Senin, 12 Oktober 2015

Hitler, dan Senjata Jerman dalam Perang Dunia II



Dikemas oleh : Isamas54
Hitler adalah pemimpin Nazi yang sangat berperan dalam Perang Dunia II.  Tidak kalah pentingnya juga mengenai beberapa jenis persenjataan yang digunakan tentara Jerman dalam PD-II

Hitler
Adolf Hitler dilahirkan di Braunau am Inn-Austria, dekat Jerman, pada 20 April 1889. Ayah Adolf Hitler, Alois Hitler, merupakan seorang pegawai kantor bea cukai. Setelah ayahnya pensiun, keluarga Hitler pindah ke Kota Lambach.
Ketika Perang Dunia I meletus, Hitler turut bertempur membela Jerman dimana pada usianya 25 tahun dia sebagai pengantar pesan dalam pasukan infanteri Resimen Bavaria ke-16, dan ia merupakan salah satu orang yang paling beruntung di medan pertempuran.
Hitler kemudian berkecimpung secara langsung dalam politik dan menjadi pengurus Partai Buruh Jerrnan (Deutsche Arbeiterpartei/DAP) pada Juli 1921. 
Seusai perang, Hitler menggunakan keahliannya berpidato untuk menjadi ketua partai, kemudian dia menukar nama DAP menjadi Nationalsozialistische Deutsche Arbeiterpartei (NSDAP) atau Partai Nazi.  Hitler dipenjara selama delapan bulan (pada 1923) atas tuduhan perencanaan kudeta.
Di dalam penjara itulah ia menulis bukunya yang terkenal berjudul Mein Kampf, yang berisi pandangan-pandangan politiknya.   Sepuluh tahun kemudian, Hitler terpilih sebagai Kanselir Jerman dan setahun kemudian, ia juga mengangkat diri sebagai presiden.
Pada 1939, Perang Dunia II pun meletus atas provokasi Hitler. Meskipun di awal-awal perang Hitler berhasil meraih kemenangan, secara bertahap pasukan Sekutu akhirnya berhasil mengalahkan Jerman.
Setelah rencana dan impiannya untuk menguasai dunia gagal terwujud, Adolf Hitler akhirnya pada tahun 1945 bunuh diri di sebuah lubang pertahanan bawah tanah di Berlin.
Berlindung di bungker
Pada 16 Januari 1945, Adotf Hitler berlindung di bungker bawah tanahnya, ia tinggal di sana selama 105 hari hingga memutuskan untuk bunuh diri. Hitler mundur ke bungkemya setelah memutuskan tinggal di Berlin untuk pertempuran hebat terakhir.
Bungkemya berada 55 kaki di bawah kediamannya sebagai kanselir.
Tempat perlindungan tersebut terdiri, dari 18 ruang kecil serta memiliki suplai listrik dan air. Pada 29 April 1945, Hitler menikahi Eva di tempat persembunyian mereka

Eva Braun bertemu Hitler ketika bekerja sebagai asisten fotografer resmi Hitler. Eva tidak memiliki pengaruh kentara dalam karier politik Hitler, la hanya berniat menjadi ibu rumah tangga yang setia kepada suaminya. Saking setianya hingga ia menolak meninggalkan bungker, bahkan ketika Rusia sudah menutupnya.


Hanya beberapa jam setelah rnenikah, Eva dan Hitler memutuskan untuk bunuh diri. Mereka menelan kapsul sianida yang kemanjurannya sudah diuji pada anjing-anjing mereka. Untuk lebih meyakinkan diri, Hitler menembak dirinya dengan pistol.

SELINGAN : Buku Mein Kampf
Buku karangan Adolf Hitler, Mein Kampf, yang dilarang terbit di toko buku Jerman akan bisa didapatkan di kios-kios surat kabar setelah sebuah penerbit asal Inggris berencana menerbitkan cuplikan dari buku itu di Jerman,
Namun, Negara Bagian Bavaria yang memegang hak cipta buku tentang supremasi ras Arya itu menegaskan akan mengambil langkah hukum untuk mencegah penerbitan tersebut.
Penerbitan autobiografi pemimpin Nazi yang menceritakan ambisinya un­tuk merebut wilayah Eropa Timur untuk menjadi tempat tinggal ras yang disebutnya super itu dilarang di Jerman kecuali untuk kepentingan akademis.
Cuplikan pertama setebal 16 halaman dari buku itu yang didampingi komentar kritis akan diterbitkan bulan ini dengan jumlah 100 ribu eksemplar. Hal itu ditegaskan Peter McGee, kepala penerbit asal London Albertas.
Kita lanjutkan ….

Hitler dan Eva Braun
Pada 16 Januar 1945 Adolf Hitler turun ke bungkernya. Dia tinggal di tempat perlindungan bawah tanahnya selama 105 hari hingga memutuskan bunuh diri.  Tindakan itu dilakukan setelah memutuskan tinggal di Berlin untuk pertempuran hebat terakhir.
Bungkernya berada 55 kaki di bawah kediamannya sebagai kanselir, terdiri dari 18 ruang kecil serta memiliki suplai listrik dan air.
Pada 29 April 1945, Hitler menikahi Eva Braun di tempat persembunyian mereka.
Eva bertemu Hitler ketika bekerja sebagai asisten fotografer resmi Hitler, dia tidak memiliki pengaruh kentara dalam karier politik Hitler.
Dia hanya berniat menjadi ibu rumah tangga yang setia kepada suaminya.  Sehingga begitu setianya Eva sampai-sampai menolak meninggalkan bungker, bahkan ketika Rusia sudah menutupnya.
Hanya beberapa jam setelah menikah, Eva dan Hitler memutuskan untuk bunuh diri. Mereka menelan kapsul sianida yang sudah diuji kemanjurannya pada anjing-anjing mereka. Untuk lebih meyakinkan diri, Hitler menembak dirinya dengan pistol.

Senjata perang Jerman dalam Perang Dunia II
Beberapa senjata perang Jerman yang dapat diandalkan dalam Perang Dunia II untuk melawan musuh-musuhnya seperti dalam sejarah.kompasiana.com/2012/09/30, seperti berikut.

Roket V1.  Roket ini adalah senjata kendali jarak jauh dan “pesawat tanpa awak” pertama kali didunia, atau sering disebut “bom terbang” karena desainnya yang menyerupai pesawat. Roket ini didesain oleh Robert Lusser, bom dengan jarak jangkau 250 km ini mampu memporak porandakan London, ibukota Inggris pada tahun 1941.
Roket V2.  Senjata inilah pelopor dari roket luar angkasa yang kita kenal untuk observasi antariksa, seperti Sputnik dan Apollo. dan senjata rudal balistik antar benua.  Didesain khusus oleh Wehner Von Braun seorang ilmuwan Jerman. Rocket ini mampu mencapai jarak 320 km. Setelah Jerman kalah, Von Braun dibawa ke Amerika untuk membangun roket Apollo, sementara cetak biru roket tersebut yang ada di Berlin, jatuh ke tangan Uni Soviet yang nantinya akan menjadi Sputnik yang akan mengawali Perang Dingin dalam bidang antariksa.
Senapan Mesin-Sub MP40.  Senjata jenis sub-machine gun yang paling lazim digunakan Wehmacth, didesain oleh Heinrich Vollmer. Senjata ini kecil dan efektif saat terjadi pertempuran jarak dekat. Setelah perang Amerika mencuri desain senjata ini dan mengembangkannya menjadi berbagai varian SMG yang kita kenal sekarang.
Senapan Serbu STG44.  Adalah “bapaknya” senapan serbu dunia, didesain oleh perusahaan C. G. Haenel Waffen und Fahrradfabrik CITEFA. Awalnya senjata ini bernama MP44, namun Hitler lebih suka menyebutnya Sturmgewehr44 (STG44). Pada akhir perang Amerika membawa senjata ini dan mengembanggkan senapan serbunya sendiri, sebut saja M-4, M-16, dan berbagai varian Assault rifle lain, sementara di Uni Soviet, senjata ini diproduksi ulang oleh Kalashnikov (1947), menjadi Avtomat Kalashnikova atau lazim disebut AK47.
Pesawat Jet Messerschmitt Me 262 Schwalbe.  Adalah pesawat tempur bermesin jet pertama didunia, didesain oleh Perusahaan Messerschmitt. Pertama kali terbang pada tahun 18 Juli 1942. Setelah perang usai, kembali Amerika dan Soviet membawa pesawat ini ke negaranya masing-masing untuk dikembangkan, akhirnya Amerika menelurkan varian Fighter dan Soviet memproduksi Mirage dan Sukhoi.
Kapal Selam U-Boat.  Kapal selam U-Boat (Undersea Boat) adalah kapal selam dengan senjata pertama didunia, sudah diproduksi sejak 1910, jauh sebelum Perang Dunia II. Namun kini divisi kapal selam tercanggih adalah milik Amerika Serikat sebutlah salah satunya USS Virginia yang ikut memporak-porandakan Irak dalam Perang Teluk.
Tank Tiger.  Adalah tank kebanggaan Jerman, banyak tentara Sekutu dan Soviet yang mengalami “tigerphobia”, karena lapisan baja “harimau” seberat 68 ton ini tak mampu dihancurkan Tank Sherman milik Amerika dan T-34 milik Soviet. Setelah perang usai, Amerika dan Soviet kembali lagi mencuri tank ini, dan akhirnya lahirlah Tank Paladin dari Amerika dan T-80 dari Soviet.
Panzer Puma Schwerer Panzerspähwagen.  Adalah kendaraan tempur ringan milik Jerman yang merupakan cikal bakal panzer diselurih dunia, termasuk Panzer Anoa produksi PINDAD adalah salah satunya.
Itulah berbagai teknologi Jerman yang canggih dan merupakan generasi pertama dalam seni perang modern.

Catatan akhir penulis :
Perang Dunia II meletus atas provokasi Hitler yang telah belajar dari pengalaman Perang Dunia I. 
Tiada kemenangan yang abadi, apalagi dalam peperangan. 
Jerman sudah dikenal sejak dulu dalam keunggulan teknologi persenjataannya.

Keterangan gambar : diambil dari internet
Sumber bacaan a.l : khabuka.blogspot.com 2012/04/10;  Media Indonesia (16&18/1/2012, 16/1/2014)

Bacaan terkait :
Mengenal Jerman dalam PD-I
Jerman dalam PD-II

Tidak ada komentar:

Posting Komentar