatakan bahwa harga toilet itu sangat mengejutkan pihak panitia lelang.

"Saya rasa toilet Lennon adalah barang yang paling tidak la/.im yang kita jual di lelang," katanya kepada Reuters.

Pihak pemenang lelang tidak teridentifikasi tapi Trace hanya mengatakan bahwa toilet itu kemungkinan besar akandi kirim "ke luar negeri".

Gambar : ilustrasi yang diambil dari internet

Sumber editing bacaan : Harian Kompas tgl 24 Januari 1994 dan 22 April 1995, Harian Media Indonesia tgl 26 Nopember 2010 dan 18 Januari 2011 http : deltafmjakarta.com dan antara tgl. 29 Agustus 2010, news.manycome.com 24/11/2010, gatra.com 8/10/2010

Itulah perjalanan sejarah sebuah group band besar dengan para personilnya yang tentunya bisa diambil hikmah dan manfaatnya.  Untuk album dan judul lagu-lagu serta perkembangan berikutnya bisa diambil dari sumber lain

SELESA1

 Bacaan sebelumnya : The Beatles Bagian 4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar